Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Air Conditioner & Misteri Allah Tritunggal

Debu tanah's picture

Dalam diskusi antara Benjohn dan Hai hai dalam blog Hai hai: Taman Eden - Misteri Allah Tritunggal (Versi ALPHA).

Benjohn:
Kalau gelap itu ada, bisakah kita mengelapkan ruangan dengan menambahkan gelap? (maksud saya bukan mengurangi terang yang ada diruangan )

kulkas bekerja dengan mengambil panas yang ada diruangan kulkas
(bukan memberi dingin kedalam kulkas, karena dingin itu memang tidak ada)

Hai hai:
Kulkas dan Ac. Saya bukan ahlinya namun pernah mempelajarinya ketika membantu teman mendirikan usaha service AC dan Kulkas. Pendingin AC dan Kulkas disebut Freon. Ketika Kalorinya meningkat, Freon menjadi dingin. Anda pernah melihat sulap di mana seseorang memasukkan besi membara ke dalam air, airnya justru membeku jadi es?

Benjohn :
Mengenai cara kerja kulkas anda salah, Freon  dalam bentuk cair dialirkan kesisi sisi kulkas. kemudian freon cair ini menguap menjadi gas. untuk menguap freon perlu kalor/panas. Panas ini diambil dari dalam ruangan kulkas. karena  itu ruangan kulkas kehilangan  panas maka disebut  dingin,
kemudian  gas freon dikembalikan ke bentuk cair di kompresor  dengan bantuan listrik. kira kira begitu yg saya paham. 

HAI :
benjohn, ketika dipenuhi kalori, Freon menjadi dingin. Ketika kalorinya diambil, Freon menjadi panas. Itulah yang saya maksudkan.

Deta:
Anda ngaku bukan ahli Kulkas & AC, tapi nekat ngajari orang cara kerja Kulkas & AC? Anda benar2 nekat dan sok tahu! Anda bukan ngajarin tapi malah bikin orang bingung!

Ngajarin orang cara kerja AC dan Kulkas saja anda TIDAK BECUS, anda mau ngajarin orang tentang misteri Allah Tritunggal ? Hahaha…

Apa yang dikatakan benjohn sudah benar, namun kurang teknis.

HAI:
Anda tahu cara AC mendinginkan ruangan? Dengan menghembuskan udara dingin. Anda tahu cara kulkas mendinginkan udara di dalam ruangan kulkas? Dengan menghembuskan udara dingin.


Apabila yang diajarkan oleh benjohn dan anda benar, bukankah kita tidak perlu listrik untuk menyalakan AC dan Kulkas?

Ha ha ha ha ... Karena komentar anda ini hanya opini, saya tidak akan menyebut anda nekad.

DETA:
Ijinkan saya memaki anda:  Hai anda NGAWUR tapi SOK TAHU !!
Sebenarnya sih gak perlu punya sertifikat, tapi anda memang tidak paham cara kerja AC dan Kulkas!

Saya SANGAT TAHU, itu sebabnya saya bilang anda NGAWUR dan SOK TAHU! Dan saya bilang benjohn benar walau kurang teknis.
Apa yang dikatakan benjohn adalah benar, hanya kurang teknis tidak menjelaskan bagian-bagian AC dan Kulkas. Pemahaman anda SALAH!

Sejauh ini opini saya bisa saya pertanggung jawabkan.

Haruskah saya menunjukkan SERTIFIKAT saya pada anda, supaya anda percaya bahwa saya TAHU CARA KERJA AC dan anda NGAWUR? Hahaha...

HAI:
Debu tanah, bila hendak menunjukkan sertifikat anda, tunjukkanlah, tidak ada hukum yang melarang hal demikian. Bila beropini saya ngawur dan tidak bertanggungjawab, silahkan beropini. Opimi gratis kok.

Bila anda mau menunjukkan kehebatan anda dengan menulis blog tentang cara kerja AC dan kulkas, silahkan. Di sana anda bisa mengutip semua kalimat saya lalu menunjukkan kengawuran saya bukan?

Benjohn (komentar terbaru pagi ini):
Hai2 (quoted):
benjohn, ketika dipenuhi kalori, Freon menjadi dingin. Ketika kalorinya diambil, Freon menjadi panas. Itulah yang saya maksudkan.

Setahu saya  didunia ini tidak ada zat yang ketika kalornya diambil akan menjadi makin panas.

DETA:

Anda betul Ben!
 

 

PEMBAHASAN

Orang awam mengetahui AC  terdiri dari 2 komponen yaitu OUTDOOR dan INDOOR. Sedangkan orang teknik yang pernah mempelajari cara kerja AC tahu bahwa komponen utama AC adalah:
1. OUTDOOR terdiri dari KOMPRESOR & KONDENSOR
2. INDOOR terdiri dari EVAPORATOR & KATUP EKSPANSI
 

AC berfungsi mendinginkan udara ruangan, kita tahu temperatur ruangan lebih dingin dari temperature udara luar, apakah ini melanggar HUKUM ALAM bahwa KALOR berpindah dari tempat yang panas ke tempat dingin?
 

Tidak! Cara kerja AC sesuai dengan HUKUM ALAM, manusia memanfaatkan beberapa hukum-hukum alam lain, hukum itu antar lain:
1.    Freon (fasa gas) bila dimampatkan (dikompresi) akan menjadi panas (terjadi pada kompresor)
2.    Bila freon panas dan bertekanan tinggi didinginkan akan mengembun berubah fasa menjadi cair (terjadi pada kondensor, udara luar mendinginkan Freon dalam KONDENSOR yang telah menjadi lebih panas dari udara luar akibat dimampatkan oleh kompresor), secara fisik kondensor memang panas sekali.
3.    Proses penguapan MENYERAP panas (terjadi pada EVAPORATOR)

 

Cara kerja AC :

1.    Kompresor berfungsi memampatkan atau menaikkan tekanan Freon yang masih berfasa gas.Kompresor digerakkan oleh motor listrik. Dengan kata lain kita memasukkan energi ke dalam Freon. Sifat dari gas termasuk Freon adalah bila dimampatkan akan naik temperaturnya.

2.    Dari kompresor Freon mengalir ke kondensor, pipa-pipa KONDENSOR yang berisi Freon bertekanan dan panas itu dikipas blower, freon menjadi dingin dan berubah fasa dari gas menjadi CAIR.
Itu sebabnya disebut KONDENSOR karena disini terjadi kondensasi (perubahan fasa gas menjadi cair), karena panas dipaksa keluar dengan menggunakan blower.

3.    Selanjutnya Freon dialirkan ke EVAPORATOR melewati KATUP EKSPANSI, katup ekspansi melepas Freon dari kondensor bertekanan tinggi ke dalam Evaporator. Ini menyebabkan Freon berubah fasa dari cair berubah menjadi gas. Menurut hukum alam proses ini akan MENYERAP panas, sehingga temperatur FREON TURUN. Kemudian udara ruangan yang lebih panas dialirkan ke dalam Evaporator sehingga panas dari udara ruangan otomatis mengalir / pindah ke FREON yang jauh lebih dingin. Blower dalam evaporator berfungsi mempercepat proses ini. Itu pula sebabnya INDOOR disebut EVAPORATOR, yaitu untuk menguapkan freon  menjadi gas.

Cara kerja AC sama persis dengan KULKAS.

Apa yang diutarakan oleh Hai hai adalah ajaran SESAT dalam bidang cara kerja AC. Lalu apa hubungan antara cara kerja AC dengan Misteri Allah Tritunggal? Memang tidak ada kaitan sama sekali. Tetapi bila cara kerja AC saja tidak tahu, bagaimana akan memecahkan misteri Allah Tritunggal?
 

Apakah blog ini bermaksud menunjukkan kehebatan saya dan mempermalukan Hai hai? Tidak, Hai hai adalah seorang pengajar di Sabda, itu sebab dia harus dihakimi lebih berat sebagai pengajar bukan?
 

Benjohn sendiri juga tahu cara kerja AC kok, hanya kurang teknis karena dia bukan dari background ilmu yang sesuai. Tetapi dengan mudah kita meng-google cara kerja AC. Namun Hai hai tampaknya telah berani membahas yang tidak diketahuinya. Bahkan dalam blognya “Taman Eden - Misteri Allah Tritunggal” Hai hai telah berani melampaui yang tertulis.

Renungan Alkitab:

I Korintus  4:6 Saudara-saudara, kata-kata ini aku kenakan pada diriku sendiri dan pada Apolos, karena kamu, supaya dari teladan kami kamu belajar apakah artinya ungkapan: "Jangan melampaui yang ada tertulis", supaya jangan ada di antara kamu yang menyombongkan diri dengan jalan mengutamakan yang satu dari pada yang lain.


Ayub  42:3 Firman-Mu: Siapakah dia yang menyelubungi keputusan tanpa pengetahuan? Itulah sebabnya, tanpa pengertian aku telah bercerita tentang hal-hal yang sangat ajaib bagiku dan yang tidak kuketahui.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

akhung's picture

@Deta: hahaha.. hai-hai sesat..

Bro.. mungkin Anda benar kalau Hai-hai sesat masalah AC... tapi yang ini berlebihan nih...

Deta: Tetapi bila cara kerja AC saja tidak tahu, bagaimana akan memecahkan misteri Allah Tritunggal?

