Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu 7

hai hai's picture

Bengcu Menggugat Karena YHWH Tidak Mahatahu

MAHATAHU umumnya dipahami sebagai tidak ada yang tidak diketahui. Dalam tulisan ini, yang dimaksudkan dengan MAHATAHU adalah Mengetahui isi hati manusia atau mampu mengetetahui isi hati manusia serta KEJADIAN di masa depan.  Walaupun umat Kristen meyakini bhwa YHWH (TUHAN) mahatahu namun Alkitab justru mengajarkan hal sebaliknya. Alkitab mengajarkan bahwa YHWH tidak mahatahu. Inilah bukti-bukti bahwa YHWH tidak Mahatahu:


YHWH Salah MENEBAK Isi Hati Sarah

Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Kejadian 18:12

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua?" Kejadian 18:13

Bandingkan kedua ayat tersebut di atas. YHWH (TUHAN) tidak MAHATAHU! Itu sebabnya Dia salah menduga isi hati Sarah. Sarah berpikir tentang BIRAHI sementara YHWH menyatakan bahwa Sarah berpikir tentang melahirkan anak.

YHWH Tahu Dari Apa Kata Orang

Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya. Kejadian 18:20

Baiklah Aku turun untuk melihat, apakah benar-benar mereka telah berkelakuan seperti keluh kesah orang yang telah sampai kepada-Ku atau tidak; Aku hendak mengetahuinya." Kejadian 18:21

YHWH tidak MAHATAHU! Itu sebabnya DIA tahu tentang Sodom dan Gomora dari keluh kesah orang. Itu sebabnya Dia harus turun ke dunia dan pergi ke Sodom dan Gomora untuk mengetahui kebenaran keluh kesah orang tentangnya.

YHWH Tidak Tahu Isi Hati Abraham

Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan." Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku." Kejadian 22:11

YHWH tidak mahatahu! Itu sebabnya Dia baru tahu tentang kesetiaan Abraham setelah mengujinya. Apabila YHWH mahatahu, Dia tidak perlu menguji Abraham untuk mengetahui kesetiaannya.

YHWH NGACO Nubuatan-Nya

Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. Kejadian 15:13

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh  tahun. Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. Keluaran 12:40-41

Kepada Abraham, YHWH bernubuat bahwa bangsa Israel akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. FAKTANYA bangsa Israel diperbudak dan dianiaya empat ratus tiga puluh  tahun. NUBUATAN dari YHWH meleset 30 tahun. Apa yang terjadi dengan nabi-nabi yang nubuatannya MELESET? Inilah PERINTAH dari YHWH mulia.

Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati. Ulangan 18:20

Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? Ulangan 18:21

apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya." Ulangan 18:22

Apa yang HARUS dilakukan pada nabi yang NUBUATANNYA tidak digenapi? Nabi itu HARUS mati? Jangan GENTAR kepada Nabi yang nubuatannya tidak digenapi! Bagaimana dengan YHWH yang nubuatannya MELESET 30 tahun? Orang-orang Kristen MEMULIAKANNYA sebagai YANG MAHATAHU! Ha ha ha ha ha ..... KONYOL SEKALI! YHWH tidak MAHATAHU, itu sebabnya NuBUATANNYA meleset!

YHWH Tidak Tahu Bahwa Musa Tidak Disunat

Tetapi di tengah jalan, di suatu tempat bermalam, TUHAN bertemu dengan Musa dan berikhtiar untuk membunuhnya. Keluaran 3:24

Lalu Zipora mengambil pisau batu, dipotongnya kulit khatan anaknya, kemudian disentuhnya dengan kulit itu kaki Musa sambil berkata: "Sesungguhnya engkau pengantin darah bagiku." Keluaran 3:25

Suatu malam, YHWH berikhtiar untuk membunuh Musa. Kenapa demikian? Bukankah Dia yang memilih Musa untuk menjadi nabi-Nya, bahkan Dia mengangkat Musa untuk menjadi Allah bangsa Mesir? Bukankah Musa sedang dalam perjalanan untuk menunaikan misinya? Kenapa Dia tiba-tiba hendak membunuh Musa? Inilah jawabannya.

Mulai dari sekarang engkau harus menyunatkan setiap bayi laki-laki yang berumur delapan hari, termasuk para hamba yang lahir di rumahmu atau yang kaubeli. Sunat itu akan menjadi tanda dari perjanjian antara Aku dan kamu. Kejadian 17:11

Setiap orang harus disunat, dan itu akan menjadi tanda lahiriah yang menunjukkan bahwa perjanjian-Ku denganmu itu kekal. Kejadian 17:13

Setiap laki-laki yang tidak disunat tidak lagi dianggap anggota umat-Ku karena ia tidak berpegang pada perjanjian itu." Kejadian 17:14

YHWH ingin membunuhnya karena Musa tidak disunat. Karena tidak disunat berarti Musa bukan umat-Nya. Handai taulan sekalian, YHWH sebelumnya TIDAK tahu bahwa Musa tidak disunat atau Dia LUPA bahwa Musa tidak disunat? KONYOL sekali bukan? Nah, anda boleh pilih salah satunya: YHWH tidak mahatahu sehingga tidak tahu bahwa Musa tidak disunat atau Dia PIKUN sehingga lupa bahwa Musa tidak disunat? Ha ha ha ha ha ha ...  Anda tahu kenapa YHWH sangat ISTIMEWA? Karena Dia sangat manusiawi! Kenapa demikian? Karena manusia adalah GAMBAR (tselem) dan Rupa-Nya (damuwth).

Roh Manusia Adalah Pelita YHWH

Roh manusia adalah pelita  TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Amsal 20:27

Anda tahu kenapa prilaku YHWH ngaco belo? Karena PELITA-Nya adalah Roh (nashamah) Manusia. Dia belajar membunuh karena cemburu dari Kain. Dia belajar membunuh karena disakiti dari Lamekh. Silahkan cari sendiri dech pelita-pelita lainnya. Anda tahu sekarang kenapa YHWH mengangkat Musa menjadi Elohim (Allah) bagi Firaun? Karena Dia mau belajar menjadi Allah. Anda tahu kenapa YHWH patuh ketika Musa menasehati-Nya? Karena Roh Musa adalah PELITA-Nya

Ini adalah BAGIAN VII dari Blog: Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu. untuk membaca bagian lainnya, silahkan klik di bawah ini:

  1. Bengcu Mengugat – Tritunggalisme Calvinis Di Mata Seorang Tionghoa Kristen
  2. Bengcu Mengungkap Rahasia YHWH kan•na she•mov, el kan•na
  3. Bengcu Menggugat - Tritunggalisme Calvinis Di Atas PASIR
  4. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para PERAMPOK
  5. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Sahabat Para Pembunuh
  6. Bengcu Menggugat Karena YHWH Adalah Pahlawan Kesiangan
  7. Bengcu Menggugat Karena YHWH Tidak Mahatahu
  8. Bengcu Mengungkap Rahasia Allah Yang Tidak Dikenal Umat Kristen
  9. Bengcu Mengungkap Rahasia Kematian Ananias dan Safira
  10. Bengcu Mengungkap Rahasia Iblis Yang Selalu Jadi Kambing Hitam
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

ruswiyanto's picture

@Kittin

Okey kittin maaf banget kalau ganggu ya..tapi mestinya kalau anda hobby berteman ada orang nyasar ya jadikan temen yang baik itu kalau saya...anda koq kelihatannya sewot banget kalau memang gak mau berteman ya gak usah marah2 cukup kasih penjelasan "Anda salah menulis nama" begitu kan baik

Sekali lagi maaf ya..

kittin's picture

@RUSWIYANTO:kok anda gitu yaa...

