Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Wahyu Umum dan Wahyu Khusus----Pandangan seorang Vantillian

Vantillian's picture

Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN, Allah kita, tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini." ( Ulangan 29:29)

Penyataan Allah secara MUTLAK diperlukan agar manusia dapat mengenal Dia secara benar. Allah telah menyatakan diriNya secara jelas dan nyata kepada manusia sehingga manusia tidak mempunyai dalih untuk menyangkal kebenaran ini. Para ahli teolog, khususnya teolog reformed, membagi wahyu Allah menjadi wahyu umum dan wahyu khusus. Umumnya, orang kristen mengganggap wahyu umum lebih rendah dan tidak menyelamatkan. Sedangkan wahyu khusus adalah penyataan Allah yang dapat menyelamatkan. Wahyu umum lebih natural, wahyu khusus lebih supranatural. Wahyu umum adalah wahyu yang berlaku untuk semua manusia, sedangkan wahyu khusus berlaku untuk orang yang percaya atau yang dipilih. Wahyu umum adalah karya ciptaan Allah dan Taurat nurani. Wahyu khusus adalah sejarah keselamatan bangsa Israel, Alkitab dan Yesus Kristus. Bagaimana pandangan seorang Vantillian terhadap hal ini?

Mazmur

19:2 Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya;
19:3 hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam.

19:4 Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar;

19:5 tetapi gema mereka terpencar ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi. Ia memasang kemah di langit untuk matahari,

19:6 yang keluar bagaikan pengantin laki-laki yang keluar dari kamarnya, girang bagaikan pahlawan yang hendak melakukan perjalanannya.

19:7 Dari ujung langit ia terbit, dan ia beredar sampai ke ujung yang lain; tidak ada yang terlindung dari panas sinarnya.

19:8 Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman.
19:9 Titah TUHAN itu tepat, menyukakan hati; perintah TUHAN itu murni, membuat mata bercahaya.
19:10 Takut akan TUHAN itu suci, tetap ada untuk selamanya; hukum-hukum TUHAN itu benar, adil semuanya,

Kutipan ayat di atas sering dipakai untuk mendukung doktrin wahyu umum dan wahyu khusus. Termasuk di dalamnya wahyu umum adalah segala ciptaan alam dan tuntunan hati nurani. Hukum hati nurani yang merupakan representasi Hukum Taurat yang tertulis merupakan suatu tanda bahwa ADA seorang Pribadi yang telah meletakkannya untuk tujuan tertentu. Bintang di langit dan hukum di dalam hati menandakan adanya PRIBADI transenden yang telah menanamkan suatu pengenalan imanensi terhadapNya. Kita HARUS mengenal Allah. Itulah tuntutan dari wahyu Allah. Tidak ada yang manusia yang bisa berkelit dari tuntutan respon terhadap wahyu Allah. Siapa yang tidak melakukannya, ia sedang menimbun murka Allah. Tetapi sayang, manusia telah memberontak, karena itu tidak bisa berespon terhadap wahyu Allah. Manusia sedang menindas kebenaran yang telah dinyatakan kepadanya.

Roma

1:18 Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman.
1:19 Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.
1:20 Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
1:21 Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.

Penyataan Allah menunjukkan STANDAR KEADILAN dan KEBENARAN Allah. Penyataan Allah menyatakan SIAPA diriNya di hadapan ciptaanNya. Allah tidak akan pernah dapat disalahkan oleh ciptaanNya. Penyataan Allah menuntut adanya pengenalan yang benar terhadap Allah sendiri. Itu berarti wahyu Allah juga bersifat memperkenalkan adanya tuntutan penghakiman jika manusia tidak MAU mengenal Allah secara benar. Kitab Roma jelas menuliskan bahwa Allah telah menyatakan dengan nyata kepada setiap manusia sehingga mereka harus mengenalNya. Wahyu ini bersifat deklaratif dan eksekutif. Wahyu Allah bersifat menyatakan yang benar dan menghukum yang tidak benar.