Masak mau tau Allah tritunggal harus tau cara kerja AC dulu... berarti aku harus belajar nih cara kerja AC.. thanks lho sudah di kaci tau

Jesus Bless U

Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

 

__________________

Jesus Bless U


Akhung Berithel

Kita tidak bisa selalu memiliki apa yang kita sukai, tapi kita bisa belajar menyukai dan mensyukuri apa yang kita miliki

Debu tanah's picture

@ Akhung, logika yang menyesatkan

Baca blog King Heart SINI

Blog KH membahas tentang logika yang menyesatkan. Perhatikan diskusi antara Benjohn dan Hai hai dalam membahas analogi cara kerja Kulkas/AC dengan Terang - Gelap dalam blog dengan topik Allah Tritunggal.

Bukan kah Hai hai menggunakan AKAL BUDI yang sama waktu membahas cara kerja AC dan tentang Allah Tritunggal. Menurut saya logika si Hai ada yang gak beres (menurut saya), itu karena ada pemahaman nya yang salah, tapi dia merasa benar!

Menurut saya itu sebabnya blog si Hai hai itu bikin BINGUNG. Bila menurut beliau kesimpulan saya salah, adalah KEWAJIBAN beliau untuk menjelasnkan dan MEMBEPERTANGGUNG JAWABKAN tulisan dan ajaran beliau tersebut!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

@DETA, terima kasih tentang

@DETA, terima kasih tentang penjelasan cara kerja ac dan kulkas.

 

Itulah inti diskusi. Yang tahu memberi tahu kepada yang tidak tahu.

Kemudian  akan mempelajarinya  bersama sama.

 

Sebenarnya  dalam diskusi saya dengan hai2  yang anda kutip itu, saya  hanya mau mengatakan bahwa pada dasarnya gelap itu tidak ada.

Gelap hanyalah istilah untuk ketiadaan terang.

 

Dan saya analogikan dengan dingin. Dingin itu juga tidak ada.

Dingin hanyalah istilah untuk ketiadaan panas/kalor

 

Ini karena hai2 mengatakan gelap adalah ALLAH 

 

 

Debu tanah's picture

@ Benjohn, kamu meyingkapkan sesuatu

Benjohn:

Itulah inti diskusi. Yang tahu memberi tahu kepada yang tidak tahu.

Kemudian  akan mempelajarinya  bersama sama.

DETA:

Idealnya memang begitu, sayang banyak blog isinya DEBAT KUSIR doang !

 

Benjohn:

Sebenarnya  dalam diskusi saya dengan hai2  yang anda kutip itu, saya  hanya mau mengatakan bahwa pada dasarnya gelap itu tidak ada.
Gelap hanyalah istilah untuk ketiadaan terang.

Dan saya analogikan dengan dingin. Dingin itu juga tidak ada.
Dingin hanyalah istilah untuk ketiadaan panas/kalor


Ini karena hai2 mengatakan gelap adalah ALLAH 

 

DETA:

Logika kita sama. Analogi mu menyingkapkan sesuatu, semoga bisa digunakan oleh Om Hai hai untuk memecahkan misteri ini dan mungkin mengoreksi kesalahan blog versi Alpha nya itu, itu kalo dia mau!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Wah, anda lumayan juga ya?

Wah, debu tanah, anda lumayan juga ya soal AC? Jadi anda benar-benar punya sertifikat atau pengetahuan AC anda cuman hasil googling dari goolge nich?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, Benjohn yang lumayan

Saya memang Sarjana Teknik yang dalam mata kuliah saya belajar tentang Thermodinamika, antara lain belajar cara kerja AC.

Saya lulus Sarjana Teknik tahun 1998, sudah lebih dari 10 tahun yang lalu, jadi saya hanya remind dengan googling bagian2 yang saya agak lupa.

Jadi ya wajar saja saya sangat paham wong punya Sertifikat (Ijazah). Hehe

Tapi tidak menutup kemungkinan lho orang yang tidak punya back ground ini bisa paham, asal belajar dari sumber yang benar. Tapi pastilah perlu usaha dan waktu yang cukup lama.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

jesusfreaks's picture

@haihai : upper cut

Bwi hi hi hi Deta tuh didikan kamu, kalau kamu ahli soal anjing, dia ahli soal ac. Dan gaya "berwawasan" ini kayaknya akan dipakai terus buat beradu pedang dgn kamu. Selamat deh...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@ Deta, Anda juga lumayan

Deta, karena anda cukup menguasai ilmu AC dan Kulkas, izinkan saya bertanya dong.

AC dan kulkas menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan. Apa tujuannya?

Apa yang terjadi ketika udara dingin dari AC itu bertemu dengan udara yang lebih panas di ruangan itu?

Oh ya nambah dong pertanyaannya. Udara dingin mengalir ke udara yang panas atau udara panas mengalir ke udara dingin sich? Misalkan gini dech

tabung A udaranya panas

tabung B udara dingin.

Ketika kedua tabung itu dihubungkan, udara akan mengalir kemana? Dari A ke B atau dari B ke A?      

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, energi mengalir dari panas ke dingin

HAI:
AC dan kulkas menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan. Apa tujuannya?
Apa yang terjadi ketika udara dingin dari AC itu bertemu dengan udara yang lebih panas di ruangan itu?


DETA:
Konsep anda itu keliru. Jangan berfokus udara panas dengan udara dingin dulu, tetapi UDARA VS Freon.


Energi pasti mengalir dari yang suhu panas ke suhu rendah.  Apa yang dikatakan Benjohn betul, kita hanya bisa memindahkan panas dan tidak bisa memindahkan dingin! Dengan kata lain ENERGI selalu pindah dari yang panas ke yang dingin.


Prinsip yang sama berlaku pada AC. Kita tidak bisa memindahkan dingin, tetapi kita bisa memindahkan energi (panas) ke tempat yang lebih dingin. Pada AC perpindahan energy / panas terjadi pada 2 tempat:
1.    Pada Evaporator, energi dalam udara ruangan mengalir ke dalam Freon (karena udara lebih panas dari Freon)
2.    Pada Kondensor, enegy dalam Freon yang panas mengalir ke udara luar yang lebih dingin dari freon dalam kondensor.


Itulah yang sebenarnya terjadi, tetapi orang awam berkata:
1.    Pada  Evaporator (indoor) Freon mendinginkan udara ruangan
2.    Dan udara luar mendinginkan Freon pada Kondensor (outdoor)
 Ini bahasa orang awam dan tidak sesuai dengan hukum Alam.

HAI:
tabung A udaranya panas
tabung B udara dingin.
Ketika kedua tabung itu dihubungkan, udara akan mengalir kemana? Dari A ke B atau dari B ke A?     
 

DETA:
Asumsi pertama bila tekanan tabung A dan B sama. Artinya massa gas A < dari B bila A panas dan B dingin.

Udara panas pada tabung A memiliki energy yang lebih tinggi, secara molecular, molekul-molekul gas bergerak sangat cepat. Udara dingin (tabung B) memiliki energy yang lebih rendah, molekul-molekul gas bergerak lebih lambat.

Perpindahan panas terjadi dengan menularkan gerakan yang cepat kapada molekul B yang lambat. Akhirnya molekul yang cepat (panas) gerakannya akan lebih lambat (lebih dingin), sedangkan molekul yang tadinya lambat (dingin) menjadi lebih cepat (lebih panas).


Tetapi pada akhir keseimbangan suhu, ada mass B yang pindah ke A, karena awalnya mass A < dari B.

Asumsi ke ke dua, bila awalnya (temperature tabung A dan B sama), kemudian tabung A dipanaskan, maka tabung A akan naik tekanannya (molekul2 bergerak sangat cepat), begitu ke dua tabung di buka, maka gas pada tabung A akan masuk ke tabung B, hingga terjadi keseimbangan temperature dan tekanan/ massa gas. Terjadi perpindahan panas /gerakan molekul yang cepat ke molekul yang lambat.

Namun secara bersamaan ada juga gas dari B yang masuk ke A, Tetapi tidak ada perpindahan massa dari A ke B, karena awalnya jumlah gas A dan B adalah sama. Mungkin hanya pertukaran molekul selama terjadi perpindahan panas.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@ Deta, Udara Bukan Kalori

Debu tanah, saya tidak bertanya tentang energi panas atau kalori di dalam udara namun bertanya tentang udara. Bila hendak bertanya tentang kalori saya tidak akan menggunakan kata udara.

Jadi saya akan ulangi pertanyaan saya agar anda dapat memuaskan rsa ingin tahu saya.

AC dan kulkas menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan. Apa tujuannya?

Apa yang terjadi ketika udara dingin dari AC itu bertemu dengan udara yang lebih panas di ruangan itu?

tabung A udaranya panas
tabung B udara dingin.


Ketika kedua tabung itu dihubungkan, udara akan mengalir kemana? Dari A ke B atau dari B ke A?  

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, gas adalah molekul berenergi

HAI:
Debu tanah, saya tidak bertanya tentang energi panas atau kalori di dalam udara namun bertanya tentang udara. Bila hendak bertanya tentang kalori saya tidak akan menggunakan kata udara.


DETA:
Hehehe.. agak sulit juga nih menjelaskan pada orang awam spt anda.
Gas adalah molekul dengan energi. Tanpa energi maka tidak ada yang nama nya gas.


Secara teoritis pada temperature 0 Kelvin ( - 273 C), molekul gas akan diam, artinya, semua molekul gas akan jatuh ke tanah. Pada 0 derajat Kelvin dibumi tidak akan ada atmosfer, alias HAMPA UDARA.

Lengkapnya baca SINI dan SINI.

Jadi kalo bicara GAS, pasti bicara tekanan, temperature dan energi. Pelajari definisi PANAS / DINGIN di SINI.

