Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

YHWH Elohim Yang Mahatahu Tidak Tahu

hai hai's picture

Teologi Reformed mengajarkan bahwa Allah mahakuasa dan mahatahu. Lebih lanjut diajarkan bahwa Mahakuasa artinya mampu melakukan segala sesuatu dan tidak ada yang tidak bisa dilakukannya. Mahatahu artinya mengetahui segala hal dan tidak ada yang tidak diketahuinya. Demi keyakinan demikianlah para Teolog Reformed NEKAD menafsirkan bahkan mengembangkan ajaran yang bertentangan dengan ajaran Alkitab.

Allah Yang Mahatahu Tidak Tahu

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Pdt. Budi Asali Mdiv mengagulkan dirinya Reformed Sejati dan menuduh Pdt. Dr. Stephen Tong pendiri Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII), Sekolah Teologia Reformed Injili (STRI), Sekolah Tinggi Teologia Reformed Injili Indonesia (STTRII) dan Institut Reformed Jakarta (IRJ) bukan Reformed sejati. Bahkan dia menuduh Pdt. Dr. Stephen Tong SESAT karena menyatakan dirinya tidak tahu apakah Kongzi (Confucius) masuk sorga atau tidak namun tahu pasti bahwa Allah akan mengadili Kongzi dengan adil.

Budi Asali mengajarkan bahwa MAHATAHU artinya tidak ada yang tidak diketahui. Allah Tritunggal mahatahu, itu sebabnya tidak ada yang tidak diketahui-Nya. Bila ada yang tidak diketahui itu berarti bukan Allah sejati. Dari mana dia mendapatkan ajaran demikian? Dari hongkong (entah-berentah), karena Alkitab justru mengajarkan hal sebaliknya. Di dalam Eksposisi Kitab Kejadian 3:1:24 dia menulis:

a)   Ay 22a tidak boleh diartikan secara hurufiah. Itu adalah irony (= ejekan). Tuhan mengatakan itu karena Adam/Hawa percaya pada kata-kata setan dalam ay 5.

tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat." Kejadian 3:5

Alkitab mengajarkan bahwa Ular yang menggoda Hawa adalah Iblis. Alkitab juga mengajarkan bahwa Iblis bukan setan. Di dalam Perjanjian Lama Iblis diterjemahkan dari kata Ibrani SATAN, sementara dalam Perjanjian Baru diterjemahkan dari kata Yunani SATANOS dan DIABOLOS. Iblis hanya ada SATU. Kata SETAN diterjemahkan dari kata Yunani DAIMON. Iblis bukan Setan karena Satanos alias Diabolos bukan Daimon. Mengajarkan bahwa Iblis adalah Setan hanya membuktikan bahwa Budi Asali sama sekali tidak memahami apa yang diajarkannya.

Andai kata ajaran Pdt. Budi Asali BENAR. Kepada siapakah TUHAN Allah berfirman? Kepada Allah dan Roh Kudus. Siapa yang diejek? Allah Tritunggal. TUHAN Allah mengejek diri-Nya sendiri dan Allah serta Roh Kudus karena manusia lebih mempercayai Ular alias Iblis (Iblis bukan setan) dari pada Allah. Namun, itu tidak mengubah kenyataan bahwa:

  1.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu manusia yang tahu tentang yang baik dan yang jahat
  2.  "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" berarti HANYA ada satu Allah yang tahu tentang yang baik dan yang jahat

Kejadian 3:22 adalah percakapan antara Allah Tritunggal. Frasa "salah satu dari Kita" berarti HANYA satu dari Kita. Mustahil frasa "salah satu dari Kita" berarti KITA bertiga. HANYA ada satu Allah yang tahu berarti ada DUA Allah yang tidak tahu.

Tentang Kejadian 3:22, salah satu orang blogger Kristen yang menyebut dirinya Adrina dan mengaku muridnya Pdt. Budi Asali MDiv mengajar di Komunitas Blogger Kristen SABDA Space:

Ayat (Kejadian 3:22 – red) itu hanya berbicara tentang adanya komunikasi/perbincangan 'antar Allah' dan menurut saya malaikat tidak terlibat di dalamnya.

Apabila yang diajarkan adrina benar, bukankah itu berarti Alkitab ditulis dalam bahasa SANDI sehingga harus ditafsirkan untuk memahaminya? Dari mana Adrina mendapatkan kunci sandinya sehingga kalimat, "Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat" artinya ada komunikasi antara Allah Tritunggal namun tidak boleh dipahami bahwa Allah dan Roh Allah tidak tahu hal yang jahat"? Dari hongkong (entah-berentah).

Lebih lanjut Adrina mengajarkan bahwa memahami Kejadian 3:22 secara hurufiah berarti MENGHINA atau MENGHUJAT Allah karena Allah sejati MUSTAHIL tidak tahu. Namun dia lupa bahwa dengan menafsirkan Kejadian 3:22 seperti yang dilakukannya berarti membuat BERHALA yang diberinya kuasa untuk MUSTAHIL tidak tahu dan dinamainya Allah. Kejadian 3:22 mengajarkan dengan gamblang dan tegas bahwa Allah Tritunggal yang menyatakan diri lewat Alkitab adalah Allah yang TIDAK mustahil tidak tahu.

Sebagian teolog reformed mengajarkan bahwa Kejadian 3:22a adalah firman Allah yang mustahil dipahami manusia, itu sebabnya tidak boleh ditafsirkan namun juga tidak boleh dipahami bahwa HANYA satu Allah yang tahu yang baik dan yang jahat sementara dua Allah yang lain tidak tahu. Menurut mereka, itu adalah misteri firman Allah. Karena yang diajarkannya tidak diajarkan oleh Alkitab dan para teolog itu menyangkal dirinya adalah nabi yang mendapat wahyu baru MUSTAHIL mengakui bahwa yang mereka ajarkan adalah kebenaran.

Teolog yang lain mengajarkan bahwa Kejadian 3:22 harus DIEDIT dulu lalu dipahami seperti di bawah ini:

Berfirmanlah TUHAN Allah: "Sesungguhnya manusia itu telah menjadi YANG seperti salah satu dari Kita TELAH MENJADI tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya." Kejadian 3:22

Kata-kata yang berwarna merah ditambahkan.

Karena yang diajarkannya tidak diajarkan oleh Alkitab dan para teolog itu menyangkal dirinya adalah nabi yang mendapat kuasa untuk mengedit Alkitab  MUSTAHIL mengakui bahwa yang mereka ajarkan adalah kebenaran.

Ada pula teolog yang mengajarkan bahwa Allah yang kita sembah adalah Allah Tritunggal itu sebabnya frasa "salah satu dari Kita" di dalam Kejadian 3:22 harus dipahami sebagai "Kita bertiga". TUHAN Allah MUSTAHIL tidak tahu bahwa salah satu dari Kita artinya salah satu dari Kita, bukan Kita bertiga. Apabila Dia memaksudkan, "Kita bertiga", mustahil Dia mengatakan, "salah satu dari Kita."

Seorang blogger mengajarkan: Apabila yang diketahui TUHAN Allah tidak diketahui Allah dan Roh Allah, itu berarti ketiga-Nya tidak MAHAESA atau KEMAHAESAAN Allah Tritunggal tidak SEMPURNA. Karena Keesaan Allah Tritunggal sempurna, itu berarti mustahil hanya satu Allah yang tahu sedangkan yang lainnya tidak tahu. Kejadian 3:22 mengajarkan dengan gamblang: Hanya satu dari Allah Tritunggal yang tahu hal yang baik dan yang jahat. Apabila kenyataan demikian membuat Allah Tritunggal dianggap tidak MAHAESA secara sempurna, itu berarti Allah Tritunggal yang menyatakan diri lewat Alkitab memang tidak mahaesa secara sempurna. Apabila anda merasa keberatan untuk menyembah Allah Tritunggal demikian, silahkan menyembah Allah Tritunggal yang lain karena saya tetap akan menyembah Allah Tritunggal demikian.

Kejadian 3:22 mengajarkan dengan TEGAS dan GAMBLANG bahwa hanya SATU Allah dari Allah Tritunggal yang tahu hal yang baik dan yang jahat sementara DUA Allah yang lainnya tidak tahu. MUSTAHIL menyangkalnya! Dari pada berlaku TOLOL dan sia-sia menyangkalnya, menurut saya adalah bijaksana menerima kebenaran tersebut lalu berusaha memahaminya.

Tuhan Yesus Yang Mahatahu Tidak Tahu

Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa  sendiri." Matius 24:36

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa  saja." Markus 13:32

Siapa yang tahu kapan Anak Manusia akan datang lagi ke dunia? Ei Pater Monos! HANYA Bapa sendiri! HANYA Bapa sendiri berarti HANYA Bapa sendiri! HANYA Bapa sendiri berarti Yesus Kristus tidak tahu! HANYA Bapa sendiri berarti Roh Kudus tidak tahu. HANYA Bapa sendiri! Tegas dan gamblang! Mustahil disangkal apalagi ditentang!

Arianisme yang ajarannya diwarisi oleh Saksi Yehova dan Kristen Tauhid mengajarkan bahwa Yesus Tidak tahu karena Dia bukan Allah sejati. Roh Kudus tidak tahu karena Dia bukan Allah namun KUASA. Yesus Kristus memang Allah yang diciptakan namun Dia menciptakan diri-Nya sendiri dari diri-Nya sendiri. Mula-mula Dia menciptakan diri-Nya dari Allah yang tidak kelihatan atau Allah Yang Mahagelap menjadi Allah Yang Mahaterang. Sebagai Allah Yang Mahaterang Dia menggunakan nama TUHAN Allah. TUHAN Allah lalu menciptakan diri-Nya menjadi Malaikat TUHAN atau Malak YHWH. Selanjutnya Malak YHWH menciptakan diri-Nya menjadi Yesus Kristus. Apabila anda tidak suka dengan istilah MENCIPTA, silahkan menggunakan istilah INKARNASI atau MENJELMA. Kenapa saya menggunakan kata MENCIPTA? Karena Sebelum TUHAN Allah menjadi Allah Yang Mahaterang, tidak ada Allah Yang Mahaterang. Sebelum TUHAN Allah menjadi Malak YHWH, tidak ada Allah dalam wujud malaikat. Sebelum Malak YHWH menjadi Yesus Kristus, tidak ada Allah dalam wujud manusia.

Nestorianisme mengajarkan bahwa Yesus memiliki dua pribadi yang terpisah. Yang satu adalah Logos sementara yang lain adalah manusia Yesus. Manusia Yesus memang tidak tahu namun Logos tahu. Yesus Kristus hanya memiliki satu pribadi yaitu Yesus Kristus. Ajaran Yesus dua pribadi bukan ajaran Alkitab.

Kenosis
artinya mengosongkan diri. Kaum Kenosis mengajarkan berdasarkan Filipi 2:5-8 bahwa selama di dunia Yesus Kristus MENANGGALKAN ke-Allahan-Nya, itu sebabnya Dia menjadi tidak mahatahu dan tidak mahakuasa.


Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus, Filipi 2:5


yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, Filipi 2:6

melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Filipi 2:7

Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Filipi 2:8


Filipi 2:5-8 hanya mengajarkan bahwa Yesus MENANGGALKAN kemuliaan-Nya sebagai Allah namun sama sekali tidak mengajarkan bahwa Dia menanggalkan Ke-Allahan-Nya. Itu sebabnya ketika di dunia Yesus berdoa.

