Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Ngintip SORGA dari NERAKA nih!

phrack's picture

Lanjutan dari seri “ngintip’ yang kalau gak komplit bisa bikin bintitan. Biar para Saksi Yehuwa &
antek2nya,para kambing berbulu domba, nabi palsu makin kelihatan
bodoh/stupid karena gak percaya sama
Neraka. Tapi gue yakin pedagang pasar klewer pada
percaya
Neraka. Ini juga nyangkut soal PREDESTINASI & FREEWILL yg lagi “laku” di Pasar Klewer. Ok Lanjut...

 

Kalau manusia berdosa hanya beberapa puluh tahun, apakah Allah adil
menghukumkan Manusia dalam laut api untuk kekal?
Ya sebab:

1.ALLAH Mahatahu. (Paham FREEWILLya! Bukan FREEMASONRY!! <--Klik)

Allah tidak menentukan lebih dahulu (Roma 8:29 KJV foreknow; Yunani proginosko) tetapi Allah mengetahui lebih dahulu apa yang
akan terjadi dengan tepat dari setiap orang, meskipun dengan itu belum terjadi.
Ia pun sudah mengetahui apa yang akan diperbuat bayi baru lahir semasa ia
hidup. Sekalipun bayi ini hidup hanya 1 hari,
Allah dapat melihat lebih dahulu
segala kejahatan yang akan dibuatnya kalau ia diberi kesempatan hidup 1000
tahun atau kekal. Sebab itu Allah dapat menghakimi dengan adil setiap orang""
(sekalipun orang itu hidup didunia hanya 1 hari, sebab Allah dapat melihat
lebih dahulu segala kejahatannya. Sekalipun bayi itu tidak jadi hidup bayi ini
tetap hidup dalam kekekalan dan Allah tahu lebih dahulu apa yang akan
dibuatnya. Sebab itu sekalipun bayi itu belum berbuat apa – apa dalam dunia,
Allah tetap dapat menghakimi dengan adil baik bayi maupun semua manusia
lainnya. Allah bahkan sudah mengetahui perbuatan orang sejak dunia belum
dijadikan. Ibarat punya mesin waktu… Pokoknya Allah kita tidak ada yang tidak
mungkin Doi tidak bisa Doi tidak lakukan… Bikin mahkluk yang bernafas dengan
Api juga bisa… Ok

Wahyu 13:8 Dan semua orang yang diam di atas bumi akan
menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulis sejak dunia
dijadikan di dalam kitab kehidupan dari Anak Domba, yang telah disembelih
.

Ia pun sudah tahu apa yang akan dibuat Yudas sehingga dapat menubuatkannya (mengatakannya lebih dahulu) , tetapi ini bukan berarti bahwa Allah yang
menentukan Yudas terlebih dahulu untuk berbuat demikian, tidak!
Itu keputusan dan perbuatan Yudas sendiri
yang sudah diketahui Allah lebih dahulu
(Allah tidak melarangnya, sebab
Allah menciptakan manusia sebagai mahkluk yang bebas-Freewill). Orang yang
tidak mau percaya pada Tuhan kalau di biarkan hidup terus, akhirnya akan
menjadi sempurna dalam dosa sekalipun ia hidup dalam (TL: negeri yang semata2
betul, KJV land of uprightness)

Ingat Allah mahaadil & maha-maha lainnya (bukan yg negatif). Karena itu Allah tidak adil bila menetapkan siapa yang
ditetapkan masuk
Neraka. Siapa Malaikat yang akan
membelot trus jadi Iblis! Sial amat tuh Lucifer kalo begitu! Apakah Allah
kemampuannya asal menentukan? Tentu tidak karena Allah kita Allah yang “fair”.
Ayat dibawah “tersirat” Allah yang Freewill:

Yesaya 26:10 Seandainya orang fasik dikasihani, ia tidak akan belajar apa yang benar;
ia akan berbuat curang di negeri di mana hukum berlaku, dan tidak akan melihat
kemuliaan TUHAN (TB)

2.Dosa sempurna berasal dari dosa kecil, seperti Iblis

Kenapa Allah tidak membedakan dosa kecil atau besar alias sama saja? Jadi anda yang biasa “cuci mata” membayangkan wanita
bersetubuh dengan anda kenapa tidak langsung aksi bercinta saja dengan perek?
Karena dosanya sama! Bedanya hanya dosa
dengan tindakan sangat menumpulkan perasaan anda juga tentunya lebih berisiko
& sulit melepasnya! Tetapi ingat perlakuan Allah terhadap dosa sama! (1 Pet
1: 16)

Iblis itu asalnya mahkluk penghulu malaikat yang suci dan mulia (tetapi belum teruji). Kemudian ia berdosa dan menjadi
sempurna dalam dosa. (Proses pertumbuhan dosa sampai sempurna pada malaikat
sangat cepat, sedangkan pada manusia lebih lambat. Mengapa? Sebab malaikat yang
sudah mengenal dan melihat Allah itu berdosa dengan pengertian dan sengaja, dan
tidak ada ampun lagi (2 Pet 2:4).

Sebab itu Tuhan sangat tidak berkenan kalau kita memberi tempat pada Iblis biarpun hanya sebentar saja. (Ef 4 : 27) Ini
berbahaya, karena dosa sempurna itu tumbuh dari dosa kecil (sebaliknya dari
kesucian yang kecil/ paling rendah, seorang yang mau taat kepada Tuhan akan
dapat diolah sampai menjadi sempurna dalam kesucian seperti Tuhan).

Arah pertumbuhan dari orang – orang dosa, orang yang tidak mau percaya pada Tuhan Yesus, semua akhirnya akan sempurna dalam
dosa, seperti Iblis bapanya ( Yoh 8:
44) orang-orang berdosa yaitu anak anak iblis. Orang orang suci
yaitu anak-anak Allah (Yoh 1: 12)
kalau terus tumbuh, akhirnya menjadi seperti Kristus.

I Timotius 5:24
Dosa beberapa orang mencolok, seakan-akan mendahului mereka ke pengadilan,
tetapi dosa beberapa orang lagi baru menjadi nyata kemudian.