In a thermodynamic sense, heat is never regarded as being stored within a body. Like work, it exists only as energy in transit from one body to another; in thermodynamic terminology, between a system and its surroundings. When energy in the form of heat is added to a system, it is stored not as heat, but as kinetic and potential energy of the atoms and molecules making up the system.[4]

Coba anda jawab apa sih yang sebenarnya terjadi:
1.    Kenapa tangan kita hangus waktu menyentuh besi panas?
2.    Kenapa tangan melepuh waktu terkena air panas?
3.    Kenapa tangan melepuh waktu terkena uap air panas?
4.    Kenapa kita berkeringat di ruangan yang udaranya panas (tanpa AC)? Tetapi menggigil di ruangan yang dingin?

Bila anda mampu menjawab pertanyaan ini, maka anda tidak akan ngotot lagi menanyakan pertanyaan "bodoh" dibawah ini! Hehehe..


HAI:
Jadi saya akan ulangi pertanyaan saya agar anda dapat memuaskan rsa ingin tahu saya.
AC dan kulkas menghembuskan udara dingin ke dalam ruangan. Apa tujuannya?


DETA:
Pertanyaan SALAH, udara dalam ruangan DITARIK ke dalam EVAPORATOR, supaya temperaturnya turun. Karena temperatur Freon dalam pipa-pipa evaporator lebih rendah dari temperature udara ruangan. Jadi energi dalam udara ruangan ditransfer ke Freon.

Udara panas punya energi tinggi.

Udara dingin memiliki energi rendah.

Udara dingin sekali hingga 0 Kelvin (Absolute Zero) tidak punya energi alias diam = bukan gas, molekul akan jatuh ke tanah!

Energi udara dalam ruangan dan kulkas diambil dengan cara ditransfer ke Freon yang lebih dingin. Udara yang sudah berkurang energinya itu disebut udara dingin.

Ngerti om?

HAI:
Apa yang terjadi ketika udara dingin dari AC itu bertemu dengan udara yang lebih panas di ruangan itu?

DETA:
Udara dingin yg keluar dari evaporator bercampur dengan udara ruangan sehingga terjadi kesetimbangan temperatur.


Kalimat kuncinya adalah udara panas dalam ruangan udara masuk ke Evaporator supaya dingin (turun energinya), karena berkontak dengan pipa2 evaporator bertemperatur rendah.

HAI:
tabung A udaranya panas
tabung B udara dingin.
Ketika kedua tabung itu dihubungkan, udara akan mengalir kemana? Dari A ke B atau dari B ke A? 
 

DETA:
Sudah dijawab.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Mohon Pencerahan

HAI:
tabung A udaranya panas
tabung B udara dingin.
Ketika kedua tabung itu dihubungkan, udara akan mengalir kemana? Dari A ke B atau dari B ke A?     
 

DETA:
Asumsi pertama bila tekanan tabung A dan B sama. Artinya massa gas A < dari B bila A panas dan B dingin.

Udara panas pada tabung A memiliki energy yang lebih tinggi, secara molecular, molekul-molekul gas bergerak sangat cepat. Udara dingin (tabung B) memiliki energy yang lebih rendah, molekul-molekul gas bergerak lebih lambat.

Perpindahan panas terjadi dengan menularkan gerakan yang cepat kapada molekul B yang lambat. Akhirnya molekul yang cepat (panas) gerakannya akan lebih lambat (lebih dingin), sedangkan molekul yang tadinya lambat (dingin) menjadi lebih cepat (lebih panas).

Tetapi pada akhir keseimbangan suhu, ada mass B yang pindah ke A, karena awalnya mass A < dari B.

Asumsi ke ke dua, bila awalnya (temperature tabung A dan B sama), kemudian tabung A dipanaskan, maka tabung A akan naik tekanannya (molekul2 bergerak sangat cepat), begitu ke dua tabung di buka, maka gas pada tabung A akan masuk ke tabung B, hingga terjadi keseimbangan temperature dan tekanan/ massa gas. Terjadi perpindahan panas /gerakan molekul yang cepat ke molekul yang lambat.

Namun secara bersamaan ada juga gas dari B yang masuk ke A, Tetapi tidak ada perpindahan massa dari A ke B, karena awalnya jumlah gas A dan B adalah sama. Mungkin hanya pertukaran molekul selama terjadi perpindahan panas.

Debu tanah, saya memang orang awam, namun saya tahu persis pertanyaan saya dan yang anda jelaskan. Anda hanya menjelaskan tentang proses penyeimbangan kalori. Bila dua MATERI berlainan suhu disatukan, maka akan terjadi proses barter ENERGI DALAM sampai SUHU kedua materi tersebut SEIMBANG.

Anda sama sekali tidak menjelaskan pergerakan udara. Orang awam seperti kami menyebut pergerakan udara dengan nama ANGIN. Berdasarkan penjelasan anda di atas, asumsi pertama: Menurut saya yang awam ini, udara dingin di dalam tabung B akan bergerak ke tabung A yang udaranya lebih panas. Kenapa hal itu terjadi? Hal itu terjadi karena udara panas lebih ringan dari udara dingin, udara yang lebih dingin akan mengalir ke atas. Pada siang hari udara di darat lebih panas di banding di laut, itu sebabnya berhembus angin laut. Pada malam hari suhu laut lebih hangat itu sebabnya berhembus angin darat.

Deta, saya tidak tahu apakah pemahaman orang awam ini benar atas salah. Maukah anda yang pernah kuliah ilmu fisika dasar menjelaskannya? 

Asumsi kedua: Menurut saya anda harus menjelaskan kenapa udara yang dipanaskan tekanannnya lebih besar? apakah udara memuai ketika dipanaskan? Apabila terjadi pemuaian, maka pada awalnya udara di tabung A akan mengalir ke B namun begitu tekanannya seimbang, maka udara akan mengalir dari tabung B (dingin) ke A (panas).

HAI:
Apa yang terjadi ketika udara dingin dari AC itu bertemu dengan udara yang lebih panas di ruangan itu?

DETA:
Udara dingin yg keluar dari evaporator bercampur dengan udara ruangan sehingga terjadi kesetimbangan temperatur.

Kalimat kuncinya adalah udara panas dalam ruangan udara masuk ke Evaporator supaya dingin (turun energinya), karena berkontak dengan pipa2 evaporator bertemperatur rendah.

Debu tanah:

Bila dua MATERI berlainan suhu disatukan, maka akan terjadi proses barter ENERGI DALAM sampai SUHU kedua materi tersebut SEIMBANG.

Menurut saya yang awam ini, di dalam hal AC, pertanyaannya adalah apakah proses PENYEIMBANGAN suhu udara dingin yang dihembuskan oleh AC dan udara ruangan memberikan SUMBANGSIH lebih besar dibandingkan dengan penyeimbangan SUHU anda udara ruangan dengan Freon?

Apabila penyeimbangan SUHU antara udara ruangan dengan Freon lebih besar sumbangsihnya, menurut saya yang awam ini, seharusnya AC menyedot udara ruangan bukannya menghembuskan udara dingin. Namun nyatanya, AC justru menghembuskan udara dingin namun tidak menyedot udara ruangan.

Debu tanah, saya tidak menyatakan pandangan orang awam itu benar. Itu hanya logika orang awam. Maukah anda yang pernah kuliah memberi informasi yang benar?

Oh ya, perusahaan service AC dan Kulkas yang didirikan teman saya itu tidak melayani service AC dan kulkas rumahan namun service AC Central dan Kulkas gede, kalau nggak salah namanya Cold Storage.

AC Central, tidak punya perangkat indoor. AC central hanya menghembuskan udara dingin ke ruangan demi ruangan. Demikian juga Cold Storage yang waktu itu ditangani oleh perusahaan teman saya. Paling sedikit perusahaan pelanggannya punya 3 kulkas.  Hanya udara dingin yang dihembuskan ke dalam ruangan kulkas tersebut.

Ketika saya bertanya kepada teman yang Sarjana AC, dia lulusan luar negeri karena di Indonesia belum ada universitas yang menyelenggarakan program Sarjana AC. Kenapa AC rumahan pakai Indoor? Dia bilang untuk efisiensi.

Debu tanah, apabila yang ditulis oleh orang awam ini salah, itu berarti saya telah ditipu oleh teman sendiri karena dia membenarkan pemahaman saya tersebut. Maukah anda yang pernah mengambil mata kuliah fisik dasar sehingga benar-benar paham AC dan kulkas mengujinya lalu memberi pencerahan? Dengan demikian saya bisa memaki-maki teman tersebut.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai , AC Split vs AC Central

HAI:
Menurut saya yang awam ini, udara dingin di dalam tabung B akan bergerak ke tabung A yang udaranya lebih panas. Kenapa hal itu terjadi? Hal itu terjadi karena udara panas lebih ringan dari udara dingin, udara yang lebih dingin akan mengalir ke atas. Pada siang hari udara di darat lebih panas di banding di laut, itu sebabnya berhembus angin laut. Pada malam hari suhu laut lebih hangat itu sebabnya berhembus angin darat.


DETA:
Kita sedang bicara udara di dalam tangki, bukan udara di atmosfer kan?
Bayangkan 2 buah tangki A & B:
1.    A udaranya panas dan B udaranya dingin
2.    Tekanan A dan B adalah sama.
3.    Ke dua tangki di sambung pipa kecil di bagian bawah tangki!
Pertanyaan saya sama dengan anda, bagaimana aliran udara yang anda maksud, hayo? Bagaimana keseimbangan temperature terjadi?