Sdr.Ruswiyanto,
awal baca tanggapan komentar anda di atas aku agak heran...
Belum2 Anda sudah mengawali tanggapan komentar dengan:
Okey kittin maaf banget kalau ganggu ya..tapi mestinya kalau anda hobby berteman ada orang nyasar ya jadikan temen yang baik itu kalau saya...anda koq kelihatannya sewot banget kalau memang gak mau berteman ya gak usah marah2 cukup kasih penjelasan "Anda salah menulis nama" begitu kan baik

Anda yg gak paham bahasa Indonesia atau memang sulit memahami,saat dengan lebih halus dan santai orang mengingatkan.Sudah kuingatkan di tulisan MUJI waktu itu(tolong baca baik2,karena tak ada expresi marah2 kok di sana)Lalu,di artikel ini,biasa sj tuh.. justru karena kuanggap teman aku se-santai itu menegur-anda.. Bagiku biasa aja tuh,karena buatku,akupun bisa lakukan kesalahan serupa kok..

Tapi setelah kubaca2 komentar2 anda di artikel teman2 yg lain... aaahhh,ketemulah sudah jawabannya.
Ternyata anda memang suka memilih kata2 yang menyerang orang(sementara buanyaaak/ribuan kata yg lebih simple dan tdk memberi kesan memusuhi bs dipilih), mudah ber negatif-thingking tanpa menanyakan alasan/maksud tulisan seseorang dan ujung2 anda dengan mudah men-judge tulisan orang berdasar pemahaman anda sendiri,tanpa anda mau introspeksi atau mengakui salah utk kemudian memperbaiki dan membangun hubungan yg baik.
Perbedaan pemahaman itu wajar,tp anda kelihatan sekali sangat dipuaskan ketika merasa lebih benar/lebih baik.Aneh..


Ok,Cukuplah kiranya sy mengenal seseorang dari caranya menghargai orang lain.

__________________

hidup ini indaaaah.....Laughing

ruswiyanto's picture

@Kittin

Nah Kan,,? Marah lagi he..he..he kalau anda ketemu langsung dengan saya mungkin anda akan mengerti kalau saya suka melawak dan anda akan mencintai sahabat anda ini dengan baik dan saya jamin anda akan krasan ngobrol dengan saya dan gak berhenti ketawa..he..he jangan tersinggung gitu ah..mungkin saya tidak pandai menulis yang baik tapi percayalah bahwa saya akan menjadi sahabat yang baik..dalam konteks tulisan di coment2 saya mungkin begitu karena kalau anda memahami sepenuhnya sebenarnya kan coment2 itu mencari jawaban yang akhirnya ketemu titik2 yang paling pas gitu gak bermaksud konfrontir gitu..bro

 

GBU

mujizat's picture

@Kittin dan Ruswiyanto, sudah, sudah

Ha ha ha,

Anda berdua hanya salah paham.

Yuk, berpelukan,...

Yuk liat lagi kelanjutan dongeng bang HAi HAi yang mulai garuk-garuk kepala ,...

__________________

 Tani Desa

hai hai's picture

@lapan, 430 tahun

Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. Kejadian 15:13

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh  tahun. Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. Keluaran 12:40-41

Kepada Abraham, YHWH bernubuat bahwa bangsa Israel akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. FAKTANYA bangsa Israel diperbudak dan dianiaya empat ratus tiga puluh  tahun. NUBUATAN dari YHWH meleset 30 tahun. Apa yang terjadi dengan nabi-nabi yang nubuatannya MELESET? Inilah PERINTAH dari YHWH mulia.

Rusdy yang dinubuatkan adalah BANGSA Israel DIPERBUDAK dan diANiaYA oleh bangsa Mesir. Saya tidak menyorotinya dengan DETAIL karena ingin memberi KESEMPATAN kepada orang-orang lain untuk uNJuK gigi sebelum memberitahu mereka bahwa FAKTA sebenarnya JAUH lebih PARAH. Coba anda BANDINGKAN kedua ayat tersebut di atas.

Jadi Yusuf sempat melihat anak cucu Efraim sampai keturunan yang ketiga; juga anak-anak Makhir, anak Manasye, lahir di pangkuan Yusuf. Kejadian 50:23

Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. Keluaran 1:8

Ayat tersebut di atas menunjukkan KAPAN bangsa Israel MULAI diperbudak dan DIANIAYA.

Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.Kejadian 15:13

Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar  dengan membawa harta benda yang banyak. Kejadian 15:14

Tetapi engkau akan pergi kepada nenek moyangmu  dengan sejahtera; engkau akan dikuburkan pada waktu telah putih rambutmu. Kejadian 15:15

Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini,  sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap." Kejadian 15:16

Rusdy, benar-benar NUBuATAN yang KONYOL bukan? Keturunan keempat dari Abraham adalah Yusuf. Yusuf memang KEMBALI untuk menguburkan Yakub, namun SAAT itu bangsa Israel tidak DIPERBUDAK dan diANiaYA oleh bangsa Mesir.

Apakah bangsa Israel DIPERBUDAK dan diANiaYA oleh bangsa Mesir selama 4 KETURUNAN?

Lapan, silahkan baca ayat-ayat tersebut di atas lalu mari kita membahasnya dengan seksama.

Keturun Abraham adalah:

  1. Ishak
  2. Yakub
  3. yehuda - Yusuf
  4. Yusuf - Efraim & Manasye. Yehuda - Peres & Zerah

Keturunan yusuf dan yehuda:

Yusuf: Efraim dan Mansye

Yehuda menurut Matius:

  1. Peres & Zerah
  2. Ram
  3. Aminadab
  4. Nahason
  5. Salmon

Yehuda menurut Lukas:

  1. Peres
  2. Hezron
  3. Arni
  4. Admin
  5. Aminadab
  6. Nahason
  7. salmon

dari suku Yehuda: Nahason bin Aminadab; Bilangan 1:7

Lapan, NUBUATAN tentang KETURUNAN keempat dari Abraham sama sekali TIDAK terpenuhi. 

Bagaimana dengan NUBUATAN 400 tahun?

Memang ada Teolog yang mengajarkan tentang selisih 30 tahun dari NUBUATAN dan FAKTA dengan menyatakan bahwa 30 tahun adalah MASA SUKACITA ketika Yusuf memimpin negeri Mesir.

Dan Yakub masih hidup tujuh belas tahun di tanah Mesir, maka umur Yakub, yakni tahun-tahun hidupnya, menjadi seratus empat puluh tujuh tahun. Kejadian 47:28

Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. keluaran 1:8

Teolog TOLOL itu lalu menarik KESIMPuLAN bahwa masa SUKA cita itu adalah 17 tahun selama yakub hidup lalu 13 tahun setelah yakub meninggal. anda tahu kenapa saya sebut Teolog yang mengajarkan TEORI MASA SuKA CITA itu TOLOL sekali? Kenapa raja baru itu TIDAK mengenal Yusuf? Karena Yusuf mati? Atau karena Yusuf tidak menjadi PERDANA menteri lagi? Jawaban mereka adalah Karena Yusuf MATI. Kapan Yusuf mati? Paling lama 13 tahun setelah Yakub mati? Itu berarti begitu Yusuf mati maka BESOKNYA raja baru itu TIDAK kenal Yusuf dan memperbudak bangsa Israel? Ha ha ha ha ha ...

Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir. Kejadian 41:46

Sebelum datang tahun kelaparan itu, lahirlah bagi Yusuf dua orang anak laki-laki, yang dilahirkan oleh Asnat, anak Potifera, imam di On. 41:50

Adapun Yusuf, ia tetap tinggal di Mesir beserta kaum keluarganya; dan Yusuf hidup seratus sepuluh tahun. Kejadian 50:22

Jadi Yusuf sempat melihat anak cucu Efraim sampai keturunan yang ketiga; juga anak-anak Makhir, anak Manasye, lahir di pangkuan Yusuf. Kejadian 50:23 

Yusuf menghadap Firaun ketika berumur 30 tahun. Masa kelimpahan 7 tahun lalu masa paceklik 7 tahun. Yakub sekelurga masuk ke Mesir pada masa paceklik. Anggaplah itu TAHUN terakhir paceklik, artinya saat itu yusuf berumur 30 + 7 + 7 = 44 tahun. Yusuf mati ketika berumur 110 tahun, itu artinya setelah Yakub sekelurga masuk ke Mesir, Yusuf masih hidup: 110 - 44 = 66 tahun.