Yakobus 1:15
Dan apabila keinginan itu telah dibuahi, ia melahirkan dosa; dan apabila dosa
itu sudah matang, ia melahirkan maut.

Pencobaan yang datang dari iblis itu lebih dari kekuatan manusia, sehingga orang yang tidak menyandarkan diri pada Kristus
tidak akan dapat bertahan, mereka jatuh kedalam dosa dan menjadi begitu jahat.
Di dalam dunia ini Allah memegang kuasa dan setan tidak boleh mencobai manusia
lebih dari kekuatannya (1 Kor 10 : 13),
ingat Ayub.

3.

Manusia itu ‘roh’ adanya

(Ayub 3:28, 1 Kor 2: 11) tidak dapat "mati” (Luk 20 : 36). Sebab itu baik ia di Surga atau di Neraka, Manusia itu kekal tidak dapat
lenyap. Oleh karena itu janganlah sembarangan hidup di Dunia, karena ini
menentukan nasib untuk kekal.

4. Sudah diberi tahu lebih dahulu...

Sudah diberi tahu baik didalam perrasaan hati Manusia (Roma 1: 19-20)
lebih – lebih didalam Alitab. 19 Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang
Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka. 20
Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan
keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia
diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Apakah kalau Allah membuat Neraka
yang begitu ngeri, itu tidak bertentangan dengan keadilan dan kasih Allah? Tidak sebab:

A.

Kasih itu Adil, melainkan menghukum yang bersalah.

Roma 3: 5-6.Tetapi jika kesalahan kita menyatakan keadilan Allah,apakah hendak kita katakan? Lalimkah Allah
menurukanmurkanya? (Aku berkata ini cara manusia)
Sekali-kali tidak, karena jikalau demikian,
bagaimanakah Allah menghakimkan dunia ini?(TL)

Adanya Neraka itu tidak bertentangan dengan
kasih. Mengapa? Sebab kalau andaikata Allah tidak menghukum Iblis dan setan
yang sudah merusak kebenaran dari permulaan, dibiarkan saja itu berarti bahwa:

1.

Allah "tidak menggenapi firmannya” Ini tidak mungkin!

2.

Allah sebagai Hakim segala hakim tidak adil dan jahat. Ini justru bertentangan dengan kasih!

3.

Kallau Allah tidak membuat Neraka, maka perbuatan orang2 jahat
tidak dihukumkan, itu berarti aAllah tidak adil, tidak ada kasih.. Setiap
perbuatan manusia akan dan harus dibalas setimpal ( Wah 22:12) sehingga nyata bedanya anntara orang22
yang memelihara kesucian dan yang hidup dalam dosa. (Mal 3:18)

B.

Kasih itu suci

Kasih itu suci tidak boleh ada dosa didekatNya apalagi didalamNya.

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah
kami dengar daripada Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah
terang dan dan di dalam Dia sama sekali
tidak ada kegelapan

1 Petrus 1:16 Sebab ada tertulis, kuduslah kamu sebab Aku kudus.

Sebab itu orang yang tidak mau bertobat, tidak mungkin boleh masuk kedalam Kerajaan Surga, sebab kalau ia dibiarkan masuk,
nanti semua rusak kembali, dan itu Allah itu tidak adil, tidak sucu, dan tidak
kasih.

Yesaya 26 : 10. Jikalau dilakukan kasihan
kepada orang fasik (orang yang tidak percaya), tiada juga ia berbuat barang
yang benar, melainkan salah jua perbuatannya didalam negeri yang semata – mata
betul,dan tiada dipandangnya akan kebesaran Tuhan (TL)

C.Sesuai dengan ukuran keadilan Allah

Lukas 23:11 Karena jikalau demikian perbuatannya pada kayu yang hidup apatah lagi pada yang kering (TL)

Kayu hidup = Tuhan yesus dan anak2
Allah lainnya.

Kayu kering = orang yang berdosa

Kalau anak manusia yang begitu tulus, suci dan berkenan dengan Allah dibiarkan menderita
begitu hebat, minum cawan murka Allah (juga orang2 beriman 1 Pet 5:9, 2 Tim 3:12) masakan orang beriman 1 Pet
5:9, 2 Tim 3:12) masa
orang yang betul2 jahat, kurang ajar, melawan Allah, dan yang memang pantas
minum cawan dari cawan murka Allah tidak dihukmkan?

Yeremia 49:12 Karena demikianlah firman Tuhan: Bahwasanya adapun orang yang bukan hukumnya akan minum dari pada piala itu, ia itu akan minum dari padanya juga
dengan tiada disayangkan, masakan engkau ini terlepas seperti orang yang suci
dari pada salah? Sekali-kali tiada engkau akan dibilang suci dari pada salah,
melainkan tak dapat tiada engkau juga akan minum dari padanya (TL)

Orang-orang berdosa itu pasti dihukumkan ( Wah 6-16-17). Kalau Allah tega melihat melihat
ana2nya sendiri dipisahkan dari padanya dan dihukumkan, maka Allah juga pasti
akan tega membiarkan Iblis, orang berdosa dan anak2nya yang murtad ini
dihukumkan dan dipisahkan dari Allah.

Bagaimannapun tafsiran manusia tentang kasih Allah, tetapi inilah pernyataan Allah yang sudah
diberitakan kepada manusia dan inilah yang menjadi ukuran, ini yang pasti
terjadi. Pasti ada
Neraka yang ngeri dan kekal. Asap
siksanya naik ke atas kekal selama2nya.

Wahyu 14:11 dan asap siksanya itu naiklah ke atas selama-lamanya; maka mereka itu tiada berhenti merasa siksa siang
malam, yaitu segala orang yang menyembah binatang dan menyembah patungnya itu
dan yang menerima tanda namanya itu. (TL)

Sebab itu Tuhan Yesus berkata lebih baik tersiksa didunia daripada kekal di Neraka
Matius 18:8-9

Sebagai contoh: Ada Negara yang menyatakan Undang – undangnya bahwa siapa yang korupsi dihukum
mati, mencoret2 dihukum cambuk dsb. Ternyata ada banyak negara yang menentang
hukuman mati, dianggap terlalu kejam, tetapi itulah ukuran keadilan Negara itu
yang sudah diundangkannya.