Wahyu umum tidak berbeda derajat dari wahyu khusus, melainkan keduanya SETARA. Keduanya menyatakan tentang Allah yang benar. Keduanya jelas, penting, cukup dan otoritatif.  Pemahaman wahyu khusus diperlukan bukan karena wahyu umum di dalamnya terdapat cacat dan tidak jelas. Melainkan wahyu khusus lebih menekankan karya keselamatan Allah terhadap manusia yang telah jatuh dalam dosa. Karena wahyu Allah menyatakan sifat dan karya Allah, maka keduanya merupakan satu kesatuan. Yang satu tidak dapat dipahami terlepas dari yang lain. Karena itu, pengenalan manusia akan wahyu Allah akan menjadi dasar penghakiman pada akhir zaman. Allah akan menghakimi manusia berdasarkan KEJELASAN wahyuNya kepada manusia, yaitu bagaimana RESPON manusia terhadap kejelasan wahyu tersebut. Allah TIDAK AKAN memberikan alasan bagi manusia untuk berkilah bahwa mereka TIDAK CUKUP mengenal Allah Pencipta. Pendapat bahwa wahyu umum tidak memberikan keterangan yang cukup untuk mengenal Allah sebagai Allah yang benar, adalah pendapat yang mesti dipertanyakan dengan serius. Allah menuntut ciptaanNya sesuai natur wahyuNya. Karena ciptaan Allah adalah refleksi dari natur wahyuNya. Ciptaan dihukum dan diselamatkan melalui respon terhadap KESELURUHAN wahyu Allah. Dan itu hanya bisa direspon melalui karunia iman.

Ibrani  11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

Wahyu khusus juga tidak mempunyai derajat yang lebih tinggi dari yang umum. Sifatnya yang khusus hanya menekankan adanya penyataan keselamatan. Lalu dengan demikian, apakah wahyu khusus diberikan setelah manusia jatuh dalam dosa? Mungkin kebanyakan kita berpikir demikian, tetapi saya berpendapat bahwa wahyu keselamatan Allah SUDAH tercakup dalam keseluruhan wahyu . Wahyu keselamatan dinyatakan dalam bentuk kasih dan keadilan Allah bagi seluruh manusia. Ketika Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa, seluruh keturunannya berdosa kepada Allah, penyataan Allah TIDAK terhenti kepada sebagian wahyu umum. Tetapi Allah terus menerus menyatakan FirmanNya kepada Kain, Habel, Enos, Henokh, Lamekh, Nuh, dan sampai kepada Abraham. Wahyu keselamatan sudah Allah nyatakan pada waktu menghukum manusia pertama.  Ketika Allah mewujudkan rencana keselamatanNya didalam sejarah bangsa Israel, dan semuanya berpuncak kepada diri Yesus, maka Allah telah menyatakan wahyuNya secara progresif, yaitu dengan cara yang KHUSUS. Wahyu khusus merupakan TINDAKAN KHUSUS Allah dalam menggenapkan rencana keselamatan. Karena itu, wahyu khusus tidak bisa dipisahkan dari wahyu umum. Wahyu khusus harus dimengerti dari wahyu umum. Dan tidak bisa dibedakan secara tajam dari wahyu umum. Keseluruhan wahyu Allah dimulai dari sejarah bumi, manusia sampai akhir sejarah. Dan semuanya SUDAH tercantum lengkap dalam FirmanNya ( Alkitab ). Tidak ada wahyu keselamatan LAIN dalam kitab suci lain seperti Alkitab. Karena wahyu Allah yang dinyatakan dalam Alkitab adalah penguji wahyu Allah bagi segala bangsa.

Dengan ini, maka wahyu umum dan khusus harus dilihat dalam perspektif keseluruhan, karena memang tidak dibedakan dengan tajam. Allah jelas mengharuskan manusia mencari dan mengenalNya. Karena itu, penyataan Allah harus dimengerti secara aktual dinyatakan semuanya kepada manusia. Tidak ada yang bisa mengerti wahyu khusus tanpa latar belakang wahyu umum. Tidak ada yang bisa mengerti wahyu umum tanpa terang wahyu khusus. Pembedaan yang tajam antara dua wahyu ini akan mengakibatkan distorsi mengenai kebenaran tentang Allah itu sendiri. Masalah terbesar bukan pada penyataan Allah, tetapi pada RESPON manusia yang bertentangan dengan kebenaran. Lalu, apakah seseorang yang hanya mengenal wahyu umum bisa diselamatkan? Apakah seseorang harus mengenal wahyu khusus baru bisa diselamatkan? Apakah Henokh, Habel, Nuh, diselamatkan karena mereka mengenal wahyu khusus? Kerancuan ini disebabkan karena adanya pemisahan yang tegas antara dua wahyu, padahal Allah telah menyatakan diriNya secara jelas. Hal itu mencakup konsep wahyu bahwa Allah adalah Pencipta, Pemilik, Hakim sekaligus adalah Allah Penyelamat. Allah bertindak di dalam kesinambungan sejarah. Allah tidak pernah berhenti menopang sejarah keselamatan sebagai bentuk  wahyuNya kepada manusia. Karena itu, manusia harus berespon terhadapNya.