HAI:
Deta, saya tidak tahu apakah pemahaman orang awam ini benar atas salah. Maukah anda yang pernah kuliah ilmu fisika dasar menjelaskannya?  

DETA:
Pemahama anda salah!

HAI:
Menurut saya anda harus menjelaskan kenapa udara yang dipanaskan tekanannnya lebih besar? apakah udara memuai ketika dipanaskan? Apabila terjadi pemuaian, maka pada awalnya udara di tabung A akan mengalir ke B namun begitu tekanannya seimbang, maka udara akan mengalir dari tabung B (dingin) ke A (panas).


DETA:
Anda sudah baca link yang saya berikan?

Saya tidak berharap anda mengerti penjelasan saya ini. Ini adalah pelajaran matakuliah Termodinamika selama 2 semester.

HAI:
Menurut saya yang awam ini, di dalam hal AC, pertanyaannya adalah apakah proses PENYEIMBANGAN suhu udara dingin yang dihembuskan oleh AC dan udara ruangan memberikan SUMBANGSIH lebih besar dibandingkan dengan penyeimbangan SUHU anda udara ruangan dengan Freon?

DETA:
Yang mendinginkan udara dalam ruangan adalah Freon.  Ini yang perlu anda camkan baik-baik! Jangan sampai lupa, jangan rancu dengan udara yang keluar dari Evaporator.


HAI.
Apabila penyeimbangan SUHU antara udara ruangan dengan Freon lebih besar sumbangsihnya, menurut saya yang awam ini, seharusnya AC menyedot udara ruangan bukannya menghembuskan udara dingin. Namun nyatanya, AC justru menghembuskan udara dingin namun tidak menyedot udara ruangan.
Debu tanah, saya tidak menyatakan pandangan orang awam itu benar. Itu hanya logika orang awam. Maukah anda yang pernah kuliah memberi informasi yang benar?


DETA:
Indoor AC memang menyedot udara dari ruangan, kemudian menghembuskan nya kembali ke ruangan. Ruangan AC biasanya tertutup, itu sebab dilarang merokok di ruangan ber AC.

HAI:
Oh ya, perusahaan service AC dan Kulkas yang didirikan teman saya itu tidak melayani service AC dan kulkas rumahan namun service AC Central dan Kulkas gede, kalau nggak salah namanya Cold Storage.
AC Central, tidak punya perangkat indoor. AC central hanya menghembuskan udara dingin ke ruangan demi ruangan. Demikian juga Cold Storage yang waktu itu ditangani oleh perusahaan teman saya. Paling sedikit perusahaan pelanggannya punya 3 kulkas.  Hanya udara dingin yang dihembuskan ke dalam ruangan kulkas tersebut.


DETA:
Cold storage kecil masih menggunakan refrigerant. Sedangkan Cold Storage yang besar biasanya tidak menggunakan refrigerant karena mahal, tetapi menggunakan Amoniak.


AC Central juga mempunyai indoor. Indoor AC central disebut dengan AHU (Air Handling Unit). Sedangkan Outdoornya biasanya disebut dengan Water Chiller, Water Chiller ada 2 jenis: Air Cooled Chiller dan Water Cooled Chiller.

HAI:
Ketika saya bertanya kepada teman yang Sarjana AC, dia lulusan luar negeri karena di Indonesia belum ada universitas yang menyelenggarakan program Sarjana AC. Kenapa AC rumahan pakai Indoor? Dia bilang untuk efisiensi.
Debu tanah, apabila yang ditulis oleh orang awam ini salah, itu berarti saya telah ditipu oleh teman sendiri karena dia membenarkan pemahaman saya tersebut. Maukah anda yang pernah mengambil mata kuliah fisik dasar sehingga benar-benar paham AC dan kulkas mengujinya lalu memberi pencerahan? Dengan demikian saya bisa memaki-maki teman tersebut.

DETA:
Saya tidak tahu apakah teman yang lulusan luar negeri itu yang bodoh atau tidak mampu mengajari anda dengan baik atau anda yang tidak mampu menyerap ilmu beliau. Jadi sebelum memaki dia, anda cek dulu siapa yang salah? Hehehe


Prinsip kerja AC semua sama saja, baik itu AC Split (rumahan), maupun AC Central (biasa digunakan untuk Mall, Hotel, Gedung bertingkat, dll). Bedanya AC central yang menggunakan water chiller menggunakan 2 jenis fluida kerja yaitu: REFRIGERAN & Air (Water)


Komponen AC Central:
1.    Water Chiller
2.    Pompa
3.    AHU (Air Handling Unit)
4.    Ducting (Saluran udara)


Water Chiller ada 2 jenis: Water Coole Chiller dan Air Cooled Chiller. Kita ambil contoh Air Cooled Water Chiller, komponennya terdiri dari:  Kompresor, Kondensor, Evaporator dan Katup Ekpansi, sama dengan AC Split (rumahan). Water Chiller juga menggunakan Refrigerant biasanya R-22.


Prinsipnya kerjanya: Water Chiller sesuai dengan namanya berfungsi mendinginkan air/ water (beda dengan AC rumahan evaporator langsung mendinginkan udara). Air yang sudah dingin (Chilled water) kemudian dipompa ke AHU (Air Handling Unit), air dingin ini yang kemudian mendinginkan udara dalam ruangan melalui saluran2 udara (ducting).

AC Central menggunakan 2 jenis fluida kerja yaitu Refrigerant (Biasanya R-22) dan Air (Water). Refrigerant digunakan untuk mendinginkan air (water), sama dengan prinsip (AC split yang sudah kita bicarakan di atas), kemudian air yang sudah dingin (chilled water) dipompa ke AHU, kemudian AHU ini digunakan untuk mendinginkan udara dalam ruangan. AHU berbentuk kotak, dan diberik saluran–saluran udara yang dialirkan ke ruangan-ruangan.

Untuk Mall atau Aula yang besar cocok menggunakan AHU sebagai Indoor, tetapi untuk Hotel yang punya kamar yang banyak fungsi ini lebih sering digantikan dengan FCU (Fan Coil Unit) di setiap kamar, FCU lebih fleksibel karena bisa dikontrol dari setiap kamar. Sedangkan AHU tidak bisa.

Walau saya bukan lulusan luar negeri seperti teman anda itu, dosen-dosen saya adalah Doktor-doktor lulusan luar negeri. Di Indonesia ilmu AC dipelajari dalam jurusan Teknik Mesin (Mechanical Engineering), mata kuliah yang membahas tentang AC di Universitas saya antara lain: Termodinamika 1 & 2 dan Teknik Pendingin. Masing-masing 3 SKS.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, hai hai memang awam

HAI:
Menurut saya yang awam ini, udara dingin di dalam tabung B akan bergerak ke tabung A yang udaranya lebih panas. Kenapa hal itu terjadi? Hal itu terjadi karena udara panas lebih ringan dari udara dingin, udara yang lebih dingin akan mengalir ke atas. Pada siang hari udara di darat lebih panas di banding di laut, itu sebabnya berhembus angin laut. Pada malam hari suhu laut lebih hangat itu sebabnya berhembus angin darat.

DETA:
Kita sedang bicara udara di dalam tangki, bukan udara di atmosfer kan?
Bayangkan 2 buah tangki A & B:
1.    A udaranya panas dan B udaranya dingin
2.    Tekanan A dan B adalah sama.
3.    Ke dua tangki di sambung pipa kecil di bagian bawah tangki!
Pertanyaan saya sama dengan anda, bagaimana aliran udara yang anda maksud, hayo? Bagaimana keseimbangan temperature terjadi?

Debu tanah, nampaknya saya salah ketik, yang saya beri warna hitam tersebut di atas seharusnya berbunyi, udara yang lebih PANAS akan mengalir ke atas. Sebagai orang yang pernah mempelajari ilmu termodinamika 1 & 2 seharusnya anda tahu apa artinya itu. Bagaimana keseimbangan temperatur terjadi? Bukankah saya sudah menjelaskan pemahaman saya yang awam ini?

Bila dua MATERI berlainan suhu disatukan, maka akan terjadi proses barter ENERGI DALAM sampai SUHU kedua materi tersebut SEIMBANG.

Mustahil anda yang pernah kuliah termodinamika 1 & 2 tidak memahaminya. Saya tidak akan menjelaskan kepada anda apa itu ENERGI DALAM. bila anda sudah lupa dengan yang anda pelajari dulu, silahkan belajar lagi sendiri. Bila tahu pemahamanan saya salah, kenapa tidak menjelaskannya? bukankah saya minta tolong anda menjelaskannya bila pemahaman saya salah?

Debut tanah, anda tahu saya orang awam, kenapa tidak menjawab pertanyaan saya secara awam? Baiklah saya kutip kembali inti pertanyaan saya.

Menurut saya yang awam ini, di dalam hal AC, pertanyaannya adalah apakah proses PENYEIMBANGAN suhu udara dingin yang dihembuskan oleh AC dan udara ruangan memberikan SUMBANGSIH lebih besar dibandingkan dengan penyeimbangan SUHU anda udara ruangan dengan Freon?

Apabila penyeimbangan SUHU antara udara ruangan dengan Freon lebih besar sumbangsihnya, menurut saya yang awam ini, seharusnya AC menyedot udara ruangan bukannya menghembuskan udara dingin. Namun nyatanya, AC justru menghembuskan udara dingin namun tidak menyedot udara ruangan.