Begitu juga dengan ukuran keadilan Allah, ini sudah dinyatakan dalam firmanNya, pasti digenapkan,
sama seperti setiap nubuatanNya. Lagipula Allah itu sangat adil dan ia pasti
benar. Manusia yang membuat undang – undang itu masih mungkin keliru tetapi
tetap dijalankan,apalagi Allah yang tidak pernah keliru!

Yang belum mengerti tentang Neraka wajib baca ajaran lengkap & benar menurut Firman
Tuhan yang tanpa ditambahi macam2 ajaran dari antek2nya Iblis.
Tulisan dibawah ini, dijamin takut bikin dosa & takut sama Tuhan & tanpa
ditambah2in. Percuma ngaku Kresten kalo gak ngerti Neraka! HALELUYA!

 

Ngintip 'WC
umum' di Neraka!
<- Klik

NGINTIP
'TOILET' NERAKA Yuuk!
<- Klik

HALELUYA

-TAMAT-

keplok2

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

Debu tanah's picture

Allah mengetahui (foreknow) bukan menentukan.

Phrack menulis: Allah tidak menentukan lebih dahulu (Roma 8:29 KJV foreknow; Yunani proginosko) tetapi Allah mengetahui lebih dahulu apa yang akan terjadi dengan tepat dari setiap orang, meskipun dengan itu belum terjadi.

Ia pun sudah mengetahui apa yang akan diperbuat bayi baru lahir semasa ia hidup. Sekalipun bayi ini hidup hanya 1 hari, Allah dapat melihat lebih dahulu segala kejahatan yang akan dibuatnya kalau ia diberi kesempatan hidup 1000 tahun atau kekal. Sebab itu Allah dapat menghakimi dengan adil setiap orang" (sekalipun orang itu hidup didunia hanya 1 hari, sebab Allah dapat melihat lebih dahulu segala kejahatannya. Sekalipun bayi itu tidak jadi hidup bayi ini tetap hidup dalam kekekalan dan Allah tahu lebih dahulu apa yang akan dibuatnya. Sebab itu sekalipun bayi itu belum berbuat apa – apa dalam dunia, Allah tetap dapat menghakimi dengan adil baik bayi maupun semua manusia lainnya. Allah bahkan sudah mengetahui perbuatan orang sejak dunia belum dijadikan.

Deta:

Saya sependapat dengan tulisan Phrack diatas. Allah memang tidak menentukan terlebih dahulu (predestinasi).

Dan Allah mampu menghakimi dengan adil karena Dia maha tahu sebelum segala sesuatu itu terjadi.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@ DT, Pilihan Ganda?

For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren Rome 8:29.

Saudara debu tanah, proginosko artinya foreknow atau tahu duluan. KJV memang menerjemahkan “foreknow” dari proginosko. Namun perlu anda ketahui bahwa kata predestinate di dalam ayat tersebut di atas diterjemahkan dari kata “proorizo” bukan dari kata proginosko. Supaya anda dapat melihatnya dengan jelas bagaimana ayat tersebut ditejemahkan kata perkata, silahkan klik di sini.

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Roma 8:29

Dalam Alkitab bahasa Indonesia, kalimat “dipilih-Nya dari semula” itu diterjemahkan dari kata “proginosko proorizo” sedangkan kalimat “ditentukan-Nya dari semula” diterjemahkan dari kalimat “Proorizo”. Menurut Kamus, Proorizo artinya:

1) to predetermine, decide beforehand = menentukan sebelumnya, memutuskan terlebih dulu
2) in the NT of God decreeing from eternity = Dalam PB, Allah berfirman dari kekekalan.
3) to foreordain, appoint beforehand = Menakdirkan, menentukan sebelumnya

Anda menulis:
Saya sependapat dengan tulisan Phrack diatas. Allah memang tidak menentukan terlebih dahulu (predestinasi).

Saya yakin sebelum menulis kalimat tersebut anda pasti sudah mempelajari Roma 8:29 dengan baik. Bukankah melalui kalimat itu secara otomatis anda menyatakan bahwa roma 8:29 telah dipahami dengan cara yang salah? Maukah anda menjelaskan pemahaman yang benar?

Mungkin anda akan mengatakan bahwa Karena Allah tahu siapa yang memilih dan menolak, maka Allah lalu memilih yang memilihNya? Apabila orang itu sudah memilih Allah, kenapa Allah harus memilihnya lagi? Bukankah itu namanya pilihan ganda?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Hai, mengenai Roma 8:29

Salam Hai,

Sayang nya saya tidak bisa membuka Link yang diberi oleh Hai hai, karena Hai hai lupa ne-lingk-kan. Tapi saya sudah pernah membaca dalam: http://www.sarapanpagi.org/predestinasi-alkitab-vt655.html

Kata “predestinate” pada Roma 8:29 sama dengan dalam Efesus 1:4-5
Penjelasan yang saya terima adalah yang pernah di jelaskan oleh SF di sini

Ini memang penafsiran, dan saya sependapat dengan ini. Kembali lagi kepada doktrin yang kita pegang masing-masing bukan?
__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@ DT, Roma 8:29

Wah maaf, DT, silahkan klik di sini kalau begitu. Yang dijelaskan oleh SF itu kan Efesus 1:4. Saya akan menanggapinya nanti. Silahkan anda menjelaskan kepada saya Roma 8:29. Saya hanya ingin tahu bagaimana anda memahaminya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Hai, Penafsiran Roma 8:29


Roma 8:29
TB Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara
KJV, For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren.
NIV, For those God foreknew he also predestined to be conformed to the likeness of his Son, that he might be the firstborn among many brothers.
TR, ??? ??? ??????? ??? ????????? ?????????? ??? ??????? ??? ???? ????? ??? ?? ????? ????? ?????????? ?? ??????? ????????
Translit, hoti {sebab} hous {(orang-orang) yang} proegnô {Dia mengenal sebelumnya} kai {dan} proôrisen {Dia menentukan sebelumnya} summorphous {yang serupa} tês eikonos {yang serupa} tou huiou {Anak} autou {-Nya} eis {ke dalam} to {yang} einai {untuk menjadi} auton {-Nya} prôtotokon {yang sulung} en {didalam} pollois {yang banyak} adelphois {saudara-saudara}



Saya minta maaf bila penjelasan saya tidak memuaskan, karena saya bukan ahli bahasa.