Ketika SAKIT Yakub memberkati kedua anak Yusuf. Saat itu kedua anak yusuf belum menikah. Apa bila para TEOLOG TOLOL itu benar, itu berarti dalam 13 tahun, kedua anak Yusuf punya ANAK dan CUCU sehingga Yusuf punya CICIT?

Nah, Lapan, anda TAHU betapa TOLOLNYa blogger yang menulis BLOG dan merasa dirinya PINTER karena menulis tentang TEORI 30 tahun MASA SUKACITA? Ha ha ha ha ha ha ha ....... orang-orang TOLOL itu juga nggak MAU tahu bahwa zaman Yusuf sampai bangsa Israel keluar dari Mesir sama sekali nggak ada 400 tahun.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, 215 tahun

Tidak mungkin paceklik itu tahun terakhir, soalnya setelah Yakub dkk pindah, masih ada kelaparan hebat beberapa tahun sampai akhirnya semua tanah di Mesir kcuali punya Imam jadi punya Firaun. Mungkin baru setengah jalan. Tapi untuk panjang-panjangin boleh kali ya dianggap 5 tahun. Jadi umur Yusuf 42?

Yang angka dari Musa dulu ya om, 430 tahun:

 

1:6 Kemudian matilah Yusuf, serta semua saudara-saudaranya dan semua orang yang seangkatan dengan dia

1:7 Orang-orang Israel beranak cucu dan tak terbilang jumlahnya; mereka bertambah banyak dan dengan dahsyat berlipat ganda, sehingga negeri itu dipenuhi mereka. 

1:8 Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf.

 

Silsilah keluarga Musa

 

Ruben: Henokh, Palu, Hezron, Karmi

Simeon: Yemuel, Yamin, Ohad, Yakhin, Zohar, Saul

Lewi: Gerson, Kehat, Merari (umur Lewi 137)

Gerson: Libni, Simei

Kehat: Amram, Yizhar, Hebron, Uziel (umur Kehat 133)

Merari: Mahli, Musi

Amram: Harun, Musa (umur Amram 137)

 

 

Yakub tinggal di Mesir 17 tahun. Yusuf meninggal usia 110 tahun. Kemudian saudara-saudara dan orang seangkatannya meninggal, dan orang Israel masih sempat bertambah banyak sampai raja baru yang tidak kenal Yusuf memerintah.

Kehat sudah ada saat keluarga Yakub pindah ke Mesir. Berarti kakek Musa termasuk di dalam orang seangkatan.

Ketika Musa lahir, ayahnya yaitu Amram masih hidup (ya iyala ya wakaka). Berarti penindasan itu gak terjadi terlalu lama setelah Yusuf dan sodara-sodaranya meninggal.

Kapan Musa diutus? Karena tidak lama setelah Musa diutus, bangsa Israel keluar dari Mesir.

Musa kabur ke Midian ketika dia udah dewasa, dan diutus ketika ngembalain domba mertuanya. Tapi gak dibilang pas umur berapa. Seharusnya sih gak terlalu lama.

Kalau dari sumber yang di link Rusdy dan Nathan, ditulis kalau sejak Musa dilahirkan sampai exodus adalah 80 tahun.

Berdasarkan kedua link itu juga, total sejak Yakub dkk pindah ke Mesir sampai exodus adalah 215 tahun.

Jadi kenapa Musa bilang 430 tahun?

Kalau dihitung dari keterangan alkitab, paling maksimum mereka ada di Mesir adalah selama 133+137+80=350 tahun (ini kalau Kehat ketika masuk ke Mesir berumur 1 tahun dan kalau Musa lahir pas Amram udah mau meninggal yaitu umur 137 tahun) >> sumber link dari Nathan.

Bahkan penjelasan yang udah agak maksa ini, masih kurang sekitar 80 tahun dari waktu yang dinyatakan Musa.

Sedangkan masa penindasan Israel pastinya lebih singkat lagi, karena dimulai sejak orang-orang seangkatan Yusuf meninggal + orang Israel sempat beranak cucu. Kalau waktu orang Israel di tanah Mesir aja cmn 215 tahun, apalagi waktu penindasannya?

Aneh...?

Kalau penjelasan di link Rusdy n Nathan, sisa waktu yang hilang itu karena Musa memaksudkan bahwa "Israel tinggal di Mesir" udah dihitung dari sejak jaman Abraham. Bukankah ini maksa ya?

Menurut Om gimana?

 

Tentang yang nubuat keturunan keempat juga gak terpenuhi memang. Yusuf kan keturunan ketiga ya?

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@Hai hai, sunat

Om Hai, mengenai kejadian Ziporah dan Musa di penginapan itu memang sudah jadi perdebatan dari sejak dulu.

Masalahnya adalah bahwa aslinya tidak jelas siapa objek dari kalimat tersebut. Terlalu banyak kata ganti (sumber wikipedia). Coba deh Om Hai lihat bahasa aslinya, tidak jelas siapa yang mau dibunuh. Dan tidak jelas siapa yang disentuhkan kulit khatan anak Musa. Juga gak jelas anak mana yang disunat.

 

Contoh dengan terjemahan kasar ala lapan yang sotoy:

Keluaran 4:24 harusnya "Tuhan bertemu dengannya dan berikhtiar membunuhnya" >> siapa -nya d sini?

Keluaran 4:25 harusnya "kemudian disentuhnya dengan kulit itu di kakinya" >> siapa -nya di sini?

Keluaran 4:26 harusnya "Lalu Tuhan membiarkannya" >> lagi-lagi, siapa -nya di sini?

 

Belum lagi ayat berikutnya yang seakan-akan loncat... Gmn menurut om?

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Nya - Musa

Lapan, justru karena TIDAK menyebut nama maka itu memberi KEPASTIAN bahwa yang akan di bunuh adalah MUSA. coba anda baca dari ayat 19.

Adapun TUHAN sudah berfirman kepada Musa di Midian: "Kembalilah ke Mesir, sebab semua orang yang ingin mencabut yawamu telah mati." Keluaran 4:19

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, iya juga ya

Betul juga. Tapi saya masih gak ngerti kenapa Om bisa dengan yakinnya "memahami" bahwa "Musa tidak disunat adalah fakta".

Faktanya adalah yang disunat Zipora adalah anaknya >> berarti anaknya belum disunat.

Laki-laki dewasa yang tidak disunat akan dibunuh, tapi bagaimana dengan orangtua yang tidak menyunat anaknya?

Bahkan tanpa permasalahan apakah Musa yang tidak disunat, uda keliatan kalo YHWH bertindak aneh. Makanya daridolo uda jadi perdebatan juga mengenai hal ini. Menurut saya, satu sisi mereka ingin menghindari konklusi bahwa YHWH tidak mahatau atau plin plan, satu sisi mereka juga merasa keinginan YHWH untuk membunuh Musa setelah diutus macem-macem adalah aneh, sehingga last resort mungkin mempertanyakan kata ganti di ayat-ayat tersebut.

Hm, lanjut aja deh.. hohoho

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, TATO

Lapan, anda tahu binatang ternak DITATO dengan untuk menandakan HAK milik? Tradisi itu SUDAH berlangsung sejak purbakala. Tekniknya dilakukan dengan MELUKAI tubuh binatang itu.

Itulah yang DILAKuKAN oleh YHWH atas UMAT-Nya dengan SUNAT.

Membunuh manusia akan DIBUNuH oleh manusia adalah HUKUM dari Elohim (Allah).

Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku." Kejadian 17:14

Lelaki dewasa TIDAK disunat akan dilenyapkan. Tentang anak-anak sama sekali tidak ada HUKUMANNYA.

Selain kedua hal tersebut TIDAK ada lagi hukum lain. Hukum lain baru diberikan SETELAH Musa.

Apa alasan YHWH ingin MEMBUNUH Musa, orang pilihan-Nya sendiri bila bukan karena SUNAT?

Para teolog generasi sebelumnya selalu mengambil jalan pintas. Bila NGGAK NGERTI, tafsirkan. Bila nggak BISA ditafsirkan katakan itu MISTERI Allah yang MuSTAHIL dipahami oleh manusia.