RESPON MANUSIA terhadap WAHYU

Umumnya kita membagi bahwa respon manusia terhadap wahyu umum telah menghasilkan kebudayaan dan agama. Budaya adalah respon eksternal manusia terhadap wahyu umum. Agama adalah respon internal manusia. Agama merupakan bentuk religi dimana kita menyadari bahwa ada sesuatu/seseorang yang melebihi dunia alam ini. Kadang disebut YANG KUDUS. Manusia mempunyai rasa takut dan kagum terhadap YANG KUDUS. Manusia membentuk segala macam ibadah yang berkenan kepadaNya. Manusia membuat replika yang sesuai dengan YANG KUDUS. Sayang, manusia tidak bisa mengenal secara benar. Manusia menindas pengetahuan terhadap keseluruhan wahyu Allah.
 

Kisah Para Rasul

17:22 Paulus pergi berdiri di atas Areopagus dan berkata: "Hai orang-orang Atena, aku lihat, bahwa dalam segala hal kamu sangat beribadah kepada dewa-dewa.
17:23 Sebab ketika aku berjalan-jalan di kotamu dan melihat-lihat barang-barang pujaanmu, aku menjumpai juga sebuah mezbah dengan tulisan: Kepada Allah yang tidak dikenal. Apa yang kamu sembah tanpa mengenalnya, itulah yang kuberitakan kepada kamu.
17:24 Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia,
17:25 dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang.
17:26 Dari satu orang saja Ia telah menjadikan semua bangsa dan umat manusia untuk mendiami seluruh muka bumi dan Ia telah menentukan musim-musim bagi mereka dan batas-batas kediaman mereka,
17:27 supaya mereka mencari Dia dan mudah-mudahan menjamah dan menemukan Dia, walaupun Ia tidak jauh dari kita masing-masing.
17:28 Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.
17:29 Karena kita berasal dari keturunan Allah, kita tidak boleh berpikir, bahwa keadaan ilahi sama seperti emas atau perak atau batu, ciptaan kesenian dan keahlian manusia.
17:30 Dengan tidak memandang lagi zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa di mana-mana semua mereka harus bertobat.
17:31 Karena Ia telah menetapkan suatu hari, pada waktu mana Ia dengan adil akan menghakimi dunia oleh seorang yang telah ditentukan-Nya, sesudah Ia memberikan kepada semua orang suatu bukti tentang hal itu dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati."

Khotbah Paulus merangkumkan keseluruhan wahyu Allah yang menuntut respon manusia kepadaNya. Allah tidak memberikan hak khusus supaya wahyuNya bisa diterima. Allah tidak memandang bulu. Teriakan wahyu keselamatan telah bergema dari sejak awal Allah menciptakan manusia. Manusia harus bertobat untuk dapat mengenal wahyuNya dengan benar kembali. Allah menanamkan di dalam hati manusia suatu keinginan untuk mencari yang ilahi. Pencarian akan Allah yang benar merupakan dasar bagi wahyu keselamatan Allah. Penyataan Allah menuntut manusia untuk mencari dan mengenalNya. Tetapi respon manusia adalah menindas pengetahuan itu. Karena itu, Allah bertindak SECARA KHUSUS dalam memilih manusia untuk diselamatkan. Mereka yang terpilih, adalah mereka yang mendapat anugerah khusus (keselamatan). Orang yang terpilih adalah orang yang percaya yang telah mendapat terang khusus anugerah. Tanpa anugerah keselamatan, maka wahyu umum dan wahyu khusus HANYA akan menjadi HAKIM bagi manusia.

Yohanes 12:48 Barangsiapa menolak Aku, dan tidak menerima perkataan-Ku, ia sudah ada hakimnya, yaitu firman yang telah Kukatakan, itulah yang akan menjadi hakimnya pada akhir zaman.

Anugerah keselamatan harus dibedakan dengan anugerah umum yang diterima oleh setiap manusia. Anugerah ini dinikmati oleh seluruh bangsa. Anugerah ini juga tersedia dalam kelangsungan hidup segala makhluk hidup. Ketika seorang yang jahat terus dapat makan meskipun berbuat kejahatan terus. Ketika orang berdosa berzinah terus tetapi tetap dapat melangsungkan hidupnya. Anugerah umum tidak bersifat menyelamatkan.