Titik berat saya memang ada pada kata pertama yaitu FOREKNOW. Bahwa Allah “menentukan” (Predestinate = Bahasa ilahi) karena Dia sudah mengetahui sebelumnya (foreknow). Berdasarkan pengetahuan ini Allah MENENTUKAN (predestinate = BAHASA ILAHI) mereka yang telah diketahuinya itu untuk menjadi serupa dengan Yesus.

Jadi kata “whom” pada frase “For whom he did foreknow “ merujuk kepada "to be conformed" . Jadi Allah hanya “mengetahui”, berdasarkan ini dikatakan dalam BAHASA ILAHI kita “ditentukan” (predestinasi).

Jadi dengan penafsiran Roma 8:29 seperti diatas, juga sejalan dengan penafsiran Efesus 1:4-5 seperti yang saya jelaskan dalam blog saya dan yang dijelaskan oleh SF.

Kelihatannya ngepas-ngepasin ya Hai? Tapi itulah faktanya, dalam Alkitab memang banyak ayat-ayat yang kontradiktif. Tidak bisa tidak perlu penafsiran kan?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

andryhart's picture

Bagaimana dengan orang yang dilahirkan dengan psikopat?

Barangkali komentar saya lebih berupa pertanyaan kepada anda yang telah menulis begitu jelas tentang predestinasi, khususnya tentang Yudas. Karena Yudas kerasukan iblis, dia mengkhianati Yesus. Jadi free will Yudas sebetulnya terletak pada persoalan mengapa Yudas membiarkan iblis merasuki dirinya. Namun, hal ini sebagian juga terjadi karena pada dasarnya Yudas memiliki kepribadian yang kurang baik seperti mata duitan. Nah, pertanyaan saya sejumlah orang memang terlahir dengan kode genetik seperti itu. Misalnya saja mengapa Ryan begitu tega membunuh banyak orang? Karena secara genetik dia memiliki turunan sifat psikopath. Jadi, saya juga merasa kasihan dengan orang-orang yang secara genetik memiliki kecenderungan kriminal. Dan saya juga bersyukur karena secara genetik diri saya kebetulan memiliki benih tidak tega menyakiti orang lain sehingga saya tidak tergoda untuk berbuat kejahatan. Jika orang yang diturunkan dengan cacat fisik masih bisa diselamatkan, maka bagaimana nasib orang yang memiliki cacat kejiwaan seperti sosiopath atau psikopath tadi? Pertanyaan ini masih terus berkecamuk dalam benak saya dan mudah-mudahan anda mau menjawabnya. andryhart
__________________

andryhart

jesusfreaks's picture

@DETA : BAPA MAHA TAHU

Saya heran dengan Deta, kok kamu susah sekali memahami masalah ditentukan ini. Bapa Maha Tahu ! Saya setuju ! Nah kamu tahu gak, apa yang Bapa Maha Tahu. Yang Bapa Tahu, SEMUA MANUSIA AKAN BINASA KEKAL. Nah karena tidak ada manusia yang Bapa Tahu Akan Selamat. Akhirnya Bapa Berikan...ANUGERAH...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

edy's picture

Saya sambung

Bapa berikan anugerah. anugerah untuk siapa ? untuk semua umat manusia. Nah persoalannya ada manusia yg memilih untuk menerima anugerah yg disediakan itu, ada juga manusia yg memilih hidup yg semaunya sendiri. GBU
hai hai's picture

@ Deta, Tafsir Ilahi

 

KJV

Yunani

LAI

DT

For

hoti

Sebab

sebab

whom  

hos

semua orang yang

orang-orang yang

he did foreknow,

proginosko

dipilih-Nya dari semula

Dia mengenal sebelumnya

he

proorizo

Red Tidak diterjemahkan

also

kai

mereka juga

dan

did predestinate

proorizo

ditentukan-Nya dari semula

Dia menentukan sebelumnya

[to be] conformed

summorphos

untuk menjadi serupa

yang serupa

to the image

eikon

dengan gambaran

yang serupa

of his

autos

Anak-Nya

Anak-Nya

Son,

huios

that

eis

supaya

ke dalam

he

autos

Ia, Anak-Nya itu

yang

might be

einai

menjadi

untuk menjadi

the firstborn

prototokos

yang sulung

yang sulung

among

en

di antara

didalam

many

polus

banyak

yang banyak

brethren.

adelphos

saudara

saudara-saudara

 

Debu tanah, anda mengaku bukan ahli bahasa, namun mengatakan bahwa Roma 8:29 tidak berbicara tentang predestinasi. Baik terjemahan KJV maupun NIV menerjemahkan kata prooizo sebagai predestinasi. LAI menerjemahkannya sebagai “ditentukan-Nya dari semula” sementara anda menerjemahkannya sebagai “Dia menentukan sebelumnya” Tidak ada perbedaan sama sekali dari terjemahan-terjemahan itu. Namun anda menafsirkannya:

Titik berat saya memang ada pada kata pertama yaitu FOREKNOW. Bahwa Allah “menentukan” (Predestinate = Bahasa ilahi) karena Dia sudah mengetahui sebelumnya (foreknow). Berdasarkan pengetahuan ini Allah MENENTUKAN (predestinate = BAHASA ILAHI) mereka yang telah diketahuinya itu untuk menjadi serupa dengan Yesus.

Jadi kata “whom” pada frase “For whom he did foreknow “ merujuk kepada “he” pada frase “he also did predestinate”. Jadi Allah hanya “mengetahui”, berdasarkan ini dikatakan dalam BAHASA ILAHI kita “ditentukan” (predestinasi).

