Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

TUNGGALTRI (PENUTUP)

Jimmy R.L. Kambey's picture

 

PENUTUP
          Alkitab menuliskan dengan jelas kehidupan Allah sebagai kehidupan personal. Kehidupan pribadi Allah yang terpancar dari pribadi-Nya dapat diketahui dalam manusia, karena manusia diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Hal dimaksud bukan berarti bahwa kepribadian Allah harus diukur berdasarkan patokan dari kepribadian manusia.
          Kepribadian Allah merupakan bentuk original sedangkan kepribadian manusia merupakan bentuk imitasi. Manusia memiliki keterbatasan, sedangkan Allah tidak terbatas dan sempurna. Satu perbedaan mencolok adalah manusia bersifat uni-personal, sedangkan Allah adalah Tri-personal. Eksistensi tri-personal ini adalah dalam rangka kepentingan pribadi Ilahi.[1]
          Korelasi kerja oknum ketritunggalan dalam keesaan Allah dapat diterima dan dimengerti dengan pemahaman Alkitabiah yang benar tentang Allah dan dengan penerimaan iman yang seutuhnya tentang pribadi Allah yang sesungguhnya. Allah tidak dapat dikatakan Allah apabila Ia tidak Tritunggal dan tidak akan ada anugerah keselamatan atau karya penebusan tanpa ke-Tritunggal-an Allah.
          Penebusan dari Allah adalah sempurna karena dirancang dan ditetapkan oleh Allah yang Maha Sempurna dan dilakukan oleh Yesus Kristus secara sempurna dan guna penggenapan seluruh karya penebusan-Nya secara sempurna diterapkan oleh Roh Kudus.



[1] Louis Berkhof, Teologi Sistematika 1 Doktrin Allah (Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 1997) hal 146.

www.jimmyrlkambey.co.cc

 

__________________

Jimmy R.L. Kambey, M.Th

Tou9h T!me Te4cH Tru5T To THee [7-T]