Submitted by Purnawan Kristanto on Wed, 2011-01-26 19:33
Permalink

Bisa saja kan Senin di Jogja, Selasa terbang ke Jakarta?Coba Sam investigasi lebih dalam, ada nggak yang IPnya menunjukkan dua kota berbeda dalam waktu yang sangat berdekatan, sehingga tidak mungkin beralibi pindah lokasi dengan pesawat

Submitted by Daniel on Wed, 2011-01-26 19:49
Permalink

kalaupun seandainya memang benar demikian, saya rasa ini juga bukan alasan untuk memberi sangsi, kecuali kita bisa menemukan niat buruk (bad intention) di balik apa yang dilakukannya.peraturan non-cloning ditetapkan karena cloning sering dipakai untuk membuat false majority, seolah-olah ada banyak orang yang mendukung ide atau pendapat seseorang, padahal di balik semua id itu hanya ada satu orang. sedangkan dalam hal ini justru kebalikannya -- jika benar -- ada banyak orang di balik satu id. apa motivasinya? no motive no case.

Submitted by Purnawan Kristanto on Wed, 2011-01-26 20:18

In reply to by Daniel

Permalink

Memang tidak melanggar policy tetapi ngeblog keroyokan itu nggak etis. Setiap user yang ada di SS ini diasumsikan sebagai satu individu dengan segala atribut dan keunikannya. Dengan demikian ketika memberi komentar atau berdiskusi, seorang user membayangkan sedang berdiskusi dengan satu orang.  Jika ternyata satu akun dipakai oleh lebih dari satu orang maka itu menimbulkan mis-leading. Apalagi jika masing-masing orang memiliki gaya yang berbeda-beda dalam menulis blog atau menanggapi komentar orang lain. User lain bisa dibikin bingung karena inkonsistensi ini. User lain bisa menangkap kesan adanya split-personality.Saran saya, jika ada bukti kuat, makia tegor saja 'dalam kasih' lewat PM

Submitted by Daniel on Wed, 2011-01-26 20:57

In reply to by Samuel Franklyn

Permalink

hehe... ambisi jadi blogger top tidak melanggar hukum, walaupun memang agak menyebalkan sih :)alasan etis untuk menjaga keutuhan identitas, seperti dibilang Wawan, mungkin lebih masuk akal, tapi sejauh ini sepertinya dia cukup konsisten kok, identitasnya utuh, walaupun, sekali lagi, memang agak menyebalkan, tapi itu hak dia untuk jadi menyebalkan.... emangnya kita ini gak menyebalkan ya? hehehe...

Submitted by Samuel Franklyn on Wed, 2011-01-26 21:57

In reply to by Daniel

Permalink

Isunya adalah apakah penggunaan ghostwriter diperbolehkan? Apakah tulisan di SS akan makin baik kualitasnya? Bagaimana dengan reputasi seorang blogger? Harap dipikirkan dan didiskusikan dampak dari hal ini.

Submitted by Daniel on Thu, 2011-01-27 08:24

In reply to by Samuel Franklyn

Permalink

ya, saya setuju itu hal yang cukup penting, silakan didiskusikan di sini, selain itu juga perlu cara pembuktian yang valid apakah benar mujizat menggunakan ghostwriter, kita tidak bisa memakai pembuktian terbalik karena itu belum konstitusional, hehe... just kidding, but seriously... :)

Submitted by Viesnu on Thu, 2011-01-27 08:42
Permalink

User Muji, jika memang dipakai oleh berapa orang, apakah mungkin dapat dijerat dengan pasal dibawah ini,Ekspresif Blogger dapat mengekspresikan dirinya melalui tulisan-tulisannya. Lewat tulisan-tulisan seperti ini, blogger dapat menuangkan kebahagiaan, kesedihan, kegalauan, kecemasan, atau perasaan lainnya dalam bentuk-bentuk tulisan yang diinginkan (puisi atau sekadar cerita pendek).Blogger dapat mengekspresika dirinya, yang saya tangkap dari policy tsb adalah personal bukan group atau beberapa orang.

Submitted by Daniel on Thu, 2011-01-27 08:50

In reply to by Viesnu

Permalink

saya rasa tidak bisa, terlalu kabur, dan setelah saya baca ulang lagi policynya, memang tidak ada yang mengatakan bahwa anggota dibatasi hanya untuk pribadi, dan bukan, misalnya, badan hukum atau organisasi...tambahan lagi, di policy ternyata malah dianjurkan untuk menulis sebanyak-banyaknya, jadi tidak ada alasan juga untuk mencegah mujizat menulis banyak blog dalam sehari...di sisi lain, sebenarnya apa tujuan kita mencari alasan untuk menjerat (pinjam istilah Viesnu) dia? apakah karena banyak yang tidak suka dengan dia? come on...