Musa NGERUMPU dengan YHWH sementara manusia-manusia lain MENYeMBAH atau BERSUJUD kepada-Nya. Hal itu menunjukkan bahwa YHWH menganggap MUSA SEKASTA dengan-Nya.

Bila MUSA disunat, maka MUSA adalah HAMBA-Nya alias PIARAAN-Nya. Mustahil diperlakukan sebagai  SEDERAJAD.

Musa tidak DISUNAT memagn tidak dicatat dengan GAMBLANG dan TEGAS namun siapa pun yang mempelajari Perjanjian Lama dengan TELITI dan MEMAHAMI sistem KASTA bangsa Israel tidak akan mendapat KESULITAN bahwa Musa TIDAK pernah DISUNAT sebab dia adalah PENGANTIN darah dari YHWH.

 

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai Ketahuan

kalo saya tidak termasuk siapa pun yang mempelajari Perjanjian Lama dengan teliti.. hohoho

ok thanks Om buat penjelasannya. Jadi lebih masuk akal sekarang =)

__________________

imprisoned by words...

sandman's picture

@lapan Membunuhnya?

kalau anak kedua musa yang hendak di bunuh sudah pasti di buat tulisan, "MEMBUNUH ANAKNYA"

__________________

lapan's picture

@Sandman, membunuhmu

=p

 

hm, tau darimana anak kedua?

Kemarin ketika gw mengungkit hal itu, sebenarnya hanya ingin mengemukakan keanehan yang ditemukan oleh para penyelidik (di wikipedia). Udah dijelasin sama Hai hai tuch. hahahahahaha

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Masa Sukacita Dari hongkong?

lapan, jangan tanya hai hai tapi tanyalah kepada orang yang BILANG hai hai TOLOL karena nggak tahu MASA sukacita 30 tahun. Ha ha ha ha ha ha ha .....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, oalah

Yah, om Hai...

__________________

imprisoned by words...

lapan's picture

@Hai hai, Isi hati Sara

Om Hai, mengenai kata hati Sara yang tidak sama persis, sebenarnya saya merasa tidak cukup kontradiktif. 

Saya mikirnya begini, Tuhan tentu tau isi hati manusia, makanya Dia tau Sara menertawakan sesuatu. Tapi apa tepatnya yang ditertawakan Sara? Kata-kata manusia seringkali gak mencukupi untuk mewakilkan bagaimana sesungguhnya perasaan manusia. Apalagi sesuatu yang diucapkan dalam hati. Apakah Tuhan mendengar/melihatnya dalam bentuk emosi?

Lagipula, yang menulis kitab tersebut bukan Sara kan... 

Lagipula lagi, yang disangkal Sara adalah soal "menertawakan" bukan soal isinya. Mungkin tepatnya dia mengatakan, aku tidak menertawakan hal itu. Karena ketawa kan bisa jadi karena hepi. Tapi Tuhan tau Sara ketawa nyindir. Hehehehe

Hmm, mungkin ini masuk kategori menafsir kali ya. wakakaka

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, sarah tertawa

lapan, sarah menyangkal karena dia MALU dengan pikirannya sendiri. Masak anda sebagai wanita nggak ngerti perasaannya.

YHWH tidak mahatahu alias tidak TAHU isi hati manusia. Itu sebabnya Dia perlu MENGUJI Abraham dan Ayub.

 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, Sara takut

Kan doi takut om bukan malu... 

Hm, mnurut saya lebih tepat YHWH tidak tau apa pilihan manusia, makanya Dia perlu mengetahui pilihan manusia...

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, awalnya malu

lapan, awalnya MALU ketika YHWH kekeh jumekeh, dia KETAKUTAN.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, weleh

Di ayatnya ditulis sebab ia takut dulu baru Tuhan kekeh jumekeh... Tentunya kalo Tuhan salah, Sara gak usa takut, tapi dia takut: "waks, kok Tuhan tahu"

Lagipula bknkah Tuhan bisa mengeraskan dan memurahkan hati manusia?

Hmm gpp deh, lanjut yg laen aja.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Kamu Benar

Adakah sesuatu apapun yang mustahil untuk TUHAN?  Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki." Kejadian 18:14

Lalu Sara menyangkal, katanya: "Aku tidak tertawa," sebab ia takut; tetapi TUHAN berfirman: "Tidak, memang engkau tertawa!" Kejadian 18:15

YHWH tidak menepati janjinya untuk DATANG tahun DEPAN.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai Pelupa

Tafsiran: kembali mendapatkan engkau = memperhatikan, bukan berarti menampakkan diri. Btul gak?

 

Om, yang tentang Sodom n Gomora:

Kej 18:17 Berpikirlah TUHAN: "Apakah Aku akan menyembunyikan kepada Abraham apa yang hendak Kulakukan ini?
Kej 18:20 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN: "Sesungguhnya banyak keluh kesah orang tentang Sodom dan Gomora dan sesungguhnya sangat berat dosanya.

Sepertinya TUHAN lagi menimbang-nimbang mau ngasitau Abraham kalu Dia mau lenyapin SnG... Apakah ayat selanjutnya hanya merupakan "basa-basi"?

 

Gimana dengan yang ini:

Kel 2:23 Lama sesudah itu matilah raja Mesir. Tetapi orang Israel masih mengeluh karena perbudakan, dan mereka berseru-seru, sehingga teriak mereka minta tolong karena perbudakan itu sampai kepada Allah.
Kel 2:24 Allah mendengar mereka mengerang, lalu Ia mengingat kepada perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub.
Kel 2:25 Maka Allah melihat orang Israel itu, dan Allah memperhatikan mereka.

Apakah mungkin, sebenernya rencana aslinya memang 400 tahun... Tapi, karena Allah gak tega, jadi dicepetin. Gtu bukan Om?

Tapi, kok Allah seakan-akan terlupa dengan perjanjian yang Dia buat?

Tapi, yang mengadakan perjanjian bukannya TUHAN?

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, TUHAN Takut

lapan, TUHAN (YHWH) memang serba salah. Bila anda membaca sejarah israel, maka perlu waktu yang cukup lama bagi TUHAN (YHWH) untuk tahu KEKUASAANNYA.

bila anda baca dengan TELITI juga akan nampak gamblang ketika Elohim (Allah) yang BICARA lewat YHWH.

Dalam kasus Sodom dan gomora, Abraham KALAH tarohan karena dia menyangka YHWH Mahatahu atau dia menyangka YHWH pasti NGECEK. ternyata nggak. Seharusnya Abrham menang TAROHAN karena ORANG benar dalam pandangannya adalah LOT dan segala ISI rumahnya. Namun sayangnya Malaikat yang menjalankan TUGAS di Sodom gomora tidak menepati JANJINYA.

lapan: Apakah mungkin, sebenernya rencana aslinya memang 400 tahun... Tapi, karena Allah gak tega, jadi dicepetin. Gtu bukan Om?

bila YHWH menyatakan KEHENDAK-Nya maka kehendak-Nya itu pasti JADi. Namun bila Dia menyatakan NUBUATAN, itu berarti DIA tidak BERKUASA untuk MENGATUR-nya

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@hai hai

apa Tuhan yang salah ato kitab versi LAI yang salah?

hai hai's picture

@Rafiqo, YHWH NGaco

rafiqo, YHWH yang ngco belo

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

antonic's picture

kalau YHWH ngaco

kalau YHWH itu ngaco, maka Dia tidak sempurna sebagai kebenaran, kalau Dia ngaco, Allah pasti juga ngaco, dan BapaNYA ngaco, tidak logis!!

yg benar adalah Dia ada disurga, Dia tidak mengikuti hukum-hukum di bumi, Ia lah yang memberi hukum! Di bumi kita harus membayar pajak, di bumi kita harus menjalankan sabat, Dia ada diluar bumi, Ia disorga, tak heran mengamati YHWH dg hukum2 bumi 'kesannya'yhwh jadi ngaco belo, bukan yhwh yg ngaco, tp orang yg menulis blog ini!!