Demikianlah kata Yesus. Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya;  permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. Yohanes 17:1 

Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. Yohanes 17:2

Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Yohanes 17:3


Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Yohanes 17:4

Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Yohanes 17:5

Doa Yesus Kristus tersebut di atas dengan gamblang mengajarkan kepada kita bahwa Dia tidak minta agar dikembalikan kepada ke-Allah-an-Nya namun meminta agar dikembalikan kepada KEMULIANNYA semula.

Miafisitisme mengajarkan bahwa di dalam Kristus hakekat ilahi dan hakekat manusia-Nya saling MENYATU menjadi SATU hakekat sehingga tidak dapat dipisahkan namun sifat masing-masing hakekat yang menyatu itu tidak saling membaur atau saling meniadakan. Selain Ilahi Yesus juga fana. Yesus tidak tahu tentang kedatangan kedua Anak Manusia kerena saat itu Dia sedang dikuasai oleh sifat tidak mahatahu-Nya. Miafisitisme di anut oleh  Gereja Ortodok Siria. Salah satu tokohnya adalah Bambang Noorsena.

Diofisitisme mengajarkan bahwa HAKEKAT Allah (Keilahian) dan hakekat manusia (Kefanaan) Yesus BERPADU namun tidak MENYATU atau BERCAMPUR sehingga terbentuk hakekat BARU. KEILAHIAN Yesus tidak berkurang atau berubah karena kefanaan-Nya dan KEFANAAN Yesus tidak bertambah atau berubah karena Keilahian-Nya. Keilahian dan kefanaan-Nya saling bertahta bergantian secara HARMONIS sesuai dengan kehendak atau pengaturan Allah Bapa. Yesus tidak tahu tentang kedatangan kedua Anak Manusia kerena saat itu Dia sedang dikuasai oleh hakekat manusia-Nya. Gereja Katolik Roma, Gereja Ortodok Yunani (Bizantium) dan Teologi Reformed mengajarkan Diofisitisme.

Baik Miafisitisme maupun Diofisitisme sama-sama bukan ajaran Alkitab. Bahkan keduanya dapat disebut ajaran sesat karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Yesus bukan keturunan Adam yang ke 74 karena Dia bukan anak jasmani Maria.

Yesus Kristus tidak tahu kapan Anak Manusia akan datang kembali ke dunia bukan karena Dia bukan Allah sejati atau karena Dia tidak mahatahu, namun karena Allah Bapa belum memberitahu Dia akan hal itu.

Misteri Tahu


Sebelum ada yang berbuat JAHAT tidak ada yang disebut BAIK. Sebelum ada TERANG tidak ada yang disebut GELAP. Sebelum ada Allah Yang Mahaterang tidak ada yang disebut Allah Yang Mahagelap. Sebelum ada SIANG tidak ada yang disebut MALAM. Sebelum ada PAGI tidak ada yang disebut PETANG. Sebelum mengenal Tuhan yang tinggal dekat (imanen) tidak ada yang disebut Tuhan yang tinggal jauh (transenden). Sebelum ada yang FANA tidak ada yang disebut ILAHI. Sebelum ada yang BIASA tidak ada yang disebut MAHA. Sebelum ada PEMISAHAN belum ada yang disebut PERANTARA.

PERINTAH Pencipta bisa dilanggar oleh ciptaan-Nya namun KETETAPAN Pencipta MUSTAHIL dilanggar oleh ciptaan-Nya bahkan oleh Pencipta sendiri. TUHAN Allah adalah Yesus Kristus. Dia ditetapkan oleh Allah menjadi PERANTARA. Kepada manusia Dia menyampaikan firman Allah yang disampaikan Allah kepada-Nya. Dari manusia kepada Allah Dia menyampaikan doa-doa. Ada PEMISAHAN antara Allah dan PERANTARA dan CIPTAAN. Perantara adalah TUHAN Allah sementara ciptaan adalah manusia. Apabila tidak ada PEMISAHAN antara Allah dan Roh Allah dengan TUHAN Allah, mustahil TUHAN Allah disebut PERANTARA.

Ketika mempelajari kisah penciptaan sorga dan dunia di dalam Kejadian 1:1-31 kita sudah memahami bahwa pada hari pertama Allah menciptakan Terang. Allah lalu memisahkan Terang dari Gelap. Terang yang diciptakan pada hari pertama adalah Allah Yang Mahaterang. Allah sama sekali tidak menciptakan Allah Yang Mahaterang namun menetapkan PERBEDAAN dan PEMISAHAN. Allah Yang Mahagelap adalah Allah dan Roh Allah sementara Allah Yang Mahaterang adalah TUHAN Allah. Allah Yang Mahagelap adalah Allah yang tidak kelihatan atau Allah yang tinggal jauh (transenden) sementara Allah Yang Mahaterang adalah Allah yang tinggal dekat (imanen). Allah yang tinggal dekat adalah PERANTARA antara manusia dengan Allah Yang Mahagelap alias tidak kelihatan.

Semua pasangan suami istri memiliki PENGETAHUAN (kata benda) tentang selingkuh namun hanya pasangan yang salah satu atau keduanya pernah selingkuh saja yang MENGETAHUI (kata kerja) apa itu selingkuh. Yang selingkuh TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya berselingkuh. Pasangannya TAHU tentang selingkuh karena pengalamannya diselingkuhi. Yang selingkuh tidak MENGETAHUI selingkuh secara lengkap karena dia tidak TAHU apa yang diketahui oleh pasangan yang diselingkuhinya, demikian pula sebaliknya. Disebut benar-benar MENGETAHUI selingkuh apabila seseorang mengetahui dari pengetahuan yang menyelingkuhi dan diselingkuhi.

Sedih. Semua orang dewasa tahu apa itu sedih. Namun berapa banyak orang dewasa yang tahu apa itu kesedihan karena ditinggal oleh orang yang disayanginya? Anda mustahil mengetahui kesedihan demikian dengan membaca atau mendengar ceritanya. Anda hanya bisa mengetahuinya setelah mengalaminya.

Kita sepakat bahwa DOSA adalah perbuatan yang melanggar perintah Allah. Berbuat dosa berarti melakukan yang jahat dan tidak berbuat dosa berarti melakukan yang baik. Apakah dengan mengetahui kebenaran demikian berarti tahu tentang yang baik dan yang jahat? Benar! Namun itu adalah PENGETAHUAN (kata benda) tentang yang baik dan yang jahat, bukan MENGETAHUI (kata kerja) tentang yang baik dan yang jahat. Untuk mengetahui yang baik dan yang jahat secara lengkap anda harus mengalaminya.

Adam tahu tentang yang baik dan yang jahat karena dia berbuat jahat. TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat karena Dia dijahati Adam. Di dalam Adam ada Nafas Hidup. Nafas Hidup adalah ROH TUHAN Allah. Adam tahu apa yang TUHAN Allah ketahui tentang yang jahat ketika dijahati lewat Nafas Hidup. TUHAN Allah tahu apa yang Adam ketahui yang jahat ketika Adam menjahati dari Nafas Hidup. Karena Nafas Hiduplah maka pengetahuan TUHAN Allah dan Adam tentang yang baik dan yang jahat sempurna.

Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Amsal 20:27


Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. 1 Korintus 2:10

Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh  manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 1 Korintus 2:11

Kata "Roh" di dalam Amsal 20:27 diterjemahkan dari kata Ibrani "n@shamah (nesh-aw-maw') bukan Ruwach. N@shamah chay adalah Nafas Hidup yang dihembuskan TUHAN Allah ke dalam Adam. Kata Roh di dalam 1 Korintus 2:10-11 dditerjemahkan dari kata Yunani Pneuma.

Sebelum berbuat jahat Adam memiliki PENGETAHUAN (da`ath - dilafalkan:dah'-ath) tentang yang baik dan yang jahat. Setelah berbuat jahat Adam MENGETAHUI (yada` - dilfalkan yaw-dah') yang baik dan yang jahat. Setelah berbuat jahat Adam MATI dari yang baik. Itu sebabnya dia akan terus berbuat jahat sampai kekal karena tidak ada kebenaran di dalam dirinya. Itu sebabnya DOSA Adam tidak BISA diampuni karena dia MENYANGKAL atau MENGHUJAT Roh Kudus alias Nafas Hidup.

Walaupun Hawa makan buah pengetahuan tentang hal yang baik dan yang jahat namun dia tidak tahu tentang yang baik dan yang jahat. Hal itu terjadi karena standard kebenaran Hawa adalah Adam. Adam adalah ular, dialah yang mengajarkan kepada Hawa bahwa makan buah pengetahuan tidak akan mati dan tidak melanggar perintah Allah namun beroleh pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat seperti Allah. Itu sebabnya Hawa makan buah pengetahuan dengan keyakinan bahwa yang dilakukannya BENAR.

Misteri Kebenaran

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. Yohanes 14:6

Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta. Yohanes 8:44

Yesus Kristus adalah KEBENARAN, itu berarti Nafas Hidup adalah KEBENARAN. Nafas Hidup ada di dalam Adam dan Nafas Hidup sama sekali tidak meninggalkan Adam walaupun dia berdosa. Itu sebabnya setelah Adam mati dan menjadi Iblis, dia memiliki kuasa menjelajah dunia untuk mengikat dan menguasai manusia dan ptantang-ptenteng di sorga untuk menghakimi manusia di hadapan Allah. Itu sebabnya TUHAN Allah berlaku sangat rendah hati kepadanya. Kenapa Yesus Kristus mengajarkan bahwa di dalam Iblis alias Adam tidak ada KEBENARAN?

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, Yohanes 14:16

yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Yohanes 14:17


Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Yohanes 15:26


Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13

Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Yohanes 17:17

Maka kata Pilatus kepada-Nya: "Jadi Engkau adalah raja?" Jawab Yesus: "Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku." Yohanes 18: 37


Di dalam Adam alias Iblis tidak ada KEBENARAN karena Adam MENYANGKAL Nafas Hidup dan tidak memiliki Roh Allah alias Roh Kudus yaitu Roh Kebenaran. Menyangkal Nafas Hidup berarti menghujat Roh Kudus.

Misteri Pengetahuan Allah Tritunggal

Kejadian 3:22 mengajarkan tentang Allah dan Roh Allah TIDAK tahu apa yang diketahui oleh TUHAN Allah. Anda boleh berlaku seperti Pdt. Budi Asali MDiv dan teolog lainnya yang meniru prilaku burung onta yang merasa aman setelah membenamkan kepalanya ke dalam pasir. Anda juga boleh memilih untuk tidak menyembah Allah Tritunggal lagi karena YAKIN ajaran-Nya menyangkal ajaran-Nya sendiri. Namun sebaiknya anda memahami ajaran Alkitab apa adanya lalu berusaha untuk mencari jawabannya dari Alkitab.

