Submitted by handoko on

Kebiasaan/Tradisi Duniawi (familiar spirit)

Familiar spirit. Adalah suatu roh jahat yang mampu beradaptasi atau meniru suatu gaya hidup, perasaan/emosi dan kebiasaan yang dimiliki seseorang atau tempat atau daerah tertentu, sehingga sangat sulit dideteksi/dikenali kecuali dengan petunjuk RohKudus. Bagai “bunglon”.Contoh : suatu daerah yang selama puluhan tahun tidak pernah mengalami perubahan yang berarti, artinya ada suatu familiar spirit yang menguasai daerah tersebut, yang membuat komunitas yang ada di sana tidak pernah menghendaki perubahan. Mereka merasa nyaman dengan kondisi, situasi, kebiasaan hidup dan ritme kehidupan yang ada. Hal ini juga bisa terjadi dalam kehidupan pribadi. Berbagai prinsip kebenaran boleh kita ketahui, tetapi tidak akan pernah bisa menembus dan mempengaruhi kebiasaan-kebiasaan dan gaya hidup kita.Mari hayati Roma 12:2.   

 

Cara kerja familiar spirit dalam hidup seseorang :

1.Memanfaatkan latar belakang keluarga dan budaya setempat untuk mempengaruhi & membentuk karakter seseorang.

2.Memanfaatkan mentalitas untuk mengontrol atau menahan progresifitas hidup dan kemajuan.Jika kita dibesarkan dalam keluarga yang “low profile” (tidak suka menonjolkan diri), ketika menghadapi promosi atau diberi kesempatan untuk tampil, kita memiliki 1001 pertimbangan untuk dapat berkata “ya”.  RohAllah & Jesus bersifat progressif, akan membukakan kesempatan bagi kita untuk maju, untuk bertumbuh.

3.Memanfaatkan kegagalan masa lalu, ketakutan dan      gejolak emosi negative agar kita kehilangan setiap terobosan yang pernah dialami bersama Tuhan. Perlu kita mempelajari penyebab penurunan level rohani, perlu mempelajari kebiasaan hidup yang sering menjadi bumerang sehingga kita dapat mengalami perubahan hidup atau terobosan yang permanen.

4.Mempelajari dan memanfaatkan kelemahan menusiawi yang tidak kita tanggulangi, bagi roh jahat lainnya.

5.Memindahkan semua masalah penyakit & kutukan dari suatu generasi ke generasi berikutnya

Submitted by dennis santoso… on Wed, 2008-09-24 22:10
Permalink

duh... om handoko, pernah tau konsep alinea? itu adalah cara untuk memudahkan pembacaan suatu artikel sekaligus untuk lebih memberi penekanan pada suatu hal yang ingin ditekankan.

atau... artikel ini memang sengaja didesain sebagai hanya satu alinea saja?

 

ps.

hal serupa ingin saya tanyakan juga ke mantofa, tapi berhubung dia lebih sedikit artikelnya, well, nantilah, siapa tau "sadar" sendiri.

Submitted by gkmin on Wed, 2008-09-24 22:51
Permalink

salah satu alasan banyak orang Kristen tidak mau meninggalkan "Allah", dan menyebut Yahweh, adalah, "Karena dari dulu sudah begitu, dan tidak ada masalah".

Apakah ini juga gejala manifestasi familiar spirit?

gkmin.net -salatiga-jawa tengah

Submitted by hai hai on Wed, 2008-09-24 23:02
Permalink

Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. Roma 12:2

Saudara handoko, silahkan membaca ayat Alkitab yang anda gunakan untuk mendukung teori  yang anda ajarkan. Di mana hubungannya? Kalimat atau kata yang manakah dari ayat tersebut di atas yang mengajarkan keberadaan roh jahat  familiar spirit?

Apabila anda sedang mengajarkan ayat tersebut di atas, ajarkanlah dengan benar, bila mengajarkan wahyu baru, tolong jangan gunakan ayat yang tidak ada hubungannya untuk mendukung ajaran anda. Terus terang, setelah berkali-kali membaca tulisan anda, saya menilainya nggak ada juntrungannya.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Submitted by hai hai on Wed, 2008-09-24 23:07
Permalink

salah satu alasan banyak orang Kristen tidak mau meninggalkan "Allah", dan menyebut Yahweh, adalah, "Karena dari dulu sudah begitu, dan tidak ada masalah".

GKmin, kapan anda akan bertobat dan tidak sembarangan menyebar fitnah lagi? 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Submitted by jesusfreaks on Thu, 2008-09-25 08:12
Permalink

Dear handoko,
Sejak kamu nulis, saya terus kebingungan mencerna roh2 anehmu.

Gak usah aneh2 bro, gak usah anggap diri lo punya ilmu roh yang kayaknya bikin lo makhluk roh yang spesial pakai telor.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

Submitted by handoko on Thu, 2008-09-25 19:08
Permalink

Justru saya juga butuh kesaksian2 dari rekan2 agar bisa keluar dari familiar spirit.

Kita harus aksi, jangan hanya nunggu atau mengekor.
Aksi butuh keberanian, kekuatan, mintalah kepadaNya di dalam JESUS kristus.

Dunia ini penuh dengan tipuan, apakah kita akan menyerah dengan tipuan2 tersebut dan termasuk menyerah kepada ajaran2 manusia ?

Submitted by Debu tanah on Fri, 2008-09-26 09:26

In reply to by handoko

Permalink

Handoko menulis:

Familiar spirit. Adalah suatu roh jahat yang mampu beradaptasi atau meniru suatu gaya
hidup, perasaan/emosi dan kebiasaan yang dimiliki seseorang atau tempat
atau daerah tertentu, sehingga sangat sulit dideteksi/dikenali kecuali
dengan petunjuk Roh Kudus.

 

Deta:

Tampaknya, anda nih sepaham dengan Mujizat, yang menyalahkan roh jahat atas perbuatan mereka.

Menurut saya sih tidak ada dasar Alkitabnya (tidak Alkitabiah).

Apa anda bisa kasih argumen dan ayat2 pendukung? Tolong dicantumkan, lengkap dengan penafsiran anda.

 

Handoko juga menulis:

Justru saya juga butuh kesaksian2 dari rekan2 agar bisa keluar dari familiar spirit.

 

Deta:

Aneh juga ya, anda butuh saksi untuk mendukung TEORI anda? Ini kan tulisan anda?

 

Submitted by jesusfreaks on Fri, 2008-09-26 13:58
Permalink

Dear brother,

1. SIAPA YANG MENYALAHKAN ORANG LAIN ?
APAKAH KAMU YANG SAYA PERSALAHKAN.

2. YANG TIDAK MAU BELAJAR, KAMU ATAU SAYA ?
KAN SAYA ADA TANYA INI, TANYA ITU...KAMUNYA AZA YANG GAK JAWAB.

3. LO MAU JUAL KESEHATAN ABADI, LO MAU JUAL KESUKSESAN, LO MAU JUAL KEHEBATAN... GAK LAKU DISINI.
DISINI YANG ABADI, YANG HEBAT, YANG SUKSES CUMA TUHAN.
SEMUA MANUSIA DISINI MANUSIA GAGAL ,MANUSIA TERKUTUK, GAK TERKECUALI LO BESERTA SELUARUH KELUARGA LO, BESERTA SELURUH KETURUNAN LO, SEMUANYA MANUSIA GAGAL & TERKUTUK.

Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Submitted by Purnawan Kristanto on Fri, 2008-09-26 22:25
Permalink

Familiar Spirit
Tulisan Anda mendorong saya untuk menelusuri dalam berbagai literatur. Setelah membaca sana-sini dengan pengetahuan teologis saya yang amat terbatas, saya melihat ada ketidakcermatan dalam tulisan Anda:
Pertama, saya menangkap kesan dari tulisan Anda bahwa istilah "familiar spirit" ada di dalam Roma 12:2 dalam versi King James Versien. Yang saya punya adalah versi New King James Version. Setelah saya lihat tidak ada satu kata pun yang mengutip kata tersebut.
“And do not be conformed to this world, but be transformed by the renewing of your mind, that you may prove what [is] that good and acceptable and perfect will of God.” (Romans 12:2 NKJV)

Setelah saya search, kata tersebut memang digunakan pada ayat-ayat lain, seperti :
Imamat 20:27  roh peramal
1 Samuel 28:7  pemanggil arwah
1 Samuel 28:8  penenung
1 Tawarikh 10:13  petunjuk dari arwah
2 Tawarikh 33:6  pemanggil roh peramal
Lihat juga (Yesaya, Yesaya 8:19)

Maka saya pun merunut arti Pemanggil Arwah:
Menurut Esaton's Bible Dictionary: Pemanggil arwah atau penenung adalah orang yang berprofesi memanggul arwah orang yang telah mati untuk menjawab pertanyaan tertentu. Beberapa orang Ibrani, menyebut arwah ini sebagai jin botol. Kata yang digunakan setara dengan kata "pytho" dalam bahasa Yunani yang untuk menggambarkan roh merasuki seseorang “Pada suatu kali ketika kami pergi ke tempat sembahyang itu, kami bertemu dengan seorang hamba perempuan yang mempunyai roh tenung; dengan tenungan-tenungannya tuan-tuannya memperoleh penghasilan besar.” (Kisah 16:16)
Kata "familiar" sendiri berasal dari bahasa Latin "familiaris" yang berarti pembantu rumah tangga." Ini untuk menggambarkan bahwa juru tenung tersebut memiliki roh dari dunia lain yang selalu siap untuk menerima perintahnya (Lihat Eastwood and Wright’s Bible Word-Book).
 Dalam "Tafsir Kitab Imamat" yang ditulis oleh Pdt. Robert M. Paterson, dinyatakan bahwa berkonsultasi atau bertanya kepada orang-orang yang sanggup meramal masa depan adalah kebiasaan orang Kanaani. Praktik ini dilarang oleh Allah.  Raja Saul memang menyingkirkan pemanggil arwah dan roh peramal (1 Sam 18:3), tapi ketika krisis terjadi, dia mencari nubuatan dari Samuel (yang telah mati) dengan perantaran perempuan En-Dor (1 Sam 28:7-19).

Itu sebabnya ketika Anda merumuskan familiar spirit, saya meragukan dasar-dasar yang Anda gunakan untuk merumuskannya. Anda mengatakan: Familiar spirit adalah "suatu roh jahat yang mampu beradaptasi atau meniru suatu gaya hidup, perasaan/emosi dan kebiasaan yang dimiliki seseorang atau tempat atau daerah tertentu, sehingga sangat sulit dideteksi/dikenali kecuali dengan petunjuk RohKudus". Darimana Anda mendasarkan argumentasi Anda? Ayat manakah yang Anda rujuk?
Anda hanya menyebutkan ayat Roma 12:2. Berdasarkan ayat tersebut Anda kemudian menjabarkan cara kerja familiar spirit, yaitu dengan:
1.Memanfaatkan latar belakang keluarga dan budaya setempat untuk mempengaruhi & membentuk karakter seseorang.
2.Memanfaatkan mentalitas untuk mengontrol atau menahan progresifitas hidup dan kemajuan.
3.Memanfaatkan kegagalan masa lalu, ketakutan dan gejolak emosi negative.
4.Mempelajari dan memanfaatkan kelemahan menusiawi yang tidak kita tanggulangi, bagi roh jahat lainnya.
5.Memindahkan semua masalah penyakit & kutukan dari suatu generasi ke generasi berikutnya.

Saya ingin bertanya, bagaimana Anda bisa menguraikan menjadi begitu, padahal ayat tersebut tidak menyinggung sama sekali soal itu? Jangan-jangan Anda sendiri malah punya familiar spirit, sehingga Anda tahu dimensi lain dari ayat ini yang tidak saya tahu.
Akhirnya, saya mengambil kesimpulan sementara bahwa tulisan Anda ini tidak didasarkan atas riset yang sungguh-sungguh. Saya mendunga Anda hanya menulis ulang buah pikiran orang lain, tapi Anda tidak memahaminya secara utuh.

Purnawan Kristanto


Submitted by Purnawan Kristanto on Sat, 2008-09-27 08:18

In reply to by handoko

Permalink

Mohon Anda kutipkan ayat dari E-Sword tersebut. Saya masih berpendapat bahwa Anda menafsirkan di luar konteks. Dalam terjemahan versi-versi yang lebih dapat dipertanggungjawabkan, "familiar spirit" adalah arwah atau roh yang diundang oleh juru tenung/peramal, bukan seperti yang Anda maksud dalam Roma 12:2. 

Purnawan Kristanto


“If any man wishes to write in a clear style, let him be first clear in his thoughts; and if any would write in a noble

Submitted by hai hai on Sat, 2008-09-27 08:35
Permalink

Ha ha ha ... Pak Purnawan, daripada nanti anda kesal karena handoko bilang sory lalu menyuruh anda mencari di encyclopedia, lebih baik saya kasih tunjukin dulu dech, silahkan klik di sini.

Handoko, suatu hari Khonghucu memanggil salah satu muridnya yang paling ceroboh dan sok tahu, namanya Zilu (hokian Culo) lalu berkata:

Guru berkata, “You, kuberitahu apa itu tahu. Bila tahu katakan tahu, bila tidak tahu katakan tidak tahu, itulah tahu.” Lunyu 2:24 - Weizheng

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Submitted by jesusfreaks on Sat, 2008-09-27 09:17
Permalink

Lo berkta : Bila Anda sendiri bingung, jangan salahkan orang lain.
Bila Anda tidak mau belajar, jangan salahkan orang lain.

Gw berkata :
SIAPA YANG MENYALAHKAN ORANG LAIN ?
APAKAH KAMU YANG SAYA PERSALAHKAN.

Lo berkata : Yang menghambat Progress seseorang adalah FAMILIAR SPIRIT...

Firman berkata :
Yeremia 5:25. Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu.

Yesaya 59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

KALAU LO MASIH KURANG JELAS & MENGERTI...
MAKANYA BELAJAR, JANGAN SOK TAHU...
LO TUH GAK ADA BEDANYA SAMA ADAM & HAWA, MENYALAHKAN ORANG LAIN, MENYALAHKAN KEADAAN, MENYALAHKAN ROH-ROH ANEH.

PERNAH DENGAR ISTILAH PENG AKU AN DOSA, PERNAH DENGAR ISTILAH MENG AKU DOSA.
PERHATIKAN KATA "AKU", ARTINYA SALAHKAN UDELMU SENDIRI, SALAHKAN DIRIMU SENDIRI.

BANYAK BELAJAR MAS, TAPI GW RASA LO GAK AKAN NGERTI, GW RASA LO AKAN TETAP BANGGA DENGAN KE SOK TAHUAN LO, GW RASA LO BEBAL...

PERCAYA GAK PERCAYA, YANG MENGHAMBAT LO UNTUK MENERTI INI ADALAH DOSA-DOSAMU.

SEBAB ITU, BERTOBATLAH DAN JANGAN BERBUAT DOSA LAGI...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Submitted by Purnawan Kristanto on Sat, 2008-09-27 18:05

In reply to by handoko

Permalink

Ha..ha..ha...Handoko, Handoko....

Jawabanmu itu khas sekali orang yang kalah berdebat, kemudian menyalahkan Iblis.  Iblis pernah curhat kepada saya. Dia kesal karena sering dijadikan kambing hitam oleh orang yang emoh belajar, enggan mengakui kesalahan dan maunya gampang saja. Kalau berada pada posisi terpojok, maka senjata pamungkasnya adalah menyalahkan Iblis telah menguasai mitra debatnya. Padahal Iblis saat itu tidak memihak. Dia sedang netral....ha...ha...ha...... You are what you write

Purnawan Kristanto


Submitted by Purnawan Kristanto on Mon, 2008-09-29 11:54

In reply to by handoko

Permalink

Yaap!!! Saya memang provokator. Saya memprovokasi Anda untuk belajar sungguh-sungguh dan mempertanggungjawabkan tulisan Anda. Sejauh yang saya perhatikan, Anda tidak menanggapi wacana yang dibangun tetapi justru menyerang secara pribadi, dengan memberi berbagai label. Bagaimana Anda bisa melakukan "pembaharuan budi" kalau Anda defensif terus-menerus.

Purnawan Kristanto


Submitted by hai hai on Sat, 2008-09-27 18:41
Permalink

ha ha ha ... Handoko, suatu hari Khonghucu berkata kepada murid-muridnya:

Guru Berkata, “Belajar tanpa berpikir sia-sia, berpikir tanpa belajar, berbahaya” Lunyu 2:15 - Weizheng

Saya yakin, bila sempat mengenal anda, dia akan mengoreksi apa yang diajarkannya menjadi:

Belajar tanpa berpikir sia-sia, berpikir tanpa belajar, berbahaya. Nggak belajar dan nggak mikir, akan NGEJEBLAK seenak jidatnya.

Mungkin anda yang dimaksudkan oleh lagu dangdut, Biar GOBLOK asal SOMBONG? Ha ha ha ha ... Kecian dech Lu!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Submitted by jesusfreaks on Mon, 2008-09-29 14:46
Permalink

Sejak kapan orang kristen punya HAK ?
Kalau lo ngaku-ngaku punya HAK, lo bukan kristen, lo cuma belagu merasa memiliki hak.

di sini, perdebatan tidak mungkin terhindarkan, makanya kalau tidak mau berdebat, jangan JUAL TULISAN ANEH, jual aza kisah cintamu...atau kisah pekerjaanmu...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Submitted by jesusfreaks on Tue, 2008-09-30 10:44

In reply to by handoko

Permalink

Dear Handoko,

syukur dong berlebihan, biar sebagiannya BUAT KAMU.

lagian kamu itu aneh, katanya minta input, dikasih input, bilangnya gak mau berdebat. terus input itu mau kamu apa in.

SAYA TANTANG KAMU UNTUK BERARGUMENTASI, LAGIAN BERARTI KAMU NULIS ITU NGASAL...BEGITU DITANTANG...GAK BISA JELASIN...CARI SEJUTA ALASAN...

btw, hubungan kamu sama EDY apa ya ?

kamu kok mirip EDY banget...

ya tinggal tunggu waktu aza kamu stress kayak EDY...

 

 

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Submitted by edy on Tue, 2008-09-30 11:36

In reply to by jesusfreaks

Permalink

 

Kalo anda stres jangan dilemparin ke saya dong.

Saya baik aja kok.

Soal hubungan ya jelas saudara seiman sama seperti dengan kamu.

Silahkan berdebat lagi dengan Handoko, jangan stres JF. Preman klewer kok stres ?

Yg penting dijaga bahasanya pake bahasa manusia jangan bahasa binatang yg dipake.

GBU

Submitted by erick on Mon, 2008-09-29 15:36
Permalink

@ JF,
jual aza kisah cintamu...atau kisah pekerjaanmu...
( aku jadi malu, hi hi hi.....)

@ handoko, berbalas kata dengan kekerasan hati itu tidak baik. Jawablah pertanyaan yg ditujukan padamu dengan baik.
Pernah baca tentang Kain? Ia ditanya baik-baik "Di mana Habel adikmu itu?"
Jawab Habel : "Aku tidak tahu! Apakah aku penjaga adikku?"

Kolose 4:6
Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Submitted by handoko on Mon, 2008-09-29 15:49
Permalink

jual apa sih ? nggak di beli juga U nggak mati kan ?
nggak beli, U nggak dimarahin TUHAN kan ?

untung deh U punya ke malu an.

Submitted by handoko on Mon, 2008-09-29 21:24
Permalink

jawaban Lies TIDAK alkitabiah ?
jawaban tidak berdasarkan YESUS ?

Anda dan dia termasuk "grup salah"

Submitted by edy on Mon, 2008-09-29 22:41
Permalink

Ternyata di sini beneran ada kelompok - kelompokan toh.
Saya sudah lama merasa seperti itu. Tapi ngga ada yg ngaku sih.
GBU

Submitted by Liesiana on Mon, 2008-09-29 23:02
Permalink

Edy, kita kan satu kelompok.

Yah handoko, kalau saya salah berarti kau salah juga dong, kita kan satu kelompok.

Submitted by Liesiana on Mon, 2008-09-29 23:05
Permalink

Edy, kita kan satu kelompok.

Yah handoko, kalau saya salah berarti kau salah juga dong, kita kan satu kelompok.

Submitted by mujizat on Tue, 2008-09-30 01:10
Permalink

Back to topic. Ketika saya buka alkitab saya, familiar spirit itu memang terjemahan di dalam LAI berarti arwah. Atau ketika saya balik, "arwah" dalam alkitab LAI itu di dalam AV berarti "familiar spirit". Arwah juga ada yang menyebutnya dengan roh orang mati. Untuk jelasnya, ada beberapa macam roh yang akan saya sebut (kecuali Roh Kudus): 1. Iblis, alias Lucifer (hanya satu) 2. setan-setan atau roh-roh jahat (banyak, ada yg mengatakan 1/3 jumlah malaikat pemberontak, pengikut Lucifer)jenisnya macam-macam antara lain: roh perzinahan, roh percabulan, roh dusta, roh najis, roh peramal, roh tenung, roh kekacauan, roh bisu-tuli (Markus 9:25), roh bongkok (Lukas 13:11), roh pemecah belah (Galatia 5:20), dan masih ada lainnya lagi. Itulah kelompok roh-roh jahat. 3. familiar spirit = arwah = roh orang mati. Jadi, arwah berbeda dengan setan. Menarik melihat fenomena seputar arwah Samuel dimana suatu kelompok berpendapat bahwa itu adalah arwah Samuel, sementara kelompok lainnya berkata: itu setan yang menyamar sbg arwah Samuel. Saya tidak sependapat dgn sdr Dennis Santoso bhw jika ada dua hal berlawanan maka keduanya benar. Tetapi pastilah hanya satu yg benar. Kalau saya, pikiran saya sederhana saja. Apa yg alkitab katakan, percayai saja. Kalau Alkitab mengatakan: itu arwah Samuel, ya berarti memang arwah Samuel (sekedar pembanding saja). Saya juga tidak mengerti alasan sdr Handoko soal familiar spirit, itu diambil dari theologia mana? Jadi, menurut Anda, familiar spirit itu arwah ataukah setan? Mujizat.

Submitted by Penonton on Tue, 2008-09-30 10:08

In reply to by handoko

Permalink

Kepada Handoko,

 

Setelah saya membaca komentar anda yang terahir, perhatian saya tertuju kepada tulisan anda yang berbunyi:

Oleh karena itu saya terbuka bagi input yang membangun dan memperbaiki.

Saudara Handoko....atau apapun panggilan anda di Klewer....

Jika anda memang hendak belajar tentang ke-Kristenan maka salah satu contoh yang terbaik adalah mengikuti peta dan teladan Yesus.

Salah satu pengajaran yang saya dapatkan dari contoh teladan Yesus adalah pengajaran seseorang untuk TUNDUK di hadapan Bapa dan mengakui bahwa kita (manusia) merupakan mahluk yang penuh dengan keterbatasan dan tidak berarti di hadapan Tuhan Allah (YHWH).

Jika kita masih hidup dengan kesombongan dan mengandalkan kekuatan diri sendiri, maka akan sulit bagi manusia untuk dapat mengerti akan rencana dan Kuasa Bapa.

Anda mungkin dalam hidup ini mempunyai banyak kepahitan dan pertanyaan.Anda banyak mengalami kekecewaan dan mulai menyalahkan Tuhan.Anda mungkin sedang mencari-cari jawaban akan permasalahan yang anda hadapi, akan tetapi tetap menemui jalan buntu.

Jika anda benar-benar tulus di hadapan Tuhan, dan mau merendahkan diri di hadapan Tuhan serta mengakui dosa-dosa kesalahan anda, maka pada saat itu Tuhan akan mulai bekerja di dalam kehidupan anda.

Akan tetapi....

Selama anda belum bisa merasakan bahwa anda membutuhkan TUHAN, entah karena anda seorang yang mempunyai kelebihan materi, keberhasilan di bidang bisnis, atau kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat anda berbangga diri, maka anda akan sulit untuk dapat memahami rencana TUHAN.

Bagaimana keadaan anda?

Apakah anda masih merupakan seorang yang sangat membanggakan diri anda sendiri?

Atau...

Sebaliknya....sedang dalam keadaan hancur-hancuran dan sedang menjari pertolongan Tuhan?

 

 

 

From OZ....far...far...away..

Submitted by Penonton on Tue, 2008-09-30 10:09

In reply to by handoko

Permalink

Kepada Handoko,

 

Setelah saya membaca komentar anda yang terahir, perhatian saya tertuju kepada tulisan anda yang berbunyi:

Oleh karena itu saya terbuka bagi input yang membangun dan memperbaiki.

Saudara Handoko....atau apapun panggilan anda di Klewer....

Jika anda memang hendak belajar tentang ke-Kristenan maka salah satu contoh yang terbaik adalah mengikuti peta dan teladan Yesus.

Salah satu pengajaran yang saya dapatkan dari contoh teladan Yesus adalah pengajaran seseorang untuk TUNDUK di hadapan Bapa dan mengakui bahwa kita (manusia) merupakan mahluk yang penuh dengan keterbatasan dan tidak berarti di hadapan Tuhan Allah (YHWH).

Jika kita masih hidup dengan kesombongan dan mengandalkan kekuatan diri sendiri, maka akan sulit bagi manusia untuk dapat mengerti akan rencana dan Kuasa Bapa.

Anda mungkin dalam hidup ini mempunyai banyak kepahitan dan pertanyaan.Anda banyak mengalami kekecewaan dan mulai menyalahkan Tuhan.Anda mungkin sedang mencari-cari jawaban akan permasalahan yang anda hadapi, akan tetapi tetap menemui jalan buntu.

Jika anda benar-benar tulus di hadapan Tuhan, dan mau merendahkan diri di hadapan Tuhan serta mengakui dosa-dosa kesalahan anda, maka pada saat itu Tuhan akan mulai bekerja di dalam kehidupan anda.

Akan tetapi....

Selama anda belum bisa merasakan bahwa anda membutuhkan TUHAN, entah karena anda seorang yang mempunyai kelebihan materi, keberhasilan di bidang bisnis, atau kelebihan-kelebihan lainnya yang membuat anda berbangga diri, maka anda akan sulit untuk dapat memahami rencana TUHAN.

Bagaimana keadaan anda?

Apakah anda masih merupakan seorang yang sangat membanggakan diri anda sendiri?

Atau...

Sebaliknya....sedang dalam keadaan hancur-hancuran dan sedang mencari pertolongan Tuhan?

 

 

 

From OZ....far...far...away..

Submitted by hai hai on Tue, 2008-09-30 12:39

In reply to by mujizat

Permalink

Saudara Mujizat, Menurut saudara Handoko, istilah Familiar Spirit digunakan pada Roma 12:2 NKJV= New King James Version. Ketika di tanya lagi dia bilang ada di E-sword. E-sword adalah Alkitab Elektronik yang memuat berbagai versi terjemahan Alkitab. Pertanyaannya adalah Versi yang mana yang menggunakan kata "Familiar Spirit?" Karena baik E-sword maupun alkitab elektronik lainnya atau Alkitab dalam hard copy, bila versi terjemahannya sama, isinya selalu sama.

Namun sayang, handoko alih-alih mengaku salah malah ngejeblak seenak jidatnya. Itu tentu saja bukan prilaku ksatria, itu namanya menjilat ludah sendiri yang bilang terbuka untuk masukan dan nasehat.

Saudara Mujizat, anda bilang kata familiar spirit digunakan di dalam AV? Apa yang anda maksudkan dengan AV? Setahu saya tidak ada versi terjemahan bahasa Inggris yang menggunakan singkatan AV. Agar tidak timbul salah faham, kenapa anda tidak sebutkan versinya lalu kutip ayatnya sekalian supaya kita bisa membacanya bersama-sama?   

 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Submitted by Purnawan Kristanto on Tue, 2008-09-30 17:45

In reply to by hai hai

Permalink

Setahu saya, AV itu singkatan dari "Authorised Version". Berikut kutipan ayatnya, dan sekali lagi tidak ditemukan makhluk yang namanya 'familar spirit'.
“And be not conformed to this world: but be ye transformed by the renewing of your mind, that ye may prove what [is] that good, and acceptable, and perfect, will of God.” (Romans 12:2 AV)

Purnawan Kristanto


Submitted by dennis santoso… on Thu, 2008-10-02 16:10

In reply to by mujizat

Permalink

Saya tidak sependapat dgn sdr Dennis Santoso bhw jika ada dua hal berlawanan maka keduanya benar.

koreksi dikit: pak mujizat, tampaknya anda salah mengerti ucapan saya di link ini. biar tidak lebih bikin bingung, mari saya ilustrasikan:

tersebutlah ada kompas yang berisi arah angin: ada utara, selatan, barat dan timur. katakan lah "arah yang benar" adalah utara. maka, bila ada penganut "ajaran barat" dan "ajaran timur" yang keduanya saling berlawanan pun, tetep saja mereka salah (karena mereka tidak menganut "ajaran utara" - yang diasumsikan sebagai kebenaran tadi).

masalah nya dengan kita (orang kristen) adalah: walau Yesus disebutkan sebagai Kebenaran, tetapi dalam prakteknya, ajaran2 Nya bisa ditafsirkan sesuka hati penafsirnya. karena itu, menentukan mana ajaran yang benar, tidaklah semudah mengasumsikan seperti ilustrasi kompas yang saya sebutkan diatas.

cukup segitu saja koreksi dari saya. semoga pak mujizat minimal sedikit lebih paham tentang perkataan saya tadi. silakan dilanjutkan berantem nya :)

Submitted by jesusfreaks on Tue, 2008-09-30 10:47
Permalink

Dear EDY,

sekali lagi, izinkan gw menyambut lo.
WELCOME TO THE JUNGLE...
tadinya gw pikir lo akan survive, terlebih lagi lo pernah buat hai2 "menyerah".

hehehe...tapi kayaknya posisi mulai berbalik...

semoga survive ya...

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Submitted by y-control on Tue, 2008-09-30 15:59

In reply to by handoko

Permalink

grup orang salah? kalo grup orang salah tiga ada gkmin, clara anita, rah seto, siapa lagi ya? kalo grup orang salah siapa aja, ndok? 

HA HA HA!

Submitted by edy on Tue, 2008-09-30 15:58
Permalink

Saya juga merasa ada persekongkolan di sini. Tapi semua yg saya tanya tidak pernah mengakuinya.
Kalo dari dialog Edy dan Jf anda menyimpulkan ada persekongkolan, itu karena kecurigaan yg terbawa dari kebiasaan keluarga anda saja ( Familiar spirit ).
GBU

Submitted by y-control on Tue, 2008-09-30 16:10
Permalink

menurut saya, persekongkolan atau lebih tepatnya disebut aliansi itu biasa di dalam sebuah komunitas.. kalo merasa sepandangan lalu saling mendukung itu sangat biasa.. itu juga yg membikin komunitas bernama gereja. tapi kalau pun berhasil itu butuh proses. kalo mau liat prosesnya, coba aja perhatikan arsip2 lama.. selamat datang di komunitas klewer

HA HA HA!

Submitted by y-control on Tue, 2008-09-30 16:13
Permalink

menurut saya, persekongkolan atau lebih tepatnya disebut aliansi itu biasa di dalam sebuah komunitas.. kalo merasa sepandangan lalu saling mendukung itu sangat biasa.. itu juga yg membikin komunitas bernama gereja. tapi kalau pun berhasil itu butuh proses. kalo mau liat prosesnya, coba aja perhatikan arsip2 lama.. selamat datang di komunitas klewer

HA HA HA!

Submitted by handoko on Wed, 2008-10-01 19:19
Permalink

saya amati juga banyak yg berFUNGSI sebagai provokator tetapi TIDAK ditendang admin.
Para provokator ini memang punya kuasa di SS.

Byk peserta yg sopan dan lembut, namun... provokator2 ini sepertinya suka memamerkan kekuasaannya di SS ini atau istilahnya PREMAN ! Atau sebenarnya antikris yang pintar hafal alkitab.

Sebaiknya ADMIN lebih bijaksana terhadap para preman, sebaiknya diamankan saja.
Bagaimana pendapat rekan2 yang lain ?

Submitted by edy on Thu, 2008-10-02 15:49

In reply to by handoko

Permalink

 

Sepertinya anda terlalu cepat mengambil kesimpulan. 

Dari koment anda di atas tentang edy dan JF juga karena anda terlalu cepat mengambil kesimpulan. Saya bisa memastikan anda tidak benar dengan kesimpulan itu.

Atau karena anda lupa akan pengendalian diri anda ?

Kalau boleh tahu dari mana anda mendapatkan pengajaran FAMILIAR SPIRIT ini ?

Bisakah anda memberitahukan kepada saya, siapa pengajarnya ?

GBU

Submitted by edy on Tue, 2008-10-07 22:29

In reply to by handoko

Permalink

 

Bukan jawaban ini yang saya tanyakan.

Silahkan anda PM saya jika anda ingin menjawab yang sebenarnya.

GBU

Submitted by handoko on Wed, 2008-10-01 19:20
Permalink

untuk mendukung usul saya, sebaiknya ADMIN bikin tabel voting aja.
biar adil & bijaksana gitu ?