Adakah ayat yang mengajarkan kepada anda bahwa hal itulah yang terjadi? Allah menetapkan mereka yang memilihNya? Kalau mreka sudah memilih Allah, kenapa harus ditetapkan lagi? Bagaimana pemahaman ilahi anda tentang ayat di bawah ini?

seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Roma 3:10-11
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Tafsir Ilahi

Salam Hai,

Sebelumnya saya minta maaf karena saya mengoreksi (Hai-hai terlanjur mengopy yang belum saya koreksi):

Jadi kata “whom” pada frase “For whom he did foreknow “ merujuk kepada “he” pada frase “he also did predestinate”. Jadi Allah hanya “mengetahui”, berdasarkan ini dikatakan dalam BAHASA ILAHI kita “ditentukan” (predestinasi).



Menjadi:

Jadi kata “whom” pada frase “For whom he did foreknow “ merujuk kepada "to be conformed" . Jadi Allah hanya “mengetahui”, berdasarkan ini dikatakan dalam BAHASA ILAHI kita “ditentukan” (predestinasi).




Mengenai kenapa saya tafsirkan begitu, saya pernah menjelaskan dalam blog saya, bahwa saya memegang KEBENARAN UTAMANYA dulu.

Maaf, harap maklum bahwa menurut saya “predestinasi” BUKAN KEBENARAN UTAMA ! Tetapi menurut saya KEBENARAN UTAMA-nya adalah bahwa ALLAH menawarkan ANUGERAH keselamatan kepada semua orang, ada yang menerima dan ada yang menolak. Banyak sekali ayat pendukungnya.

Bertitik-tolak dari sini maka, saya menafsirkan ayat yang lain berdasarkan KEBENARAN UTAMA tersebut.

Mengenai ayat berikut:

seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Roma 3:10-11


Kita sudah pernah berdebat dalam blog saya mengenai hal ini. Hai hai berpendapat bahwa manusia itu sudah mati dan tidak punya harapan sama sekali (didukung ayat diatas).

Tetapi saya berpendapat sebaliknya, saya mengutip ayat:

Pengkotbah
9:3 Inilah yang celaka dalam segala sesuatu yang terjadi di bawah matahari; nasib semua orang sama. Hati anak-anak manusia pun penuh dengan kejahatan, dan kebebalan ada dalam hati mereka seumur hidup, dan kemudian mereka menuju alam orang mati.
9:4 Tetapi siapa yang termasuk orang hidup mempunyai harapan, karena anjing yang hidup lebih baik dari pada singa yang mati

Yehezkiel 18:23 Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup?



Dan seterusnya, yang menurut Hai hai diskusi berakhir di antah berantah bukan? Sehingga Hai hai menarik diri dari diskusi?

Dan saya setuju bahwa perdebatan tidak akan berakhir. Tadinya saya tertarik kembali berdebat lagi karena Hai hai menawarkan cara baru untuk berdebat dalam blog Hai hai.

Tapi nyatanya perdebatan tetap berakhir sama bukan?


Mengenai predestinasi saya pernah berdebat dengan SF di sini.

Silakan baca juga komentar2 sebelumnya. Perdebatan ini adalah dari perspektif SF yang mendukung predestinasi.

Jadi kesimpulan saya, dari perspektif PREDESTINASI pun tetap ada celah yang menuju ke arah doktrin KEHENDAK BEBAS.


__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Tafsir Ilahi, Namun Salah Tafsir

For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren. Rome 8:29

Jadi kata “whom” pada frase “For whom he did foreknow “ merujuk kepada "to be conformed" . Jadi Allah hanya “mengetahui”, berdasarkan ini dikatakan dalam BAHASA ILAHI kita “ditentukan” (predestinasi).


For whom he did foreknow, to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren.

Debu Tanah, saya menangkap maksud anda. Bukankah yang anda maksudkan seperti kalimat tersebut di atas? Dan itulah yang dalam bahasa ilahi dikatakan predestinasi? Pemikiran demikian sudah umum digunakan oleh penganut Arminianisme, itu sebabnya saya bersusah payah menyusun tabel perbandingan terjemahan agar anda dapat mempelajarinya dengan seksama. Coba anda perhatikan sekali lagi dengan seksama, Kata yang mengikuti kata “proginosko” adalah kata “proorizo”.

Proginosko = to have knowledge before hand, to foreknow, of those whom God elected to salvation, to predestinate. Yang diketahui sebelumnya.

Proorizo = to predetermine, decide beforehand, menentukan sebelumnya, memutuskan terlebih dulu, in the NT of God decreeing from eternity = Dalam PB, Allah berfirman dari kekekalan, to foreordain, appoint beforehand = Menakdirkan, menentukan sebelumnya

proginosko proorizo kai proorizo summorphos

Debu tanah, anda bisa menafsirkan seperti cara anda dengan asumsi bahwa Alkitab ditulis dalam bahasa Inggris namun dengan teknik bahasa Yunani, nyambung terus tanpa tanda baca. Namun, cara penafsiran demikian menjadi mustahil ketika anda membacanya di dalam bahasa Yunani. Dalam bahasa aslinya, ada dua kata proorizo atau predestinasi, itu sebabnya para penerjemah LAI menerjemahkan “proginosko proorizo”  menjadi “dipilih-Nya dari semula

Hal kedua yang ingin saya ingatkan adalah: Dugaan anda bahwa doktrin predestinasi menolak keberadaan Freewill itu salah sama sekali. Baik Paulus, Agustinus, Martin Luther, John Calvin maupun Stephen Tong sama sekali tidak pernah mengajarkan predestinasi yang menolak keberadaan Freewill. Hanya orang-orang yang tidak paham doktrin predestinasi dengan benar yang mengajarkan predestinasi yang menolak freewill.   

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

Hai, Roma 8:29 dalam bahasa Yunani

Salam Hai,

Terima kasih banyak atas penjelasannya. Saya minta maaf karena agak lama menulis komentar balasannya, soalnya lagi nyari wangsit nih, hehe..

Saya ada dua pertanyaan sehubungan dengan Roma 8:29.