Allah MAHAKUASA namun MUSTAHIL menyangkal ketetapan-Nya sendiri. Itulah yang diajarkan oleh Alkitab kepada kita. Ketika Allah menetapkan TUHAN Allah BERPISAH dari Allah dan Roh Allah itu berarti Allah Tritunggal MUSTAHIL menyangkal KETETAPAN demikian. Itu sebabnya Alkitab mengajarkan:

Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu, dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. Yohanes 17:8

Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia." Yohanes 8:26


Sebab Aku berkata-kata bukan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang mengutus Aku, Dialah yang memerintahkan Aku untuk mengatakan apa yang harus Aku katakan dan Aku sampaikan. Yohanes 12:49

Yesus Kristus adalah TUHAN Allah. Yesus Kristus adalah PERANTARA. Sebagai PERANTARA Dia hanya MENYAMPAIKAN apa yang DISAMPAIKAN Allah alias DIDENGAR dari Allah alias DIKATAKAN Allah kepada-Nya kepada manusia.

Kesimpulan

Kenapa TUHAN Allah tahu yang baik dan yang jahat sementara Allah dan Roh Allah tidak tahu? Karena TUHAN Allah BELUM memberitahu kedua-Nya.

Yesus Kristus adalah Anak Manusia dan Anak Manusia adalah Allah. Kenapa Anak Manusia tidak tahu kapan diri-Nya akan datang kembali ke dunia? Karena Allah Bapa belum memberitahu Dia sementara Dia hanya melakukan semua keinginan Allah Bapa. Itu sebabnya setelah naik ke Sorga dan TAHU kapan Anak Manusia akan kembali lagi ke dunia, Dia segera membaritahu manusia melalui penglihatan kepada rasul Yohanes di pulau Patmos dan tercatat di dalam kitab Wahyu.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@BS, Empat Penunggang Kuda

bintang seven, pertanyaan-pertanyaan anda baik sekali. Sejak anda pertama kali mengajukannya, saya memikirkan dengan serius. Benar-benar serius itu sebabnya nggak langsung menjawabnya pada waktu itu. Salahs atu dari hasil pemikiran terssebut adalah ilustrasi "Pada mulanya adalah Bacang."

Bintang Seven, selama ini ketika berbicara tentang THEOS alias Allah, kita memahaminya sebagai SANG PENCIPTA. Kita memahami

Allah = Jenis Makluk hidup

Ketika para nabi menggunakan, El, Eloah, Elohim, YHWH, Malak Elohim, Malak YHWH, mereka sama sekali tidak memaksudkannya sebagai NAMA JENIS namun NAMA PRIBADI.

Demikian pula ketika Para Rasul menggunakan kata Theos, Logos, Bapa, Roh, Roh Kudus, Tuhan dan berbagai NAMA lainnya, mereka tidak memaksudkan-Nya sebagai NAMA jenis namun NAMA PRIBADI.

Setelah saya mempelajarinya dengan teliti, itulah PERBEDAAN antara ajaran agama BARAT (Yunani, Romawi) dan TIMUR (Yudaisme, Kristen dan Tiongkok kuno).

Itu sebabnya ketika membahas Allah Tritunggal, para Teolog Barat menggunakan konsep PRIBADI dan HAKEKAT. Itu sebabnya sampai hari ini para Teolog tidak mampu menegakkan ajaran Tritunggal yang menjelaskan tentang RELASI atau HUBUNGAN KERJA antar ketiga PENCIPTA.

Hal kedua yang menurut saya menghalangi para teolog Kristen memahami ajaran Tritunggal dengan benar adalah PRINSIP yang mereka sebut PRIMA CAUSA. Prima Causa, menyebabkan PERUBAHAN namun diri-Nya tidak berubah. Sejak kecil orang Kristen dijejali doktrin, TUHAN Yesus TIDAK pernah BERUBAH.

Logos menjadi JANIN; Janin menjadi BAYI; Bayi menjadi ANAK; Anak menjadi DEWASA; Dewasa menjadi MAYAT; Mayat menjadi TUHAN.

Dengan apakah kita menyebut semua hal tersebut di atas? BERUBAH!

Salah satu bloger yang saya sebut si tolol berusaha menyangkal kenyataan tersebut dengan mengajarkan bahwa Yesus tidak BERUBAH karena sebelum menjadi janin, bayi, anak, dewasa, mayat, Dia sudah punya EKSISTENSI, itulah yang disebut Eksistensi PRA eksistensi. Tentu saja si TOLOL tidak akan mengerti bahwa KARENA sebelum menjadi manusia Yesus sudah EKSIS atau ADA itulah maka Dia disebut BERUBAH ketika menjadi manusia. Bila Yesus belum ada sebelum Dia menjadi manusia, itu namanya bukan berubah, TOLOL! Ha ha ha ha ha ha ...

pertama dosa kita kan dibuang ke tubir2 laut=Yesus=samudera donk?

Dosa BUKAN benda. Ketika dikatakan DOSA dibuang ke tubir-tubir laut, itu sama sekali tidak berarti dosa dibuang seolah kita membuang limbah atau sampah. Bila demikian, apa arti dosa dibuang ke tubir-tubir Laut? Artinya adalah Tubir-Tubir Laut MENUTUPI alias DIPUASKAN amarah-Nya. Siapakah Tubir-Tubir Laut itu? Tubir-Tubir Laut itu adalah Bapa, Yesus Kristus dan Allah.

kedua waktu orang dibaptis urut2annya adalah sebagai berikut :dalam nama Bapa, lalu Anak dan Roh Kudus dan di kejadian 1 : 2 pun urut2annya adalah sbb: GELAP menutupi SAMUDERA RAYA dan ROH ALLAH melayang2, berarti GELAP= BAPA dan SAMUDERA = ANAK dan ROH ALLAH=ROH KUDUS

Bapa yang MENETAPKAN. Putera (Tuhan Yesus dan Allah Bapa) yang MENGGENAPKAN dan Roh Kudus (Allah) yang MELAHIRKAN. Itu sebabnya Dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus.

ketiga, waktu Yesus disalib ada kehadiran kegelapan disitu padahal waktu itu baru pukul kira2 3 petang, jika Yesus=terang kecil itu dan dinyatakan hai2 tidak mungkin menjadi gelap lagi lalu siapa yg hadir disitu?

Maka aku melihat, ketika Anak Domba itu membuka meterai yang keenam, sesungguhnya terjadilah gempa bumi yang dahsyat dan matahari menjadi hitam bagaikan karung rambut dan bulan menjadi merah seluruhnya bagaikan darah. Wahyu 6:12

Itulah yang terjadi ketika Yesus mati disalib.Kenapa matahari menjadi hitam? Karena matahari tidak BERSINAR. Itu adalah simbol MATINYA Terang. Bukankah Yesus berkata, SELAMA di dunia, Dia adalah TERANG dunia? Ini bukan nubuatan namun sudah banyak ahli yang menemukan CATATAN tentang terjadinya GELAP di Israel dan di BELAHAN dunia yang kondisinya SIANG sama seperti di Israel. Itu artinya kegelapan itu TOTAL dan GLOBAL.

keempat, waktu bgs mesir mengalami kegelapan padahal Tuhan Allah = Yesus masakan Yesus menjadi gelap lagi?

Waktu bangsa Mesir mengalami KEGELAPAN, itu adalah unjuk kesaktian Sang Mahagelap. Ketika hal itu terjadi, ada sebuah catatan yang menarik sekali. Orang-orang Mesir TIDAK bisa bangkit dari tempat TIDUR, Mereka BISA memegang GELAP itu.

kelima ttg Yohanes 1:1 itu sebenarnya gw pengen tanya hai....kita byk berbicara ttg Firman yg menjadi manusia ttp gw pengen tanya yg jauh sebelum Firman jadi manusia atau saat muncul kata Tuhan Allah dikejadian 2 itu yaitu saat di taman eden, bukankah hai bilang Tuhan Allah=Yesus (dlm tubuh kemuliaan=tambahan dr gw)?

Bintang seven, pertanyaan anda yang kelima adalah yang paling banyak menyita waktu memikirkannya dan mencari jawabannya. Ketika anda bertanya, saya memahaminya namun belum mampu menjelaskannya. Saya sedang menyusun sebuah blog guna menjawab pertanyaan tersebut. Bila anda mau mempelajarinya maka inilah petunjuknya. Pelajarilah Kitab Tujuh Meterai dan PAHAMILAH Keempat Penunggang Kuda.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@om hai-haii : bagaimana dengan ayat ini ?

saya membaca tanggapan om hai-hai bagian ini :

pertama dosa kita kan dibuang ke tubir2 laut=Yesus=samudera donk?

Dosa BUKAN benda. Ketika dikatakan DOSA dibuang ke tubir-tubir laut, itu sama sekali tidak berarti dosa dibuang seolah kita membuang limbah atau sampah. Bila demikian, apa arti dosa dibuang ke tubir-tubir Laut? Artinya adalah Tubir-Tubir Laut MENUTUPI alias DIPUASKAN amarah-Nya. Siapakah Tubir-Tubir Laut itu? Tubir-Tubir Laut itu adalah Bapa, Yesus Kristus dan Allah.

Lalu bagaimana dengat ayat ini ?

Mikha 7:18  Siapakah Allah seperti Engkau yang mengampuni dosa, dan yang memaafkan pelanggaran dari sisa-sisa milik-Nya sendiri; yang tidak bertahan dalam murka-Nya untuk seterusnya, melainkan berkenan kepada kasih setia?
Mikha  7:19  Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut.
 

I love Jesus

hai hai's picture

@lentin, Empat Penunggang Kuda Kitab Wahyu

lentin, bersabarlah sampai blog dengan judul Empat Penunggang Kuda Kitab Wahyu muncul ya, please?!

Saya juga menunda pengunggahan blog tentang malaikat Gabriel yang saya janjikan kepada anda karena melihat bahwa blog Empat Penunggang Kuda Kitab Wahyu ini sangat penting dan akan sangat berguna bagi kita dalam memahami ajaran Alkitab yang lainnya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

@dreamz km sama aja

aku ngerti apa yg km dan PB bilang, terang di dalam gelap dan kegelapan itu tidak menguasainya. Saya jg tidak menyangkalnya.

Catatan yg saya bicarakan ini bukan Firman Tuhan ya! Jgn kaya PB dia sering mendikte org gk bawa ayat Alkitab. Tp saat org memank gk bicarain ttg Ayat Alkitab dia pake2 ayat Alkitab, paling males bicara sama orang sotoy gtu. Sering gak nyambung. Makanya bisa2 akhirnya dia ngamen ato ubah pancasila ke bhs Ing, karena dia suka gk nyambung.

Yg aku mau tekankan sebenernya perbedaan GELAP DAN TERANG sama om hai-hai. Tp itulah PB dia suka bikin gk jelas arah diskusi. Saya berusaha tetap pada arah pembicaraan yg saya buat tp orang satu ini mau mengubahnya. OOT bgt.

Di bagian ini ya dreamz :

Karena lingkaran yang besar, alias kegelapan itu ada di LUAR terang, karena terang itu ada di DALAM gelap.

saya mau tanya: karena terang itu ada di DALAM gelap. -> trus apa arti gelap disitu ?

makanya saya bilang : karena di dalam kegelapan(gelap) itu TIDAK ADA TERANG! Walaupun terang itu ada di dalam daerah kegelapan. Dreamz pernah belajar intesitas cahaya ?