__________________

sukses adalah sebuah pencapaian, premium dan citra exclusive.

hai hai's picture

@antonic, JANGAN Kentut Sembarangan

antonic, bila mau KENTUT sembarangan sebaiknya di kamar anda sendiri ya. Ha ha ha ha ... Maaf lho, DEBAT kusir nggak pernah DISUKAI oleh hai hai.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

hai hai's picture

@Lapan, 430 tahun Itu AKURAT

Lapan, Musa mencatat:

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh  tahun. Keluaran 12:40

Frasa "orang Israel" diterjemahkan dari frasa ibrani BEN NEI YISRAEL yang artinya ANAK-ANAK Israel alias anak-anak Yakub.

Kapan anak-anak Yakub MEMASUKI Mesir?

Inilah nama-nama bani Israel yang datang ke Mesir, yakni Yakub beserta keturunannya. Anak sulung Yakub ialah Ruben. Kejadian 46:8

Frasa "Bani Israel" diterjemahkan dari frasa Ibrani  BEN NEI YISRAEL yang artinya ANAK-ANAK Israel alias anak-anak Yakub.

abraham, Ishak dan Yakub bukan BANI Israel.

Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. Keluaran 1:8

Lapan, apa ARTI raja BARU? untuk memahami arti frasa RAJA BARU anda HARUS memahami pula arti frasa RAJA LAMA.

Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita. Keluaran 1:9

Nona lapan yang terhormat, TIDAK sulit untuk MENARIK kesimpulan bukan? RAJA BARU artinya RAJA pendiri DINASTI BARU. Artinya ada PERGANTIAN dinasti di Mesir. Itu sebabnya dia KUaTIR dengan BANI Israel yang JUMLAHNYA lebih banyak dari SUKUNYA, bukan dari SELURUH bangsa Mesir.

Berapa jumlah bani Israel waktu memasuki Mesir dan berapa jumlah bani Israel waktu meninggalkan Mesir?

Anak-anak Yusuf yang lahir baginya di Mesir ada dua orang. Jadi keluarga Yakub yang tiba di Mesir, seluruhnya berjumlah tujuh puluh jiwa. Kejadian 46:27

Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam  ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak. Keluaran 2:37

Nona lapan, 430 tahun adalah WAKTU yang FAIR untuk beranak pinak sebanyak itu.

Yehuda menurut Matius:

  1. Peres & Zerah
  2. Ram
  3. Aminadab
  4. Nahason
  5. Salmon

Yehuda menurut Lukas:

  1. Peres
  2. Hezron
  3. Arni
  4. Admin
  5. Aminadab
  6. Nahason
  7. salmon

Yehuda kombinasi:

  1. Peres
  2. Hezron
  3. Ram
  4. Arni
  5. Admin
  6. Aminadab
  7. Nahason
  8. salmon

dari suku Yehuda: Nahason bin Aminadab; Bilangan 1:7

Bani Israel TIDAK memiliki SITEM pencatatan SILSILAH yang AKURAT selama di MESIR.

Nona lapan, itulah yang dilupakan oleh para TEOLOG ketika menganalisa SILSILAH bangsa israel selama di Mesir.

Benarkah bangsa Israel TINGGAL di Mesir 430 TAHUN? BENAR! Itulah yang DICATAT oleh kitab Keluaran.

Benarkah bangsa israel DIPERBUDAK di Mesir 400 tahun? TIDAK benar! Kenapa demikian karena bangsa israel diperbudak dalam GENERASI Musa.

Dari mana kita tahu hal demikian? Karena PERBUDAKAN dilakukan karena TAKUT dengan JUMLAH bangsa Israel dan PUNCAK perbudakan adalah PEMBUNUHAN anak-anak LELAKI.

Selama ini, SERANGAN terhadap orang Kristen adalah ALKITAB TIDAK AKURAT. Belum pernah ada yang MENYATAKAN bahwa YHWH tidak MAHATAHU.

YHWH tidak MAHATAHU sebab nubuatannya tentang PERBUDAKAN 400 TAHUN salah! Di samping itu NUBUATAN tentang GENERASI keempat JUGA salah!

Alkitab SANGAT: LOGIS, AKURAT, SISTEMATIS dan KONSISTEN. bukankah itu kembali TERBUKTI?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai hore

Akhirnya om Hai turun tangan...

Hmmm berarti ayat ini:

Kel 6:20 Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.

Apakah mungkin maksudnya hanya ingin menunjukkan bahwa Musa dan Harun adalah keturunan dari garis Amram/Kehat/Lewi, tapi bukan berarti ayah Musa adalah Amram?

 

Iya, memang soal nubuatan yang 400 tahun itu gak terpenuhi karena kalau total aja 430, dikurangin masa sebelum raja baru bangkit (yang gak mgkn hanya selisih 30 tahun) pasti jauh di bawah angka 400...

Tapi, saya masih bingung, apakah karena Allah gak tega dengan seruan bangsa Israel jadi mengutus Musa melalui YHWH?

 

Btw om, kenapa di sini Stefanus bilang 75 ya?

Kis 7:14 Kemudian Yusuf menyuruh menjemput Yakub, ayahnya, dan semua sanak saudaranya, tujuh puluh lima jiwa banyaknya.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@lapan, Perbudakan di Mesir

Lapan, Alkitab bukan kitab dongeng. Semua kisah kisah di dalamnya adalah FAKTA. Itu sebabnya kita harus memahaminya apa adanya.

Yang disebut PERBUDAKAN itu dari zaman ke zaman berbeda-beda. Perbudakan yang PALING biadab HANYA dilakukan oleh orang BARAT yang puncaknya pada masa abraham Lincoln di amerika Serikat.

Bila anda BACA, perbudakan atas bangsa Israel itu nggak SULIT sama sekali. Mereka hanya perlu KERJA. Mandornya juga orang-orang Israel sendiri. Mereka hanya DIJATAH harus menghasilkan BATA seumlah berapa seharinya. Mereka BISA makan daging, ikan, dll dan bisa NGERuMPI dengan keluarganya. Juga diberi JERAMI yang CUKUP.

coba perhatikan KEENGGANAN bangsa Israel keluar dari Mesir. Mereka HARUS diiming-iming dengan HARTA, emas dan permata dari bangsa MESIR baru mau KELUAR dari MESIR. Mereka harus DIANCAM dengan tulah-tulah yang MENiMPA Mesir baru mau MINGGAT.

bukankah para pengkotbah yang MENDRAMATISIR kondisi PERBUDAKAN di MESIR itu melalui kotbah-kotbah mereka?

Bila anda TIDAK percaya, COBA lakukan REKAPITULASI semua KEJAHATAN Iblis yang TERCATAT di dalam Alkitab untuk mengetahui BERAPA jahatnya dia. Anda akan KAGET sendiri.

Memang ada PEMBUNuHAN anak-anak dan bayi namun BAGAIMANA dengan PELAKSANAANNYA? Bukankah Musa SELAMAT? Bukankah ketika dilakukan SENSUS dikatakan yang BERUMur 20 TAHUN ke atas?

Tentang Stefanus memang ada SESUATU yang ANEH.

Semua orang yang tiba di Mesir bersama-sama dengan Yakub, yakni anak-anak kandungnya, dengan tidak terhitung isteri anak-anaknya, seluruhnya berjumlah enam puluh enam jiwa. Kejadian 46:26

Saya belum pernah meneliti hal ini dengan serius namun mungkin yang tertulis warna merah itu bisa memberi PETUNJUK? siapa saja yang sudah berisitri dan istrinya masih hidup?

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, aduh

Hmm, saya gak nemu secara persisnya berapa jumlah isteri di keluarga Yakub. Tapi tetap aja aneh karena Stefanus bisa ngomong 75 orang, dia tentunya tau itu juga dari kitab Musa kan ya. Saya coba hitung sendiri juga, harusnya yang masuk Mesir bukan 66 tapi 67. 