Pertama, mengenai bahasa Yunani

Hai mengutip:

proginosko proorizo kai proorizo summorphos
(ada 2 kata proorizo)

Note: Padahal dalam Alfabet Yunani dari link yang diberikan Hai hai pun hanya ada 1 kata “proorizo”.


Sedangkan Deta mengutip bahasa Yunani yang berbeda, yang diambil dari http://www.sarapanpagi.org/predestinasi-alkitab-vt655.html:

proegnô {Dia mengenal sebelumnya} kai {dan} proôrisen {Dia menentukan sebelumnya} summorphous {yang serupa}

(ada 1 kata prorisen)

Dalam kutipan Hai ada 2 kata “proorizo”, sedangkan dalam kutipan saya hanya 1 “proorisen”. Kenapa beda ya?

 

Kedua, mengenai terjemahan bahasa Inggris KJV:

Hai berkata:

Debu tanah, anda bisa menafsirkan seperti cara anda dengan asumsi bahwa Alkitab ditulis dalam bahasa Inggris namun dengan teknik bahasa Yunani, nyambung terus tanpa tanda baca. Namun, cara penafsiran demikian menjadi mustahil ketika anda membacanya di dalam bahasa Yunani.

Deta:
Bila memang ada 2 kata “proorizo”, apakah terjemahan KJV dalam bahasa Inggris telah salah diterjemahkan dari bahasa Yunani?

Bila hanya ada 1 kata “proorizo”, apakah terjemahan KJV dalam bahasa Inggris sudah betul diterjemahkan dari bahasa Yunani?

Tambahan:
Bagaimana pula dengan Efesus 1:4-5 yang sempat saya singgung sebelumnya, Hai hai mungkin mau menanggapi nya?


Mohon penjelasannya.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

DT, Bisa Menyangkal, Namun Tidak Bisa Menentang

Debu Tanah, santai saja, tidak ada yang mengejar-ngejar kita kok.

KJV atau NKJV menerjemahkannya menjadi “HE” coba anda lihat lagi, baik di blueletterbible maupun di SABDAweb, juga software E-Sword dan SAbda 0.3 saya. Bila anda punya sofware E-Sword, silahkan anda cari. Samuel Franklyn, anda pakar E-Sword, minta tolong konfirmasi dong. Kalimatnya adalah seperti yang saya kutip.

proginosko proorizo kai proorizo summorphos

Ada dua kata “proorizo”

Saya sudah ceck link yang anda berikan, di sana memang BP hanya mengutip satu kata “proorizo” Mungkin anda bisa bertanya kepadanya dari mana sumbernya sehingga kita dapat mengujinya. Atau anda bisa ceck ke situs-situs Alkitab online lainnya.

KJV/NKJV: For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren. Rome 8:29

NIV: For those God foreknew he also predestined to be conformed to the likeness of his Son, that he might be the firstborn among many brothers. Rome 8:29

Debu Tanah, bila membaca terjemahan KJV maupun NIV tanpa menafsirkannya seperti yang anda lakukan, maka terjemahan keduanya benar. Allah melakukan Predestinasi berdasarkan kemahatahuanNya. Namun bila menafsirkan kedua ayat terjemahan tersebut seperti yang anda lakukan, maka tafsirannya menjadi salah karena ada dua kata “Proorizo” dalam ayat tersebut.

Debu Tanah, Arminianius mengajarkan tentang peta teladan Allah rusak menyeluruh (total depravity) ketika Adam dan Hawa berdosa. Kerusakan itu juga terjadi pada KEHENDAK bebas (freewill) manusia. Dia lalu membuat TEORI adanya KARUNIA khusus yaitu, Allah memberikan Freewill kembali kepada manusia yang tidak punya Freewill lagi. Selanjutnya dia mengajarkan, bahwa predestinasi adalah “Allah memilih orang yang memilihNya.”

Arminianisme atau Remonstrants (murid-murid Arminius) hanya memusatkan perhatian untuk menentang ajaran John Calvin tanpa memikirkan ajaran Arminius atau ajaran mereka sendiri. Mereka membangun keyakinan bahwa John Calvin atau Calvinisme mengajarkan bahwa Setelah Adam dan Hawa berdosa, manusia kehilangan kehendak bebasnya (Freewill). Itulah yang terjadi hingga saat ini, padahal John Calvin sama sekali tidak mengajarkan hal demikian.

Menurut saya, kalaupun hanya ada satu kata “Proorizo” tetap saja penafsiran anda didasarkan pada keyakinan bahwa predestinasi berarti manusia tidak punya kehendak bebas dan hak pilih serta Allah memilih manusia yang memilihNya. Teori Allah memilih orang yang memilihNya sama sekali tidak memiliki ayat pendukung sama sekali.

Debu tanah, predestinasi adalah ajaran Alkitab. Kita bisa MENYANGKALNYA namun mustahil MENENTANGNYA.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Daniel's picture

koreksi kecil buat hai hai

hai hai, saya rasa teks Roma 8:29 yang benar adalah:

hoti hous proegno kai proorisen summorphous ... dst..

hanya ada satu kata proorisen, bukan dua.

adapun mengapa SABDAweb dan BLB menulisnya demikian.

pertama, kata yang ditulis oleh SABDAweb dan BLB hanya akar katanya saja, yaitu proorizo, sedangkan yang tertulis dalam teks aslinya memang proorisen, salah satu turunannya.

kedua, pengulangan itu adalah notasi khusus yang menunjukkan unsur2 gramatikal dari masing2 kata. perhatikan tanda panah biru ke atas dan ke bawah di BLB dan angka '0' dalam kurung di SABDAweb? itu menunjukkan bahwa salah satu dari kata tersebut tidak berada dalam posisi yang sebenarnya, yaitu yang diterjemahkan sebagai 'he' (dia).

saya tidak mahir bahasa Yunani, amatiran saja, tapi kalau tidak salah dalam kata 'proorisen' sudah termaktub unsur pelaku orang ketiga tunggal, yang dalam bahasa Inggris terpaksa diterjemahkan terpisah sebagai 'he' dan dipisahkan oleh kata lain (dalam kasus ini 'also') dari kata kerja aslinya.

ini saja koreksi kecil dari saya, yang memang tidak menyentuh esensi diskusi kalian. silakan lanjutkan. saya suka...

hai hai's picture

Panggilan Umum & Khusus

Edy, anda pernah mendengar istilah panggilan umum dan panggilan khusus?