Cahaya sekecil apapun tidak ada kegelapan didalamnya, makanya di bilang dan kegelapan tidak menguasainya. Seberapa besar cahaya menguasi sebuah ruangan itu tergantung intesitas cahayanya atau daya pancar suatu sumber cahaya. Nah klo ada tempat gelap yg tidak terkena sebuah sumber cahaya APA tempat itu menjadi terang walaupun sumber cahaya itu ada di tengah tempat gelap itu ?

sekarang saya tanya dreamz lg :

apa kegelapan kalo ada cahaya yg menerangi didalamnya, apakah bagian yang terang akan tetap gelap maka terus disebut kegelapan ?
apa kalo di tempat gelap tidak ada cahaya sama sekali akan terang ?

Sekali lagi ya dreamz, saya itu ke om hai-hai menerangkan perbedaan terang dan gelap

PB itu udah lari kemana-mana dr masalah yg saya bawa yaitu perbedaan terang dan gelap, sampai menuduh saya menyangkal Firman, padahal sekali lagi saya bilang SAYA ITU NERANGIN PERBEDAAN TERANG DAN GELAP,
dan km ikut2an gak nyambung jg sama dengan dia. Klo km mau diskusi tentang hal seperti ini silahkan ke PB saja. Silahkan kalian berdua OOT!

Sekali lagi PB sudah mengubah topik dengan gayanya yang super sok pintar sama seperti dia mengubah makna Firman seenak perutnya, apa yg saya mau bicarakan gara2 manusia satu ini jadi entah kemana-mana. Walaupun saya sudah kasih tau tapi dia tetap tidak ngerti sampai menuduh orang menyangkal Firman lagi.

dReamZ's picture

@lentin: ok d

ga dilanjutin ...

bintang seven's picture

@lentin

makanya saya bilang : karena di dalam kegelapan(gelap) itu TIDAK ADA TERANG! Walaupun terang itu ada di dalam daerah kegelapan. Dreamz pernah belajar intesitas cahaya ?

Cahaya sekecil apapun tidak ada kegelapan didalamnya, makanya di bilang dan kegelapan tidak menguasainya. Seberapa besar cahaya menguasi sebuah ruangan itu tergantung intesitas cahayanya atau daya pancar suatu sumber cahaya. Nah klo ada tempat gelap yg tidak terkena sebuah sumber cahaya APA tempat itu menjadi terang walaupun sumber cahaya itu ada di tengah tempat gelap itu ?

lentin kayaknya komen kamu ama blog nya hai jauh panggang dari api....blog ini tidak sedang berbicara ttg terang dan gelap sebagai cahaya....tapi tentang pribadi Allah....krn si hai2 menyatakan kejadian 1:1-3 ada tiga keberadaan sebelum penciptaan langit dan bumi yaitu GELAP, SAMUDERA DAN ROH ALLAH....sebelum makin jauh ada baiknya kmu debat dulu si hai2 apakah benar gelap, samudera dan roh allah adalah cara alkitab menyatakan bhw IA Allah Tritunggal ingin memperkenalkan diriNYA pada ciptaaanNYA.....

jadi gelap di kejadian 1 itu sudah ditulis hai2 panjang lebar diblognya hai2 bhw itu bukan cahaya klo kmu masih berpikir itu cahaya maka saya blg itu akan jauh panggang dr api...

tp klo masih mau terus dg pertanyaan kmu diatas kira2 begini jawabannya DI DALAM Allah yg maha gelap tidak ada kegelapan krn Allah itu adalah PRIBADI PENCIPTA DG NAMA kegelapan..... tetapi didalam Allah yg mahagelap itu setelah ia menjadi manusia ada terang didalamnya yaitu Roh Kudus....tetapi didalam Terang bahkan tidak ada Terang krn Roh Kudus atau Allah adalah terang itu sendiri.

ibarat nya begini,,,,lentin adalah manusia.... walau kmu misalnya serakah, banyak makan, perutnya gendut, jalannya lamban sehingga dijuluki kerbau tapi  lentin bukan kerbau lentin adalah manusia, memang begitulan manusia lentin. TIDAK ADA KERBAU DIDALAM LENTIN KRN LENTIN ADALAH MANUSIA ITU SENDIRI. walau Allah memperkenalkan dirinya sebagai Gelap sehingga tidak bisa dikenali manusia krn gelap.... tetapi Allah bukan gelap SPT YG KAMU TANYA2....krn Allah adalah gelap itu sendiri. GELAP ADALAH NAMA PRIBADI YESUS DI KEJADIAN 1 SEBELUM MENJADI MANUSIA....tetapi setelah menjadi manusia DIA bukan gelap lagi krn ada HIDUP/TERANG MANUSIA/ROH ALLAH di dalam Yesus Kristus.amin

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

@hai...

hai empat penunggang kuda yg diwahyu yah? terus cerita ttg angkatan ini dan bunyi sangkakala gimana lagi tuh?

ntar gw baca2 deh...

sebenarnya klo bapa=gelap yoh 1 jg gak kehilangan maknanya bhw TUHAN itu tetap Tritunggal....cuma bolak balik aja...teori ini mirip dg teori ekonomikal ala watchman nee...sayang keburu dicap sesat gara2 bilang Yesus adalah adalah dicipta..padahal maksudnya wn adalah tubuh kristus yg dicipta...

gw juga lg kotak katik klo yesus = gelap dan klo yesus=samudera...

sama2 peres otak ya hai...hahahaahah..ahahahah

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@lentin, Simple dan Sistematis serta Konsisten

lentin, suatu kali saya dibayar untuk mengevaluasi sebuah program komputerisasi terintegrasi untuk sebuah perusahaan Leasing. Saya menawarkan dua harga, yang murah dan mahal namun menjamin bahwa baik yang murah maupun mahal tetap akan menghasilkan rekomendasi yang SAMA dan teruji.

Mereka memilih yang murah. Saya lalu menghabiskan waktu 2 jam untuk kutak-katik program tersebut di komputer. Rekomendasi saya adalah. Buat Program baru karena program yang ada tidak didesign dengan baik  saya juga menunjukkan kepada mereka akibat-akibat program yang tidak didesign dan dibangun dengan baik itu.

Mereka membayar saya lalu menawari saya untuk menerima pekerjaan mengevaluasi dengan harga mahal. Menurut mereka itu permintaan Big bos. Menurut mereka big bos nggak ngerti program komputer namun sok tahunya setengah mati. Menurut mereka bos memang sukanya buang duit sia-sia gara-gara penasaran doang.

Saya lalu mengevaluasi source code program tersebut. Anda tahu apa yang saya temukan? Ada lebih dari 8.000 baris source code yang tidak berguna di dalam program tersebut yang artinya walaupun dibuang, program tersebut tetap bisa jalan bahkan berjalan lebih baik.

Ketika pekerjaan itu selesai, big bos mereka ikut di dalam meeting kami. Ketika meeting di mulai, dia bertanya kepada saya, apakah saya paham kenapa dia mau membayar saya mahal padahal sudah membayar saya murah? Saya ngakak lalu berkata, "Namanya juga usaha!" Dia lalu menulis sebuah di kertas memo lalu memberikannya ke anak buahnya untuk disampaikan kepada saya. Setelah membacanya saya melipatnya lalu mengembalikannya kepada big bos itu. "I did it for Free!" kata saya padanya.

Ketika dia bertanya, "Kenapa?" Saya bilang, saya senang bekerja sama dengan orang pinter namun saya lebih senang bekerja sama dengan orang pinter yang bijaksana. "Anda layak mendapatkannya. Terimalah dengan senang hari, Please!"

Pada saat itu keempat anak buah bigbos tersebut memandang kami bergantian, nggak ngerti sama sekali apa yang sedang terjadi. Nah, lentin, anda paham apa yang terjadi saat itu?

Yang Bermasalah Adalah Diri Sendiri

Lentin, masalah terbesar di dalam hidup ada pada diri sendiri, bukan pada orang lain. Keempat anak buah big bos tersebut tidak tahu bahwa mereka tidak tahu, itu sebabnya mereka sok tahu menuduh bosnya bloon dan boros.

tonypaulo tidak tahu bahwa dia tidak tahu, itu sebabnya dia sok tahu menuduh hai hai segala macam padahal buku SEJARAH mencatat bahwa luas kota Yerusalem masa Daud itu kurang lebih 1 km2 dan mustahil 120 km2.

Lentin, bagaimana dengan anda? Ketika anda menyalahkan orang lain, apakah anda yakin bahwa masalahnya ada di orang lain, bukan di diri anda sendiri?  Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya tidak segera menanggapi anda karena ingin melihat sejauh apa anda menyimpang dan mungkinkah anda menemukan jalan yang benar? Ternyata anda semakin jauh menyimpang.

lentin, baca kembali Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan teliti lalu perhatikan point-point yang saya tulis di bawah ini.

  1. Ada dua Allah
  2. Yang satu nama-Nya Allah
  3. Yang lain nama-Nya Firman
  4. Di dalam Firman ada Terang
  5. Terang itu ada di dalam Gelap
  6. Firman = Dwitunggal Terang di dalam Gelap
  7. Allah adalah Terang
  8. Di dalam Allah tidak ada Gelap

Kenapa di dalam Allah tidak ada Gelap? Karena Allah ada di dalam Gelap.

  1. Lingkaran Kecil adalah Terang.
  2. Lingkaran Besar adalah Gelap.
  3. Terang ada di dalam Gelap artinya lingkaran kecil ada di dalam lingkaran besar.
  4. Di dalam lingkaran kecil tidak ada lingkaran besar karena lingkaran kecil ada di dalam lingkaran besar

Lentin, anda harus PAHAM dulu bahwa persamaan-persamaan tersebut BENAR. Anda harus memahami persamaan-persamaan tersebut TANPA prasangka. Lebih TEPAT lagi, tolong, jangan memahami persamaan-persamaan tersebut dengan PRASANGKA bahwa gelap adalah lawan terang dan gelap tidak bisa ada bersama-sama terang.

Anda harus memahami bahwa itulah PERSAMAAN-PERSAMAAN yang diajarkan oleh Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5.

Setelah and memahami persamaan-persamaan tersebut di atas tanpa prasangka, barulah anda mampu MELIHAT, betapa TOLOLNYA pernyataan berikut ini:

Yg aku mau tekankan sebenernya perbedaan GELAP DAN TERANG sama om hai-hai.

om hai-hai gamblang nya gini, kalo ada terang  maka kegelapan itu SIRNA, HILANG, GAK ADA LAGI.

Lawan kata terang itu gelap. Gelap itu GAK ADA klo terang ada. Ini sederhana sekali om hai-hai. Kenapa hal semudah ini saja sulit dimengerti ?

untuk membantu om memahami Coba om pergi atau bayangkan om pergi ke rumah yang sudah lama tidak ditinggali malam-malam. Dalam rumah itu gelap (om ngerti kan arti kata gelap ?) Bisakah om melihat isi di dalam rumah itu ? TIDAK ! Om membutuhkan cahaya atau terang untuk dapat melihat.
Lalu om cari saklar lampu,dengan meraba-raba dinding, dan om temukan, lalu om nyalakan lampunya, dalam sekejap ruangan itu menjadi TERANG, maka HILANGLAH kegelapan sehingga om dapat melihat seisi rumah itu.

om suka dengan logika IF Then kan, saya buat kan gampangnya :

Jika ada terang maka tidak ada kegelapan
Jika terang muncul maka sirnalah kegelapan
Jika terang datang maka pergilah kegelapan

Lentin, suatu hari ada seseorang mengotbahi anda bahwa Yesus Kristus ketika di dunia tidak berjalan tegak seperti manusia namun Dia MERANGKAK seperti Anak Domba. Bahkan dia juga berkata, bahwa Yesus hobynya NYERUDUK kayak anak domba yang lagi nakal-nakalnya.

