Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Kue Bika Ambon

Purnomo's picture

                     Hampir setiap penggemar kue tahu rasa Bika Ambon. Ini kue khas asal kota Medan seperti halnya lumpia untuk kota Semarang. Tetapi mengapa menyandang kata “Ambon” padahal lahirnya di kota Medan?




                     Ada yang bercerita kue ini pertama kali dibuat oleh orang Ambon yang merantau di Medan. Saya yang pernah 5 tahun tinggal di Medan lebih memercayai cerita orang-orang di sana bahwa namanya begitu karena semula kue ini dijual dan popular di simpang  Jalan Ambon, Medan.

                    Kemudian para penjual kue ini tidak lagi terkumpul di simpang jalan Ambon tetapi di Jalan Majapahit. Walau demikian namanya tetap Bika Ambon tidak berubah menjadi Bika Maja. Jadi, kue Bika Ambon tidak ada sangkut-pautnya dengan pulau atau orang Ambon.

                    Tentu tidak demikian bila kita menyebut diri “aku kristen”. Apa yang kita lakukan akan selalu di’sangkut’kan dengan asal kata ‘kristen’ yaitu Kristus. Jelek yang kita lakukan, nama Kristus ikut dijelekkan. Karenanya, mari menjaga setiap langkah kita, kecuali kita mau seperti kue Bika Ambon.

 

** Semarang 13-05-2016

 

victorc's picture

Shalom. pak Pur

Shalom, pak Pur Selamat datang kembali, senang membaca artikel bpk lagi. Sabdaspace terasa sepi lho bbrp waktu ini tanpa posting artikel-artikel bpk. Semoga terus berkarya, dan tetap semangat bro... Jbu, Victor
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.

Purnomo's picture

Saya absen di sini karena sekolah lagi

di jurusan Boga, Pak victorc. Laughing
Saya coba praktekkan di sini.
Selamat menikmati.
Kalau rasanya kurang cocok, silakan dikomplen saja ya Pak.

victorc's picture

Ok, selamat masak memasak...

semoga kursusnya menyenangkan, pak Pur. Btw, lekker itu bhs indonesianya enak kan (tasty)? Jadi kue lekker menjadi kue enak, tapi kan semua kue juga enak? Jadi apa nama yang lebih tepat? ... Selamat merenung he he he Jbu VC
__________________

Dari hamba yang tidak berguna (Lih. Lukas 17:10)

Prepare for the Second Coming of Jesus Christ.