Soal rekapitulasi, karena saya malas, jadi saya curang terus saya search di google dengan keywords "evil in bible", malah ketemu satu website yang mengungkapkan kekejaman (yang dilakukan oleh Tuhan maupun hamba Tuhan) dan ketidakmasukakalan di alkitab. Jadi inget link yang dikasi PB...

Beberapa saya ngerti, tapi banyak sekali yang memang mengherankan...

Hahahahaha baca-baca dolo deh... Thanks om uda ngejelasin =)

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Baca Alkitab

lapan, salah satu keasykan baca Alkitab adalah ketika kita sedang mencari SESUATU. Salah satu kepuasan membaca Alkitab adalah ketika kit menemukan apa yang kita cari tersebut. Umumnya itulah yang membuat saya suka membaca Alkitab. Namun saya nggak pernah terburu-buru karena kita punya waktu seumur hidup untuk mempelajari Alkitab dan pengetahuan sama sekali tidak menyelamatkan namun membuat hidup lebih mudah untuk  dijalani.

Saat ini saya FOKUS hanya menggunakan dua Alkitab elektronik yaitu:

  1. SABDA Alkitab
  2. Biblos 

SABDA Alkitab memudahkan pencarian sementara Biblos memudahkan untuk mencari kata aslinya. Di SABDA Alkitab hanya ada kata dasarnya untuk ejaan Latin.

Untuk Alkitab Manual saya membaca Alkitab LAI dan English Standard Version hadiah dari Vantillian dan Min merry.

Ini salah satu contoh keasykkan melakukan penyelidikan Alkitab yang saya lakukan:

Perdebatan tentang ULAR di taman Eden belum SELESAI. Setelah melakukan penyelidikan biasa alias yang umum dilakukan, saya memulai TEKNIK baru yaitu mencari ayat-ayat yang MEMUAT kata NACHAS (ular) di seluruh Perjanjian Lama.

Penyelidikan itu memimpin pada penemuan baru bahwa kata NACHAS <05175> (28 ayat) yang diterjemahkan sebagai ULAR itu sama dengan kata NACHAS <05172> (27 ayat) yang diterjemahkan sebagai MENELAAH. Sesudah itu saya membaca bukan saja ayat-ayat tersebut namun PERIKOP di mana ayat-ayat tersebut ada.

Penyelidikan itu memimpin pada penemuan bahwa PL juga menggunakan kata-kata lain yang diterjemahkan sebagai ular, misal:

ular beludak (SHAPHIYPHON) di jalan (denai) yang memagut tumit kuda, ular tedung (PETHEN) yang tuli (semua ular tuli), ular senduk (AKSHUWB) yang berbisa, ular beludak (TSEPHA) yang menyemburkan bisa.

Kesimpulannya adalah NACHAS bukan ular sejati. NACHAS juga berarti PENELAAH atau MENELAAH.

Penyelidikan itu juga memimpin pada penemuan bahwa Musa ketika tongkatnya berubah menjadi ular digunakan kata NACHAS namun ketika tongkat itu berubah menjadi ular di hadapan Firaun digunakan kata TANNIYN yang artinya NAGA.

NACHAS = Ular = TELAAH = MENELAAH = NUBUATAN (?)

Penyelidikan itu memimpin ke PINTU baru yaitu MUJIZAT yang dialami Musa dan TuLAH-TULAH Mesir tidak TERJADI sembarangan namun memiliki MAKNA TELAAH alias NUBuATAN. Penyelidikn tentang TULAH-TULAH Mesir mengingatkan pada TULAH-TULAH 7 Malapetaka dalam kitab Wahyu.

Tongkat jatuh ke tanah berubah menjadi ULAR. ular dipegang EKORNYA menjadi TONGKAT GEMBALA. tongkat jatuh di DUNIA berubah menjadi NAGA (Tanniyn). buah pengetahuan jatuh ke ADAMAH (Hawa dan suaminya) alias TANAH melahirkan ULAR. Ular dipegang ekornya oleh YHWH menjadi Tongkat Gembala untuk gebukin atau menggiring manusia gembalaan-Nya ke arah yang dikehendaki-Nya. Ketika Ular itu DIlemparkan ke dunia oleh Mikhael jadilah Naga Besar yang MENIPU mata manusia.

Tersingkaplah RAHASIA ular di taman Eden.

"PENELAAH itulah yang memperdaya aku!" kata Hawa. maka TUHAN Allah pun berkata kepada PENELAAH itu ..... Karena .... maka bla bla bla ...

LOGIS, AKURAT, SISTEMATIS dan KONSISTEN.

"Bagaimana cara seorang Arkeologi membaca prasasti atau mempelajari bahasa kuno?" tanya saya kepada seorang ahli Arkeologi.

"Bahasa kuno pasti ada JEJAKNYA alias peninggalannya. Itulah yang kita telusuri. Dari kata-kata yang kita pahami lalu kita gunakan untuk memahami SEBUAH kisah dengan demikian kita MENARIK kesimpulan lalu membuat KAMUS untuk kata-kata yang BELUM kita pahami." Jawab sang ahli arkeologi itu.

Nah, nona Lapan, anda HARUS menambah TEKNIK SEARCH internet anda dengan TEKNIK para arkeologi. KArena itu sangat berguna ketika kita mempelajari kitab-kitab KUNO.

Awalnya TEKNIK demikian memang sangat membosankan namun sekali kita MENEMUKAN KEBENARANNYA maka kita akan RELA walaupun harus melakukannya lebih membosankan lagi. Dalam hal ini saya beruntung karena selama bertahun-tahun bekerja sebagai AUDITOR yang menyelidiki laporan keuangan sampai ke bukti asalnya TRANSAKSI demik TRANSAKSI.

Itu sebabnya saya sering ngomel kepada para akuntan, kalian hanya perlu beberapa dETIK untuk melakukan sebuah KESALAHAN namun kami perlu BERJAM-JAM bahkan BERHRI-HARI untuk MENEMUKAN kesalahan itu guna MEMPERBAIKINYA.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Veritas's picture

Pak Hai harus meng-edit blog

Pak Hai harus meng-edit blog ini terutama pasal dimana bangsa Israel diperbudak 400 tahun dan paralelitasnya 430 tahun.

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

n4th4n_andy's picture

@veritas...alasan nya ??

kenapa mesti di edit bro ?

alasan nya bro ?

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Veritas's picture

Kalau bicara penggenapan

Kalau bicara penggenapan nubuatan, Pak Hai tidak salah. Baca Quote berikut dari blog pak Hai,

YHWH NGACO Nubuatan-Nya

Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. Kejadian 15:13

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh  tahun. Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. Keluaran 12:40-41

Kepada Abraham, YHWH bernubuat bahwa bangsa Israel akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. FAKTANYA bangsa Israel diperbudak dan dianiaya empat ratus tiga puluh  tahun. NUBUATAN dari YHWH meleset 30 tahun. Apa yang terjadi dengan nabi-nabi yang nubuatannya MELESET? Inilah PERINTAH dari YHWH mulia.

 

Bagian yang saya garis bawahi tersebut yang jadi bagian yang perlu diedit. Bangsa Israel diam di mesir selama 430 tahun, bukan diperbudak dan dianiyaya.

Tapi mengenai tepat tidaknya nubuat YHWH, saya setuju dengan Pak Hai.


__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

tonypaulo's picture

sang penyesat semakin menjadi2....:)

YHWH tidak mahatahu! Itu sebabnya Dia baru tahu tentang kesetiaan Abraham setelah mengujinya. Apabila YHWH mahatahu, Dia tidak perlu menguji Abraham untuk mengetahui kesetiaannya.

lucu sekali kalau Allah langsung diartikan secara bebas tidak perlu menguji Abraham? anak sekolah aja yang diajarin sama guru yang sehari2 tahu kemampuan persis anak yang diajarkan mengadakan ulangan bukan?

kok Allah tidak bisa menguji seseorang walau IA tahu hasil ujian itu?

Jer 29:11

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan

kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan

 

rupaya sang penyesat ini lebih dari lusifer, ia hendak menyamai YHWH yang maha tinggi dengan mengatakan YHWH ngaco?.

dasar sudah .... 

tonypaulo's picture

Allah belajar jadi Allah?