Dengan apakah anda menyebut orang tersebut? Karena dia BERPIKIR dengan CARA yang sama ketika Yohanes menyebut Yesus Kristus Anak Domba, seperti anda ketika Yohanes menamai Yesus dengan nama GELAP dan menamai Allah dengan nama TERANG, bukankah anda seharusnya menganggap dia SAMA alkitabiah dan rohaninya dengan Anda? Ha ha ha ha ha ha  ha ........ Kenapa anda sebut dia orang gila?

Lentin, ketika Yohanes menyebut Allah dengan nama TERANG dan Yesus dengan nama GELAP. Anda langsung MENJADIKAN Kedua-Nya adalah TERANG dan GELAP yang kamu lihat setiap hari dan setiap malam. Kenapa orang tersebut tidak boleh  MENJADIKAN Yesus ANAK DOMBA?

Cahaya sekecil apapun tidak ada kegelapan didalamnya, makanya di bilang dan kegelapan tidak menguasainya. Seberapa besar cahaya menguasi sebuah ruangan itu tergantung intesitas cahayanya atau daya pancar suatu sumber cahaya. Nah klo ada tempat gelap yg tidak terkena sebuah sumber cahaya APA tempat itu menjadi terang walaupun sumber cahaya itu ada di tengah tempat gelap itu ?

Lentin, yang sedang kita diskusikan adalah Logos, Dwitunggal Terang didalam Gelap. Bukan terang dan gelap dalam kehidupan kita.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

Karena terang memberi terang

Karena terang memberi terang dalam gelap om hai-hai.

Joh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Tidak mengertikah om hai-hai, maksud perkataan simple seperti itu?

atau om masih hidup dalam kegelapan ya ? sehingga om tidak mengenal Terang ?

1Jn 5:7  Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga: Bapa, Firman dan Roh Kudus; dan ketiganya adalah satu.

I love Jesus

hai hai's picture

@Lentin, Anda benar-benar

Rasul Petrus sangat memahami prilaku manusia-manusia TOLOL, itu sebabnya dia menulis ayat berikut ini:

Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." 2 Petrus 2:22

Orang tolol, walaupun sudah diwanti-wanti untuk tidak berlaku tolol:

Lentin, bagaimana dengan anda? Ketika anda menyalahkan orang lain, apakah anda yakin bahwa masalahnya ada di orang lain, bukan di diri anda sendiri?  Mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, saya tidak segera menanggapi anda karena ingin melihat sejauh apa anda menyimpang dan mungkinkah anda menemukan jalan yang benar? Ternyata anda semakin jauh menyimpang.

Dia kekeh jumekeh berlaku tolol. Ibarat "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya." Itu sebabnya lentin merasa dirinya ROHANI dan penuh KASIH ketika menulis:

Tidak mengertikah om hai-hai, maksud perkataan simple seperti itu?

atau om masih hidup dalam kegelapan ya ? sehingga om tidak mengenal Terang ?

Lentin, saya memang ada di dalam kegelapan, itu sebabnya bisa melihat jauh lebih jelas dibandingkan dengan anda yang ada di dalam terang. Orang-orang tolol seperti anda walaupun patut dikasihani namun benar-benar menyebalkan. Walaupun menyebalkan namun HARUS dikasihani. 

Karena terang memberi terang dalam gelap om hai-hai.

lentin yang TOLOL. Ketika anda mengucapkan kalimat anda tersebut di atas, anda sedang berbicara tentang CAHAYA dan Gelap. Keduanya adalah CIPTAAN.

Joh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Ketika Yohanes menulis Yohanes 1:5 dia sedang berbicara tentang Dwitunggal Pencipta yang namanya Firman atau Logos. Walaupun menggunakan kata TERANG dan KEGELAPAN, namun dia sama sekalit TIDAK berbicara tentang TERANG (CAHAYA) dan GELAP yang anda bicarakan, yagn ciptaan.

Orang-orang seperti anda memang benar-benar TOLOL. Itu sebabnya walaupun sudah diingatkan TETAP saja kekeh jumekeh berlaku TOLOL.

Orang-orang seperti anda dengan tololnya meyakini karena Yohanes menyebutnya Terang, maka anda langsung MENGANGGAP Dia TERANG atau CAHAYA.

Dan orang-orang TOLOL seperti anda pun dengan TOLOLNYA menolak bahwa KEGELAPAN yang di mana Terang (Allah berada) itu bukan Allah namun suatu KONDISI yang tidak berkenan kepada Allah.

Orang-orang TOLOL seperti anda yang meyakini karena disebut TERANG maka Allah menjadi TERANG seharusnya meyakini juga bahwa Yesus Kristus karena disebut DOMBA Allah seharusnya menjadi DOMBA. Berbulu domba dan berkaki empat serta bertanduk.

Orang-orang TOLOL seperti anda pasti akan bilang, Yesus disebut Domba Allah, itu KIASAN.

hai TOLOL, bila Yesus disebut Domba Allah = KIASAN, kanapa anda berlaku TOLOL meyakini Allah disebut Terang = KIASAN namun Allah menjadi TERANG?

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lentin's picture

om hai-hai PENDUSTA YANG TOLOL CC :@ADMIN

om hai-hai : Lentin, saya memang ada di dalam kegelapan, itu sebabnya bisa melihat jauh lebih jelas dibandingkan dengan anda yang ada di dalam terang.

BAGUS OM HAI-HAI NGAKU !

om hai-hai sejak kapan om hai-hai di pakai SETAN ? om sendiri yang mengakui hal itu. Om hidup dalam kegelapan kan ? makanya om berdusta dan tidak melakukan kebenaran.

BACA OM HAI-HAI baik2 ayat2 ini.

1Jn 1:4  Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.
1Jn 1:5  Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
1Jn 1:6  Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.
1Jn 1:7  Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa.

OM HAI-HAI PENIPU ! Saya gak seperti kebanyakan orang2 disini yang bisa ditipu sama KETOLOLAN om hai-hai. Bertobatlah hai-hai!

Admin SS, kenapa tulisan2 sampah seperti tulisan hai-hai ini tidak di hapus! Apakah anda juga tidak mengerti kebenaran ???? Apakah anda tidak mengenal FIRMAN TUHAN juga ???

Admin SS, anda kira anda tidak akan bertanggung jawab juga krn penyesatan dan penghujatan yang dilakukan om hai-hai ini. Anda tidak berbuat apa2, malah membiarkan om hai-hai-orang yang dipakai setan ini menyebarkan ajarannya.

Anda membawa-bawa nama Kristen tapi anda tidak dapat mempertanggung jawabkannya.

ADMIN ANDA JUGA AKAN IKUT BERTANGGUNG JAWAB ATAS KETOLOLAN DAN KEJAHATAN HAI-HAI!

Selamat tinggal !

Samuel Franklyn's picture

Lentin: Haleluya, haleluya, haleluya

Selamat tinggal !

Haleluya, haleluya, haleluya. Saya senang sekali anda mau meninggalkan SabdaSpace ini, lentin. Puji Tuhan.

Kiem's picture

@ Lentin, jangan emosi dulu dong, lihat policy, ada pelanggaran?

Salam Damai Sejahtera Lentin

Nampaknya anda emosional menulis komentar anda.

Kalau anda berniat tulus untuk melayani Tuhan masuk di SS ini, tentunya, anda tidak perlu berdebat berlarut-larut untuk meluruskan ajaran orang lain yang anda anggap sesat.

Menurut saya, cukup dengan melakukan teguran dengan menunjukkan kebenaran (ayat Firman Tuhan).

Selebihnya adalah urusan yang bersangkutan kepada Tuhan.

Soal tanggungjawab Admin,
Menurut saya,ADMIN hanya menimbang dan mengadili berdasarkan POLICY yang SUDAH tertulis.

Kalau belum ada di POLICY, itulah yang perlu kita usulkan, melalui Blog Usulan Policy baru, silahkan, mungkin Admin akan mempersilahkannya.
Atau melalui KOPDAR, nanti dibahas di Kopdar.

Apakah anda sudah memeriksa Policy.

Saya sarankan, anda jangan langsung menyerah,

anda jangan terima siap.

Mari, ikut membenahi SS ini, beri masukan.

Pertimbangkan lagi kata-kata "Selamat Tinggal" anda

Tuhan Yesus memberkati

M23's picture

Lentin: terima kasih

HUAHAHAHAHAHAHA..... aduh Lentin... HUAHAHAHAHAHA... anda bener-2......HUAHAHAHAHA....

bye-bye Lentin.

 

Tuhan aku percaya; tolonglah aku yang tidak percaya ini.

Purnawan Kristanto's picture

Bye Lentin

Selamat jalan Lentin, Bye...bye...Sayonara..Aufwidersehen..Adios...Sugeng tindak. Sowang-sowangan. Mugi rayahu ingkang sami pinanggih.

All About Writings

__________________

------------

Communicating good news in good ways

PlainBread's picture

Salibkan Hai-Hai

Untuk apa lagi kita mencari saksi-saksi? Dari mulutnya sendiri kita mendengar dia menyesatkan banyak orang dan menghujat Allah!

Setelah berminggu2 mencari kesalahannya, akhirnya dapat juga! Salibkan hai-hai!

Mari kita menyanyi lagu kebanggaan bapa bangsa kita:

"Shalom Alekhim, Shalom Alekhim ...!"

Salibkan haihai!

One man's rebel is another man's freedom fighter

Vantillian's picture

Biasanya ada tiga pilihan...

Ketika seseorang mengucapkan Selamat tinggal kepada SS,  ada tiga pilihan yang biasanya diambil :

1. Menjilat ludah sendiri dan kembali beraksi di SS seperti yang dilakukan Sang Superman

2. Benar-benar keluar dari SS dan go to hell SS..

3. Menjadi roh gentayangan memasuki SS dengan user yang baru. ( bahkan yang sudah dibanned seperti resividis Dede Wijaya).

Jadi, lentin..Mungkin di tempat lain anda lebih bisa menjalankan tugas penasehat rohani bagi orang Kristen. Disini terlalu keras bagi anda. Disini terlalu najis dan gelap bagi anda. Selamat bertugas. Goodbye...

 

hai hai's picture

@lentin, Skotia Bukan Skotos

Selamat tinggal !

lentin, "Selamat Jalan! Jangan lupa bawa oleh-oleh pulangnya ya!"

ADMIN ANDA JUGA AKAN IKUT BERTANGGUNG JAWAB ATAS KETOLOLAN DAN KEJAHATAN HAI-HAI!

OM HAI-HAI PENIPU ! Saya gak seperti kebanyakan orang2 disini yang bisa ditipu sama KETOLOLAN om hai-hai. Bertobatlah hai-hai!

hai lentin, wanita tidak BERCINTAKASIH anda egois dan maunya enak sendiri. Mana enak sich sendiri?

Anda sudah tahu hai hai TOLOL, masak ditinggal? Ajarin dong yang SABAR!

Anda sudah tahu hai hai JAHAT, masak ditinggal untuk menjahati semua blogger SABDA Space? Jagain dong biar hai hai nggak berbuat jahat.