Matius 5:45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

Anugerah umum inilah yang dibedakan dengan anugerah keselamatan. Anugerah keselamatan disediakan bagi orang terpilih mulai dari zaman PL sampai PB. Mulai dari sejarah manusia berawal sampai sejarah manusia diakhiri. Anugerah umum menyediakan jalan bagi anugerah khusus. Anugerah umum mewartakan bahwa Allah adalah Pemelihara dan Penyelamat bangsa. Anugerah khusus adalah tindakan Allah untuk membuktikannya. Menurut Cornelius Van Til, anugerah umum bersyarat dan akan berkurang sedikit demi sedikit sampai pada kesudahannya. Pada hari penghakiman, anugerah Allah tidak akan dinyatakan lagi. Yang ada hanya murka Allah.

Pembedaan antara anugerah dan wahyu ini penting untuk melihat bagaimana karya Tuhan dalam menyelamatkan umatNya. Meskipun respon manusia terhadap wahyu khusus begitu luar biasa, misalnya sangat kagum dan gentar, TANPA anugerah keselamatan, semua penyataan itu akan menjadi HAKIM baginya. Anugerah khusus yang diterima oleh orang Kristen menyadarkan mereka bahwa hidup mereka harus dikembalikan kepada wahyu dari Allah. Hidup mereka adalah gambaran natur wahyu Allah. Hidup orang percaya adalah hidup sesuai gambar Khaliknya. Orang percaya seharusnya telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; ( Kolose 3:10)
Dan itu berarti hidup sesuai dengan keseluruhan wahyuNya dalam sejarah manusia.
 

mike's picture

Van:kenapa Cornelius Van Til di bilang Heresy?di geogle

-Van kamu coba deh buat blok yang membahas cornelius van yil yang di anggap heresy?sepertinya tentang ALLAH ADALAH SATU PERSONA DAN TIGA PERSONA?

Vantillian's picture

Mike : Van Til........

Mike, Cornelius Van Til adalah contoh teolog reformed yang paling tajam pemikirannya dan paling susah dipahami. Pengajaran presuposisinya dalam ilmu teologi reformed adalah termasuk yang original. Van Til selalu berusaha menjaga konsistensinya dalam berteologi. Pengajaran Van Til diteruskan oleh banyak muridnya, meskipun banyak yang tidak seragam dan tidak seketat Van Til lagi. Pengajar yang paling getol melawan Van Til adalah John Robbins. Saya sudah membaca dua artikelnya mengenai itu. Dia adalah murid turunan dari Gordon Clark. Gordon dan Van Til pernah terlibat debat teologis yang panjang dan melelahkan sehingga keduanya berpisah. Gordon Clark termasuk teolog filsuf yang reformed juga. Perdebatannya dengan Van Til juga ada dimuat dalam buku Cornelius Van Til oleh john Frame.. Saya pernah membaca Van Til dituduh mengajar ajaran sesat karena mengajarkan Allah tritunggal itu SATU person dan TIGA person. Dalam dunia teologi reformed, John robbins termasuk yang paling "keras" terhadap teologi Van Til, ada kemungkinan dialah yang memberikan tuduhan heresy kepada Van Til. Anda bisa cek disini.. Tulisan John Robbins bisa anda lihat disini..Tetapi siapapun dan apapun issuenya, pemikiran Van Til tentang Trinitas harus diuji. Banyak yang berpendapat Van Til telah memasukkan filsafat idealis ke dalam teologi reformed, khususnya dalam Trinitas. Kalau anda tertarik mendalaminya, anda bisa membacanya disini..

Semoga membantu...

Debu tanah's picture

@ Vant, respon manusia?

Vantillian:

Allah akan menghakimi manusia berdasarkan KEJELASAN wahyuNya kepada manusia, yaitu bagaimana RESPON manusia terhadap kejelasan wahyu tersebut. Allah TIDAK AKAN memberikan alasan bagi manusia untuk berkilah bahwa mereka TIDAK CUKUP mengenal Allah Pencipta. Pendapat bahwa wahyu umum tidak memberikan keterangan yang cukup untuk mengenal Allah sebagai Allah yang benar, adalah pendapat yang mesti dipertanyakan dengan serius. Allah menuntut ciptaanNya sesuai natur wahyuNya. Karena ciptaan Allah adalah refleksi dari natur wahyuNya. Ciptaan dihukum dan diselamatkan melalui respon terhadap KESELURUHAN wahyu Allah. Dan itu hanya bisa direspon melalui karunia iman.