Roh manusia adalah pelita  TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Amsal 20:27

Anda tahu kenapa prilaku YHWH ngaco belo? Karena PELITA-Nya adalah Roh (nashamah) Manusia. Dia belajar membunuh karena cemburu dari Kain. Dia belajar membunuh karena disakiti dari Lamekh. Silahkan cari sendiri dech pelita-pelita lainnya. Anda tahu sekarang kenapa YHWH mengangkat Musa menjadi Elohim (Allah) bagi Firaun? Karena Dia mau belajar menjadi Allah. Anda tahu kenapa YHWH patuh ketika Musa menasehati-Nya? Karena Roh Musa adalah PELITA-Nya

====

 

(KJV+)

The spirit of manH120 is the candleH5216 of the LORD,H3068 searchingH2664 allH3605 the inward partsH2315 of the belly.H990

artinya lewat roh seseorang beserta dinamikanya totalitas orang tersebut diketahui

 

Pro 20:24

Langkah orang ditentukan oleh TUHAN, tetapi bagaimanakah manusia dapat mengerti jalan hidupnya?
 

lucu sesuatu yang bersifat FIGURATIF atau ROHANI diartikan secara LITERAL saja?

Rev 22:11

Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"

Rev 22:12

"Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya

jadi biarlah hai2 terus melakukan penyesatan?...

tonypaulo's picture

hai hai bin YHWH

kalau hai hai bin YHWH

dan YHWH adalah YHWH ngaco belo

 

sudah pasti hai2 BIN YHWH NGACO BELO BANGET

 

guestx's picture

tony, hahaha...

gw sih gak emang gak ngerti soal ngaco tidaknya YHWH, tp emang logika elo soal kelakuan bapak dan anak emang yg "gak jauh buah dari pohonnya" rada lazim sih... cuma hati2 aza,ton, mnrt gw hai2 blum slsai dgn pembahasan YHWH-nya, msh akan ada klimaks yg tak terduga. 

btw, welkam bek.

__________________

------- XXX -------

tonypaulo's picture

hehehe...

gw sih gak emang gak ngerti soal ngaco tidaknya YHWH, tp emang logika elo soal kelakuan bapak dan anak emang yg "gak jauh buah dari pohonnya" rada lazim sih... cuma hati2 aza,ton, mnrt gw hai2 blum slsai dgn pembahasan YHWH-nya, msh akan ada klimaks yg tak terduga. 

btw, welkam bek.

===

saya lama tak berkunjung karena password saya hilang dan memang belum ada niat juga, tapi alangkah terkejut dengan bin YHVH satu...kok bisa mempermalukan "bapaknya" sendiri dengan logika2 alam gaib..

hal2 yang diungkap (dengan kata keren gugatan bengcu) tidak relevan dengan alkitab, mana bisa kita sembarangan kepada ALLAH SEMESTA ALLAM dengan mengelari ngaco belo? sementara pondasi eksposisi yang digunakan juga masih "bahasa kaum awam"...

tak ada dialektika yg berbobot dalam tulisan hai2, (seperti biasa) namun SARAT DENGAN PROVOKASI2 MURAHAN, lucunya sayapun terpancing dengan provokasi murahan macam ini

hehehe..

lapan's picture

@Tonypaulo, Wow!!

Ke mana aja ton??!! Hahahaha

Welcome back... =)

 

*oh ya kalo lagi luang cek PM ya =)

__________________

imprisoned by words...

tonypaulo's picture

tak tahan juga

@lapan

sebenarnya kalau untuk "mengintip2" sesekali dalam sesaat pernah ku lakukan...tapi seperti biasa selalu saja om hai2 kita tercinta ini, lain judul lain isi... mana rahasia Kristusnya?

ok, tak cek PM nya

:)

tonypaulo's picture

Bengcu Mengungkap Rahasia

Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi terdahulu

Hai mari jelaskan hal2 dibawah ini

1. siapa generasi terdaulu yang anda maksudkan? termasuk Pauluskah? termasuk Abrahamkah?

2. bagaimana caranya anda memverifikasikan sesuatu yang menurut anda TIDAK DIPAHAMI ole generasi terdahulu? sedangkan apa anda punya SEMUA DOKUMENTASI mengenai pemahaman generasi terdahulu?

3. anda mengerti arti KRISTUSkah? kok sama sekali tidak ada rahasia Kristus yang anda singkapkan disini? anda malah asyik ga karuan membahas YHVH ini dan itu? sedangkan KRISTUS itu artinya MESIAS, atau YANG DIURAPI?

jadi rahasia pengurapan apa yang anda ingin sampaikan? tidak ada sama sekali?

mari jelaskan eksposisi saudara dengan pondasi KEBENARAN ALKITAB SAJA

 

:)

 

hai hai's picture

@Tonypaulo rahasia kristus

tonypaulo, rahasia Kristus tidak diperuntukkan bagi orang orang TOLOL dan sok tahu seperti anda. Itu sebabnya jangan salahkan orang lain bila anda tidak paham. Ha ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@hai hai

kalau boleh tanya,memang seolah-olah tertulis bahwa Tuhan tidak tahu dan juga tidak bisa mengetahui hati sara,nubuatanNYa tidak pas, dll,...Apakah ini terkait dengan Tuhan (Yesus)? sendiri yang ada tertulis di salah satu ayat kitab...

Mat 24:36  Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."

Apakah Tuhan (Yesus)kah yang dimaksudkan dalam pembahasan Hai-hai? bahwa Dia tidak Maha Tahu,dll..... Apakah ini berbicara mengenai keterbatasan Anak dari Bapa?

salam dari pendatang baru SS....

 

 

 

hai hai's picture

@Rafiqo, Yesus Tidak Mahatahu

Rafigo, YEsus memang tidak MAHATAHU namun Dia TAHU isi hati manusia.

Ketika berumur 12 tahun Yesus tidak TAHU isi HATI orang tuanya. Namun setelah DIBAPTIS oleh Yohanes Pembaptis, Yesus TAHU isi hati manusia. Hal itu karena Roh Kudus (Roh Allah) Yang TURUN dan tinggal di atas-Nya.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

penyesat dan pembual besar

tonypaulo, rahasia Kristus tidak diperuntukkan bagi orang orang TOLOL dan sok tahu seperti anda. Itu sebabnya jangan salahkan orang lain bila anda tidak paham. Ha ha ha ha ha ha

 

===

sudah bisa ditebak jawabannya hai, paling sok tahu dan tolol sebagaimana biasanya

lucunya terhadap pertanyaan yang sangat "mudah" seperti di bawah saja dia tak mampu?

Hai mari jelaskan hal2 dibawah ini

1. siapa generasi terdaulu yang anda maksudkan? termasuk Pauluskah? termasuk Abrahamkah?

2. bagaimana caranya anda memverifikasikan sesuatu yang menurut anda TIDAK DIPAHAMI ole generasi terdahulu? sedangkan apa anda punya SEMUA DOKUMENTASI mengenai pemahaman generasi terdahulu?

3. anda mengerti arti KRISTUSkah? kok sama sekali tidak ada rahasia Kristus yang anda singkapkan disini? anda malah asyik ga karuan membahas YHVH ini dan itu? sedangkan KRISTUS itu artinya MESIAS, atau YANG DIURAPI?

jadi rahasia pengurapan apa yang anda ingin sampaikan? tidak ada sama sekali?

mari jelaskan eksposisi saudara dengan pondasi KEBENARAN ALKITAB SAJA

 

ah ternyata ini cuma pepesan kosong seorang yang haus akan pengakuan? ekspresi standar dari orang yang terlalu banyak mengalami penolakan

 

selamat menjadi penyesat dan pembual besar hai

:)

hai hai's picture

@Tonypaulo, Menggonggong Terus

tonypaulo, silahkan menggonggong terus! Udah lama BLOSAS (bloger sabda space) nggak melihat orang TOLOL seperti anda mengagul-agulkan KEBEBALANNYA dengan jumawa. Ha ha ha ha ha ..... HANYA orang TOLOL yang menanyakan pertanyaan=pertanyaan MUDAH. Ha ha ha ha ...