Submitted by Purnawan Kristanto on Thu, 2011-01-27 09:04

In reply to by Daniel

Permalink

Isunya bukan soal produktivitas melainkan soal caranya. Secara policy memang nggak masalah, tapi secara moral itu nggak pas. Alasannya sudah saya kemukakan di atas. So far, Muji belum melanggar policy.Masih soal produktivitas, SS perlu mengantisipasi membanjirnya tulisan dalam satu halaman muka. Kalau di Kompasiana, user yang memposting lebih dari 6 tulisan dalam sehari akan diberi surat cinta dari Admin. Tujuannya adalah untuk memberi kesempatan kepada user lain untuk ditampilkan di halaman muka. Kebijakan serupa mungkin bisa diterapkan di SS. Kuotanya tergantung kebijakan kita. 

Submitted by Daniel on Thu, 2011-01-27 09:07

In reply to by Purnawan Kristanto

Permalink

ya, kalau yang ini sangat setuju, dan diterapkan secara umum, bukan perseroangan (bisa dengan script atau modul khusus)dulu pernah diusulkan, tapi waktu itu belum ditindaklanjuti, kalau tidak salah karena ada keterbatasan teknis, nah sekarang setelah drupal diupgrade, apakah hal ini sudah mungkin dilakukan?

Submitted by bennylin on Thu, 2011-01-27 16:05
Permalink

Cara pendingnya gimana pak? Keliatannya dia sedang mencobai sistem SS ya? Mungkin seorang user lama yang ndaftarin akun baru...<s>http://www.sabdaspace.org/selamat_jalan_eveva_magdalena diturunkan, kopas dari http://www.sabda.org/e-misi/blog/tuhan-melawatku</s>ups, kecepeten, di misi itu juga blognya dia. Tapi tahunnya lama, dia kopas blognya dia sendiri.Apakah orangnya ini: http://www.facebook.com/bipy1Kalau pendapat saya pribadi sih dibiarkan saja. Ini adalah kekurangan sistem tampilan SS yang hanya menampilkan yang terbaru di atas. Idealnya adalah yang di atas adalah yang terpopuler atau yang dipilih oleh editor (admin/mod/core user/dll.) sehingga tidak rawan dibom seperti ini. Saya akan kirim PM.

Submitted by Purnawan Kristanto on Thu, 2011-01-27 19:44

In reply to by bennylin

Permalink

Saya nggak tahu cara pendingnya. Mungkin ada script yang bisa membuat schedulle penayangan blog yang over-quota. Misalnya diberi jeda 3-6 jam. Setelah itu muncul secara otomatis.Tetapi kalau memang dianggap nggak masalah yang biarkan aja begitu.

Submitted by hai hai on Thu, 2011-01-27 19:54
Permalink

TULIS aja di POLICY QUOTAnya. Bila ada yang LEBIH langsung di DELETE oleh CORE USER. Dengan demikian, hanya perlu satu kali melakukan kesalahan untuk KAPOK.

Rahasia Mujizat produktif adalah account mujizat dipakai oleh banyak orang. Mereka semua menulis artikel itu secara orisinal akan tetapi mereka bukan 1 orang.

URL http://www.sabdaspace.org/cara_paling_gampang_mengusir_kegelapan_adalah_dengan_menyalakan_lampu
Judul Cara paling gampang mengusir kegelapan adalah dengan menyalakan lampu
Dirujuk oleh http://www.sabdaspace.org/node/10022/edit
Tanggal Rabu, Januari 26, 2011 - 08:49
Anggota mujizat
Hostname 182.1.169.81

Hasil Whois

Host 182.1.169.81
Location ID, Indonesia
City Jakarta, 04 -
Organization PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Indonesia


URL http://www.sabdaspace.org/apakah_karena_dna_babi_99_mirip_dna_manusia_maka_daging_babi_lebih_lezat_dan_babi_tercatat_alkitab_p
Judul Apakah karena DNA babi 99% mirip DNA manusia, maka daging babi lebih lezat, dan babi tercatat alkitab pernah kerasukan ?
Dirujuk oleh http://www.sabdaspace.org/keterikatan_pada_sesuatu
Tanggal Selasa, Januari 25, 2011 - 10:11
Anggota mujizat
Hostname 114.58.178.170

Hasil Whois

Host 114.58.178.170
Location ID, Indonesia
City Jakarta, 04 -
Organization PT. INDOSAT MEGA MEDIA


URL http://www.sabdaspace.org/calo_yang_ngak_selalu_beruntung
Judul Calo yang ngak selalu beruntung
Dirujuk oleh http://www.sabdaspace.org/node/10011/edit
Tanggal Senin, Januari 24, 2011 - 22:39
Anggota mujizat
Hostname 125.163.249.198

Hasil Whois

IP Address 125.163.249.198
Host 198.subnet125-163-249.speedy.telkom.net.id
Location ID, Indonesia
City Yogyakarta, 10 -
Organization PT. Telecomunikasi Indonesia

Apakah ini diperbolehkan?