Benjohn bilang dan anda mendukungnya, "dingin itu tidak ada karena dingin adalah kondisi kekurangan kalor"

Lebih lanjut Benjohn juga mengatakan dan nampaknya anda juga mendukungnya, "Gelap itu tidak ada karena gelap adalah kondisi ketiadaan sinar."

hai hai bilang, "panas itu tidak ada karena panas adalah kondisi kelebihan kalor."

Terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi kelebihan sinar.

NB:
Maaf, saya tidak membaca link yang anda berikan karena saya ingin menguji pengetahuan saya dan ingatan saya akan pelajaran fisika di SMA dulu. bila baca link anda saya tidak awam lagi bukan?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, Tangki dan udara luar berbeda

HAI:
Debu tanah, nampaknya saya salah ketik, yang saya beri warna hitam tersebut di atas seharusnya berbunyi, udara yang lebih PANAS akan mengalir ke atas. Sebagai orang yang pernah mempelajari ilmu termodinamika 1 & 2 seharusnya anda tahu apa artinya itu. Bagaimana keseimbangan temperatur terjadi? Bukankah saya sudah menjelaskan pemahaman saya yang awam ini?


DETA:
Maaf Hai, saya tidak bermaksud menghina anda dengan mengatakan anda awam, faktanya gitu toh, karena saya memang kesulitan menjelaskan ini kepada anda.

Yang anda jelaskan di atas hanya bisa terjadi di atmosfer (udara luar). Gas bila dipanaskan, maka partikel2nya akan bergerak lebih cepat, bahasa awam berkata gas memuai. Volumenya akan bertambah sedangkan tekanannya tetap 1 Atm (karena tidak ada yang menahan beda dengan tangki), tangki atmosfer adalah ruang angkasa jadi memuai berapapun tidak masalah, tekanan tetap 1 Atm! Udara yang memuai akan memiliki kerapatan (massa jenis) yang lebih kecil, sehingga kita tahu karena massa jenis lebih kecil udara menjadi lebih ringan dan naik ke atas. Ruang kosong dibawahnya akan diisi oleh udara dari tempat yang lain yang lebih dingin.

Tangki tertutup dan udara luar (atmosfer) berbeda. Pada tangki udara tidak bisa ke mana-mana, ada dinding tangki yang menahahan gas bila tekanan naik. Sehingga bila udara dipanaskan maka volume tetap (ditahan oleh dinding tangki), sedangkan tekanan akan bertambah. Jadi tidak ada fenomena massa jenis berkurang seperti pada udara luar, karena massa jenis tidak berkurang maka tidak ada aliran udara panas ke atas seperti yang anda maksud!

Ngerti sampai sini Om?


HAI:
Debut tanah, anda tahu saya orang awam, kenapa tidak menjawab pertanyaan saya secara awam? Baiklah saya kutip kembali inti pertanyaan saya.


Menurut saya yang awam ini, di dalam hal AC, pertanyaannya adalah apakah proses PENYEIMBANGAN suhu udara dingin yang dihembuskan oleh AC dan udara ruangan memberikan SUMBANGSIH lebih besar dibandingkan dengan penyeimbangan SUHU anda udara ruangan dengan Freon?

Apabila penyeimbangan SUHU antara udara ruangan dengan Freon lebih besar sumbangsihnya, menurut saya yang awam ini, seharusnya AC menyedot udara ruangan bukannya menghembuskan udara dingin. Namun nyatanya, AC justru menghembuskan udara dingin namun tidak menyedot udara ruangan.

DETA:
Bukan sumbangsih Freon lebih besar Hai, tetapi SEMUA sumbangsih proses pendinginan adalah oleh FREON, karena udara ruangan menjadi dingin KARENA berkontak dengan pipa-pipa Evaporator yang dingin karena didalamnya ada FREON yang dingin. Udara dingin yang anda katakan berhembus dari Indoor itu tadinya adalah udara panas dari ruangan yang masuk dan berkontak dengan pipa evaporator berisi freon dingin, sehingga temperaturnya menjadi dingin. Jadi jangan terbalik melihatnya Hai!

HAI:
Benjohn bilang dan anda mendukungnya, "dingin itu tidak ada karena dingin adalah kondisi kekurangan kalor"


Lebih lanjut Benjohn juga mengatakan dan nampaknya anda juga mendukungnya, "Gelap itu tidak ada karena gelap adalah kondisi ketiadaan sinar."


DETA:
Karena pendinginan udara adalah karena sumbangsih pendinginan oleh FREON (udara mentransfer energi ke Freon), kita mengatakan dingin itu tidak ada. Yang ada adalah panas / energi.

Ucapan Benjoh tolong direnungkan lagi deh:

Kalau gelap itu ada, bisakah kita mengelapkan ruangan dengan menambahkan gelap? (maksud saya bukan mengurangi terang yang ada diruangan )


Saya memang setuju statement Benjohn. Saya coba jelaskan lagi:

Bila gelap itu ada, maka kita bisa menambahkan telap supaya ruangan terang menjadi gelap. Tetapi gak bisa kan? Sama halnya dengan dingin. Kita tidak bisa membuang dingin ke tempat yang panas.

Bagaimana caranya membuat DINGIN 0 derajat Celcius, menjadi – (minus) 10 derajat Celcius? Kita tidak bisa membuang DINGIN pada temperature 0 derajar Celcius ke PANAS 15 derajat celcius, karena tidak bisa membuang dingin. Untuk mendinginkan DINGIN 0 derajat celcius, kita harus membuang energinya ke tempat yang lebih dingin lagi yaitu Freon – (minus) 20 derajat) misalnya. Dengan kata lain dingin 0 derajat Celcius adalah PANAS terhadap – (minus) 20 derajat.

Demikian seterusnya, hingga suatu saat pada – (minus) 273 Celcius = temperature 0 mutlak, adalah tempertur yang paling dingin. Kita tidak bisa mendinginkan 0 derajat Kelvin, karena tidak ada lagi yang bisa mendinginkan kondisi Absolute Zero. Pada kondisi Absolute Zero energi gas = 0, molekul gas akan diam dan jatuh ke bumi, karena gravitasi bumi.

Dan 0 derajat Kelvin (-273 C) tidak bisa lagi diturunkan, makanya disebut ABSOLUTE ZERO.
 

Panas dan dingin adalah masalah mentransfer energi. Karena - (minus) 273 Celcius (0 Kelvin = absolute zero) adalah kondisi PALING DINGIN, di sini kita tidak bisa membuang energi supaya supaya lebih dingin lagi, karena molekul udara sudah tidak bergerak (diam) dan jatuh ke bumi karena energinya = 0!

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

hai2, panas dan terang ada

Hai2  masalah cara kerja ac dan kulkas dengan gampang anda bisa mempelajari di internet. Tinggal googling anda akan ketemu.

 

Saya hanya akan menanggapi  peryataan  anda  yang ini

hai hai bilang,

 "panas itu tidak ada karena panas adalah kondisi kelebihan kalor."

Terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi kelebihan sinar.

 

Benjohn

 

Apa yang anda maksud dengan “kondisi kelebihan kalor”?

Jika saya misalkan “kondisi kelebihan kalor” = A kalori.

Kemudian saya tambahkan lagi dengan panas ( dibakar atau panas yang diambil dari reaksi kimia) sejumlah B kalori, maka  “kondisi kelebihan kalor” =  A+B kalori.

Ini berarti panas itu ada karena kondisi kelebihan kalor masih bisa ditambah kalor.

 

Bagaimana dengan dingin? Kalo suatu zat panas /kalornya diambil terus menerus maka suhu zat itu akan terus menurun. Ketika kalor dari zat itu sudah habis, maka suhunya tidak akan turun lagi. Ini karena memang sudah tidak ada lagi panas /kalor dalam zat tsb.

Kondisi ini disebut suhu 0 mutlak atau dingin absolute. (0 derajat Kelvin atau -273 C)

 

Penjelasan untuk terang sama saja. Tambah saja lampu  maka intensitas cahaya untuk “kondisi kelebihan sinar” juga bertambah.

 

Karena bisa ditambahkan maka ini berarti  terang juga ada.

gbu

hai hai's picture

@Deta & Benjohn, Gelap dan Dingin Ada Pada Mulanya

Yang anda jelaskan di atas hanya bisa terjadi di atmosfer (udara luar). Gas bila dipanaskan, maka partikel2nya akan bergerak lebih cepat, bahasa awam berkata gas memuai. Volumenya akan bertambah sedangkan tekanannya tetap 1 Atm (karena tidak ada yang menahan beda dengan tangki), tangki atmosfer adalah ruang angkasa jadi memuai berapapun tidak masalah, tekanan tetap 1 Atm! Udara yang memuai akan memiliki kerapatan (massa jenis) yang lebih kecil, sehingga kita tahu karena massa jenis lebih kecil udara menjadi lebih ringan dan naik ke atas. Ruang kosong dibawahnya akan diisi oleh udara dari tempat yang lain yang lebih dingin.

Tangki tertutup dan udara luar (atmosfer) berbeda. Pada tangki udara tidak bisa ke mana-mana, ada dinding tangki yang menahahan gas bila tekanan naik. Sehingga bila udara dipanaskan maka volume tetap (ditahan oleh dinding tangki), sedangkan tekanan akan bertambah. Jadi tidak ada fenomena massa jenis berkurang seperti pada udara luar, karena massa jenis tidak berkurang maka tidak ada aliran udara panas ke atas seperti yang anda maksud!

