Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

All Truth is God's Truth---Tao Kebenaran

Vantillian's picture

Segala kebenaran adalah kebenaran Allah. Inilah kalimat yang pernah dijadikan judul buku yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. All Truth is God's Truth. Kalimat ini menyiratkan bahwa kebenaran adalah SATU. Kalimat ini juga menyiratkan bahwa kebenaran adalah BANYAK. Jadi, apakah kebenaran itu SATU atau BANYAK? Ataukah esensi kebenaran itu SATU namun pemahaman kita terhadap kebenaran itu yang BANYAK? Kalau seandainya pemahaman kita tentang BANYAKnya kebenaran itu benar, bukankah itu seharusnya kembali kepada SATUnya kebenaran?

Manusia bukan kebenaran, karena itu manusia senantiasa ingin mengerti apa itu kebenaran. Kebenaran yang dimengerti harus didasari oleh penyataan kebenaran. Tanpa penyataan, tidak mungkin kebenaran itu dipahami oleh yang BUKAN kebenaran. Wahyu tentang kebenaran adalah syarat mutlak manusia mengenal kebenaran itu sendiri. Apakah Allah mewahyukan kebenaranNya secara keseluruhan atau bertahap telah menjadi polemik dalam dunia teologi. Kita semua tentu akan setuju terhadap pernyataan bahwa ada sisi dari Kebenaran yang tidak diwahyukan kepada manusia. Ada hal yang tersembunyi bagi manusia. Tetapi segala yang diwahyukan, telah JELAS bagi manusia untuk dipahami. Dengan demikian, manusia selalu berusaha memahami, menafsirkan dan menjelaskan penyataan tentang kebenaran. Manusia berespon terhadap kebenaran. Hasilnya adalah suatu respon dalam bentuk ajaran maupun pengertian baik tertulis maupun lisan. Ada yang menyebutkan dalam bentuk agama dan kebudayaan.

Masalah yang paling besar adalah respon bagaimanakah yang paling mendekati kebenaran? Apakah respon terhadap wahyu umum dan wahyu khusus BERBEDA atau SAMA? Bukankah semua manusia telah mempunyai respon menindas kebenaran, sehingga tidak ada satupun yang berhak untuk mengenal kebenaran? Bukankah semua wahyu tentang kebenaran adalah wahyu yang akan menjadi hakim bagi manusia, bahwa tidak ada seorangpun yang mencari kebenaran itu sendiri? Sungguh ironis, mencari kebenaran sekaligus menindasnya. Itulah yang terjadi dengan ciptaan yang telah jatuh dalam dosa. Lalu bagaimana dengan pemahaman manusia itu sendiri dalam hubungannya dengan kebenaran? Bukankah wahyu itu telah nyata bagi manusia? Apakah manusia dapat memahaminya? Seandainya manusia tidak dapat mengerti, bagaimana mungkin manusia akan dihukum berdasarkan ketidaktahuannya? Manusia dapat mengetahui penyataan Allah di dalam alam. Ini jelas tertulis dalam Kitab Roma.

Roma
1:19 Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.
1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.

Pengetahuan tentang Allah akan menimbulkan berbagai interpretasi yang akhirnya memuncak kepada bentuk AGAMA dan ajaran kepercayaan. Lalu pertanyaan yang penting adalah, apakah ajaran agama memang menyiratkan adanya kebenaran pengetahuan tentang Allah? Apakah Allah Kekristenan juga dikenal SAMA dengan pengetahuan Allah agama lain? Apakah Allah menyatakan diriNYa juga kepada penganut agama lain? Bukankah Allah Tritunggal HANYA menyatakan diriNya dalam agama kristen? Untuk melacak hal ini, maka dibutuhkan studi tentang ajaran agama lain secara serius. Bukankah Alkitab telah CUKUP dalam menyatakan wahyu Allah kepada manusia? Bukankah Alkitab adalah standar tertinggi dalam pengujian segala pengetahuan tentang Allah? Benar sekali. Tetapi juga bukankah Allah telah menyatakan diriNya melalui alam? Apakah wahyu umum tersebut TIDAK mempunyai standar dalam pengenalan akan Allah? Apakah wahyu tersebut terlalu umum? Kitab Roma 1 jelas menyatakan sebaliknya. Allah dapat dikenal melalui ciptaanNya. Pertanyaannya adalah apakah Allah yang dikenal melalui wahyu umum adalah Allah Tritunggal? Allah yang sejati? Untuk menyelidiki hal tersebut, kita harus mencari dua hal yang paling penting :

Apakah Allah pernah menyatakan diriNya kepada bangsa-bangsa dalam sejarah PL dan PB? Apakah ajaran agama lain menyiratkan adanya konsep Allah Tritunggal dalam kitab sucinya dan tidak bertentangan dengan ajaran Alkitab? ( Sdr Hai-hai pernah menyatakan hal ini sebelumnya)

Di dalam sejarah bangsa Israel, Allah telah memperkenalkan diriNya sebagai Allah mereka. Allah bangsa Israel. Apakah itu berarti bahwa Allah TIDAK PERNAH dikenal oleh bangsa lain? Apakah itu berarti Allah TIDAK PEDULI terhadap bangsa lain? Apakah itu berarti YHWH milik eksklusif bangsa Israel? Allah telah memilih menyatakan diriNya melalui sejarah bangsa Israel secara bertahap. Karena itu kita dapat mempelajari tentang sifat Allah yang sejati dalam Kitab PL dan PB. Apakah dengan demikian, maka Allah tidak pernah menyatakan diriNya kepada bangsa lain? Bagaimana posisi wahyu umum Allah dalam wilayah ini? Apakah wahyu khusus dalam hal ini mempunyai derajat yang lebih TINGGI dalam pengenalan akan Allah? Wahyu Allah itu SATU. Tetapi wahyu Allah itu juga BANYAK. Apakah yang BANYAK bertentangan dengan yang SATU? Tentu saja tidak. Wahyu Allah baik umum maupun khusus adalah SATU. Tidak ada perbedaan derajat. Semua wahyu mempunyai otoritas yang sama. Tetapi pengetahuan wahyu Allah HARUS diuji oleh standar pewahyuan Allah yang paling tinggi, dalam hal ini adalah Alkitab.

SEGALA KEBENARAN adalah KEBENARAN ALLAH

Kebenaran itu SATU. Kebenaran itu BANYAK. Dan pada akhirnya akan kembali kepada SATU. Itulah konsistensi kebenaran. Itulah mengapa semua pemahaman dan sistem teologi harus diuji oleh konsistensi kebenaran. Mengganggap suatu sistem teologi apalagi ajaran satu orang sebagai suatu kebenaran yang tak terbantahkan merupakan suatu sikap kesombongan. Sistem teologi mesti menguji diri dalam kerangka konsistensi kebenaran. Menganggap sistem teologi tertentu sebagai hasil iluminasi dari Allah adalah bertentangan dengan konsistensi kebenaran itu sendiri. Dua hamba Tuhan bisa sama-sama mengklaim menyatakan kebenaran, padahal keduanya saling bertentangan. Karena itu, dua-duanya harus melewati uji konsistensi.

Mari kita bandingkan ketika ada dua pengkhotbah yang sedang menjelaskan Firman Tuhan. Bukankah keduanya akan menyatakan bahwa mereka sedang memberitakan Firman Tuhan? Firman Tuhan yang bagaimana? Apakah kata-kata mereka yang berbeda dengan ayat Firman BUKAN firman Tuhan? Apakah kata-kata mereka yang ketika mengutip ayat Firman baru bisa disebut Firman Tuhan? Kita tentu akan menyatakan bahwa yang penting adalah pernyataan mereka tidak bertentangan dengan keseluruhan Alkitab. Kalau keduanya menyatakan satu perikop ayat dari dua sisi yang berbeda, kita akan menyatakan mereka sedang memberitakan Firman Allah. Kebenaran itu BANYAK, tetapi diuji oleh SATU dan akan kembali kepada yang SATU. Tetapi bagaimana bila dua pengkhotbah menyatakan hal yang sebaliknya? Satu memberitakan A, yang lain memberitakan B, bagaimana kita bisa mengujinya? Kembali kepada SATU-BANYAK tadi. Yang mana standarnya? Tentu SATU Alkitab.

Pertanyaan yang lebih mendalam adalah bagaimana kalau ada pernyataan kitab suci lain yang SAMA ( struktur maupun arti) dengan pernyataan Alkitab? Apakah kita bisa menyatakan bahwa kitab suci lain juga memuat Firman Tuhan? Apakah itu bisa berarti bahwa ada BANYAK kebenaran DILUAR kebenaran SATU Alkitab? Apakah itu bisa berarti BANYAK kebenaran itu akhirnya mempunyai esensi yang sama dengan SATU kebenaran? Bukankah remah-remah roti mempunyai esensi yang sama dengan roti aslinya? Bukankah remah-remah roti tersebut adalah BANYAK kebenaran yang pada akhirnya adalah bagian dari SATU kebenaran sejati?

Matius
15:22 Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita."
15:23 Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak."
15:24 Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
15:25 Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
15:26 Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing."
15:27 Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya."
15:28 Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

Bukankah keselamatan itu adalah melalui iman? Dan iman itu adalah anugerah? Bukankah dari cerita di atas menyiratkan adanya iman dalam remah-remah roti kebenaran? Segala kebenaran adalah kebenaran Allah. Kalimat ini sering diaplikasikan dalam kesimpulan teori sains maupun teori logika, namun seringkali tidak berlaku bagi ajaran DI LUAR kekristenan. Apakah masih ada kebenaran remah-remah yang tersisa dalam sejarah bangsa-bangsa selain bangsa Israel? Seandainya masih ada remah-remah, apakah mempunyai kesetaraan yang sama dengan roti aslinya? Seandainya Allah memberikan remah-remah bagi bangsa lain, apakah itu berarti anugerah keselamatan berlaku bagi bangsa lain tanpa perlu mengenal roti aslinya?

NB : Blog ini ditulis sebagai bahan perbandingan untuk tulisan Sdr Hai-hai, MISTERI DUA JALAN KESELAMATAN.

jesusfreaks's picture

@vantilian : mana menguji mana ?

HaiHai bilang, kitab sampahnya menguji alkitab ? Kamu bilang, alkitablah yang menguji kitab sampah ? Jadi mana menguji mana ? Setelah diuji, TERUS MAU DIAPAIN ? Saya lihat, kamu menulis blog ini dengan tidak serius dan atau tidak matang. Sekedar nice to write. Sayang beribu sayang. Karena agak menimbulkan kebingungan. Soal wahyu umum n wahyu khusus, ada baiknya kamu dalami dulu, sebelum asal ngejeblak SATU ADALAH BANYAK. Bisa jadi itu benar, tapi kamu menulisnya dengan garing. Dimanakah kesetaraan derajat alam semesta (wahyu umun) dgn Yesus Kristus (wahyu khusus) ? Dimanakah kesetaraan animisme atau dinamisme dengan kekristenan ? Salahkan orang menyembah roh nenek moyang ? Salahkah orang menyembah pohon ? Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, mana menguji mana?

JF, saat ini komentar anda menguji tulisan saya. Seandainya tulisan saya benar, lalu komentar anda adalah sampah? Seandainya tulisan saya salah, lalu tulisan saya adalah sampah? Mana menguji mana? Kalau anda perhatikan dengan baik, bukankah tulisan saya bisa juga menjadi penguji tulisan Hai-hai? Mungkin masih terlalu ngambang bagi yang lain, tapi saya sedang mencoba menguji tulisan Hai dari remah-remah kebenaran YANG LAIN. Kalau tulisan saya tidak tahan uji, bukankah anda harus mengupasnya? Kalau anda sudah mengupas, apakah tulisan anda menjadi tahan uji? Tentu tidak, tulisan anda akan diuji oleh Alkitab. Lalu pemahaman Alkitab yang anda ajukan apakah merupakan kebenaran itu sendiri? Tentu tidak, lalu pemahaman yang bagaimana yang alkitabiah? apakah JF, Hai, Vant penentunya? Atau fundamentalis? Bagaimana mengetahuinya? Bukankah ini seperti satu sistem tertutup?

Mengenai wahyu umum dan khusus, tentu saja saya harus terus mendalaminya. Itulah mengapa saya menulis percikan tulisan saya terlebih dulu. Wahyu kebenaran itu MUTLAK benar, tetapi RESPON manusia yang akhirnya harus dipertanyakan. Nah, animisme, dinamisme itu semuanya adalah RESPON manusia. Saya tidak pernah menyatakan ajaran demikian benar. Apakah kitab Tiongkok mengajarkan animisme dan dinamisme? Dulu saya berpikir iya, tetapi setelah Hai-hai menjelaskan dari tulisannya, ada baiknya kita menguji dan mencari tahu apakah Kitab Tao itu animisme/dinamisme? Atau apakah terjadi distorsi dalam pemahaman orang Tiongkok? Mungkin anda bisa mengulasnya?

jesusfreaks's picture

@vant : bwi hi hi hi

Kalau kita sama sama gak peduli, jangan dibahas dong, soal kitab tiongkok. Kasihan mereka yg standar kitabnya kitab tiongkok. Bukankah ini semua kebelaguan haihai yg ngotot nyambung nyambungin kitab tiongkok dng alkitab. Lalu dgn belagunya suruh kita pelajari kitab tiongkok. Sudahlah jangan memperkeruh suasana. Biarkan kitab tiongkok tenang. Si smart ass haihai jg harus sadar, bahwa kita gak paham kitab tiongkok, dan peduli iblis dgn kitab tiongkok. Kitab mana lagi yg akan jadi korban dgn kelakuan gak tahu diri model si haihai.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, ujilah sampah itu...

JF, anda nulis :

Kalau kita sama sama gak peduli, jangan dibahas dong, soal kitab tiongkok. Kasihan mereka yg standar kitabnya kitab tiongkok. Bukankah ini semua kebelaguan haihai yg ngotot nyambung nyambungin kitab tiongkok dng alkitab.

Pernyataan anda di atas sudah pernah saya pakai untuk  tarung dengan iah-iah di ICN. Saya memakai jurus ini. Tetapi kemudian di SS, hai-hai menuliskan jurus baru. Kalau ada satu ajaran dari luar Alkitab masuk ke SS, bukankah kita harus mengujinya dengan standar disini? Daripada sekedar menyatakan sampah. Menurut saya, ujilah sampah itu SUPAYA yang sampah benar-benar ketahuan sebagai sampah. Bagaimana JF?

jesusfreaks's picture

@vantilian : kamu keterlaluan

Dimana hormat kamu kepada kitab lain. Kenapa kita harus permalukan kitab lain. Kitab sendiri aza masih gak gablek, mau smart ass membuat kitab lain jadi sampah. Kamu ternyata gak ngerti maksud saya. Kitab lain sampah disini atau buat gw, BUKAN BERARTI KITAB ITU SAMPAH. YESUS KRISTUS TUHAN BUAT GW, KALAU ORANG LAIN BILANG BUKAN, YA TERSERAH DIA. Se simple itu bro.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, saya memang keterlaluan

JF, saya memang keterlaluan jika membandingkan kitab suci lain dengan Alkitab. Tapi tentu saja bukan untuk mempermalukan kitab suci/agama lain. JF, hubungan antar agama lambat laun pasti akan menyinggung topik yang ini. Katakanlah agama kristen ( atau lebih baik IMAN kristen) adalah SATU-SATUNYA jalan ke surga. Atau satu-satunya untuk selamat sampai ke surga HANYA melalui YESUS yang diberitakan oleh agama kisten. Maka kita akan menghadapi 3 kemungkinan ( setidaknya menurut Vant):

1. Agama lain adalah SALAH TOTAL, karena memang tidak ada hubungan sama sekali dengan keselamatan kekristenan.

2. Agama lain ada BENAR SEDIKIT, karena ada kebenaran yang MIRIP dengan agama kekristenan. Tetapi hanya kekristenan yang PALING benar.

3. Agama lain SETARA dengan agama kristen, dalam arti yang diajarkan agama lain JUGA benar total, meskipun bertentangan dengan ajaran Kristen. . Jadi ada banyak jalan menuju ke surga.

NB : Agama lain bisa juga kita pahami dengan iman kepercayaan DILUAR kekristenan.

Nah, JF, mana yang lebih keterlaluan jika kita memilih no 1 atau no.2? Tentu saja kita tidak berhak mengkotak-kotakkan begitu. Tapi bukankah kita harus memikirkan hal ini dengan serius? Mengganggap kekristenan satu-satunya yang benar tanpa menghiraukan ajaran lain, berarti memilih option pertama. Soal mempermalukan atau menghina ajaran agama lain saya rasa cuma terlalu berlebihan. Atau istilah anda smart ass. Bagaimana JF?

jesusfreaks's picture

@vantilian : sedangkal itu kah ?

Wah saya terheran heran dgn dangkalnya seorang vantilian mengenai konsep keselamatan ataupun kekristenan. Apakah keselamatan itu kekristenan (dalam hal ini agama) ? Ataukah keselamatan itu adalah iman kristen (respon manusia atau anugerah) ? Jujur saya makin bingung dgn pemahaman kamu, soal Yesus Kristus sebagai satu satunya jalan. Kenapa begitu sulit memahami kedaulatan dalam hal keselamatan. Kenapa begitu sulit memahami kristus sebagai satu satu nya jalan.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Vantillian's picture

JF, justru saya yang ingin bertanya

JF : Apakah keselamatan itu kekristenan (dalam hal ini agama) ?
Ataukah keselamatan itu adalah iman kristen (respon manusia atau anugerah) ?

Justru saya ingin bertanya : menurut anda, siapa yang mendapat anugerah? Hanya yang beragama kristen yang mendapat anugerah? Atau hanya dari bangsa Israel? hehe...JF, dangkal-dangkal tapi lu mesti jelasin juga donk...Sekalian bantah mengenai 3 option saya di atas. Sekedar bisa ngomong sampah atau smart ass, siapapun bisa.

Lady_silent's picture

@ JF PICIK dan DENGKI

@ JF Manusia Picik Berhati Dengki

Saya sudah pernah peringatkan anda untuk tidak sembarangan menyebut kitab agama lain SAMPAH

Jika kitab tiongkok adalah sampah berarti Alkitab yang kamu baca itu juga SAMPAH

Karena apa yang diajarkan Alkitab juga diajarkan di dalam kitab tiongkok kuno

jika memang belum pernah belajar kitab tiongkok lebih baik TUTUP MULUT dari pada BACOT SEMBARANGAN!!!

ada kesamaan antara pemahaman kamu dan pemahaman teroris...

 

salam lady silentt

__________________

Love n Peace Lady silent

jesusfreaks's picture

@ladysilent : kitab tiongkok sampah

Bwi hi hi hi Silahkan bawa kitab sampah dari sini. Disini kitab tiongkok adalah kitab sampah. Kamu aneh, kenapa disini jarang bahas kitab lain, ya karena disini standarnya alkitab. Makanya jangan bawa kitab aneh ke sini. Sama juga alkitab, tidak akan dibawa ke kitab lain. Kalau gak paham, jangan sok paham. Kalau gak ngerti, jangan sok ngerti. Kalau cuma bisa asal ngejeblak, jangan ngejeblak. Jangan memfitnah, jangan mengadu domba. Bertobatlah, biar gak tersesat. Bwi hi hi hi

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@JF, Tong Kosong

Tong kosong nyaring bunyinya, itu kodrat. Tong sampah nyaring bunyinya, itu JF.

Dalama kita berteman coy, jurus anda udah kebaca semuanya. ciptain jurus baru dong!

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : kitab tiongkok sampah disini

Dimata kamu mungkin tong kosong beda dengan tong isi, apalagi dgn stephen tong ataupun dgn tong kol. Saya gak pernah punya jurus. Bwi hi hi hi Sejak kapan saya punya jurus. Payah masa gak kenal. Silahkan bawa kitab tiongkok keluar dari sini. Jangan kamu membuat kitab itu jadi sampah, hanya karena smart ass mu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

JF, Garbage In, Garbage Out

JF, pernah dengar pepatah:

Garbage In, Garbage Out

Semua yang dimasukan ke tong sampah adalah sampah. Itu sebabnya anda bilang kitab Tiongkok kuno adalah sampah karena anda TONG SAMPAH.

ho ho ho ho ho ...

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : rela jadi tong sampah

Paling gak kamu sudah menyatakan bahwa kitab tiongkok sampah disini. Saya sih rela rela aza, jadi tong sampah buat nampung kitab kitab sampah. Saya usahakan menampung sampah sampah buatanmu deh. Seperti yg saya bilang, seribu seri kitab sampahmu akan saya tunggu dan tampung. Bwi hi hi hi

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

Debu tanah's picture

@ Vant, tulisan ngambang

Terus terang... dan terang terus.. blog ini terasa ngambang.. Sama aza dengan blog si Hai hai yang anda linkkan itu.

Silakan tanggapi komentar JF, cukup mengena dan menohok tuh.

Tambahan dari saya:

Melalui Alkitab kita tahu sekalian manusia adalah SESAT didalam KEGELAPAN dunia. Itu sebab Yesus berkata "Akulah TERANG dunia".

Lalu Hai hai berkata "MING artinya TERANG", walau plintat-pintut mengatakan antara bahwa MING adalah TERANG adalah Yesus dan bahwa orang Tiongkok menyebut tuhan mereka "MING" yang artinya "TERANG".

Silakan jelaskan inti dari blog ini, dan darimana REFERENSI nya supaya jangan seperti kejadian dalam blog Hai hai, setelah RIBUT-RIBUT satu pasar, ternyata intinya sama saja. Hahaha....

NB:

Saya tidak mau menyimpulkan terlebih dahulu maksud blog ini. Karena Hai hai dan Vant selalu mempunyai PENGERTIAN YANG AJAIB BIN - TILAN.  Hahahaha..

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu tanah, Sibuta

Si pincang ngedumel, "Jalanan KOK nggak rata sich!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, masih capek ya?

Kelihatan anda masih capek ya Om? Komentar hanya sebaris tok, gak nyambung pula! Hehehe...

 

Kita lihat aza jawaban si Vant, apa dia itu lebih pinter atau lebih goblok dari anda ? Hahahaha...

 

NB:

Ayo Vant, tunjukin taring mu (kemampuan kamu) !!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Deta, Apes Tenan

Kita lihat aza jawaban si Vant, apa dia itu lebih pinter atau lebih goblok dari anda ? Hahahaha...

Orang yang jiwanya PICIK, hatinya DENGKI dan pikirannya DEGIL mulutnya busuk seperti bangkai tikus, hatinya dipenuhi rancangan-rancangan jahat untuk mencelakai dan menyakiti orang lain.

Kalimat-kalimat  yang diucapkannya penuh KEDENGKIAN. Kalimat-kalimat yang diucapkannya menunjukkan betapa DEGILNYA hatinya.

Orang-orang demikian MENENTANG kebenaran dan selalu MENDAKWA manusia seolah dirinya TUHAN.

Bila bertemu orang-orang demikian, cuman dua kata, "APES Tenan!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Hai, benar-benar masih capek

Benar-benar masih capek ya Om? Capek tenan toh? Kok cuman copy paste komentar sebelumnya. Hahaha..

Mbok kl masih capek istirahat dulu... ingat kemampuan diri sendiri.. Mbok TAHU DIRI gitu. Biarkan saja kita yang muda-muda aza bertarung Om, anda duduk istirahat sambil nonton aza? Hahaha..

Udah dulu ya Om, anda istirahat dulu sambil nonton, saya kerja dulu. Kita tunggu jawaban si Vant: PINTER atau GOBLOK.. Hahaha..

 

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Debu Tanah, Main Gitar

Debu Tanah,banyak orang yang belajar gitar menganggap enteng pelajaran dasar bermain gitar. Posisi duduk yang benar, posisi gitar yang benar, posisi tangan yang benar, cara memegang gitar yang benar, cara memencet senar gitar yang benar dan cara memetik senar gitar yang benar.

orang-orang demikian berpikir semakin cepat bisa memainkan lagu adalah bukti kehebatan mereka bermain gitar. Orang-orang demikian pada awalnya menuai banyak pujian, namun pada batas tertentu prestasi mereka STOP. Bukan hanya stop, namun semakin RAJIN berlatih, kemampuan main gitar mereka semakin menurun. ANEH sekali, semakin KERAS berlatih, kemampuan main gitar mereka semakin MENURUN.

Anda tahu kenapa? Karena teknik mereka bermain gitar SALAH. Semakin keras berlatih, kesalahan mereka semakin nyata, semakin keras berlatih, semakin SALAH. 

Saya tidak bisa main gitar, itu sebabnya ketika memberitahu teman-teman tentang kebenaran demikian mereka bilang saya sok tahu. Namun, seumur hidup saya, saya sudah melihat banyak sekali BAKAT-BAKAT bagus yang TERSIA-SIA karena mereka MENOLAK untuk memahami kebenaran demikian. 

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Vantillian's picture

Deta, inti blog Vant

Deta, terima kasih sudah menguji blog saya. Inti blog saya adalah Segala kebenaran adalah kebenaran Allah. Cukup simple dan mudah dimengerti. Apakah ada kebenaran di luar AGAMA kristen? Lalu bagaimana dengan ilmu lain yang TIDAK terdapat dalam Alkitab? Bagaimana anda menetapkan standar kebenaran? Silakan dipikir dulu...OK?

Pniel's picture

@JF, Vant hanya..

JF, kalau anda amati tingkah Vant disini dan kenapa dia menulis blog ini dimana itu tersirat dalam tulisannya diatas, maka anda akan mengerti bhw Vant hanya ingin membuktikan dgn tergesa-gesa (overreaction) bhw dia bukanlah pengekor Hai Hai (sepaham) dan dia seorang apologet reformed yg handal dan satu-satunya didunia.

Makanya tak heran kalau anda menganggapnya ga serius atau tidak matang.

Iron sharpeneth iron

__________________

You have made us for Yourself O Lord and our heart is restless until it rests in You.

Vantillian's picture

Pniel...Ho...Ho...

Pniel, saya sudah sering tulis : Jangan main prasangka kawan, Kalau anda punya kemampuan reformed dari Hongkong, kenapa anda tidak berani mengupas ketidakbenaran tulisan blog saya di atas? Ho..Ho...Kenapa anda bertingkah seperti dukun anak kecil? Seorang apologet reformed tidak bermain prasangka. Bukankah teologi reformed MAMPU menguji semua ajaran yang menyimpang, karena dia sendiri TAHAN UJI? Tentu saja anda tidak mampu, karena reformed anda dari Hongkong. Atau anda tidak mengerti tulisan blog saya di atas? Ho..Ho...

hai hai's picture

@Pniel, Hati .... Hati hati

JF, kalau anda amati tingkah Vant disini dan kenapa dia menulis blog ini dimana itu tersirat dalam tulisannya diatas, maka anda akan mengerti bhw Vant hanya ingin membuktikan dgn tergesa-gesa (overreaction) bhw dia bukanlah pengekor Hai Hai (sepaham) dan dia seorang apologet reformed yg handal dan satu-satunya didunia.

Orang yang jiwanya PICIK, hatinya DENGKI dan pikirannya DEGIL mulutnya busuk seperti bangkai tikus, hatinya dipenuhi rancangan-rancangan jahat untuk mencelakai dan menyakiti orang lain.

Kalimat-kalimat  yang diucapkannya penuh KEDENGKIAN. Kalimat-kalimat yang diucapkannya menunjukkan betapa DEGILNYA hatinya.

Orang-orang demikian MENENTANG kebenaran dan selalu MENDAKWA manusia seolah dirinya TUHAN.

Bila bertemu orang-orang demikian, cuman dua kata, "APES Tenan!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

whoislikegod's picture

aletheia

Manusia hidup mencari kebenaran...

Kebenaran apakah?

Apakah kebenaran?

Dengan hikmatnya disusunlah suatu kebenaran

Kebenaranku adalah agamaku!

Bah! Dirimu bukanlah diriku!

Kebenaranmu itu dan kebenaranku ini!

Inilah agamaku.

Berkoarlah kalian berdua...

Huahahaha....

Aku tertawa karena Anda berdua...

Berbicara kebenaran???

Akulah kebenaran.

karena aku sang pencari kebenaran.

Kebenaran telah kutemukan

Dan agama kuciptakan.

Aku adalah Aku..

Tak berbapa tak beribu..

Tidak ada penyebab Aku..

Akulah sebab dari semua yang ada

Tentunya juga penyebab kebenaran.

Kalian mencari  yang adalah Kebenaran?

Akulah kebenaran?

Kebenaranku adalah kebenaran kalian??

Kebenaranku adalah Kebenaran

Kebenaranku adalah satu

dan tidak sama dengan kebenaran kalian.

Kebenaranku adalah satu!!!

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

Vantillian's picture

Wilg, anda berbicara mewakili siapa?

Wilg, komentar anda mewakili anda? Atau Aletheia?

whoislikegod's picture

Vantilan

hah! emang ada blogger dengan nick Aletheia? Wah ga tahu tuh.. sori sori kalau ada? Aletheia itu cuma judul komentarku, karena kan blog Anda berbicara tentang kebenaran

·siapa seperti Allah?·

__________________

·siapa seperti Allah?·

KEN's picture

Vantillian

It's genius, seriously. Maksud saya blog Anda.

Vantillian's picture

Ken, thanks....

Ken, thanks untuk apresiasinya..Gbu...

alvazez's picture

@ Vantillian

Vantillian :
tetapi setelah HAI-HAI MENJELASKAN DARI TULISANNYA, ada baiknya kita menguji dan mencari tahu apakah Kitab Tao itu animisme/dinamisme?

Alvazez :
Perasaan dari tulisan hai-hai tidak mengupas kitab Tao, tapi justru mengupas Alkitab mengenai domba yg lain, pintu dll.

Sebenarnya dari blog sebelah sudah sering disemboyankan kalo hai2 menguji Alkitab dgn kitab Tiongkok tapi kok aku sendirian yang nggak melihatnya, tolong diberitahu ya soalnya bener2 gak tau.
 

Vantillian's picture

Alvazez...

Alvazez, tujuan saya menuliskan blog ini untuk menguji pemikiran Hai-hai. Kalau seandainya pemikiran Hai-hai ibarat emas, bukankah kita harus mati2an mengujinya dengan api sebelum kita terima? Seandainya hanya KAYU, maka itu akan terbukti sebagai sampah. Hai-hai memang tidak memakai standar kitab Tao sebagai standar. Tetapi Hai-hai memakai standar pemikiran yang "tidak lazim". Tugas kita adalah menunjukkan bahwa pemahaman Hai adalah kayu, atau malahan adalah emas murni?

Menguji Alkitab dengan pemikiran lain adalah hal yang wajar. Bukankah Alkitab kita bertahan karena menghadapi segala macam filsafat dan pemikiran gila dari para filsuf, akademisi, ateis dsb? Mengapa harus takut dan sewot dengan pemikiran Hai2? Kalau tidak mampu menunjukkan dimana sampahnya pemikiran Hai2, bukankah kita mesti belajar lagi dan memikirkan jurus yang lain? Atau kita hanya bisa memaki seperti beberapa blogger yang lain? Memaki tanpa mematahkan itu tandanya tak berdaya lagi.

alvazez's picture

@ DETA

deta :
dan darimana REFERENSI nya supaya jangan seperti kejadian dalam blog Hai hai, setelah RIBUT-RIBUT satu pasar, ternyata intinya sama saja. Hahaha....

alvazez :
Aku baru dari blog hai2,  kata2 sedang RIBUT-RIBUT satu pasar waktu kamu mengumbar dan memamerkan siapa lo sebenarnya gua ngerti.
Yang gua gak ngerti  :  ternyata intinya sama saja. Hahaha....  maksudnya inti gimana ??

 

Debu tanah's picture

@ Alvazez, inti blog Hai hai

Halo Alvazez,

Baca SINI.

Hai hai kan bilang bahwa ada 2 jalan keselamatan, sampai berseri-seri gitu.
Dalam blog yg saya linkkan itu  Hai berkata:

Hanya ada SATU Pintu dan hanya ada SATU gembala, namun ada DUA nama. Kita menyebut-Nya Mesias, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menyebut-Nya Gembala, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menamai-Nya Yesus Kristus, bangsa Tiongkok kuno menamai-Nya Ming (terang).


Pengertian saya: Sembahan orang Tiongkok adalah TERANG = YESUS.

Menurut kamu apa arti kalimat di atas? Terus beliau meralat:


Lha saya tidak membuat statetment JE tapi memberi tahu bahwa orang TIonghua memberi nama Tuhan yang mereka sembah dengan nama Ming, artinya terang. Ini lho tulisan saya:


Hanya ada SATU Pintu dan hanya ada SATU gembala, namun ada DUA nama. Kita menyebut-Nya Mesias, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menyebut-Nya Gembala, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menamai-Nya Yesus Kristus, bangsa Tiongkok kuno menamai-Nya Ming (terang).


Kemudian Hai berkata lagi:


Bila anda DENGKI karena Tuhan menyatakan diri-Nya kepada bangsa Tiongkok kuno sebagai Tian, Di, Shangdi, Ming alias Tianming, tolong jangan protes ke saya. Proteslah kepada Tuhan! Saya tidak mengajarkan hal baru, saya hanya meneruskan apa yang diajarkan oleh kitab-kitab kuno itu. Mau tahu kitab-kitab kuno itu? Alkitab dan kitab-kitab Tiongkok kuno.


Dalam kalimat diatas Hai ngomong lagi bahwa TUHAN yang benar (tentu YESUS) juga menyatakan diri pada orang Tiongkok!

Jadi kesimpulan sebenernya HANYA ADA SATU JALAN, tapi Hai hai cuman bikin SENSASI supaya blognya laris, seolah-olah ada 2 jalan tapi hanya 1 jalan. Ngomong nya PLINTAT-PLINTUT supaya RIBUT semua.

Tapi saya TIDAK SETUJU kl beliau itu ngomong PLINTAT-PLINTUT BEGITU, menurut saya SANGAN MEMALUKAN !!

Gitu mas.



 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

@Alvazes, PLINTAT-PLINTUT

Alvazes, Inilah komentar asli saya kepada Debu Tanah, silahkan membacanya, bila hendak mencek komentar aslinya, silahkan klik di sini. Setelah anda paham, maukah menolong saya untuk menjelaskannya kepada Debu Tanah? siapa tahu bila anda yang menjelaskan, dia akan mengerti.

APA MAKSUD sebenarnya statement anda itu: Apa anda BENAR-BENAR berkata bahwa orang TIONGKOK yang “beriman” sesuai agama kepercayaan mereka, maka mereka akan SELAMAT?

Anda SADAR perkataan anda ini? Apa DASAR anda berkata demikian? HANYA karena ada KEMIRIPAN TATA IBADAH? Tahukan anda bahwa anda sedang MENEGUHKAH bangsa TIONGKOK untuk TETAP memegang ajaran agama mereka saat ini! Itukah maksud anda?

Lha saya tidak membuat statetment JE tapi memberi tahu bahwa orang TIonghua memberi nama Tuhan yang mereka sembah dengan nama Ming, artinya terang. Ini lho tulisan saya:

Hanya ada SATU Pintu dan hanya ada SATU gembala, namun ada DUA nama. Kita menyebut-Nya Mesias, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menyebut-Nya Gembala, mereka menyebut-Nya Terang. Kita menamai-Nya Yesus Kristus, bangsa Tiongkok kuno menamai-Nya Ming (terang).

Nah, jelaskan kutipannya? Mangkane jangan TAFSIRKAN tulisan saya dengan jurus tafisr 1001 mimpi. Kalau nggak mudeng (ngerti), mbok nanya. Weleh-weleh ... malah ditafsir pake jurus 1001 mimpi, memangnya nomor TOGEL?

Kita menamai-Nya Yesus Kristus, bangsa Tiongkok kuno menamai-Nya Ming (terang).

Kok ditafsir jadi:

orang TIONGKOK yang “beriman” sesuai agama kepercayaan mereka, maka mereka akan SELAMAT

Debu tanah, diem-diem anda berbakat jadi DUKUN TOGEL lho! Tafsirannya MUANTeP tenan! Karena judi togel udah ditutup ya terpaksalah prilaku anda itu disebut PITNAH! Pitnah cing, pitnah!

Udah PITNAH saya kok malah tanya saya. GIMANA saya mau jawabnya coba? Memangnya saya dukun togel?

hai hai PLINTAT-PLINTUT

Jadi kesimpulan sebenernya HANYA ADA SATU JALAN, tapi Hai hai cuman bikin SENSASI supaya blognya laris, seolah-olah ada 2 jalan tapi hanya 1 jalan. Ngomong nya PLINTAT-PLINTUT supaya RIBUT semua.

Alvazes, ini lho yang Debu Tanah maksudkan saya PLINTAT-PLINTUT. Berikut ini adalah paragraf pendahuluan di dalam blog-blog Ada Dua Jalan Keselamatan. Untuk membaca blog aslinya anda bisa klik judul-judul blog tersebut. Coba anda baca dengan teliti dan perhatikan kalimat-kalimat yang saya bold dan beri warna merah. Oh ya, PLINTAT-PLINTUT itu artinya tidak konsisten.silahkan CERNA baik-baik kalimat Debu Tanah yang saya kutip di atas. Alvazes, untuk melihat BETAPA tidak  PLINTAT-PLINTUT-nya Debu Tanah, anda bisa berkunjung ke blog-blog tulisan saya tersebut untuk membaca komentar-komentarnya. Oh ya, anda juga bisa mengunjungi blognya yang ini yang NGGAK PLINTAT-PLINTU Lho!

Jadi kesimpulan sebenernya HANYA ADA SATU JALAN, tapi Hai hai cuman bikin SENSASI supaya blognya laris, seolah-olah ada 2 jalan tapi hanya 1 jalan. Ngomong nya PLINTAT-PLINTUT supaya RIBUT semua.

Pembukaan Ada Dua Jalan Keselamatan

Alkitab mencatat, ADA KESELAMATAN di luar Kekristenan. Benarkah? Ayat-ayat mana yang mencatat hal itu?

Menurut alkitab, umat manusia berasal dari sepasang manusia, Adam dan Hawa. Karena menaati perintah Tuhan dan atau karena dipaksa Tuhan lalu terserak ke seluruh bumi. Karena berasal dari sepasang manusia, maka artinya, pada mulanya agama manusia adalah satu, yaitu menyembah Allah. Alkitab mencatat, setelah umat manusia tersebar, secara khusus Allah memimpin bangsa Israel untuk tetap menyembah Allah dan membimbing para nabi untuk mencatat sejarahnya. Bagaimana perkembangan agama setelah manusia tercerai-berai? Selain bangsa Israel adakah bangsa lain yang tetap menjaga kemurnian ajaran menyembah Allah? Alkitab mencatat; Sekitar tahun 515 SM Allah berfirman kepada bangsa Israel:

Pembukaan Ada Dua Jalan Keselamatan II

Karena para pengkotbah mengajarkannya maka umumnya jemaat percaya bahwa pada jaman Perjanjian Lama, di luar bangsa Israel tidak ada keselamatan dan setelah Perjanjian Baru, di luar gereja tidak ada keselamatan. Ajaran demikian walau nampak alkitabiah sesungguhnya tidak alkitabiah sama sekali karena bertentangan dengan ajaran Alkitab. Alkitab memang mengajarkan bahwa pada masa Perjanjian Lama manusia diselamatkan oleh iman melalui korban bakaran. Namun Alkitab dengan gamblang mengajarkan bahwa bangsa Israel bukan satu-satunya bangsa yang mengagungkan Allah dan memberi korban bakaran yang tahir. Fakta demikian mengajarkan bahwa pada jaman Perjanjian Lama, bangsa Israel bukan satu-satunya bangsa yang selamat. Alkitab memang mengajarkan bahwa pada masa Perjanjian Baru manusia diselamatkan oleh iman melalui korban Kristus. Namun Alkitab dengan gamblang mengajarkan bahwa yang diselamatkan adalah orang-orang pilihan, bukan orang yang memilih untuk menjadi Kristen. Fakta demikian mengajarkan bahwa pada masa Perjanjian Baru orang Kristen bukan satu-satunya orang yang diselamatkan.

Nabi Picik Berhati Dengki - Ada Dua Jalan Keselamatan

Sebagian orang Kristen meyakini bahwa pada jaman Perjanjian Lama HANYA orang Israel yang takut  akan Allah dan pada jaman Perjanjian Baru hanya orang Kristen yang takut akan Allah. Itu sebabnya mereka mengajarkan HANYA Israel dan bangsa-bangsa yang pernah berhubungan dan mempercayai kebenaran Perjanjian Lama dan beriman kepada Allah Israel saja yang selamat! Saya menyebut orang-orang Kristen demikian kaum ISRAEL ONLY walaupun banyak Theolog Reformed yang meyakini ajaran demikian. Walaupun bertentangan dengan Alkitab namun ajaran demikian marak dari generasi ke generasi karena pada hakekatnya manusia memang berjiwa picik dan berhati dengki seperti nabi Yunus.

Pembukaan Misteri Dua Jalan Keselatan

Orang Kristen adalah orang yang MENGAKUI Pengakuan Iman Rasuli sebagai pernyataan imannya dan Alkitab sebagai kitab sucinya. Semua orang Kristen percaya bahwa Yesus Kristus adalah satu-satunya Jalan keselamatan. Sebagian orang Kristen percaya bahwa menjadi Kristen adalah satu-satunya jalan untuk selamat atau masuk sorga. Saya menyebut ajaran demikian Christian Only atau Kristen Doang. Apakah keyakinan demikian benar? Salah! Apakah keyakinan demikian adalah ajaran Alkitab atau justru bertentangan dengan ajaran Alkitab? Ajaran demikian bertentangan dengan ajaran Alkitab! Walaupun Alkitab mengajarkan bahwa Yesus Kristus adalah Dao (satu-satunya jalan) namun Yesus Kristus mengajarkan bahwa KEKRISTENAN bukan satu-satunya jalan bagi-Nya untuk menyelamatkan manusia. Saya menyebut ajaran Kristus itu Satu Gembala Dua Kandang. Selain di kandang ini ada pula domba-domba di kandang lain, namun keduanya satu kawanan karena Gembala-nya satu.

Debu Tanah TIDAK PLINTAT PLINTUT

MENAFSIRKAN Maleakhi 1:11-12 bahwa seperti yang dilakukan oleh beberapa Teolog di SINI mungkin adalah TOLOL, tetapi “MEMAHAMI” ayat tersebut seperti di SINI, bahwa ada bangsa lain yang diberi JANJI KESELAMATAN selain janji Allah kepada bangsa Israel adalah LEBAY, kalau tidak bisa disebut SUPER TOLOL !! Karena akan lebih banyak ayat-ayat lain dalam Alkitab yang secara eksplisit menentang “PEMAHAMAN” super tolol tersebut!

Oh ya, Alvazes, Paragraf di atas adalah tulisan Debu Tanah dalam blognya. anda bisa mengunjungi blognya dengan klik di sini. Setelah membaca semuanya dan diskusi kami dalam blog tersebut anda pasti PAHAM apa arti PLINTAT-PLINTUT yang dimaksudkan oleh Debu Tanah. Maukah anda menolong saya untuk MENJELASKANNYA kepada Debu Tanah? Siapa tahu bila anda yang menjelaskan dia akan PAHAM.

 

Alvazes, bila masih ada waktu luang, maukah anda menolong saya untuk memberi tahu Debu Tanah:

Kebenaran yang tidak konsisten bukan kebenaran sejati!

Orang yang berteriak MALING tanpa alasan biasanya adalah MALING!

Biar TERIAK "HAI HAI PLINTAT-PLINTUT!" sampai bibirnya JONTOR, tidak akan MEMBUAT hai hai PLINTAT-PLINTUT!.

Alvazes, jangan bilang-bilang ya, sini ta bisikin, "Debu tanah tidak akan malu karena dia bilang urat malunya kecil!"

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

Debu tanah's picture

@ Alvazez, JANGAN TERTIPU !

Jangan tertipu oleh komentar Hai hai yang PANJANG, BERBELIT-BELIT, MUTER-MUTER GAK JELAS. Tujuannya adalah untuk MENYESATKAN pembaca ! Membangun opini pembaca bahwa dia yang benar dan orang lain yang salah.

Semoga kamu bisa menilai dengan OBYEKTIF ! Silakan baca komentar saya sebelumnya baik-baik dan cek di blog yang saya linkkan itu, apa benar demikian.

Bila dia tulus hendak mengabarkan kebenaran, kok gitu cara nya ya? Saya tidak tahu apa benar-benar TULUS.

Baiknya kita berbaik sangka saja bahwa benar beliau itu memang TULUS, tetapi bila itu benar maka dia adalah orang yang  TIDAK SADAR BAHWA DIA TIDAK SADAR dan TIDAK TAHU BAHWA DIA TIDAK TAHU !!

Semoga saja dia segera bertobat!

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

hai hai's picture

Debu Tanah, MENGAUM-AUM

Debu tanah, debu tanah, anda benar-benar  MUDAH diduga. Ha ha ha ha ...

Saya sengaja mengopy paste komentar tersebut di atas dan memberi link di DETA, Pake DENGKUL!   Saya sudah menduga, anda akan membantahnya dengan memberi link komentar anda di atasnya untuk menimbulkan kesan saya memang plintat-plintut. Anda memang tidak memberi link namun menyuruh Alvazes untuk melihat link yang anda berikan di dalam komentar anda yang sebelumnya @ HAI HAI, ANDA SERIGALA BERBULU DOMBA ATAU SUPER GUOBLOK? .  Dari mana kalimat

Lha saya tidak membuat statetment JE tapi memberi tahu bahwa orang TIonghua memberi nama Tuhan yang mereka sembah dengan nama Ming, artinya terang. Ini lho tulisan saya:

Anda copy?

Dari komentar saya yang ini @ Deta, Mbok Bertobat! TOuuuuubat!

Anda pikir Alvazes BUTA huruf nggak bisa baca komentar DETA, Pake DENGKUL!  dimana saya yang dengan gamblang menyatakan komentar itu adalah copy paste dari komentar sebelumnya yaitu dari @ Deta, Mbok Bertobat! TOuuuuubat! ?

Haiyaaaaa .... Debu Tanah Anda KETAHUAN LAGI! Mau main CURANG ya? Ha ha ha ha ha ..... KECIAN dech lh! Ha ha ha ha ha ... saya jadi inget prilaku anda persis ayat di bawah ini:

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. 1 Petrus 5:8

Ha ha ha ha ha ... Debu Tanah debut tanah, prilaku anda PERSIS singa OMPONG yang diceritakan oleh Petrus. Ha ha ha ha ... Setiap kali anda merasa saya ada di dalam mulut, anda MENGGIGIT! Akibatnya saya terpingkal-pingkal GELI karena anda hanya singa ompong. Ha ha ha ha ha ... Udalah Debu Tanah, terima nasiblah. TELEN aja jangan NGIGIT.

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

bintang seven's picture

@vantilan

Pengetahuan tentang Allah akan menimbulkan berbagai interpretasi yang akhirnya memuncak kepada bentuk AGAMA dan ajaran kepercayaan.

Apakah Allah pernah menyatakan diriNya kepada bangsa-bangsa dalam sejarah PL dan PB? Apakah ajaran agama lain menyiratkan adanya konsep Allah Tritunggal dalam kitab sucinya dan tidak bertentangan dengan ajaran Alkitab? ( Sdr Hai-hai pernah menyatakan hal ini sebelumnya)

Di dalam sejarah bangsa Israel, Allah telah memperkenalkan diriNya sebagai Allah mereka. Allah bangsa Israel. Apakah itu berarti bahwa Allah TIDAK PERNAH dikenal oleh bangsa lain? Apakah itu berarti Allah TIDAK PEDULI terhadap bangsa lain? Apakah itu berarti YHWH milik eksklusif bangsa Israel? Allah telah memilih menyatakan diriNya melalui sejarah bangsa Israel secara bertahap.

setau gw yg dipilih Allah utk menjadi bapa orang beriman adalah abram yg kebetulan orang israel....ia yg dipilih pun disuruh Allah utk pergi ke tanah2 bangsa lain...artinya iman yg hidup dlm pilihan Allah dlm diri abram mengembara dan menyentuh byk orang...gw rasa itulah awalnya van..

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

__________________

orang katanya hrs sungguh2 utk berusaha ke surga tp aku lain lagi aku ingin masuk neraka tapi sungguh aku tak bisa krn kesungguhan Kristus Yesus, itulah imanku by B7.

GODARMY's picture

Vant......

Vant gue baca blog hai-hai dah mumet deh kepala gue seperti kiamat hahaha..:D, mending gue tanya lu aja, sebelumnya:

Kalo bagi gue Yesus dapat menyelamatkan seseorang dengan cara apa aja, saat manusia menganut ajaran/aliran apapun.

Contoh simple aja gue juga sebelumnya adalah Katholik, waktu sma kelas 1 sudah ikut romo kemana-mana jadi misdinar( pengiring romo yang biasanya 2 orang), juga tentang banyak kesaksian dari yang beragama lain pindah ke kristen, nah kalo hai- hai bilang menguji alkitab dengan kitab kong zhi/kitab tiongkok kuno sebenarnya nurut gue gak gendeng/edan lah, sebab jika hai-hai edan gue dulu juga edan, karena dulu membandingkan injil dengan alkitab juga termasuk ajaran/tata ibadah dll. Bagi yang sudah dari kecil mungkin tidak usah lagi menguji alkitab dengan kitab lain, tapi bagi gue justru dengan membandingkan injil dengan alkitab yang termasuk tata cara dll itulah gue masuk ke kristen.
kalo hai-hai menyebut Tuhan dalam kitab kong zhi=Terang dan gue menyebut Yesus, sebetulnya juga gak masalah asal yang dituju itu Tuhan, toh itu juga sebutan, karena gue juga sering menyebut Tuhan itu Boss,Elohim dll.

Vant kalo kita lihat tentang ayat di bawah ini (RM 2 11-16) saya pikir tentang nanti, saat kita dah mati akan ada penghakiman seperti ini, bagi yang diluar kasih karunia, Taurat itulah hukum mereka, ini saya juga percaya:

Roma: 2
2:11 Sebab Allah tidak memandang bulu.
2:12 Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
2:13 Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
2:14 Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
2:15 Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.
2:16 Hal itu akan nampak pada hari, bilamana Allah, sesuai dengan Injil yang kuberitakan, akan menghakimi segala sesuatu yang tersembunyi dalam hati manusia, oleh Kristus Yesus.



Nah vant dari seluruh blog hai-hai sebenarnya pertanyaan cuma ini:

1.Jika ada 2 jalan kenapa kita/saya tidak kembali saja ke katholik, atau ikut ajaran kongzhi misalnya,
   toh kalo dipikir juga sama-sama selamat meski satu hidup dalam kasih karunia satunya lagi hukum taurat.

2.Jika ada 2 jalan, misalnya saya ikut budha dan saya percaya /katakanlah juga menyembah ming/tian tapi juga menyembah dewa kwankong kwan  im dll, apa tetap selamat?
sedangkan alkitab mengajarkan tidak ada 2 tuan juga Allah kita adalah Allah yang pencemburu.Bahkan dari 10 perintah Allah mengatakan:

Ulangan: 5
5:6. Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.
5:7 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
5:8 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.
5:9 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya dan kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,
5:10 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.

3.Jika ada 2 jalan, sebenarnya apa alasannya sehingga saya/kita harus masuk kristen dibanding dengan yang lain, dan apa bedanya kristen dengan yang lain?.



 

Cuma 3 pertanyaan itu aja deh vant yg bikin bingung menurutmu gimana?,
nah kalo ada waktu lu jawab santai aja semua pertannyaan ini entah besok, lusa ato kapanpun gpp, kamu kan juga harus bagi waktu juga ok        

 

 

 

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

Vantillian's picture

GodArmy, dua jalan...

GodArmy, Allah memiliki rencana sendiri dalam penyelamatan semua bangsa di dunia. Puncak penyelamatan diselesaikan dalam diri Kristus. Atau di dalam diri Allah sendiri. Standar penghakiman semua bangsa sama. Standar keselamatan semua bangsa juga sama. Semua umat pilihan DIPILIH, tidak ada yang selamat karena mengerti dan percaya sendiri. Itulah keselamatan dari Allah. Allah memilih manusia di dalam Kristus. Allah memilih Kristus mewakili umat pilihan. Itulah anugerah keselamatan. Mengenai dua jalan keselamatan, harus dimengerti dengan dasar anugerah, bukan dengan dasar kelompok, pengertian tersendiri.

GODARMY's picture

vant

ya kalo kamu ngomong gitu baru jelas hehe... ok

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

alvazez's picture

HAND BOOK of AL(cd)QOIDA

Baru dapat kitab, gua bagi dikit :

Matio .28:18  "Kepada-ku (Chris Doang) telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.
28:19 Karena itu pergilah, masukkan semua bangsa murtad ke NERAKA dan baptislah mereka dalam nama AGAMA dan KEDENGKIAN dan KEPICIKAN,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala HUJATAN dan HINAAN yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah bahwa TEMPAT SAMPAHLAH kitab-kitab mereka harus berada.

Saya hanya baca beberapa baris saja dari beberapa alinea. Selebihnya speed reading garis besanya saja dan pastinya ga lari jauh dari baris yang telah saya baca.

 

ini cuman cuplikan sebagian isinya

GODARMY's picture

alvazez

pernyataan lu buat siapa? buat gue?

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

alvazez's picture

@ Godarmy pernyataan yg mana ?

Perasaan ada yg salah ni, kalo kitabnya itu ngga, tapi kalau mau dipakai ya monggo

Kok lu bisa salah sangka ya ? soalnya kitab itu punyanya tiga sekawan, bukan buat lu

GODARMY's picture

ya udahlah alvazez..

gue pikir buat gue hehehe...sampai bingung juga, kalo yang lu maksud untuk tiga sekawan? maksudmu deta tho ya udahlah alvazez  gue cuma salah sangka aja ama lu :D, sebenarnya hal ginian kalo buat gue intinya sebelum tanya dan saling tuduh pikir gini aja " apa waktu itu (zamannya kongzhi apa ada alkitab seperti sekarang ini? gue pikir gak ada deh nah untuk tahu darimana bener/nggak harus menyelidiki dulu) itu kalo gue, kalo deta dan lain berpendapat lain ya gua anggap biasalah, cuma beda pendapat dengan hai-hai , kalo apa yang dimaksud hai-hai itu tentang tian/terang itu Tuhan/ bukan, gue percaya aja, mungkin memang sulit menerimanya, tapi bagi yang punya dvd kesaksian tentang seri Transformasi lengkap dan menontonnya bakal tahu apa yang dimaksud hai-hai itu.

 

 

gue cuma cerita dikit aja, disini diceritakan berdasar bukti dan penjelajahan dimana suku inuit kuno yang sekarang jadi suku eskimo.....kepala sukunya suatu hari didatangi sebuah terang cahaya yang berbentuk manusia saat ia pergi meninggalkan kelompoknya mencari sebuah kebenaran, dimana Manusia cahaya ini memperkenalkan dirinya pada kepala suku inuit ini dengan nama God/Tuhan, dan disitulah kepala suku ini membawa sukunya untuk datang pada God ini, padahal sebelumnya dia dan semua sukunya tidak mengerti apa itu God, hingga bertahun-tahun kemudian datanglah seorang missionaris ke tempat itu dan menerangkan cerita turun-temurun ini, dan mengatakan bahwa God dan Light itu adalah yesus.

Dari sinilah gue percaya bahwa ada bangsa lain yang pasti diselamatkan sekalipun animisme, dan kita tidak pernah tahu bagaimana tuhan akan bertindak. Dan dari kesaksian inilah gue percaya, bahkan jauh sebelum hai-hai membuat blog tentang 2 jalan keselamatan.

 

Mungkin untuk deta dan yang lain berbeda pendapat ya gpp selamat berjuang aja :)

 

JESUS IS GOD

__________________

JESUS IS GOD

alvazez's picture

@ DETA

Deta berkata -kata :
Dalam kalimat diatas Hai ngomong lagi bahwa TUHAN yang benar (tentu YESUS) juga menyatakan diri pada orang Tiongkok!

Alvazez bertanya sama DETA :

1. Apakah BAPA dan ROH KUDUS tidak termaksud "TUHAN yang benar"

2. Kenapa kamu TIDAK SETUJU / KEBERATAN SEKALI kalau mungkin saja salah satu Pribadi dari "ALLAH TRITUNGGAL" pernah menyatakan diri pada orang Tiongkok

3. Oh iya, kalau boleh tau, kamu berasal dari suku / ras apa ?


NB  :

Mau minta tolong dikit he3, gak papa ya baru ketemu udah minta2 tolong ???
Kalau pas kamu jawab tolong diberi "penomeran" disusun supaya sejajar dan gampang dimengerti ya bro.. THX
 

dennis santoso a.k.a nis's picture

remah dan roti

vanti, gue terkesan dengan blog ini... sayang, seperti kebiasaan seorang penulis yang bagus, lo mebuat gue penasaran dengan menutup semuanya dengan kalimat berikut:

Seandainya Allah memberikan remah-remah bagi bangsa lain, apakah itu berarti anugerah keselamatan berlaku bagi bangsa lain tanpa perlu mengenal roti aslinya?

sialnya lagi, dari bejibun banyaknya komen di blog ini, ga ada satu pun yang melihat keindahan yang sekaligus memusingkan dari pertanyaan lo ini.

gue bener2 curious pengen tahu pendapat lo tentang pertanyaan ini. gue ga berharap exact answer karena gue berasumsi bahwa kita sama2 hanya bisa berspekulasi on this subject. tapi gue pengen tau apa pendapat lo.

sementara itu, inilah pendapat gue, mari kita exercise barengan. kalo ada gue salah omong, langsung cut aja... gue ga cengeng kayak pniel koq ;-)

here we go...

ketika sang roti belum turun dan hanya ada remah2 (yang mungkin jatuh dari langit), seyogyanya anugrah keselamatan haruslah berlaku walau tanpa mengenal roti aslinya. adalah tidak fair bila kita bilang orang harus mengenal si roti padahal roti itu belum turun. karena kita tau bahwa orang / kita / manusia tidak bisa menjangkau ke tempat dimana si roti berada.

ini yang pertama.

yang kedua, ini yang membingungkan... ketika si roti sudah turun, manusia punya dua pilihan: remah2 dan roti. dulu, ketika baru saja turun, mungkin masih banyak manusia yang hanya bisa berpegang pada remah2... tapi saat ini dimana arus informasi sangat lancar dan bisa menyatukan dunia dalam sekali tekan tombol... remah2 dan roti menjadi sangat gampang untuk dijangkau oleh si manusia.

disinilah gue mulai bingung... bila remah tidak lagi bisa diandalkan tanpa roti, maka tidak ada masalah karena itulah yang secara umum kita percayai pada saat ini.

tapi jika remah bisa diandalkan tanpa roti, hmm... setuju dengan hai2, akan perlu banyak ralat dalam kekristenan; terutama ralat dalam hal bersikap.

Vantillian's picture

Nis, satu jalan keselamatan

Nis, seperti biasa, loe memang pintar melihat inti suatu blog dan membuat pertanyaan yang tepat. Isu ini sangat berkaitan erat dengan wahyu khusus dan umum, serta anugerah umum dan khusus. Banyak pandangan kekristenan yang memahami hal ini secara berbeda. Armenian dan Calvinis saja memahaminya berbeda. Belum lagi kelompok Reformed sendiri. Teolog Reformed Alister McGarth mengakui adanya anugerah khusus bagi orang yang TIDAK SEMPAT mengenal Kristus. Pendapat wa begini : Roti dan Remah dua-duanya adalah penyataan dari Allah. Sehingga keduanya secara lengkap dan cukup dalam mewakili penyataan murka dan anugerah Allah. Sayang sekali, manusia tidak bisa menerima Roti dan remah. Jangankan remah, dikasih roti asli saja bangsa Yahudi menolak. Jadi sebenarnya Allah menunjukkan kepada semua manusia melalui bangsa Israel, bahwa tidak ada yang mencari roti asli, maupun remah. Itulah maksud pemilihan bangsa Israel, supaya Roti dipelihara dan diteruskan sampai pada puncakNya, yaitu Yesus. Lalu bagaimana dengan remah? Apakah ada manusia bisa selamat karena mengenal remah? Tidak ada. Lalu apakah ada manusia bisa selamat karena mengenal roti? Tidak ada juga. Lalu bagaimana bisa selamat? Anugerah khusus, yaitu iman. Iman kepada Allah yang benar di PL, dan iman kepada Allah yang benar di PB. Korban yang dipersembahkan adalah tanda bahwa anugerah khusus diwujudkan oleh bangsa Israel, juga bangsa lain. Apakah Alkitab mencatat bahwa menjadi bangsa Israel adalah satu-satunya jalan selamat? Tidak. Tetapi Alkitab mencatat bahwa korban kepada Allah adalah unsur penting dalam pengertian anugerah roti dan remah. Lalu, apakah Kongzi diselamatkan? Haha....Wa gak tahu dan gak berani klaim, gak kayak segelintir org sok tahu berperilaku seperti Allah yang berpendapat Kongzi pasti masuk neraka.

dennis santoso a.k.a nis's picture

efek domino

Anugerah khusus, yaitu iman.

ini titik nol nya.. udah mentok disini, ga bisa diapa2in (ditanya, dibahas, dikritik, dsb) lagi kalo udah sampe sini :-)

tapi, dari sudut pandang lain, iman inilah yang menyebabkan banyak perbedaan dan denom. iman yang diberikan (dianugerahkan)... yang tidak seorang pun sepakat seperti apa bentuknya.

kadang bingung, apa maksud Yesus ketika dia mendoakan persatuan? apakah karena Dia tau bahwa persatuan adalah utopia selama kita masih ada di dunia maka Dia mendoakan hal itu? kalau kasusnya utopia, tidak banyak yang perlu kita pikirkan. tapi kalau bukan, apa maksud Yesus? apa Dia sekedar menyindir aja?

Vantillian's picture

Nis...anugerah khusus dari Allah

Dalam salah satu sesi seminar Filsafat Asia, Stephen Tong ketika ditanya apakah Kongzi masuk umat pilihan, Ncek Tong menjawab : saya tidak tahu apakah anugerah khusus juga diberikan kepada Kongzi, semuanya terserah pada Tuhan. Ini termasuk jawaban yang plin-plan jika ditinjau dari teologia Reformed. Tetapi saya melihat jawaban ini adalah bijaksana yang besar. Sungguh, siapakah yang berani mengklaim bahwa seseorang telah menerima anugerah khusus? Iman mesti diterjemahkan menjadi rumusan. Rumusan inilah yang kadang2 menjadi pemicu munculnya banyak gereja. Apakah ini berarti gereja tidak bersatu? Dalam fisik, mungkin. Tapi dalam Gereja yang Am, orang percaya telah disatukan dalam Tubuh Kristus. Teolog menyebutnya kesatuan mistik. Kesatuan inilah yang Yesus doakan, kesatuan antara Dia, Bapa dan murid2Nya.

Kalau gereja ekumene, dalam pendapat saya, boleh diusahakan, tetapi hanya dalam batas tertentu, bukan sebagai penyeragaman jemaat maupun basis ibadah, tetapi sebagai suatu aksi kasih yang diwujudkan dalam tindakan. Gereja harus bersatu padu dalam menanggulangi masalah sosial, budaya dan masyarakat. Gereja berperan dalam pembangunan dan pendidikan. Kok kayak kampanye ya? Haha....Tapi aniwe, itulah pendapat saya...

billy chien's picture

den apa maksud nya begini?

Seandainya Allah memberikan remah-remah bagi bangsa lain, apakah itu berarti anugerah keselamatan berlaku bagi bangsa lain tanpa perlu mengenal roti aslinya?

 

dennis dennis ... kasih pertanyaan kog nga langsung mateng , tapi setengah mateng.... jadi harus di "masak" dulu nih pertanyaan nya,

den, kalo hasil "masakan" saya sesuai selera anda kasih tanggapan kurang manis, kurang asem, atau kurang asin ok!

dennis:ketika sang roti belum turun dan hanya ada remah2 (yang mungkin jatuh dari langit), seyogyanya anugrah keselamatan haruslah berlaku walau tanpa mengenal roti aslinya. adalah tidak fair bila kita bilang orang harus mengenal si roti padahal roti itu belum turun. karena kita tau bahwa orang / kita / manusia tidak bisa menjangkau ke tempat dimana si roti berada.

billy: Ketika Yesus belum turun dan hanya Taurat para nabi, seharusnya/semestinya  keslamatan berlaku walau tanpa mengenal Yesus, adalah tidak fair bila orang harus mengenal Yesus padahal Yesus belum Turun karena kita tahu bahwa manusia tidak bisa menjangkau surga. (apa maksud mu ini dens?)

dennis yang kedua, ini yang membingungkan...

ketika si roti sudah turun, manusia punya dua pilihan: remah2 dan roti. dulu, ketika baru saja turun, mungkin masih banyak manusia yang hanya bisa berpegang pada remah2... tapi saat ini dimana arus informasi sangat lancar dan bisa menyatukan dunia dalam sekali tekan tombol... remah2 dan roti menjadi sangat gampang untuk dijangkau oleh si manusia.

disinilah gue mulai bingung... bila remah tidak lagi bisa diandalkan tanpa roti, maka tidak ada masalah karena itulah yang secara umum kita percayai pada saat ini.

tapi jika remah bisa diandalkan tanpa roti, hmm... setuju dengan hai2, akan perlu banyak ralat dalam kekristenan; terutama ralat dalam hal bersikap.

billy: ketika Yesus sudah Turun ke dunia, manusia mempunyai dua pilihan, hukum taurat dan hukum Yesus, dulu ketika Yesus baru turun mungkin hanya bisa berpegang pada kitab taurat, tapi setelah Yesus ada hukum taurat dan hukum Yesus lebih mudah dimengerti/dipahami

dennis bingung, bila hukum taurat tidak bisa digunakan tanpa Yesus nga masalah karena itu yang kita anut sekarang, tapi jika hukum taurat bisa berdiri sendiri tanpa Yesus , hmmm ...setuju dengan pendapat hai hai, keslamatan tidak hanya melalui Yesus dan perlu koreksi besar dalam kekristenan

NB:den gimana "masakan" saya... cocok nga rasanya?


 

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

dennis santoso a.k.a nis's picture

monggo dicoba lagi

ga cocok bil, karena konteks remah disini ga pernah dimaksudkan sebagai hukum taurat ;-)

ayo masak2 lagi bil :-)

billy chien's picture

yah dens,...

makanya dens saya nga berani komen, wong nafsir yang anda maksud saja saya bingung dan salah, den langsung aja deh ... pertanyaan nya...hehehehe

JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

alvazez's picture

@DennisS

salam kenal, nis.
Menurut gua remah harus bisa mengenal ROTI, karena remah-remah tersebut udah kecampur tanah, debu dan kotoran lainnya jadi udah nggak murni (menurut hai-hai lho).
Bukankah Tuhan juga memanggil mereka melalui Roh Kudus ?? kalo nggak ngapain kenal, tentunya terlepas dari remah-remah yg lain selamat / tidak, kita kembalikan lagi pada Yesus, bukan kepada serigala berbulu domba (Kristen Doang)

Remah-remah dapat diandalkan tanpa roti ?? nggak kenyang lagi, belum lagi kalo kecampur bibit penyakit he.he.he.
Ini cuman pendapatqu lho !! bukan wahyu baru ha.ha.ha.

 

dennis santoso a.k.a nis's picture

@Alvazez

salam kenal juga zez... no problemo, jangan terlalu sungkan ama gue dengan pake bilang "ini cuman pendapatku", hahaha :-)

ya, tidak ada wahyu baru, bahkan pengkhotbah dengan lantangnya berkata bahwa tidak ada satupun yang baru di dunia ini. orang hanya hobby untuk lupa dan melupakan saja sehingga seolah2 selalu ada yang baru.

"pendapatmu" tadi, ditampung dulu yah, sampai yang empunya blog ini menanggapi. setelah dia mengemukakan pendapatnya, marilah kita sama2 berpikir dengan sedikit lebih serius disini.

alvazez's picture

@Nis

Setuju, udah saatnya berpikir dengan serius, dari pada cuman menuh-menuhi  blog dengan semboyan2 kosong, ajaran2 sesat, dan fitnahan


alvazez's picture

@ JF dan Pohonnya yg Bergoyang

JesusFreaks :
Salahkan orang menyembah roh nenek moyang ?

Alvazez :
buat saya itu salah

JesusFreaks :
Salahkah orang menyembah pohon ?

Alvazez :
buat saya itu salah

JesusFreaks :
Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?

Alvazez  :
Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?
kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

JesusFreaks :
Makanya jangan bawa kitab aneh ke sini.
Sama juga alkitab, tidak akan dibawa ke kitab lain. Silahkan bawa kitabmu dari sini


Alvazez :
Loe juga jangan mengkloning HANDBOOK OF AL(cd) QOIDA ke ALKITAB
Bwi hi hi hi
Silahkan bawa pergi ajaran kitabmu AL(cd) QOIDA dari sini.
Bwi hi hi hi

jesusfreaks's picture

@alvazez : nyasar ya mas

Welcome to the jungle mas. Kalau mau buang air besar, jangan sembarangan, kalau belum kenal, jangan sksd. Jelas jelas buat gw PeDULI IBLIS dgn kitab tiongkok, eh kamu malah tanya tanya. Aneh kamu.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@JF dan Pohonnya Bergoyang

Jelas jelas buat gw PeDULI IBLIS dgn kitab tiongkok, eh kamu malah tanya tanya. Aneh kamu

JF :

Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?

Alvazez :

Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?
kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

 

Kan kamu yg nanya menyembah  roh atau pohon ? wajar dong gua nanya kitab yg mana ?

Atau pertanyaan loe itu diartikan  "Kalau mau buang air besar, jangan sembarangan"  ???

alvazez's picture

@ Iik J

Iik J :
Yang anda sebutkan tentang KRISTEN DOANG, dengan berbangga hati dan sangat berbahagia, saya mengatakan lewat tulisan ini kalau saya adalah KRISTEN DOANG / CHRISTIAN ONLY.

Saya juga tidak bisa setengah Kristen atau semi Kristen, saya harus menjadi orang KRISTEN yang FULL dang a setengah, atau bahkan seperempat.


Alvazez :
Saudari Iik yg terkasih dalam Yesus Kristus, Selamat untuk kemajuan dan kepenuhan imanmu dalam Yesus, kiranya kamu dapat bertahan hingga akhirnya nanti.

Walaupun dulunya kamu "Dulu bangeeeettt.. semi kristen.. semi yang lain... belajar Alkitab.. tapi belajar yang laen2 juga...ha ha... " akhirnya kamu "memantapkan diri MENGIKUT YESUS KRISTUS AJA"

Itu adalah Anugrah yg tidak dapat disamakan dengan apapun didunia ini.

Tetapi masih banyak orang di sekitar kita yg belum mendapatkan anugrah tersebut, disebabkan belum memperoleh pengenalan akan YESUS KRISTUS TUHAN kita yg juga adalah ALLAH BAPA PENCIPTA SEMESTA dan ROH KUDUS.


Saya yakin Iik selama ini juga bersaksi tentang Yesus, dengan cara Iik sesuai dengan hikmat Iik, sehingga orang lain beroleh BERKAT PENGENALAN AKAN TUHAN YANG BENAR.


Mengenai "Yang anda sebutkan tentang KRISTEN DOANG" saya sungguh bersedih karena pengertian KRISTEN DOANG sudah dibelokkan / diplintir oleh seseorang, padahal Hai-hai sudah menjelaskan dengan gamblang pada awal blog ini apa pengertian "KRISTEN DOANG"

Tidak ada satu niat pun untuk membuat kamu jadi "aku semi.. sana semi sini...

semi kristen.. semi yang lain... belajar Alkitab.. tapi belajar yang laen2 juga", lha wong kita belajar Alkitab aja belum sempurna, yg gua maksud, waktu kita ditengah masyarakat sekeliling kita,

JANGANLAH KITA MENGHINA DAN MENGHUJAT AJARAN DAN KEPERCAYAAN ORANG LAIN, DAN MENGATAKAN KALAU MASUK AGAMA KRISTEN PASTI MASUK SORGA, KALAU NGGAK MAU MASUK AGAMA KRISTEN   PASTI MASUK NERAKA , KITA AKAN MEMASUKKAN MEREKA KE NERAKA, SEPERTI KITA SUDAH MENGIRIM NENEK MOYANG MEREKA LEBIH DULU KE NERAKA.


Iik.., perbendaharaan kata2qu memang sedikit, tapi yakinlah ROH KUDUS SANGGUP untuk membuka dan menahlukan hati dan pikiran kamu dibawah pikiran Kristus.

Gua juga yakin Iik ngga bodo2 amat sehingga bisa dikelirukan DENGAN SENGAJA oleh siapapun akan pengenalan akan Kristus

Namanya juga sama2 lagi belajar, kalo ada yg keliru dari kata2qu, tolong dikasi tau ya, namanya juga sharing soalnya kita ini sering salah tanpa kita sadari.

Yang penting mau belajar dan menerima teguran dan kritik kalo ada yg salah, kalo ngga gimana mau maju ??? ya kan Iik



 

jesusfreaks's picture

@alvazez : ngemeng apa seh ?

Kamu lagi mabok cimeng ya. Silahkan baca lagi deh koment saya yang kamu kritisi. Saya tidak menyembah pohon atau arwah, tapi saya mempertanyakannya, dan butuh jawabannya. Mabok saya gak ngerti kamu ngemeng apa nyimeng.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@ JF dan POHON BERGOYANG

JF  :

Saya tidak menyembah pohon atau arwah, tapi saya mempertanyakannya, dan butuh jawabannya.

 

Alvazez  :

Ngga ada yg bilang km menyembah  roh atau pohon, yg gua tanya itu :

Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?
kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

pertanyaan itu  berdasar  tulisanmu  yg ini :

 JesusFreaks :
Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?  
    

 

 

 

   

jesusfreaks's picture

@alfeses : masih mabok cimeng ya

Ampun dj, ternyata kamu masih mabok cimeng. Saya gak ngerti kamu ngemeng apaan seh ?

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

@ JFuc dan POHON BERGOYANG

Welcome to the jungle mas F

gua lagi ON gedek2 geleng 2 liat lu cuman bisa ingat jaman lo lagi nyimeng di club, masak sekarang lu nyimeng  di SS, pantesan lu gak ngerti tulisanmu sendiri. 

 

JF  :  Saya tidak menyembah pohon atau arwah, tapi saya mempertanyakannya, dan butuh jawabannya.

 

Alvazez  :

Ngga ada yg bilang km menyembah  roh atau pohon, yg gua tanya itu :

Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?
kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

pertanyaan itu  berdasar  tulisanmu  yg ini :

 

JesusFreaks :
Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?  

 


 

"Kalau mau buang air besar, jangan sembarangan" 

jesusfreaks's picture

@alfeses : benerkan mabok cimeng

Suerrr kagak ngarti maksud ente. Ntar tunggu ente sadar baru kite ngomong. Jelas jelas saya bilang peduli iblis kitab tiongkok, eh kamu malah tanya tanya kitab tiongkok. Sadar mas... Jangan nyimeng terus.

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

alvazez's picture

JF membuktikan dia Kristen Doang

Berhubung  loe masih on dan pelat, gua bantu loe ambil kesimpulan, ya hitung2 kasih terhadap orang yg masih punya kebiasaan ngemeng dan berak sembarangan  ha.ha.ha... lu cuman segitu ternyata, nyimeng dikit aja langsung nunjukkin kualitas KRISTEN DOANG

 

KESIMPULAN  :

Dikarenakan "Suerrr kagak ngarti maksud ente"  saya  menasihatkan kaum KRISTEN DOANG lain kali kalo lagi ngemeng jangan ngeblog, supaya pas ngeblog jangan sampai seperti kata JF : menjilat BERAKNYA SENDIRI dan mutar-muter kayak gini, padahal yg gua tanyain itu komentarnya sendiri lho..kayak biasanya kaum KRISTIAN DOANG  padahal gampang banget dimengerti sebenarnya  pokok pembahasannya. INI :

 

JesusFreaks :
Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?

Alvazez  :
Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?
kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

 

Kemungkinannya karena ini kalo dia cuman pura2 nyimeng :

alvazez to JFuc Only and all CDoang

Jadi setelah nenek moyanglu menyembah roh dan pohon yg bergoyang, kemudian lu sendiri yang memasukkan mereka ke NERAKA, tanpa melalui PENGADILAN KRISTUS, dan sekarang lu marah sama gua karena JF memasukkan nenek moyangnya ke NERAKA berdasar kitab tiongko milik JF yg mengajarkan untuk menyembah roh dan pohon yang bergoyang.

Yang lainnya nunggu lu udah dropp aja ya...jgn kebanyakan nyimeng

 

 

 

alvazez's picture

@ SMILE YESUS BARU

Smile :
Yang anda sebutkan tentang KRISTEN DOANG, dengan berbangga hati dan sangat berbahagia, saya mengatakan lewat tulisan ini kalau saya adalah KRISTEN DOANG / CHRISTIAN ONLY.

Alvazez :
Dasar emang lu SESAT kali ya.. lu bukan saja setuju dengan ajaran tersebut yg bertentangan dengan Alkitab, tapi lu juga mengajarkannya pada orang lain !!! bahkan dengan sengaja mengkloning ajaran tersebut (Kristen Doang) ke dalam ajaran Kristus dan Alkitab.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Smile :
Saya juga tidak bisa setengah Kristen atau semi Kristen, saya harus menjadi orang KRISTEN yang FULL dang a setengah, atau bahkan seperempat.

alvazez :
Kalau begitu kenapa lu justru melakukan hal itu ????

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Smile :
tapi berdoa pada Tuhan untuk mereka yang telah mati, saya tidak berani melakukannya, karena ketika sudah meninggal, itu sudah bukan menjadi wewenang kita lagi

alvazez :
Kenapa loe memfitnah gua berdoa pada Tuhan untuk mereka yg telah mati !!!
Kenapa MEMFITNAH yg merupakan salah satu METODE KRISTEN DOANG, kamu akui sebagai metode "KRISTEN"

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Smile :
Hubungan 2 arah antar orang tersebut dengan Tuhan. Saya tidak bisa memikirkannya lagi, karena waktu hidup orang tersebut juga telah memilih jalannya, dan mau masuk surga, atau neraka, itul semua sudah urusan mereka berdua


alvazez :
Kalau memang urusan orang tersebut dengan Tuhan, kenapa loe juga ikut mengurusi ? bukan hanya mengurusi, loe bahkan memutuskan mereka masuk NERAKA ?

Bukan itu saja loe juga menjadikan dirimu Tuhan dengan mengadili dan mengambil hak Tuhan Yesus, kok berani sekali loe smile ??

Kenapa loe berani menghapus ayat-ayat Alkitab, yang mengatakan Yesus yg berhak mengadili orang hidup dan mati ??

Loe bukannya menjadi saksi Kristus, tapi malah mengajarkan pada orang lain bahwa kita bisa menjadi HAKIM, dan juga bisa MENGHUJAT TEMPAT IBADAH ORANG LAIN, sekaligus MENGHINA KITAB SUCI orang lain dan mengatakan itu AJARAN YESUS, padahal itu kan ajaranmu sendiri (Kristen Doang)

Kenapa loe menutup pintu buat orang lain mengenal Yesus yang BENAR dengan cara loe ?? selain karena loe udah merampas Hak Yesus, loe juga mau disembah ya ?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

Smile :
Bila anda mau keVihara, klenteng, Pura,kemanapun atau ke mesjid sekalipun no problem, dengan catatan, tidak berdoa kepada apa yang mereka sembah.


alvazez :
Kalau gitu kita semua harus MENYEMBAH LOE karena loe sekarang bisa MENENTUKAN siapa yg selamat / tidak selamat ??? yg mana lu mengangkat dirimu sendiri menjadi YESUS  ??
Setelah loe merampas posisi YESUS, terus siapa BAPAMU ? DETA  ???

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Smile :
Kembali Yesus menegaskan kalau DIA didalam Bapa dan Bapa didalam DIA.
Apakah sampai disini anda mengerti?

Alvazez :
TENTU SAJA gua ngerti dan TIDAK AKAN dan TIDAK PERNAH menggantinya dengan Loe SEBAGAI YESUS


Roma 2 : 24   SEBAB OLEH KARENA KAMULAH NAMA ALLAH DIHUJAT DI ANTARA BANGSA BANGSA LAIN


PENGAKUAN Smile :
Yang anda sebutkan tentang KRISTEN DOANG, dengan berbangga hati dan sangat berbahagia, saya mengatakan lewat tulisan ini kalau saya adalah KRISTEN DOANG / CHRISTIAN ONLY.



-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

alvazez's picture

JesusFreaks RASIS ROH KUDIS BERAGAMA KRISTEN DOANG

JesusFreaks :


Apakah kitab tiongkok mengajarkan menyembah roh atau pohon ?

Alvazez  :

 

Boleh tau kitab tiongko yg mana punyamu itu ?? Coba lu tanya ma nenek moyanglu, waktu mereka menyembah pohon bergoyang itu sapa yg ngajarin ? dari kitab Tiongkok atau dari mana ?

 

kalo iya kitab Tiongkok mana yg dimaksud dan gimana bunyi ayatnya ? Apakah kitab yg loe bilang dari Tiongkok juga bisa digunakan waktu nyari nomer togel ?

 

JF  : 

 

Saya tidak menyembah pohon atau arwah, tapi saya mempertanyakannya, dan butuh jawabannya. muter2 mode on

 

Alvazez :

 

Jadi setelah nenek moyanglu menyembah roh dan pohon yg bergoyang, kemudian lu sendiri yang memasukkan mereka ke NERAKA, tanpa melalui PENGADILAN KRISTUS, dan sekarang lu marah sama gua karena JF memasukkan nenek moyangnya ke NERAKA berdasar kitab tiongko milik JF yg mengajarkan untuk menyembah roh dan pohon yang bergoyang.




 

JesusFREAKS, SEMUA ORANG SAMA DIHADAPAN ALLAH. MENGAPA KAMU SANGAT MEMBENCI SESAMAMU ?. KENAPA KITAB 1001 TAFSIR MILIKMU, KAMU KATAKAN SEBAGAI KITAB TIONGKO ? HANYA KARENA ADA SEDIKIT HURUF CINA-nya ?

 

JESUSFREAKS, KAMU ADALAH ORANG INDONESIA BUKAN KETURUNAN CINA, DIMANA NENEK MOYANGMU PERNAH MEMBERI SESAJEN KEPADA ROH-ROH DI POHON YANG BERGOYANG. TETAPI DI PERNYATAAN KAMU, JUSTRU KAMU KATAKAN NENEK MOYANG BANGSA TIONGKOK MENYEMBAH POHON ? MENGAPA KAMU MELAKUKANNYA ?

 

KENAPA KAMU BEGITU BENCI DENGAN SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN TIONGKO / CINA ? BAHKAN MENGATAKAN KITAB TAO ADALAH KITAB SAMPAH

 

JESUSFREAKS, KITA SEMUA DISINI ADALAH RAKYAT INDONESIA, YANG TERDIRI DARI BERBAGAI SUKU, TETAPI SEMUANYA SATU JUA, BANGSA INDONESIA. KENAPA KAMU MERASA PERLU MEMBUAT PERSELISIHAN DAN PERDEBATAN YANG SEDEMIKIAN ? 

 

APAKAH KAMU MEMILIKI AGENDA TERTENTU DISINI FREAKS ?? APA BELUM CUKUP KAMU SELAMA INI MENGUMBAR KEBENCIANMU KEPADA SALAH SATU SUKU DENGAN MENGHINANYA HABIS-HABISAN ?

 

BUKANKAH KAMU SUDAH MENJADI ROH KUDIS DI AGAMA KRISTEN DOANG, DENGAN BAPAmu si DETA juga YESIS (Smile)

 

BERAPA BANYAK LAGI YANG HENDAK KAMU SESATKAN, SETELAH TERAKHIR INI SI BILLYOKTORA SUDAH KAMU ANGKAT MENJADI SENTINEL KRISTEN DOANG, SEKALIGUS MENGADU DOMBA BILLY UNTUK MEMUSUHI KAUMNYA SENDIRI ?

 

BERAPA BANYAK LAGI KUDIS.. YANG AKAN KAMU RACUNI, MELALUI AJARANMU YANG KAMU SEBAR DENGAN SEDEMIKIAN LICIKNYA DI SEANTERO SS, SEHINGGA TIDAK ADA YANG BISA TENANG ?

 

SAMPAI KAPAN LAGI KUDIS, KAMU BESERTA BAPAMU SI DETA DAN PNIEL BERBUAT BEGINI.... BERAPA LAMA LAGI YA TUHAN..



 

alvazez's picture

@JesusFreaks gua minta maaf

Whaa ha..ha..ha..

Omongan gua terlalu jauh ya..

Gua lihat guyonan gua udah terlalu kelewat batas.... semuanya cuman rekaan aja

Bwhaa... ha.. ha...

Besok biar bloger2 lain maki gua hancur2an juga ga pa pa

bwha..ha..ha.. ha..

 

Kamu cewek ya ??

Sori gua gak tau, tapi gua bener2 nggak emosi seperti kata teman2 blogers lainnya, walaupun terkesan gitu.

Sebenarnya gua udah merencanakan dari pertama salah satu target gua emang loe whaa.ha..ha..ha..

Loe bisa nanya gua kenapa gua nulisnya harus keras banget, soalnya bahasa loe emang gitu, dan untuk orang bebal banget memang harus dinasihati dengan cara super, whi..hi..hi..hi..

Sori bener2 ga tau lho kalo lu cewek.

BTW DETA itu cewek atau cowok ? Gua mau menamai deta : 

AIR MATA SERIGALA.

Sekali lagi sorry, gua juga jarang OL jd baca sepintas lalu dan perlu2 aja.

 

Jadi habis ngerjai DETA gua emang udah rencana off kok, jadi sabar aja ya wha..ha..ha..ha..

 

 NB  :

Kenapa lu bisa sampai membawa perasaan sampai nabrak orang segala ?

Gua liatnya loe orangnya cuwek, tapi kok bisa nggak kontrol ya ??

pasti salah gue ya...??

Yang mau marahin gua silahkan please...