Panggilan Umum: Allah memanggil, "Marilah kepdaku yang letih lesu dan berbeban berat, aku akan memberikan kelegaan kepadamu!" Tidak ada yang datang, itu sebabnya Firman Allah teertulis:

seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak. Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah. Roma 3:10-11

Karena tidak ada yang datang, maka Allah melakukan panggilan khusus, itulah yang disebut predestinasi. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

edy's picture

yg membedakan siapa ?

 

Yang membuat perbedaan panggilan umum dan panggilan khusus siapa ?

Apakah Tuhan atau manusia sendiri ?

GBU

hai hai's picture

@ Edy, Jurus Kuno

Edy, yang bilang Allah itu tritunggal siapa? apakah Tuhan atau manusia sendiri? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

edy's picture

@ Hai ; kuno ??

 

Ini lebih kuno lagi, pertanyaan dijawab pertanyaan.

GBU

hai hai's picture

@ Edy, Matius 22:1-14

Edy, masalah panggilan umum dan panggilankhusus, silahkan baca Matius 22:1-14. DAri situlah kesimpulan ditarik. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

edy's picture

@ Hai, Matius

 

Setahu saya itu adalah ayat yg menceritakan ttg org farisi.

Lantas apa hubungannya dgn predestinasi ?

Bisa dijelaskan ?

GBU

king heart's picture

@hai hai

Good answer and explanation GBU
__________________

Apakah dengan mengatakan kebenaran kepadamu aku telah menjadi musuhmu?

hai hai's picture

@ Edy, Matius

Terima kasih untuk pujiannya Kingheart!

Saudara Edy, maaf saya tidak bisa menjelaskan lebih lanjut sebab anda tidak menunjukkan itikad untuk mengerti sama sekali. Apa gunanya saya menjelaskan panjang lebar, sementara ayat yang saya tunjukkan untuk anda baca sama sekali tidak dibaca? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

edy's picture

terima kasih

 

Terima kasih atas penjelasannya. GBU

jesusfreaks's picture

@edy : Tidak semua orang

Namanya DIPILIH, bukan untuk semua orang. TAPI, firman berkata APA YANG KAU IKAT DIDUNIA, AKAN TERIKAT DISORGA. TUHAN memilih, nah yg dipilih TUHAN diberi kuasa untuk mengikat atau memilih.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

edy's picture

Jadi yg JF maksud

 

Jadi maksudnya Tuhan memilih dan memberi kuasa untuk memilih ya.

kurang jelas nih.

GBU

jesusfreaks's picture

@edy : kurang lebih begitu

Perhatikan TUHAN memilih NUH, ABRAHAM, DAUD, MUSA, dll. Masalah mereka yg tidak dipilih, atau tidak diikat ya pasrah aza. Lakukan yang terbaik, selamat syukur, kalaupun binasa kekal ya mau diapain, TUHAN kan berdaulat.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

edy's picture

@ Jf

 

Kalau begitu termasuk predestinasi atau free will atau apa ?

Saya punya pendapat kurang lebih ya begitu.

GBU

Ang Che Chen's picture

@ JF, kamu kira kira di golongan mana?

dear JF,

kalo kamu digolongan mana? golongan yg selamat atau yg ditentukan untuk binasa..

jadi ya JF kalau ntar kamu selamat ya syukur deh, kalo binasa,, yah apa boleh buat nasib tih...

jadi tidak ada jaminan yg pasti dalam keselamatan dalam Yesus yah..

 

jesusfreaks's picture

@edy : kurang lebih ya itu

Kurang lebih ya begitu. Terserah kamu bilangnya apa. Ntar kalau dijelasin bingung, ntar kalau dibilang goblok, bebal tersinggung. Kamu cari sendiri deh, udah banyak blog n koment soal predestinasi n freewill.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@ACC : Apakah keselamatan ?

Apa definisi keselamatan ? Apa guna keselamatan ? Yesus adalah jalan, kebenaran n hidup. Apakah yg AAC maksud Sorga ? Apakah AAC hidup demi Sorga ? Apakah AAC takut masuk neraka ? SAYA GAK TERLALU PUSING DENGAN KESELAMATAN ATAUPUN SURGA. BAGI SAYA ADA YANG LEBIH BESAR DARI KESELAMATAN DAN SURGA. Yaitu MENYEMBAH BAPA dalam Roh Kudus n dalam Yesus Kristus.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Ang Che Chen's picture

@JF, tehnik menjawab yg bagus

dear JF,

thanks buat replynya.

aku dah ngerti kok prinsip kamu.

mudah2an kamu 'selamat' yah..

phrack's picture

Pake Logika Ach..

Very sori baru komen.. Gua coba jawab! Emang pada ahli dagang euy di Pasar Klewer Kalewer.. Pedagang baru jadi kalah bersaing! Pulang kantor bukannya ilang pusing malah tambah pusing! Sama pusingnya mikirin Tuhan menciptakan telor atau ayam duluan? Semakin dipikir semakin pusing! Kalau Allah sudah tahu kenapa Dia memilih? Jawabnya Karena Allah Maha tahu! Ibarat dagang apa untungnya Allah memilih? Kalau yang tidak dipilih bisa marah2! Ini bukan soal memilih buah jeruk ya! Soal jeruk, apa 'pembeli' jeruk sombong sama jeruk yang jelek! Katanya: "Woi!! jeruk jelek!! gue dapet jeruk bagus dong weeee!!" menurut ente para pedagang! ada untungnya pembeli sombong begitu? yang ada disangka orang gila sama pedagang! Tapi ingat Allah kita jeruk paling jelekpun dipilih dan dibeli! malahan yg udah ga dijual lagi!! alias udah busuk!! & udah ditaroh ditempat sampah!! dibeli dengan harga Rp. 7 Juta untuk sebutir jeruk yang dilihatnye ! bukan karena mau sombong sama pedagang tapi karena udah hobi ngumpulin jeruk sebanyak2nya! Jadi ente pedagang jangan ikut2an kaya orang gila lah! Pedagang nye aj punya nenek komandan di Neraka! Hehehe.. Laughing
__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

phrack's picture

Lihat NIh

 

jeruk jerux

jeruk bali ok monyet di bom dhuarr tank

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

phrack's picture

FREWILL Yes Predestinate NO (ROMA 8 : 29)