Orang pinter seperti hai hai tidak akan membuang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan TOLOL dari orang SOKTAHU yang bebal setengah mati. OTAKNYA berisi debu namun hatinya penuh DAKI, eh , dengki!

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

tonypaulo's picture

jawaban yang sangat konyol

Rafigo, YEsus memang tidak MAHATAHU namun Dia TAHU isi hati manusia.

Ketika berumur 12 tahun Yesus tidak TAHU isi HATI orang tuanya. Namun setelah DIBAPTIS oleh Yohanes Pembaptis, Yesus TAHU isi hati manusia. Hal itu karena Roh Kudus (Roh Allah) Yang TURUN dan tinggal di atas-Nya.

===

 

lihatlah kekonyolan jawaban anda hai...

apakah Yesus sebagai TUHAN yang menjadi manusia didalam hakekat kemanusiaan tidak maha tahu? benar

tapi ketika YESUS BANGKIT dan MENUNTASKAN MISINYA SEBAGAI TUHAN YANG MENJADI MANUSIA YESUS KEMBALI MENJADI MAHA TAHU....

masa anda harus saya ajari terus hai? kapan anda bisa mengertinya?

 

:)

rafiqo's picture

@tonypaulo, kayaknya ada sesuatu yg belum muncul dari hai-hai

penyataan hai-hai menurut gw ada yang belum dia munculkan, kayak menggantung (seperti peran Roh Kudus)

--> misalkan : Roh Kudus menyertai Yesus sehingga Dia menjadi manusia seutuhnya (diurapi) dan Tuhan Juruselamat (MisiNya), gitu gak sih kira2nya?

he he he gw masih belajar neh:)

 

salam kenal...

rafiqo's picture

@hai hai, sebaiknya ada koridor

pak hai-hai, apakah mungkin anda mencoba menilik secara "bebas" tapi masih dalam koridor Tritunggal (termasuk peran-Nya Masing2) dimana terlihat bahwa ada tingkatan yang berbeda antara Anak (Sebelum dan sesudah jadi Manusia) dan Bapa? kemudian apakah koridor bahwa "jangan menyebut nama Tuhan sembarangan" masih berlaku dalam penilikan ini?

 

sori neh kalau pertanyaan gw salah...:), maklum gw masih baru berseluncur di SS ini:)

 

salam kenal

hai hai's picture

@rafiqo, Koridor

rafiqo, koridor saya adalah ALKIAB. Saya ngagk peduli apakah Tritunggal atau TUnggal. Apa yang diajarkan Alkitab, itulah yang saya terima.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@hai hai, oh i see, thx

oh i see thx, menurut saya sih pak hai-hai ini mencoba menilik sesuatu tapi dengan artian yang lebih "luwes" & "tidak terkungkung" dan tidak juga menafsir:), tapi tetap dalam koridor apa yg tertulis di kitab.

ok thx u sudah menjawab pertanyaan saya,

btw jgn bosen2 klo saya tanya mau tanya2 ya:) thx u

tonypaulo's picture

jawaban klasik

tonypaulo, silahkan menggonggong terus! Udah lama BLOSAS (bloger sabda space) nggak melihat orang TOLOL seperti anda mengagul-agulkan KEBEBALANNYA dengan jumawa. Ha ha ha ha ha ..... HANYA orang TOLOL yang menanyakan pertanyaan=pertanyaan MUDAH. Ha ha ha ha ...

Orang pinter seperti hai hai tidak akan membuang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan TOLOL dari orang SOKTAHU yang bebal setengah mati. OTAKNYA berisi debu namun hatinya penuh DAKI, eh , dengki!

===

Hai mari jelaskan hal2 dibawah ini

1. siapa generasi terdaulu yang anda maksudkan? termasuk Pauluskah? termasuk Abrahamkah?

2. bagaimana caranya anda memverifikasikan sesuatu yang menurut anda TIDAK DIPAHAMI ole generasi terdahulu? sedangkan apa anda punya SEMUA DOKUMENTASI mengenai pemahaman generasi terdahulu?

3. anda mengerti arti KRISTUSkah? kok sama sekali tidak ada rahasia Kristus yang anda singkapkan disini? anda malah asyik ga karuan membahas YHVH ini dan itu? sedangkan KRISTUS itu artinya MESIAS, atau YANG DIURAPI?

jadi rahasia pengurapan apa yang anda ingin sampaikan? tidak ada sama sekali?

mari jelaskan eksposisi saudara dengan pondasi KEBENARAN ALKITAB SAJA

 

ah ternyata ini cuma pepesan kosong seorang yang haus akan pengakuan? ekspresi standar dari orang yang terlalu banyak mengalami penolakan

 

selamat menjadi penyesat dan pembual besar hai

:)

 

pertanyaannya tetap sama hai...saya tidak bertanya apakah saya tolol, bebal atau dengki kok?

kecuali anda yang adalah bin YHVH itu sudah membuka praktek paranormal?

nah kalau memang tidak ada jawaban terhadap pertanyaan mudah tersebut..yah saya juga tidak bisa memaksakan bukan? lagipula memang saya sangat paham kapasitas anda hanya sebatas itu kok?

yah teruskan kerja jahat anda, semakin banyak orang yang anda sesatkan semakin lebar space anda dilautan api yang kekal....(saya sudah memperingati anda loh hai, karena setidaknya saya yang menurut anda dengki ini sebenarnya masih berharap agar anda BERTOBAT)

 

:)

tonypaulo's picture

hai = raam punjabi?

penyataan hai-hai menurut gw ada yang belum dia munculkan, kayak menggantung (seperti peran Roh Kudus)

--> misalkan : Roh Kudus menyertai Yesus sehingga Dia menjadi manusia seutuhnya (diurapi) dan Tuhan Juruselamat (MisiNya), gitu gak sih kira2nya?

he he he gw masih belajar neh:)

 

salam kenal...

===

salam kenal juga

lucunya ini mirip sinetron Cinta Fitri yang sampai beberapa session ceritanya diputer2 ga karuan? hai ingin seperti raam punjabi?

dalam sebuah eksposisi konstruksi sebagai suatu pondasi harus kokoh ditancapkan, sehingga mau apapun dibangun diatasnya (dilanjutkan seri-serinya) akan memperjelas bangunan pemahaman sehingga timbul suatu pengertian yang sejati mengenai suatu hal

nah ketika pada awalannya saja pondasi itu "dari pasir" apa lagi yang harus "di tunggu"2?

:)

montox's picture

@Hai, YHWH/Elohim?

Maaf Gan Hai...

Saya check Kejadian 22:1. Disana dituliskan : 

Setelah semuanya itu Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya :"Abraham," lalu sahutnya, "Ya, Tuhan."

Allah di sini merujuk kepada Elohim (Yang Mahatinggi) bukan merujuk kepada YHWH (Cemburuan)... 

Saya sempet baca di salah satu blog Anda (tapi saya lupa di mana atau mungkin di bagian komentar) bahwa Abraham pasrah ketika YHWH mencobai dia, karena Abraham tahu YHWH adalah Allah yang Cemburuan... Kalo ngga dituruti YHWH ngambek blas, kalo dituruti mungkiiiinnnn masih ada harapan...

Tolong pencerahannya..

btw, link2 seri blog "Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu" ngga nyambung gan jadi saya kesusahan kalo mau membaca link blog sejenis... Kemudian taggednya juga sebaiknya diseragamkan.. Jika agan mau mengemukakan 1 genre blog-blog, maka jangan dikasih penomoran di taggednya...

Jangan blog no.1 dikasih tag : "Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu 1"

Jangan Blog no.2 dikasih tag : "Bengcu Mengungkap Rahasia Kristus Yang Tidak Dipahami Generasi Terdahulu 2" ... and so on....

Sebaiknya dikasih 1 tag aja jadi begitu click tagged nya langsung nongol semua blog yang se-genre... Misalnya : "Ini Rahasia Besar Kristus lhoooo"....