Wah ... Debu tanah, ternyata saya salah ya? Bagi orang awam, yang disebut MEMUAI adalah perubahan VOLUME materi menjadi lebih besar. Sementara kecepatan gerak partikel yang TERHAMBAT menyebabkan TEKANAN. Jadi yang sebenarnya terjadi adalah: Udara Memuai = Partikelnya bergerak lebih cepat.

Pemahaman saya yang awam adalah, MASA JENIS udara berkurang bila dipanaskan. Baik di dalam ruang maupun di atmosfir, kondisi demikian tidak berubah. Jadi walaupun di dalam tabung, tetap saja terjadi perbedaan berat jenis udara. Kenapa terjadi perbedaan berat jenis? Karena suhu udra di dalam tabung tetap berbeda.

Bukan sumbangsih Freon lebih besar Hai, tetapi SEMUA sumbangsih proses pendinginan adalah oleh FREON, karena udara ruangan menjadi dingin KARENA berkontak dengan pipa-pipa Evaporator yang dingin karena didalamnya ada FREON yang dingin. Udara dingin yang anda katakan berhembus dari Indoor itu tadinya adalah udara panas dari ruangan yang masuk dan berkontak dengan pipa evaporator berisi freon dingin, sehingga temperaturnya menjadi dingin. Jadi jangan terbalik melihatnya Hai!

Debu tanah, bagi orang awam seperti saya, pemahamannya adalah begini. Di dalam mendinginkan udara memang sumbangsih Freon lebih besar bila dibandingkan dengan udara dingin yang ditiupkan AC karena suhu Freon lebih dingin.

Namun, sumbangsih udara dingin lebih besar dalam mendinginkan UDARA RUANGAN dibandingkan Freon, itu sebabnya saya katakan udara ruangan didinginkan oleh UDARA yang ditiupkan oleh Freon. Itu sebabnya AC central hanya meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Percampuran udara dingin yang ditiupkan dan udara kamar membuat udara ruangan mendingin.

Apakah anda mau menjelaskan cara AHU dan FCU bekerja mendinginkan ruangan?

Pada mulanya adalah DINGIN. Apabila anda TAMBAHKAN kalor ke pada dingin, maka Panas akan menguasai DINGIN, namun walaupun DINGIN dikuasai panas, namun DINGIN itu tetap ada, itu sebabnya begitu Kalor diambil dingin kembali berkuasa. DINGIN ada pada MULANYA. Dingin bisa DITUTUPI namun DINGIN selalu ada.

Pada mulanya adalah GELAP. Apabila anda menambahkan CAHAYA pada gelap, maka anda melihat terang. Semakin banyak cahaya ditambahkan semakin terang. Bila cahayanya DIAMBIL, maka Gelap berkuasa. Jadi terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi GELAP yang kelebihan cahaya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai & Benjohn, cara kerja AHU & TERANG pada mulanya

HAI:
Wah ... Debu tanah, ternyata saya salah ya? Bagi orang awam, yang disebut MEMUAI adalah perubahan VOLUME materi menjadi lebih besar. Sementara kecepatan gerak partikel yang TERHAMBAT menyebabkan TEKANAN. Jadi yang sebenarnya terjadi adalah: Udara Memuai = Partikelnya bergerak lebih cepat.
Pemahaman saya yang awam adalah, MASA JENIS udara berkurang bila dipanaskan. Baik di dalam ruang maupun di atmosfir, kondisi demikian tidak berubah. Jadi walaupun di dalam tabung, tetap saja terjadi perbedaan berat jenis udara. Kenapa terjadi perbedaan berat jenis? Karena suhu udra di dalam tabung tetap berbeda.


DETA:
Iya  salah Hai. Memuai memang volume bertambah besar karena partikel gas bertumbukan semakin cepat. Di udara atmosfer volume bisa bertambah.  

Tetapi volume tidak bisa bertambah bila dalam tabung tertutup. Ingat lho tabung tertutup kan? Bila tadinya volume tabung 1000 liter (1 m3), setelah dipanaskan tetap 1000 liter  (1 m3), volume tetap, hanya tekanan naik. Ingat tabung ditutup lho!

Massa jenis = massa / volume, bila tadinya massa gas = 2 kg. dan V = 1 m3

Sebelum dipanaskan, massa jenis = 2 kg / 1 m3 =  2 kg/m3;
Setelah dipanaskan, massa jenis = 2 kg / 1 m3 = 2 kg/m3.

Jadi massa jenis tidak berubah kan? Bedanya setelah dipanaskan (suhu naik) adalah tekanan akan naik, tetapi volume tidak berubah karena tertutup maka massa jenis juga tetap.


HAI:
Namun, sumbangsih udara dingin lebih besar dalam mendinginkan UDARA RUANGAN dibandingkan Freon, itu sebabnya saya katakan udara ruangan didinginkan oleh UDARA yang ditiupkan oleh Freon. Itu sebabnya AC central hanya meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Percampuran udara dingin yang ditiupkan dan udara kamar membuat udara ruangan mendingin.
Apakah anda mau menjelaskan cara AHU dan FCU bekerja mendinginkan ruangan?


DETA:

Cara kerja AHU bisa anda lihat di SINI dan SINI. Dalam gambar ini menggunakan Water Cooled Chiller, tetapi sama saja dengan Air Cooled Chiller.

Cara kerja AHU dan FCU kira-kira sama dengan Indoor pada AC Split (rumahan), bedanya pada AHU dan FCU, yang mendinginkan udara dalam ruangan adalah Chilled water (Air dingin) yang telah didinginkan oleh freon dalam water chiller. Jadi energi panas udara ruangan ditransfer ke water pada AHU, kemudian air (water) mentrasfer energi ke Freon pada water chiller, kemudian Freon mentransfer energi ke udara luar.

Jadi pada AC Central: (1) udara ruangan yang panas didinginkan oleh air dingin (chilled water), (2) udara ruangan yang panas didinginkan oleh air dingin (chilled water), (3) udara ruangan yang panas didinginkan oleh air dingin (chilled water) …. (1) BUKAN udara ruangan didinginkan oleh udara dingin, (2) BUKAN udara ruangan didinginkan oleh udara dingin, (3) BUKAN udara ruangan didinginkan oleh udara dingin. (1) Jangan salah lagi Hai, (2) jangan salah lagi Hai, (3) jangan salah lagi Hai.



HAI:
Pada mulanya adalah DINGIN. Apabila anda TAMBAHKAN kalor ke pada dingin, maka Panas akan menguasai DINGIN, namun walaupun DINGIN dikuasai panas, namun DINGIN itu tetap ada, itu sebabnya begitu Kalor diambil dingin kembali berkuasa. DINGIN ada pada MULANYA. Dingin bisa DITUTUPI namun DINGIN selalu ada.
Pada mulanya adalah GELAP. Apabila anda menambahkan CAHAYA pada gelap, maka anda melihat terang. Semakin banyak cahaya ditambahkan semakin terang. Bila cahayanya DIAMBIL, maka Gelap berkuasa. Jadi terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi GELAP yang kelebihan cahaya.


BENJOHN:

Saya setuju. Karena waktu itu Allah belum menciptakan terang.
Tapi gelap disini artinya tidak ada terang./ cahaya

Hai2, ini berarti   terang maupun gelap adalah kondisi saja.  ini berarti baik gelap maupun terang adalah tidak ada.  Yang ada adalah  kondisi ada cahaya dan tidak ada cahaya.



DETA:
Sebagian sudah dijelaskan oleh Benjohn.

Awalnya (sebelum penciptaan) justru TERANG oleh kemuliaan Allah, kemudian Allah membuat manusia buta. Untuk ciptaan ini disebut “PADA MULA-NYA” adalah GELAP. Pada mulanya adalah KONDISI GELAP, karena Allah membuat manusia buta terhadap TERANG, kemudian Allah menciptakan terang dan benda penerang, supaya manusia bisa melihat dalam gelap.

Allah memisah kan terang dari gelap, juga berarti terang dan gelap tidak bisa ada bersamaan. Bila ada terang maka terang berkuasa, bila tidak ada terang maka gelap seperti pada mulanya, seperti waktu terang belum diciptakan. (Sama dengan penjelasan Benjohn).

Itu sebab saya dan Ben tidak paham statement anda bahwa “Allah adalah gelap”!?

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

@DETA, terbalik

Terbalik, hai2 mengatakan "GELAP adalah ALLAH"

bukan Allah adalah GELAP.

GELAP (adalah kondisi) tidak bisa diibaratkan sebagai ALLAH.

misal ALLAH adalah Kasih.

apakah bisa dibalik KASIH adalah ALLAH?

mohon pencerahan.. 

Debu tanah's picture

@ Benjohn, hai mengatakan

Hai mengatakan bahwa "Allah adalah gelap" di SINI.

SF juga membenarkan bahwa Hai mengatakan hal itu, hanya definisinya berbeda, di SINI. Ingat mereka satu group lho.

Hai hai memang suka bermain kata-kata yang membingungkan. Baiknya kamu tanya Hai saja, karena Hai yang berkata demikian.

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

Hai2: Pada mulanya adalah

Hai2:

Pada mulanya adalah GELAP.

Benjohn:

Saya setuju. Karena waktu itu Allah belum menciptakan terang.

Tapi gelap disini artinya tidak ada terang./ cahaya

Dalam kamus besar bahasa Indonesia GELAP = tidak ada cahaya. Kelam = tidak ada terang

Jadi gelap adalah istilah untuk ketiadaan terang/cahaya.

Hai2:

 Apabila anda menambahkan CAHAYA pada gelap, maka anda melihat terang. Semakin banyak cahaya ditambahkan semakin terang. Bila cahayanya DIAMBIL, maka Gelap berkuasa. Jadi terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi GELAP yang kelebihan cahaya.

 

Benjohn:

 

Hai2, ini berarti   terang maupun gelap adalah kondisi saja.  ini berarti baik gelap maupun terang adalah tidak ada.  Yang ada adalah  kondisi ada cahaya dan tidak ada cahaya.

 

 

hai hai's picture

@Deta & Benjohn, Gelap dan Terang

Wah debu tanah, ternyata ilmu termodinamika itu aneh ya? istilah yang di pahami orang awam ternyata beda dengan yang dipakai oleh ilmu termodinamika. demikian juga logika orang awam ternyata nggak salah total.

Pemamahaman saya begini. Udara itu terdiri dari molekul-molekul. Walaupun dipanaskan, jumlah molekul udara dalam tabung tetap.

Misal:

Tabung A berisi 1000 molekul yang bergerak bebas dengan kecepatan 100km/jam.

Walaupun bergerak LEBIH cepat,molekul-molekul di dalam tabung tersebut tetap bergerak bebas karena volumenya tetap dan volume tabungnya tetap.

pemahaman saya yang awam adalah: Pemanasan membuat volume molekul udara memuai. Volume molekul bertambah namun volume tabung tetap. Akibatnya muncullah tekanan. Dengan bahasa awam, saya mengatakan: TEKANAN adalah energi yang muncul untuk mencapai keseimbangan VOLUME.

Memang, volume mereka tidak bertambah, hal itu terjadi karena tekanan yang mereka akibatkan tidak cukup kuat untuk mendobrak dinding tabung. Secara total, volume mereka tetap sama karena kita hanya melihat volume tabungnya, namun secara molekul mereka membesar. 

Pandangan hai hai yang awam tentang berat jenis gas dalam tabung:

Massa jenis = massa/volume

Tabung A berisi 1000 molekul yang berat jenisnya sama.

Tabung A lalu dipanaskan dari bawah sehingga molekul gas di bawah lebih panas dari yang di atas. Molekul yang di panaskan ini berat jenisnya menjadi lebih ringan dari molekul yang di atas. Karena berat jenisnya lebih ringan maka mereka mengambang ke atas sementara tempat mereka digantikan oleh molekul udara yagn berat jenisnya lebih berat.

Pemikiran awamnya si gini debu tanah. bila KONDISI berat jenis berkurang karena panas hanya terjadi di atmosfir namun tidak terjadi di dalam tabung. Hal itu pasti sudah diajarkan di SMA.Namun nyatanya di SMA kita hanya diajarkan bahwa benda padat mengalami muai panjang karena pemanasan sementara gas megnalami muai volume karena pemanasan.

Sekali lagi Deta, saya tidak akan melihat link yang anda berikan, karena saya sedang menguji ingatan saya akan apa yang sudah pernah saya pelajari. Saya akan mempelajari link yang anda berikan nanti.

Debu tanah, saya pernah bekerja di bagian keuangan di salah satu tower di Jakarta yang menggunakan AC central. Salah satu tugas saya mengawasi pembelian dan masalah perawatan ruangan. Ketika dilakukan perbaikan plafon ruangan, saya melihat bahwa yang ada hanya saluran yang meniupkan udara dingin. Sementara penyedot udara ruangan hanya menyedot udara ruangan ke dalam ruang plafon. Karena saat itu saya tidak merokok, maka di ruangan saya tidak ada penyedot udara.

Itu sebabnya, debu tanah, sebagai orang awam saya membagi AC ke dalam dua proses.

1. Proses membuat udara dingin
2. Proses mendinginkan udara ruangan

Proses membuat udara dingin dilakukan oleh AC, sementara proses mendinginkan udara ruangan dilakukan oleh udara dingin yang dihembuskan oleh AC. Di dalam AC rumah baik yang splite atau window,udara yang diproses untuk dijadikan udara dingin diambil dari dalam ruangan, hal itu dilakukan untuk menambah kinerja udara dingin yang dihembuskan.

Itu sebabnya saya bertanya kepada anda. Mana yang lebih besar sumbangsihnya dalam proses mendinginkan udara di dalam ruangan. Udara dingin yang ditiupkan oleh AC atau freaon? Karena AC central tidak menyedot udara ruangan maka saya menyimpulkan bahwa udara dingin lebih besar sumbangsihnya.


Deta, sebelum ada KALOR, yang ada adalah dingin. Lalu diciptakanlah kalor untuk menghangatkan dingin. Itu berarti dingin juga ada, pasa juga ada. Panas berkuasa atas dingin namun panas tidak berkuasa untuk memusnahkan dingin.

Debu tanah, sebelum Allah menciptakan benda-benda penerang, yang ada di dunia ini adalah gelap. Karena dunia ini gelap, maka Allah lalu menciptakan benda-benda penerang untuk menerangi gelap gulita menjadi terang.

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Itulah kondisi sebelum Allah mencipta. Sebelum mencipta berarti belum ada ciptaan. Gelap, Samudera dan Roh Allah. Di dalam Samudera ada air. Air adalah Samudera. Berarti yang ada Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Gelap, Samudera dan Roh Allah adalah Allah tritunggal sebelum Ketiganya Yang Esa menciptakan dunia. Gelap, Samudera dan Roh Allah nama yang Allah Tritunggal gunakan untuk memperkenalkan diri kepada manusia tentang KETIGANYA sebelum dunia diciptakan.

Kita lewati Kejadian 1:3.

Allah lalu menciptakan dunia. Ketika dunia terbentuk kondisinya adalah: Gelap, Samudera dan roh Allah melayang-layang di atasnya.

Allah lalu memisahkan air dari wadahnya. Jadilah samudera dan daratan. Allah lalu menciptakan benda-benda penerang. Benda-benda penerang itu dengan sinarnya lalu memisahkan gelap dan terang di dunia ini. Ada bulan. Bulan adalah gelap, namun bulan adalah benda penerang kecil karena bulan memantulkan sinar dari matahari. Wlaupun sudah ada terang namun kita tetap tidak dapat melihat Roh Allah. Roh Allah adalah Gelap. Tidak ada terang yang cukup teerang untuk meneranginya. Itu sebabnya tertulis, kita hanya mampu melihat kemuliaan-Nya, bukan diri-Nya.

Bila mampu memahami kebenaran kecil, tidak sulit untuk memahami kebenaran besar. Masalahnya bukan tidak mampu memahami, namun kita lebih suka bergantung pada HIKMAT manusia. Dengan prasangka hanya akan melihat bukit pengorbanan, tanpa prasangka akan memasuki bait suci-Nya.

Gelap itu ada. Terang juga ada. Itu sebabnya tertulis benda-benda penerang memisahkan Terang dari Gelap. Bila gelap dan terang tidak ada, mustahil tertulis demikian.
 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

benjohn's picture

@hai2, DETA, tidak ada titik temu.

Wah..  rupanya susah sekali ketemu titik temunya  ya.. Tapi semua ini tetap bermanfaat bagi saya.  Saya bisa belajar diskusi dan mengucapkan pendapat. Ternyata ada keasyikan tersendiri.  

hai hai's picture

@Benjohn, Diskusi

Benjohn, lu ngomong yang lu mau, lu ngomong yang lu tahu. Gua ngomong yang gua mau, gua ngomong yang gua tahu. Kalau nggak sepakat, kita ngomong lagi.

Itulah keasykan ngobrol di Komunitas Kristen SABDA Space. Ha ha ha ha ... Anda sudah menemukan keasykannya itu pertanda anda akan nongkrong terus di sini. Bagaimana bila saya referensikan sebuah blog saya untuk anda baca? Silahkan klik di sini.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

benjohn's picture

@hai, selama ini saya pasif

hampir semua blog di ss sudah saya baca. Hanya selama ini saya belum berani ikut diskusi. Karena  pengetahuan alkitab saya masih cetek. Blog ini sedikit ilmiah, karena itu saya beranikan ikut diskusi.

Saya sudah hadir di sini lebih dari setengah tahun. Setiap malam sebelum tidur saya pasti menjadi pengunjung online. Cuma hanya sebagai tamu pasif. Saya juga banyak memberikan referensi SS ini kepada teman teman yang agama kristen.

Cuma biasanya saya juga pesan kepada mereka kalo ikut diskusi jangan kapok kalo dikatakan tolol.  ha,,ha,,ha...

Debu tanah's picture

@ Benjohn, perbanyak komentar

Benjohn, kamu perbanyak lah komentar dan berpartisipasi. Saya senang ada orang seperti kamu di sini. Cukup kritis dan tampaknya suka berpikir ya?

Nyatanya analogi kamu soal panas -dingin sepertinya membuka sesuatu di sini kan? Minimal MEMAKSA kita berpikir bersama kan?

Saya berpendapat setiap orang memegang kepingan2 kebenaran, kemudian kita merangkainya di Sabda, maka kita akan mendapat kepingan kebenaran yang lebih besar untuk kita nikmati bersama.Demikian seterusnya.

Oke stay tune Benjohn !

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

@DETA, saya tetap akan

@DETA, saya tetap akan berpartisipasi terus jika topik diskusinya saya paham.

hai hai's picture

@benjohn, Sungguh Rendah Hati

benjohn, anda sungguh rendah hati! Ha ha ha ha ha ... Anda pernah melihat dua orang sahabat lama ketika bertemu setelah lama tidak bertemu? Mereka saling memaki. Ha ha ha ha ... Anda tahu, ketika ditanya apa kelebihan SABDA Space dibandingkan dengan situs Kristen lainnya? Saya selalu berkata, "Di Komunitas Blogger Kristen SABDA Space, elu mau SESAT aja susah, karena lu akan dimaki-maki sampe kapok!"  Ha ha ha ha ha ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, Perbedaan Asumsi

HAI:
Tabung A lalu dipanaskan dari bawah sehingga molekul gas di bawah lebih panas dari yang di atas. Molekul yang di panaskan ini berat jenisnya menjadi lebih ringan dari molekul yang di atas. Karena berat jenisnya lebih ringan maka mereka mengambang ke atas sementara tempat mereka digantikan oleh molekul udara yagn berat jenisnya lebih berat.

DETA:
Busyet, anda maruk juga ya? Pelajaran 2 semester ingin anda kuasai hanya dalam beberapa hari?

Kesulitan saya menjelaskan adalah karena saya tidak bisa membuat sketsa gambar. Kesulitan kedua adalah karena asumsi kita berbeda, kemudian background kita berbeda sehingga bahasa dan pemahaman kita juga beda.

Nanti kalo saya bisa ikut kopdar saya akan transfer semua ILMU AC saya pada anda, biar anda puas dan tidak ada pertanyaan2 lagi! Hehe... Kl perlu ajak teman anda yang lulusan luar negeri itu! Tapi jangan harap kita tidak akan bertempur di dunia maya lagi ya !!

Asumsi saya begini:

Bayangkan tabung A berbentuk silinder bervoume 1000 liter. Tabung A dipanaskan dengan api kompor secara merata dibagian dasarnya.

Apa yang terjadi? Gas bagian bawah yang menempel langsung dengan dasar tangki akan serentak menjadi panas, molekul-molekul akan bergerak dengan cepat, tetapi gas tidak bisa naik karena tidak ada ruang kosong yang ditinggalkan oleh gas yang dipanaskan itu. Maka transfer panas adalah dengan menularkan gerakan2 cepat molekul ke molekul di atasnya. Ingat dasar tangki dipanskan dengan merata. (Beda dengan udara luar)

Tetapi model Atmosfer bisa diwakilkan tangki A dan B, tangki A dipanaskan dengan merata bagian dasarnya, tangki B dingin. Kemudian tangki A dan B dihubungkan dengan pipa kecil bagian atas dan bawah. Maka udara akan bersirkulasi, udara akan naik ke atas dan udara yang naik akan di isi dari tangki B melalui pipa dibagian bawah.

Berbeda dengan:

Tadinya saya membayangkan tangki A sudah panas, dan tangki B dingin. Kemudian tangki A dan B dihubungkan dengan pipa dibagian bawah. Bagaimana transfer panas terjadi? Apa aliran udara terjadi seperti kata anda?

Saya sarankan anda belajar bagaimana transfer panas terjadi: Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Mungkin akan membuka wawasan anda!

HAI:
Debu tanah, saya pernah bekerja di bagian keuangan di salah satu tower di Jakarta yang menggunakan AC central. Salah satu tugas saya mengawasi pembelian dan masalah perawatan ruangan. Ketika dilakukan perbaikan plafon ruangan, saya melihat bahwa yang ada hanya saluran yang meniupkan udara dingin. Sementara penyedot udara ruangan hanya menyedot udara ruangan ke dalam ruang plafon. Karena saat itu saya tidak merokok, maka di ruangan saya tidak ada penyedot udara.

DETA:
Silakan lihat lagi diagram aliran udara pada cara kerja AHU yang saya link kan. Kata kuncinya yang anda sebut dengan HEMBUSAN udara adalah SIRKULASI UDARA.

Anda mengira hembusan udara dingin lah yang mendinginkan ruangan, padahal itu hanya SIRKULASI saja. Bila udara tidak sirkulasi (ada hembusan udara), maka ruangan akan tetap dingin lho, cuman akan lama sekali. Sirkulasi dalam bahasa teknik adalah KONVEKSI PAKSA. Yaitu untuk mempercepat pendinginan ruangan, jadi BUKAN udara dingin mendinginkan udara ruangan lho!

Mengenai terang dan gelap nanti dulu kita bahas, masalah AC belum kelar nih. Hehe

Oke, direnungkan dulu jawaban2 saya dan pelajari link yang saya berikan. Nanti malam di lanjut, karena saya tugas luar kota sehari ini.

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

benjohn's picture

Hai2: Bumi belum berbentuk

Hai2:

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Itulah KONDISI sebelum Allah mencipta. Sebelum mencipta berarti belum ada ciptaan. Gelap, Samudera dan Roh Allah. Di dalam Samudera ada air. Air adalah Samudera. Berarti yang ada Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Benjohn:

Saya setuju gelap gurita adalah KONDISI

KONDISI ini  adalah tidak ada cahaya /terang

KBBI  gelap =tidak ada cahaya.

Pertanyaan saya apakah suatu KONDISI bisa  dinyatakan  sebagai ALLAH?

 

hai hai's picture

@Benjohn, KONDISI

Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Itulah KONDISI sebelum Allah mencipta. Sebelum mencipta berarti belum ada ciptaan. Gelap, Samudera dan Roh Allah. Di dalam Samudera ada air. Air adalah Samudera. Berarti yang ada Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Menurut saya, kata Ereth di dalam kejadian 1:1-2 harus diterjemahkan menjadi DUNIA, bukan BUMI. Sementara kata shamayim harus diterjemahkan sebagai SORGA, bukan langit. Sementara yang dipahami sebagai LANGIT olehorang awam adalah CAKRAWALA (raqiya).

Benjohn, di dalam Kejadian 1:2, gelap bukan KONDISI.Untuk keberadaan yang disebut kondisi, kita perlu RUANG dan WAKTU. Di dalam Kejadian 1:2, belum ada ciptaan. Dengan memahami Gelap dalam Kejadian 1:2 sebagai kondisi, berarti memahami bahwa RUANG dan WAKTU itu KEKAL bersama Allah.

Setelah Allah menciptakan Cakrawala, pada saat itulah RUANG dan WAKTU ada. Dunia diciptakan dalam kondisi GELAP. Itu sebabnya Allah lalu menciptakan benda-benda penerang yang memancarakan terang atau cahaya.Anda benar, terang dan gelap adalah KONDISI. Namun anda tidak bisa mengatakan bahwa GELAP itu tidk ada karena gelap adalah kondisi kekurangan cahaya. apabila anda menggunakan logika demikian, maka saya pun dapat menggunakan logika bahwa terang itu tidak ada karena terang adalah kondisi kelebihan cahaya.

Benjohn, GELAP di dalam Kejadian 1:2 BUKAN gelap yang ada di dunia. GELAP di dalam Kejadian 1:2 adalah Allah. Karena sebelum ada ciptaan, yang ada HANYA Allah.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

benjohn's picture

@hai2, beda asumsi "gelap"

Hai2:

Benjohn, di dalam Kejadian 1:2, gelap bukan KONDISI.Untuk keberadaan yang disebut kondisi, kita perlu RUANG dan WAKTU. Di dalam Kejadian 1:2, belum ada ciptaan. Dengan memahami Gelap dalam Kejadian 1:2 sebagai kondisi, berarti memahami bahwa RUANG dan WAKTU itu KEKAL bersama Allah.

Benjohn:

Pantasan tidak ada titik temunya,  ternyata  pemahaman dari awal pada kata “gelap” di kejadian 1:2.

Menurut  anda “gelap”  di Kej 1:2 bukan kondisi, sedang asumsi saya adalah kondisi.

Siapa yang benar saya tidak tahu.

Yang jelas saya akan menpelajarinya.

Mungkin ada yang bisa bantu?

 

okulasi's picture

@Deta,cara kerja AC

adasedikit yang kurang dalam cara kerja AC di point no 3

3.    Selanjutnya Freon dialirkan ke EVAPORATOR melewati KATUP EKSPANSI, katup ekspansi melepas Freon dari kondensor bertekanan tinggi ke dalam Evaporator. Ini menyebabkan Freon berubah fasa dari cair berubah menjadi gas. Menurut hukum alam proses ini akan MENYERAP panas, sehingga temperatur FREON TURUN. Kemudian udara ruangan yang lebih panas dialirkan ke dalam Evaporator sehingga panas dari udara ruangan otomatis mengalir / pindah ke FREON yang jauh lebih dingin. Blower dalam evaporator berfungsi mempercepat proses ini. Itu pula sebabnya INDOOR disebut EVAPORATOR, yaitu untuk menguapkan freon  menjadi gas.

saya ada sedikit tambahan agar tidak terjadi lompatan berpikir

dari kondensor freon(cair) dengan suhu rendah tetapi bertekanan tinggi diantrikan di katup ekpansi(diatur keluarnya ke evaporator)sehingga dari katup ekpansi akan menjadi freon(cair) dengan suhu rendah dan tekanan rendah.

satu lagi.agar tidak membingungkan pemahaman

DETA:
Cold storage kecil masih menggunakan refrigerant. Sedangkan Cold Storage yang besar biasanya tidak menggunakan refrigerant karena mahal, tetapi menggunakan Amoniak.

maksud refrigerant disini adalah freon

karena refrigerant = bahan pendingin,

dan amoniak termasuk bahan pendingin

 

Jikalau ada kata -kata yang yang kurang berkenan itu murni karena kebodohan saya .JBU