Tulisan Gw diatas! Allah tidak menentukan lebih dahulu (Roma 8:29 KJV foreknow; Yunani proginosko) tetapi Allah mengetahui lebih dahulu apa yang akan terjadi dengan tepat dari setiap orang, meskipun dengan itu belum terjadi. Wong Inlander: Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Roma 8:29 Wong Londo: For whom he did foreknow, he also did predestinate to be conformed to the image of his Son, that he might be the firstborn among many brethren Rome 8:29. Perjanjian lama menggunakan dengan jelas kata "mengenal" (Progeo dapat berarti "dikenal sejak semula" atau "dipilih". LAI terjemahin "dipilih") "Akulah Allah yang mengenal engkau dipadang gurun," kata Allah kepada Hosea, mengenai bangsa Israel (Hos 13:5). Alkitab mengatakan Allah mengenal manusia berarti bahwa ia mempunyai suatu maksud,rencana dan tugas sama orang itu. Dan apabila kita melihat pengalaman kita sebagai orang Kresten yang dapat kita katakan adalah "Gue tidak melakukan ini,itu, Gue tidak akan pernah bisa melakukannnya, Allah yang melakukan segala sesuatunya".Dan kita mengetahui benar, bahwa hal ini bukan meniadakan kehendak bebas manusia. Allah mengenal Israel, tetapi ada saatnya Israel menolak ketentuan Allah yang harus berlaku baginya. Bimbingan Allah yang 'tidak terlihat ada didalam hidup kita,tetapi saat terakhir sebenarnya kita masih dpat menolaknya dan mengambil jalan sendiri!. Pengalaman Kristen yang terdalam adalah, bahwa segala sesuatu berasal dari Allah, bahwa kita tidak melakukan segala sesuatupun Allah yang melakukan segalanya. Setuju?
__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

udalama's picture

@ phrack, rahasia Kerajaan SURGA ke BANDUNG dulu…

 

Kerajaan SURGA ke BANDUNG dulu…
 
BANDUNG phrack!
 
phrackovick...
 
tut...tut...tuuuttt....
siapa hendak turut,
ke bandung... surabaya...
kenapa harus ke bandung dulu ya?
karena...
bandung ibu kota peRIANGan,
tempat para periang dikayangan (surga?)
bukankah SEMANGAT bandung dulu LUAR BIASA?
jangan meninggalkan kota kenangan,
karena disana ada bunga KEnaNga.
bunga KEnaNga?
 
 
phrack...
LASKAR KRISTUS, BERDERAPLAH SATU!!!
laskar kristus SUNDA KELAPA...
lu inget PRA'MUKA kagak?
lambangnya TUNAS kelapa,
nyiur-nyiur kelapa melambai-lambai.
 
phrack...
sunda itu dija'bar (mungkin menjabarkah?)
jabar>menjabarkan>menyebarkan>benih kerajaan...
>KERAJAAN ALLAH>KERAJAAN SURGA!
 
dalam benih ADA rahasia kehidupan SURGA!
 
 
sekalian pengen nyanyi nih phrack...
lu orang betawi khan?
 
bandar JAKARTA diwaktu malam
 
awan LEMBAYUNG menghiasi BANDAR indah PERMAI,
awan TERLINDUNG, oleh pulau S'RIBU melambai,
melambai, rona-merona, menghias ALAM laju perahu NELAYAN,
memecah BUIH meNYUSUR pantaI, m'NUJU teluk JAKARTA,
 
INDAH lukisan ALAM, KALLA senja MENJELANG PELUKAN MALAM,
BURUNG PUTIH menyampaikan salam, kata "SELAMAT MALAM".
 
ciPT: ISkandar, AGAR SU'PAYA...
awan LEMBAYUNG menghiasi BANDAR indah PERMAI,
awan TERLINDUNG, oleh pulau S'RIBU melambai-melambai,
rona-merona, menghias ALAM laju perahu NELAYAN,
memecah BUIH meNYUSUR pantaI, m'NUJU teluk JAKARTA.
 
 
phrack...
bukankah phrack inget yang SU'PERIor?
Yohanes  7:38
Barangsiapa percaya kepada-Ku,
seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci:
Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran AIR hidup."
elu bISA MENJABARKAN RAHASIA SURGA?
LASKAR KRISTUS, BERDERAPLAH SATU!!!
dalam benih ADA rahasia kehidupan SURGA!
 
kenapa kereta HARUS ke BANDUNG dulu???
 
 
Matius  5:45
Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga,
yang menerbitkan MATAHARI bagi orang yang jahat
dan orang yang BAIK dan menurunkan hujan
bagi orang yang BENAR dan orang yang tidak benar.
phrack's picture

Kereta menuju Surga

 

Naek Kreta emang cepet apalagi tanpa HAMBATAN ga pake goyang kiri kanan, gak bikin mabok, apalagi kalo cuman ke bandung yah enak lah.... trus bisa liat pemandangan lagi... Ikut indahnya kota BANDUNG kaya SURGA

tapi tau gak Mas perjalanan yg harusnya keBANDUNG bisa kelewat sampai TASIKMALAYA malah bisa kelewat sampe SURABAYA, perusahaan TRAVEL yg kita dah sewa maunya BANDUNG krn lebih indah tapi kenapa orang ngotot sama travel yg ke SURabaya ya GA?

Trima kasih sudah tetap menjadi Sahabat perjalanan kami ke BANDUNG

 

(+) bertobat & berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)

__________________

(+) berdoalah agar supaya jangan penggoda merugikan jiwamu (+)