Anda sudah tahu hai hai PENIPU, masak ditinggal untuk untuk MENIPU semua blogger SABDA Space? Bongkar dong semua tipuannya biar TERANG benderang.

Anda sudah tahu anda tidak seperti kebanyakan orang2 disini, masak "Selamat tinggal!" ? Lha Lha nanti yang di sini kebanyakan seperti semua?

Lentin, Anda yang "Selamat tinggal!" kok Admin yang disuruh BERTANGGUNG JAWAB"?

 

om hai-hai : Lentin, saya memang ada di dalam kegelapan, itu sebabnya bisa melihat jauh lebih jelas dibandingkan dengan anda yang ada di dalam terang.

BAGUS OM HAI-HAI NGAKU !

om hai-hai sejak kapan om hai-hai di pakai SETAN ? om sendiri yang mengakui hal itu. Om hidup dalam kegelapan kan ? makanya om berdusta dan tidak melakukan kebenaran.

Wah, lentin, terus terang saya tidak pernah dipakai oleh SETAN. Yang sering memakai saya SEBUN, bukan SETAN, itu sebabnya, namanya .....  Bun. Dulu, waktu masih muda pernah pacaran sekali sama SETAN, walaupun cantik dan baik namun dia maunya cepet-cepet nikah sementara saya masih kuliah dan blom mikir untuk nikah sama sekali. Akhirnya kami putus baik-baik. Nampaknya dialah satu-satunya SETAN yang pernah pakai saya. Walau hanya cium dan peluk saja, termasuk PAKAI kan?

Saya hidup dalam Gelap, namun Gelap itu mengaku Dia juga hidup di dalam saya.

bingungkan? Ha ha ha ha ha ha .....

Lentin, bukankah saya bilang, kamu, di SABDA Space,

"Tiada DUSTA di antara kita?"

Nah, lentin, moga-moga kamu masih bisa DISELAMATKAN sebelum TINGGAL.

1Jn 1:5  Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.
1Jn 1:6  Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

lentin, KEGELAPAN di dalam 1 Yohanes 1:5 bukan KEGELAPAN di 1 Yohanes 1:6.

KEGELAPAN di dalam 1 Yohanes 1:5 = SKOTIA = GELAP

Ketika kamu bilang, "Au ah, Gelap!" itulah SKOTIA.

KEGELAPAN di 1 Yohanes 1:6 = SKOTOS = KEJAHATAN

SKOTIA bukan SKOTOS

Selamat Tinggal!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

@hai, masih ingat bacang ?

hai....masih ingat bacang, beras, nasi, tongseng?

kok anda tidak bertanggung jawab dengan apa yang anda tulis sendiri

mari silahkan dibereskan dulu yang dibawah ini

 

----------------------------------------------------------------------------------------------

Sekalipun engkau menumbuk orang bodoh dalam lesung, dengan alu bersama-sama gandum, kebodohannya  tidak akan lenyap dari padanya. Amsal 27:22

terima kasih buat Firmannya hai

namun apa hubungannya blender dengan tema dan ayat itu?

ayat itupun  berlaku untuk anda "dik" hai

oh iya jawab saja dengan logis, bukan mengancam sana sini

 

-------------------------------------------------------------------------------------------------------

tonypaulo, mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, anda terlalu tolol untuk diskusi masalah ini. Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

yah kalau mau menghindar silahkan saja

tapi saya juga punya hal untuk membongkar "fallacy" anda "dik" hai

mari tunjukan anda lebih pintar dari saya (kalo bisa?)

mungkin bisa jadi "dik" hai yang harus banyak belajar lagi yah

 


Bila tonypaulo sudah memberi tanggapan dgn sangat baik itu berarti tidak perlu ditanggapi lagi. Bila saya tanggapi lagi nanti keliatan TOLOLNYA. Bila keliatan tololnya maka itu berarti orang yang memuji "TonyPaulo memberi tanggapan dgn sangat baik" akan keliatan JUGA.

Ha ha ha ha ha ha ... lentin, anda bilang tanggapannya sangat baik. Karena tanggapannya sangat baik, itu berarti anda pasti memahaminya dengan baik dong? Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

  • mengurai entitas eksistensial makna alegoris
  • suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris
  • entitas esensi-nya
  • imaterial Allah
  • acak konkrit
  • abstrak dan sekuen
  • prefensi kecenderungan berpikir
  • quantum learning
  • prefensi pola pikir


"dik" hai usia anda sudah diatas kepala empat, saya jauh lebih muda daripada anda karena itu saya kurungi kata dik kepada anda hai

bukan berarti tidak respek, melainkan itu merupakan simbolisasi saya sebagai yang lebih mudah untuk menuntut dari diri anda suatu kewibawaan sesuai dengan usia anda

namun apa yang saya dapat hai?

anda ignorance, anda bertahan, anda menyerang, anda mencabik, itu sikap2 anak remaja hai, anggaplah saya yang walaupun lebih mudah dari anda, karena memang saya belajar Psikologi, memberikan suatu refleksi bagamana anda sewajarnya bersikap sesuai dengan usia anda

dan lebih ironis ketika anda mengatakan kepada orang lain

 

Atau, lentin, anda sengaja mau meminjam tangan saya untuk menunjukkan KETOLOLAN si tonypaulo? Nakal kamu ya! Memuji-muji si tonypaulo setinggi langit supaya saya cemburu ya? he he he he he ...

Bisa tolong jelaskan kepada saya nggak arti frasa-frasa berikut ini, karena si tua bodoh ini nggak NGARTRI sama sekali, please?!

dengan

Maaf ya, saya tidak mau buang waktu melayani orang tolol seperti anda. Belajar dulu yang rajin ya, tolol?!

itu suatu paradoksial

bagaimana mungkin anda menyuruh saya belajar, sedang pemahaman atas terminologi umum dalam diskusi tingkat lanjut anda tidak kuasai dengan baik?

kalaupun anda tidak mengerti terminologi, mari dengan rendah hati tanyakan kepada saya, saya akan menjelaskan kepada anda dengan senang hati apa sebenarnya maksudnya

bukan karena tidak ada bahasa yang mudah, saya berangkat dari kesenangan saya tehadap pemahaman yang abstrak, bagi pemahaman yang abstraks setiap terminologi mengandung suatu konotasi tersendiri dan lebih presisi

janganlah malu untuk belajar suatu yang baru, itu jebakan rasa puas diri yang berlebihan

 

dan mari sekali lagi bahas apa yang saya sampaikan, sebisa anda saja hai

sebisa anda saja (saya juga maklum kok )

terutama analogi bacang yang absurd itu dan merupakan salah satu "master pieces" anda hasil kontemplasi anda dua hari dua malam

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sammy Mandela, untuk menjawab pertanyaan anda saya copy paste komentar saya kepada lentin. di bawah ini:

Allah Adalah Terang dan Yesus adalah Gelap

Yoh 1:1  Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Pada mulanya adalah BACANG. BACANG itu bersama-sama dengan DAGING dan BACANG itu adalah DAGING.

saya tidak tahu analogi absurd apa yang anda coba terangkan hai, apakah anda hanya "me-replace"

Firman menjadi BACANG, dan Allah menjadi DAGING ?

atau coba mengurai entitas eksistensial makna alegoris itu?

pertama prinsip ALLAH yang transenden itu anda habisi hakekatnya dengan mendegrasi suatu analogi yang tidak dapat merepresentasikan Firman dan Allah

bacang ya bacang, daging ya daging

FIRMAN adalah ALLAH

sedang

Bacang adalah Daging? itu terlalu memaksakan, anda boleh tanya ke tukang pembuat baca ; apakah bacang adalah daging

paling dia senyum-senyum kecil mendengar pertanyaan anda itu

dan tidak perlu saya jelaskan arti senyum kecil itu kepada "dik" hai yah

 

Di dalam BACANG ada TONGSENG dan TONGSENG itu adalah DAGING TUMIS

Yoh 1:4  Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia.

analogi absurd yang lainnya

berarti anda tidak sekedar mereplace anda mencoba untuk mengurai entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut

dimana suatu konstruksi simetris dari uraian entitas eksistensial makna alegoris ayat tersebut?


 

Yoh 1:5  Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

DAGING TUMIS itu BERWANGI di dalam BERAS dan BERAS itu tidak menguasainya.

analogi yang absurd lagi hai

anda tidak bisa memberikan entitas esensi-nya sama sekali, justru anda memperangkap imaterial Allah menjadi wujud wajib dalam bentuk makanan

inilah akibat pola pikira anda yang terlalu acak konkrit ini mencoba memberikan penjelasan secara abstrak dan sekuen, padahal itu bukan prefensi kecenderungan berpikir anda hai

(kalau tidak paham apa yang saya sampaikan, bisa mulai dengan quantum learning mengenai prefensi pola pikir seseorang)

 

Lentin yang mulia, apakah BACANG itu?

  1. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING
  2. BACANG adalah dwitunggal BERAS dan TONGSENG
  3. Bacang adalah dwitunggal BERAS dan DAGING TUMIS
  4. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING
  5. BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG
  6. BACANG adalah dwitunggal NASI dan DAGING TUMIS

 

loh kok 6 esensi menjelaskan 3 esensi?

analogi anda tentang bacang, absurd sekali hai (anda mengunakan nalar apa mengkonstruks pemahaman anda hai?

ada berapa dwitunggal yang kontradiktif

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

kemudian anda katakan

BACANG adalah dwitunggal NASI dan TONGSENG

saya baru dengan ada beras (belum jadi nasi} digabung dengan daging (belum jadi tongseng) bisa dikatakan bacang

mungin ini bacang versi suka-sukanya hai yah?

kok tambah tidak karuan dalam memberikan pehamaman?

 

Apakah FIRMAN itu?

  1. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan HIDUP
  2. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG MANUSIA
  3. FIRMAN adalah dwitunggal GELAP dan TERANG

 

hai mana referensi ayatnya yang mengatakan Firman itu Dwitunggal gelap dan hidup?

oh barangkali ini pemahaman versi suka-sukanya hai

Rev 1:8  "Aku adalah Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa."

kok bertentangan dengan Firman Tuhan ?

 

Bila anda memahami BACANG saya MUSTAHIL anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT apalagi Iblis. Sebab bila anda memahami KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 adalah SI JAHAT atau IBLIS itu berarti:

FIRMAN adalah dwitunggal TERANG dan GELAP alias SI JAHAT atau Iblis

Apa yang terjadi ketika BACANG direbus? Berasnya berubah menjadi NASI. Bagaimana dengan tongseng atau daging tumisnya? Dia berubah menjadi ISI bacang.

hai anda bicara analogo bacang saja sudah berantakan hai, apalagi bicara tentang Firman

benahi dulu pemahaman anda yang berantakan ini hai

kalau Nasi yang sudah berubah dari Beras yang dimasak

apa masih bisa dikatakan beras lagi hai?

anak kecil saja bisa membedakan yang mana beras yang mana nasi

kok anda masih "kebingungan" sendiri

BACANG adalah dwitunggal BERAS dan DAGING

bacang tidak pernah ada yang adalah percampuran antara beras (mentah) dan daging (tak jelas mentah atau tidak)

sebelum jauh bicara Firman itu apa, "dik" hai mari selesaikan dulu kekacauan analogi yang anda buat yah "dik"

 

Apa yang terjadi ketika FIRMAN alias LOGOS menjadi manusia

  1. GELAP berubah menjadi YESUS
  2. TERANG berubah menjadi Roh Kudus

Ketika Gelap bertemu dengan Terang saat Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis dan Roh Kudus turun dan tinggal di atas-Nya. Sejak itulah Yesus juga disebut Yesus Kristus yang artinya Juruselamat Yang Diurapi.