 

DETA:

Uraian anda itu seperti bukan doktrin predestinasi nih.

Saya mau tanya anda nih. Kapan RESPON manusia dalam blog anda di atas? Tentu setelah manusia jatuh kan?

Apa DEFINISI RESPON dalam blog anda ini? Dan apa gunanya RESPON tersebut?

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Deta, predestinasi wahyu Allah

Deta, Wahyu Allah bersifat deklaratif dan eksekusi. Ketika Allah menyatakan diriNya kepada manusia, Allah menuntut respon manusia. Tetapi manusia tidak dapat berespon sesuai dengan kehendak Allah. Karena itu, manusia akan dihukum berdasarkan pengenalan akan wahyu Allah tersebut. Allah menuntut manusia HARUS mengenalNYa. Dan manusia harus bisa mengenalNya dengan benar. Itulah respon manusia. Sayang, tidak ada manusia yang tidak berdosa dan menindas kebenaran Allah. Karena itu, respon manusia terhadap wahyu Allah tergantung kepada anugerah ALlah. Anugerah Allah memberikan karunia iman kepada manusia untuk mengenalNya dengan benar. Tentu ini bukan paham Deta bukan? Hehe

han han's picture

Deta:Itulah kekeliruan Reformed Theology

-Reformed theology itu adalah teologi sederhana yang Berisi kebodohan yang di bela oleh orang2 Pinter.sepanjang sejarah Orang2 pinter berusaha membela theology yang salah pikir ini.

-Kesalahan Teologi reformed adalah Ingin meninggikan Allah ,ingin membela ke mahaan Allah dengan melewati batas sehingga bertabrakan dengan sifat2 Allah yang lain.

-Cont : manusia tak mampu berespon  tapi di tuntun bertanggung jawab untuk ketidak mampuannya untuk berespon itu sama aja tidak di ciptakan mata atau mata sudah buta di tuntut untuk melihat kalau ngak melihat maka di hukum.pikiran yang berasal dari setan....dan hanya berakibat perendahan terhadap Diri yang Maha Baik ,maha Benar ,Maha Kasih dan maha Adil.

-Theologia reformed itu theologia Eisegesis.

 

Debu tanah's picture

@ Han han, banyak banget koment mu??

Wah kl koment cukup sekali aza dong. Kl Internetmu lelet, klik cukup sekali saja, JANGAN BERULANG-ULANG. Sebenarnya waktu klik sekali itu sudah masuk.

TRIK nya kl ketikan takut hilang, ketik di Word dulu, tapi waktu copy ke Sabda, paste ke Notepad dulu, bagu copy lagi ke Sabda.

 

Hehehe.. kamu berani bange ngomong gitu. Kita tunggu komentar para REFORMED, siap-siap mungkin kamu akan DIGANTUNG sama mereka! Hahaha

 

__________________

Debu tanah kembali menjadi debu tanah...

Vantillian's picture

Han, teologi sederhana yang bodoh

Han : Reformed theology itu adalah teologi sederhana yang Berisi kebodohan yang di bela oleh orang2 Pinter.sepanjang sejarah Orang2 pinter berusaha membela theology yang salah pikir ini.

Yang anda maksud reformed yang bagaimana? Yang anda bangun? Atau yang anda pegang? Kalau anda bukan reformed, silakan paparkan bukti orang bodoh atau teolog pinter tapi berisi kebodohan tersebut. Saya ingin membandingkan dengan diri anda.

Han :Cont : manusia tak mampu berespon  tapi di tuntun bertanggung jawab untuk ketidak mampuannya untuk berespon itu sama aja tidak di ciptakan mata atau mata sudah buta di tuntut untuk melihat kalau ngak melihat maka di hukum.pikiran yang berasal dari setan....dan hanya berakibat perendahan terhadap Diri yang Maha Baik ,maha Benar ,Maha Kasih dan maha Adil.

Nah, apakah ini contoh teologi sederhana berisi kebodohan? Saya masih tidak mengerti dimana pinternya teologi sederhana yang anda tulis

Han : Theologia reformed itu theologia Eisegesis.

Buktinya, Han? Tulislah blog kalau anda mengganggapnya begitu untuk menunjukkannya. Apakah memang anda punya teologi rumit yang pintar?

han han's picture

barang siapa punya telinga hendaklah ia mendengar?

-Kamu ngerti maksud di atas.....