Gelap berubah jadi Yesus?

Mat 1:18  Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

hai anda jangan menambah-nambahi sesuatu yang tidak ada tertulis, sedang yang tertulis jelas saja anda masih terkadang salah dalam memahaminya

Yesus dikandung oleh Roh Kudus, ketika IA dibaptiskan bukan berarti ada Roh Kudus turun ke atas-Nya

perhatikan dengan baik

Mat 3:16  Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,
Mat 3:17  lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan:
"Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

(KJV+)  AndG2532 Jesus,G2424 when he was baptized,G907 went upG305 straightwayG2117 out ofG575 theG3588 water:G5204 and,G2532 lo,G2400 theG3588 heavensG3772 were openedG455 unto him,G846 andG2532 he sawG1492 theG3588 SpiritG4151 of GodG2316 descendingG2597 likeG5616 a dove,G4058 andG2532 lightingG2064 uponG1909 him:G846

apa karena ada kata lighting upon him atau turun ke atas-Nya

silahkan baca salah satu commentaries dari e-sword hai

John, saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him: for this is what was promised to John, as a sign, which should confirm his faith in Jesus, as the true Messiah, and which he himself says he saw, and upon which he based the record and testimony he bore to Christ, as the Son of God; see Joh_1:32 not but that the descent of the Holy Ghost in this manner might be seen by Christ, as well as John, according to Mar_1:10. The Spirit of God, here said to descend and light on Christ, is the same, which in the first creation moved upon the face of the waters; and now comes down on Christ, just as he was coming up out of the waters of Jordan, where he had been baptized; and which the Jews (r) so often call ????? ??? ?? ???, "the Spirit of the king Messiah, and the spirit of the Messiah". The descent of him was in a "bodily shape", as Luke says in Luk_3:22 either in the shape of a dove, which is a very fit emblem of the Spirit of God who descended, and the fruits thereof, such as simplicity, meekness, love, &c. and also of the dove-like innocence, humility, and affection of Christ, on whom he lighted; or it was in some other visible form, not expressed, which pretty much resembled the hovering and lighting of a dove upon anything: for it does not necessarily follow from any of the accounts the Evangelists give of this matter, that the holy Spirit assumed, or appeared in, the form of a dove; only that his visible descent and lighting on Christ was ωσει περιστερα, as a dove descends, hovers and lights; which does not necessarily design the form of the creature, but the manner of its motion. However, who can read this account without thinking of Noah's dove, which brought in its mouth the olive leaf, a token of peace and reconciliation, when the waters were abated from off the earth? Give me leave to transcribe a passage I have met with in the book of Zohar (s);

"a door shall be opened, and out of it shall come forth the dove which Noah sent out in the days of the flood, as it is written, "and he sent forth the dove", that famous dove; but the ancients speak not of it, for they knew not what it was, only from whence it came, and did its message; as it is written, "it returned not again unto him any more": no man knows whither it went, but it returned to its place, and was hid within this door; and it shall take a crown in its mouth, and put it upon the head of the king Messiah.''

And a little after, the dove is said to abide upon his head, and he to receive glory from it. Whether this is the remains of some ancient tradition, these men studiously conceal, concerning the opening of the heavens, and the descent of the Spirit of God, as a dove, upon the Messiah; or whether it is hammered out of the evangelic history, let the reader judge.

(r) Bereshit Rabba, fol. 2. 4. & 6. 3. Vajikra Rabba, fol. 156. 4. Zohar in Gen. fol. 107. 3. & 128. 3. Baal Hatturim in Gen. i. 2. Caphtor Uperah, fol. 113. 2. (s) In Num. fol. 68. 3, 4.

Lentin, andai kata BACANG mentah saya tidak direbus namun saya PISAHKAN. Berasnya saya TANAK sampai matang maka berubah menjadi NASI. Di atas NASI itu lalu saya tuangkan TONGSENG atau DAGING TUMIS. Apakah dwitunggal NASI dan TONGSENG saya bisa disebut BACANG? TIDAK! Dwitunggal NASI dan TONGSENG saya namanya NASI CAMPUR atau NASI TONGSENG atau NASI DAGING TUMIS.

Apa perbedaan BACANG dan NASI TONGSENG saya?

  1. Tongseng DI DALAM beras namany BACANG
  2. Tongseng DI DALAM nasi namany BACANG
  3. Tongseng DI ATAS Nasi namanya NASI TONGSENG

 

hanya orang yang aneh hai mengatakan Tongseng DI DALAM beras namanya BACANG

kok semakin tidak jelas ?

 

Apa perbedaan FIRMAN dan YESUS KRISTUS?

  1. Terang DI DALAM Gelap nama-Nya FIRMAN
  2. Terang DI ATAS Gelap nama-Nya Yesus Kristus
  3. Roh Kudus DI ATAS Yesus nama-Nya Yesus Kristus

lentin, bila anda paham apa yang saya tulis di atas maka anda MUSTAHIL mendapat kesulitan untuk memahami ayat yang anda kutip ini:

1 Yohanes 1:5 Dan inilah berita, yang telah kami dengar dari Dia, dan yang kami sampaikan kepada kamu: Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan.

sama sekali tidak ada kegelapan itu artinya adalah ;

dari semula hingga selamanya tidak ada kegelapan sama sekali

yang tidak mengerti itu anda sendiri "dik" hai

orang yang memiliki penalaran yang jernih cukup bisa mengerti ayat itu

atau anda mau voting untuk menentukan hal ini?

anda berani hai?

 

Allah adalah Terang VS Daging adalah Tongseng

Di dalam Allah Alias Terang sama sekali tidak ada GELAP VS Di dalam Daging alias Tongseng tidak ada NASI.

 

Kebenaran yang tidak KONSISTEN bukan kebenaran sejati.

lentin, Kitab Yohanes dan Surat Yohanes dengan kitab Wahyu, ketiganya ditulis oleh rasul yang sama yaitu rasul Yohanes. Anda bisa melihat BETAPA konsistennya rasul Yohanes dengan ajarannya.

tongseng, nasi, daging apa hubungannya hai?

analogi anda sudah absurd dari awalnya

Allah yah Allah, mana bisa dianalogikan sembarangan sebagai tongseng,

Allah bukan sekedar objek

sedang tongseng jelas sebagai objek mati yang tidak bisa berbuat apa2

daging berproses menjadi tongseng

sedang Allah itu tidak perlu proses untuk menjadi Terang

karena Allah itu dari semula hingga selamanya itu terang

Rev 22:5  Dan malam tidak akan ada lagi di sana, dan mereka tidak memerlukan cahaya lampu dan cahaya matahari, sebab Tuhan Allah akan menerangi mereka, dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya.

 

Saya tahu, belum pernah ada yang mengajari anda cara memahami Yohanes 1:1-5 dan 1 Yohanes 1:5 dengan cara begini. Saya juga tahu belum pernah ada teolog yang mengajarkan bahwa KEGELAPAN di dalam Yohanes 1:5 dan 1 Yohanes 1:5 BUKAN si jahat apalagi Iblis namun YESUS.

mungkin "dik" hai yang belum pernah diajari cara memahami kebenaran Firman secara kontekstual dan proposional

memang teolog itu tidak seperti anda, mereka jauh sangat baik dalam memberikan pemahaman

kalau anda bersedia hai, saya bisa bantu anda untuk memahami dari awal lagi secara benar dan baik menurut pemahaman yang sehat dan sejati berdasarkan kebenaran Firman TTuhan


Saya juga belum pernah menggunakan BACANG untuk menjelaskan tentang LOGOS menjadi MANUSIA. Saya baru menemukannya tadi setelah berpikir dua hari dua malam, bagaimana caranya menjelaskan kepada kamu tentang hal itu karena kamu tidak memahaminya setelah membaca blog saya tentang hal itu.

anda berpikir dua hari dua malam, hasilnya dalam beberapa menit sudah bisa saya bongkar fallacy-nya?

mau anda berpikir dua puluh tahun kalau pikiran anda tidak anda mau tundukan kepada kebenaran Firman, sia-sia "dik" hai

dan masa sih dua hari hanya bisa buat analogi bacang, yang tak jelas itu?

 

Anda boleh tidak sepakat dengan saya namun tolong jangan terlalu cepat menarik kesimpulan dulu. Tolong pikirkan dengan seksama dan hati-hati serta telaten apa yang saya tulis ini. Bila anda tidak sepakat dengan saya hanya karena tidak memahami apa yang saya tulis, benar-benar harus disayangkan. Namun bila anda tidak sepakat karena memiliki pemahaman lain, saya akan menghormati anda walaupun tidak sepakat dengan anda.

Bapa Segala Terang

Yakobus 1:17  Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran.

Sammy Mandela, Segala Terang itu siapa? Segala Terang itu adalah Dua Penerang yang menerangi dunia. Yang Satu besar, yang satu lebih kecil. Kedua-Nya diciptakan pada hari pertama dan dipisahkan wewenang-Nya pada hari keempat.

Yohanes memberi nama baru kepada kedua terang itu. Terang yang lebih besar itu dinamai-Nya Theos (Allah). Terang yang lebih kecil itu dinama-Nya Logos (Firman). Terang yang lebih kecil itu, Logos lalu menjadi manusia.

sejak kapan perlu ada dua penerang hai?

apa ini analogi matahari yang menguasai siang dan bulan yang menguasai malam?

matahari adalah penerang yang besar dan bulan adalah penerang yang kecil?

kalau ini bicara tentang theos dan logos

silahkan dibaca dari penjelasan pada link ini

http://www.sarapanpagi.org/theos-allah-studi-kata-bahasa-yunani-vt9.html

 

 

Samudera adalah Bapa-Nya Yesus Kristus

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

Bumi belum berbentuk dan kosong;  gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Kejadian 1:2

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Allah menciptakan langit dan bumi dalam enam hari. Hari pertama Allah menciptakan Terang. Itu berarti Kejadian 1:2 adalah KONDISI yang ada sebelum PEKERJAAN penciptaan di mulai.

hai perhatikan lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.

berarti

kondisi yang ada sebelum proses penciptaan selanjutnya adalah

langit dan bumi sudah diciptakan

 

Bumi belum berbentuk.

anda sama seperti kebanyak orang Kristen lainnya, memahami belum berbentuk sebagai bentuknya masih acak-acakan. Acak-acakan memang bukan bulat, bukan lonjong, bukan bujur sangkar, bukan segitiga, namun acak-acakan adalah BENTUKNYA acak-acakan.