-Kamu siapkan waktu kita ketemu dan ngobrol malam undang semua warga ss..maka kamu akan tahu yang saya maksud kebodohan.

-kalau ngak ketemu muka maka yang terjadi adalah debat kusir seperti yang kamu ,hai2,samuel,dan jesusfreaks ,Deta, Pniel tentang keselamatan PL.

Vantillian's picture

Han, Ha...ha...Ha....Hak...

Han nulis : Kamu siapkan waktu kita ketemu dan ngobrol malam undang semua warga ss..maka kamu akan tahu yang saya maksud kebodohan. kalau ngak ketemu muka maka yang terjadi adalah debat kusir seperti yang kamu ,hai2,samuel,dan jesusfreaks ,Deta, Pniel tentang keselamatan PL.

Ha...Ha...Ha.....Hak

Han, kalau tidak ada waktu nulis, kenapa banyak bacot?  Kumpul ni te thou....Kalau anda mempunyai cara yang lebih baik dalam menghindari debat kusir, silakan anda ungkapkan di SS. SS adalah komunitas blogger, dalam arti kita menilai tulisan dengan tulisan. SIAPA anda sehingga anda mau memakai cara anda supaya gak terjadi debat kusir? Debat kusir dari hongkong?


billy chien's picture

@vantilian, huahahahah

vant, tar kalo ketemuan jangan di gebukin si kuli han han yah, inget pesan saya huahahahahaha

salam JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

Vantillian's picture

Billy, hahahak

Billy, siapa si han han sehingga ngajak ketemu supaya bisa hindari debat kusir? Umur sejagung tingkah selangit...Mungkin anda benar, dia harus dipandu supaya gak sembarangan sembur. Hehe....

billy chien's picture

@vantilian

gua juga bingung nih orang kog mirip si hadesmen, di blog ane komen nya cuman nge-jude aja nga membangun blasss sampe pusing baca komen komen nya, orang mau serius malah jadi puyeng baca komen dia

ok van, sukses selalu

salam JBU&m

__________________

Kerjakanlah Keslamatanmu dengan takut dan gentar...

han han's picture

van:pengecut

-kalau pengecut takut di telanjangi jangan banyak ngomong

KEN's picture

han han: Wah, baru baca nih tulisan menghujat

-Reformed theology itu adalah teologi sederhana yang Berisi kebodohan yang di bela oleh orang2 Pinter.sepanjang sejarah Orang2 pinter berusaha membela theology yang salah pikir ini.

-Kesalahan Teologi reformed adalah Ingin meninggikan Allah ,ingin membela ke mahaan Allah dengan melewati batas sehingga bertabrakan dengan sifat2 Allah yang lain.

-Cont : manusia tak mampu berespon  tapi di tuntun bertanggung jawab untuk ketidak mampuannya untuk berespon itu sama aja tidak di ciptakan mata atau mata sudah buta di tuntut untuk melihat kalau ngak melihat maka di hukum.pikiran yang berasal dari setan....dan hanya berakibat perendahan terhadap Diri yang Maha Baik ,maha Benar ,Maha Kasih dan maha Adil.

-Theologia reformed itu theologia Eisegesis.

 

______________________________________________________________

Anda mau marah kepada Allah yang berdaulat atas segala sesuatu? Anda mau marah atas hak dan ciptaan Allah? Silahkan, apapun yang Anda lakukan di sini tidak akan pernah merubah sejengkal pun atas apa yang telah dilakukan Allah! What do you say?

mike's picture

van :Buat apa di tuntut respon terhadap Wahyu Umum?

aku bukan tanya untuk orang Yang lahir baru ya tapi di P B ya:

-Apa ada respon respon dari orang kafir?andai kata berespon pun buat apa toh tetap sama binasa?

Vantillian's picture

Mike, pertanyaan tajam...

Mike, pertanyaan yang tajam...Baik orang kafir maupun orang bukan kafir, semuanya berespon dengan HASIL yang sama. Tidak ada yang merespon secara benar terhadap penyataan wahyu Allah. Itulah mengapa anugerah keselamatan dari ALlah adalah MUTLAK diperlukan untuk dapat mengenalNya dengan benar. Wahyu umum dan khusus mempunyai STANDAR yang sama dalam menyatakan karya ALlah dan penghakiman terhadap seluruh manusia. Tidak ada istilah kafir dalam pandangan anugerah. Semua manusia telah berdosa, dan semua manusia akan dituntut berdasarkan STANDAR wahyu umum dan khusus.