Rumah ada berbentuk. Sebelum berbentuk BELUM ada yang disebut rumah. Bumi belum berbentuk sebelum berbentuk tidak ada yang disebut bumi.

kembali kepada

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

bukan anda yang menentukan yang disebut bumi itu belum bisa disebut bumi "jika" belum berbentuk

artinya apa "dik" hai

belum berbentuk itu, masih ada proses lanjutan untuk tumbuhan mengakar, untuh hewan dan ikan memiliki ekosistem, dan untuk manusia

belum berbentuknya bukan buat TUHAN

belum berbentuknya memiliki arti belum dapat dimukimi mahluk hidup

 

KOSONG. Anda juga sama seperti kebanyakan orang Kristen yang memahami kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 seperti anda memahami sebuah rumah KOSONG atau sebuah kaleng KOSONG. Rumah dan kaleng KOSONG adalah rumah dan kaleng yang TIDAK ada isinya.

Kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 sama sekali berbeda dengan kata KOSONG dalam rumah KOSONG atau kaleng KOSONG. Saya akan mengutip tiga ayat Alkitab agar anda mudah memahami hal itu.

Dan mereka membawa dia dan melemparkan dia ke dalam sumur. Sumur itu kosong, tidak berair. Kejadian 37:24

Lalu berkatalah Elisa: "Pergilah, mintalah bejana-bejana dari luar, dari pada segala tetanggamu, bejana-bejana kosong, tetapi jangan terlalu sedikit. 2 Raja-raja 4:3

TUHAN akan menyingkirkan manusia jauh-jauh, sehingga hampir seluruh negeri menjadi kosong. Yesaya 6:12

Di dalam Kejadian 37:14 dan 2 Raja-raja 4:3, kata KOSONG diterjemahkan dari kata Ibrani REYQ yang artinya kosong sementara kata KOSONG di dalam Yesaya 6:12 diterjemahkan dari kata Ibrani AZUWBAH yang artinya TIDAK DIHUNI. Sementara kata KOSONG di dalam Kejadian 1:2 diterjemahkan dari kata BOHUW yang artinya NIHIL atau NULL alias TIDAK ADA.

Penggunaan kata BELUM BERBENTUK (TOHUW) dan KOSONG (NIHIL - BOHUW) adalah JAMINAN untuk menyatakan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu.

kebanyakan orang Kristen memahami dengan benar "dik" hai, kalau anda melabeli diri sebagai "kedikitan orang Kristen" itu tidak lazim

H922
?????
bo?hu?
bo'-hoo
From an unused root (meaning to be empty); a vacuity, that is, (superficially) an undistinguishable ruin: -
emptiness, void.

baca lagi

Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Kejadian 1:1

lalu mengapa dicatat pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi,kalau bumi pada saat itu belum ada?

 

Kenapa pernyataan BUMI Absolutely TIDAK ADA saat itu DEMIKIAN penting? Karena Allah hendak menyatakan bahwa pada saat itu ADA:

gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA. Karena Absolutely TIDAK ADA APA-APA itu berarti gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air BUKAN ciptaan. Bila BUKAN ciptaan lalu APA? Sebelum ada ciptaan yang ada adalah PENCIPTA.

GELAP, Samudera dan Roh Allah = Pencipta

anda mau menjelaskan apa sih "dik" hai kok muter2 ha jelas gini ?

apa lagi arti dari Sebelum Allah menciptakan Absolutely TIDAK ADA APA-APA.?

masa sih Gelap, samudra itu pencipta hai?

pahami hal yang sangat sederhana

Gen 1:9  Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian.
Gen 1:10 
Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

masih belum mengerti kenapa dibilang samudra hai?

karena waktu itu belum ada daratan

perhatikan koneksitasnya

Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

masih belum jelas juga yah "dik" hai?

kalau belum ada daratan, semuanya masih samudra raya (air semua) kan tidak mungkin dikatakan diatas permukaan tanah (daratan)

 

Disebut Tri karena ketiga-Nya menyatakan diri-Nya berbeda. Disebut Tunggal kerena ketiga-Nya ada dalam satu kesatuan. Itulah Allah Tritunggal yaitu Gelap, Samudera dan Roh Allah.

Berfirmanlah Allah: "Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering." Dan jadilah demikian. Kejadian 1:9

Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik. Kejadian 1:10

Yang di Kejadian 1:2 adalah SAMUDERA yang diterjemahkan dari kata Ibrani TAHOWM sementara yang di dalam Kejadian 1:10 adalah LAUT yang diterjemahkan dari kata Ibrani YAM.

Samudera SUDAH ada sebelum BUMI dicipta bahkan sebelum Allah mulai MENCIPTA. Laut baru ada setelah Allah mencipta, pada hari ketiga. Samudera BUKAN ciptaan sementara LAUT adalah ciptaan Allah.

wuah tiba-tiba anda bisa mengerti koneksitasnya

tapi keluar konteks lagi tuh "dik' hai

Gen 1:1  Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Gen 1:2  Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang
di atas permukaan air.

baca lagi hai yang baik

bumi yang belum berbentuk itu adalah samudera raya

jadi bukan artinya samudera raya itu pencipta hai?

baik secara literatif maupun figuratif

jelas bukan yah "dik" hai

bedakan samudera raya dengan samudera hindia, atau samudera pasifik yah hai

 

Di dalam kehidupan sehari-hari memang BANYAK laut yang diciptakan Allah pada hari ketiga yang disebut SAMUDERA. Namun samudera-samudera itu BUKAN SAMUDERA yang tercatat di dalam Kejadian 1:2.

ada benarnya hai, anda bisa membedakan, namun yang jelas samudera raya itu adalah keadaan bumi pada waktu itu

bukan sang pencipta

tidak pernah ada satu ajaran manapun didunia ini (baik yang non Kristen), mengajarkan bahwa samudera raya itu sang pencipta, baru hai saja yang menyatakan demikian

jika anda sharing dengan orang-orang yang bukan Kristen, pernah membayangkan tidak reaksi mereka apa hai?

belum yah

coba dibayangkan saja hai

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

kalau anda tetap menghindar untuk membahasnya hai

ini merupakan verifikasi bahwa apa yang anda sampaikan ini tak bisa dan tidak sanggup anda pertanggung jawabkan

yang memang absurd adanya

mungkin anda bisa berkontemplasi 2-3 hari ini untuk menjawab hai

take your time hai.....

 -----------------------------------------------------------------------------------------------------

atau anda mau meralat blogs ini hai?

silahkan benahi absurditas  pemahaman anda ini

 

mana hasil kontemplasi dua hari dua malam yang menghasilkan bacang hai?

jika perlu waktu dua bulan buat anda menjawab, saya akan sabar menunggu hai

asal jawabnya logis bukan asburd selalu yah "dik" hai

----------------------------------------------------------------------------------------------

katanya bacang itu hasil kontemplasi anda dua hari hai

kok ketika diklarifikasikan tidak bisa menjawab ?

atau anda butuh waktu lagi untuk buat analogi lain?

tapi nampaknya anda sempat membahas apa yang disampaikan @Lentin?

sedang apa yang saya klarifikasikan ini, nampaknya anda hindari ?

 

GBU

 

bintang seven's picture

siapakah kristus?

dalam filipi pasal 1-4 paulus menyebut berulang2 ttg Kristus yg tidak disertai dg Yesus....hal2 ini adalah utk mengerti istilah2 dan membuat persamaan yg membuat kita mengerti pribadi siapa yg dimaksud penulis2 alkitab:

efesus 1:3 Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus  telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga.

efesus 1:19-20 dan betapa hebat kuasa-Nya  bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan   kuasa-Nya,    yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati  dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya  di sorga

klo hai2 mengajarkan Kristus=Roh Allah, dan menyebutkan bahwa Yesus Kristus adalah dwitunggal Yesus dan Roh Allah = Anak domba Allah yg menghapus dosa dunia atau Yesus Kristus adalah Anak Tunggal bapa yg duduk disebelah kanannya....lalu bagaimana menjelaskan ayat ini:

efesus 2:13 Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu   "jauh", sudah menjadi "dekat  " oleh darah Kristus.

jika Kristus adalah Roh Allah mungkinkah ia berdarah?

akupun tidak berhenti mengucap syukur karena kamu.   Dan aku selalu mengingat kamu dalam doaku  ,  dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa   yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat   dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar

benarkah ini doa paulus kepada Allah Bapa? utk menyebut Allah Bapa paulus menggunakan istilah yg bersambung2 yaitu Allah Tuhan Kita Yesus Kristus yaitu bapa.......lalu disambung utk meminta roh Hikmat dan wahyu? mengapa perlu roh hikmat dan wahyu utk MengenalNYA dengan benar ya?

mungkinkah Kristus = Bapa? mustahil

lalu mengapa Yesus mengatakan aku dan bapa adalah satu.....bukan aku dan Allah adalah satu ya?

duh bener2 luar biasa ini pusing......pusing........pusing.........

 

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

bintang seven's picture

@hai2 (belain lentin)

lenting si hai2 emang gitu...slow aja...masak sih gelap yg dia bilang gak bisa diartikan gelap spt sinar DLM KEHIDUPAN SEHARI2?

gw cm mikir gini kata hai2 di kejadian 1:2 ada tiga keberadaan yaitu Gelap, samudera dan Roh Allah.

sebenarnya ada 4 keberadaan klo logikanya si hai2 begitu lentin...yaitu GELAP, SAMUDERA, ROH ALLAH DAN AIR....dia bilang air untuk menjelaskan samudera itu.......loh disini kan berarti dia berpikir samudera itu spt samudera DLM KEHIDUPAN SEHARI2?

klo dia boleh menyamakan samudera dg bayangan samudera dlm hidup sehari2 mengapa kamu gak boleh menyamakan gelap itu dengan gelap dlm kehidupan sehari2 ya?

lentin tolong ditanyain...

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

hai hai's picture

@bintang Seven, Samudera

bintang seven, sesungguhnya kata Samudera Raya di dalam Kejadian 1:2 itu diterjemahkan dari kata TAHOWM. Ke dalam bahasa Inggris, kata itu diterjemahkan sebagai: deep, depths, deep places, abyss.

Di dalam bahasa Indonesia kata tersebut tidak ada padanannya, bahkan kata abyss dalam bahasa Inggrispun tidak mampu mengartikannya dengan tepat. Di dalam bahasa mandarin, ada sebuah kata yang berpadanan dengan kata TAHOWM, yaitu YUAN. Silahkan klik di sini untuk melihat kata Yuan itu.

TAHOWM atau YUAN adalah sesuatu yang tidak ada batasnya. tidak ada batas ruang dan tidak ada batas waktu. Menurut saya gambaran pra ilmuwan tetang lobang hitam, black hole agak menyerupai TAHOWM alias YUAN.

Yuan itu seperti jurang yang sangat dalam namun seperti air yang sangat dalam. Terus terang saya tidak sanggup menjelaskan arti kata YUAN alias TAHOWM. Saya pernah kelelep dan menyangka saya pasti mati pada saat itu. Pengalaman itulah yang membuat saya paham apa arti kata YUAN alias TAHOWM.

Saya pernah punya beberapa orang teman kerja, mereka adalah penyelam-penyelam laut dalam profesional. Dua tiga orang di antara mereka tercatat sebagai penyelam laut dalam profesional terbaik di dunia pada saat itu. Pengalaman penyelaman mereka luar biasa. Berada sendirian di kedalaman laut yang gelap, benar-benar luar biasa.

Sayang, tubuh saya tidak memungkinkan saya menyelam lebih dalam dari 5 meter, bila tidak, saya pasti mencobanya. Bila anda mau mencoba untuk memahami kata TAHOWM alias YUAN, mungkin boleh coba belajar menyelam tuh.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak