Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Bangsa Israel 400 tahun dan 430 tahun di Mesir

jesusfreaks's picture

haihai menulis demikian :

YHWH NGACO Nubuatan-Nya

Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun  lamanya. Kejadian 15:13

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh  tahun. Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir. Keluaran 12:40-41

=======

Entah disengaja atau mengantuk, atau mungkin sedang "lieur" sehingga ada orang yang membaca perbandingan ayat diatas sebagai suatu yang BERTENTANGAN.

mungkin ada baiknya kita belajar bahasa indonesia dengan baik dan benar.

kata yang mana menjelaskan frase yang mana atau menekankan yang mana, dengan melihat keseluruhan kalimat. dan bukan hanya melihat kalimat saja, jikalau hal tersebut adalah sebuah kisah, maka juga harus melihat keseluruhan kisah.

 

okay langsung saja tu de poin,

apakah benar Allah ngaco mengenai nubuatnya ?

ketika saya membaca ayat-ayat diatas, tidak menutup kemungkinan sayapun akan mempertanyakan hal tersebut, namun ketika saya akan menyatakannya dengan MENUDUH Allah NGACO, BUKANKAN lebih baik TERLEBIH DAHULU saya merenungkannya dan bertanya why or mengapa begini mengapa begitu ?

di kejadian 15 : 13, yang menyatakan ....BAHWA ORANG ISRAEL AKAN DIPERBUDAK DAN DIANIAYA, EMPAT RATUS TAHUN LAMANYA,

namun keluaran 12 : 40 - 41 menyatakan LAMANYA ORANG ISRAEL DIAM DI MESIR ADALAH EMPAT RATUS TIGA PULUH TAHUN.... 

jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

 

======

 

baiklah saya coba mencoba, meluruskan mengenai 400 tahun dan 430 tahun ini.

ada missed atau selisih 30 tahun dari penafsiran kedua bagian ayat ayat diatas.

apakah kemelesetan ini MEMBUKTIKAN Allah Ngaco ?

apakah kemelesetan ini MEMBUKTIKAN Allah Tidak Maha Tempe eh Tahu ?

 

saya tidak sedang mencoba membela Allah (kata Om Sam, Allah gak perlu dibela), namun saya cuma mau memberikan fakta-fakta lain, yang pada intinya menunjukkan bahwa penafsiran 400 tahun dan 430 tahun tidaklah bertentangan.

 

mari kita coba penggal kalimat dalam kejadian 15 : 13

kalimat I : Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka,

kalimat II :dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. 

kenapa SAYA MEMENGGAL kalimat dalam ayat tersebut ?
hanya hanya mencoba memberikan wawasan lain, yaitu bahwa 400 tahun itu MERUJUK kepada MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN yang dialami Bangsa Israel di Mesir.
PENAFSIRAN ini akan cocok atau selaras, tidak bertentangan dengan 430 tahun dalam keluaran 12 : 40-41, dimana 430 tahun itu MERUJUK kepada LAMANYA bangsa Israel DIAM di Mesir.
LALU KEMANA DAN BAGAIMANA DENGAN SELISIH 30 TAHUN ?
Jikalau 400 tahun adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN, maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ???
jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.
kejadian 47:5 Lalu berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Ayahmu dan saudara-saudaramu telah datang kepadamu. 
47:6 Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."
saya coba cari 30 tahun Masa Sukacita itu dari mana saja :
1. ada 17 tahun semasa hidup Yakub di Mesir. 
Kejadian 47:28 Dan Yakub masih hidup tujuh belas tahun di tanah Mesir, maka umur Yakub, yakni tahun-tahun hidupnya, menjadi seratus empat puluh tujuh tahun.
2. KEMUNGKINAN 13 tahun adalah sisanya hingga akhir hidup Yusuf, karena PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN bangsa Israel dimulai sejak Yusuf Mati.
keluaran 1:8. Kemudian bangkitlah seorang raja baru memerintah tanah Mesir, yang tidak mengenal Yusuf. 
1:9 Berkatalah raja itu kepada rakyatnya: "Bangsa Israel itu sangat banyak dan lebih besar jumlahnya dari pada kita. 
1:10 Marilah kita bertindak dengan bijaksana terhadap mereka, supaya mereka jangan bertambah banyak lagi dan--jika terjadi peperangan--jangan bersekutu nanti dengan musuh kita dan memerangi kita, lalu pergi dari negeri ini." 
1:11 Sebab itu pengawas-pengawas rodi ditempatkan atas mereka untuk menindas mereka dengan kerja paksa: mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom dan Raamses. 
1:12 Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan berkembang mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel itu. 
1:13 Lalu dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, 
1:14 dan memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat, yaitu mengerjakan tanah liat dan batu bata, dan berbagai-bagai pekerjaan di padang, ya segala pekerjaan yang dengan kejam dipaksakan orang Mesir kepada mereka itu.
jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
shalom,
Lombok 14-12-2010

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

n4th4n_andy's picture

sudah ada yang selidiki

coba lihat di sini Slavery In Egypt

kalo gk salah dapet di pasar ini juga

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Veritas's picture

Terimakasih buat Link-nya....

Terimakasih buat Link-nya.... bagus...

 

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

jesusfreaks's picture

@nathan : lam kenal

Dear nathan, makasih atas tambahan wawasan n keterangan, so menurut kamu siapa yang ngaco Allah atau haihai ? Bwi hi hi hi
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

n4th4n_andy's picture

@JF n Veritas

kembali kasih buat kalian b2 hihihi

itu lah guna nya informasi buat d bagi jadi sama" tau n sama selidik lagi..

kalo buat nentuin yang ngaco tar aj lah... hehe ...

 

tadi ada lagi nemu ke-ngacoan(??) dalam alkitab bro .. sayang udah w tulis di blog Hai" .. kalo bisa sih w pengen juga bahas sama loe nih ..kalo w tulis d sini juga gimana menurut loe .. mengenai 70 tua-tua itu gwa ada nemuin 2 versi.

 

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

jesusfreaks's picture

@nathan : 70 tua tua

Silahkan kamu timpalin di blog ini. Atau kamu buat blog sendiri. Mana mana aza, saya siap ngobrol, tapi jangan over expectasi, soalnya apa yg gak saya alami dengan indra saya sendiri, sulit untuk saya terima sendiri.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

n4th4n_andy's picture

soal tua-tua

saya bisa menganggap itu sebagai  1 kisah dengan 2 versi yang berbeda, atau bisa juga kan saya gabungin ke dua nya jadi 1 kisah untuk saling melengkapi.

saya juga gak bisa bikin blog soal itu karena hal tentang tua-tua itu walaupun pernah saya baca ..tapi baru nyadar sekarang kisah itu ada di 2 tempat :D

lanjut mengenai 400thun ini aja saya sambung di bawah

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

hai hai's picture

@jesusfreaks, Anda HEBAT sekali ya?

jesusfreaks, anda HEBAT sekali ya? Ha ha ha ha ha ha ...... Wah, wah wah wah .... Nggak sangka lho anda SEHEBAT itu. BRAVO ......! BRAVO .....! BRAVO ......! BRAVO dari hongkong? Ha ha ha ha ha .....

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haiihai : bwi hi hi hi selidiki dong

bwi hi hi hi Tenang hai saya punya waktu lebih banyak buat ngetawain kengacoan lo. Silahkan lo baca tuh link yg dari sinathan, ada perhaps ada missednya bukankah kamu seharusnya membuktikan kengacoan tersebut. Kalau lo bilang 400 ngaco, berarti yg benar 430. Begitu sebaliknya. Kalau ternyata dua duanya ngaco, bukankah lo berlaku mengenaskan dengan meanganggap salah satunya benar lalu menuduhkannya ke Allah. Kali ini lo perlu tobattt, biar gak kumattt
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@jesusfreaks, KENTuT

Bila ada orang yang KENTUT sembarangan, saya akan biarkan saja. bila nggak tahan, saya akan menyingkir. bila ada orang TOLOL yang SOK JAGOAN lalu mengagul-agulkan KETOLOLANNYa, maka saya tegur dia namun bila dia kekeh jumekeh BEBAL ya biarin aja. Emang gua pikirin.

anda termasuk ornag TOLOL yang sok jago mengagul-agulkan KETOLOLANNYA kemudian kekeh jumekeh BEBAL ketika ditegur ketololannya. untuk apa buang-buang WAKTU melayani KETOLOLAN anda? Ha ha ha ha ha ...

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : badut pembual sesattt

saya pikir kamu sudah tobattt, tapi masih saja belagak sebagai badut pembual sesattt.

gak kapok kapok nulis berseri, namun isinya lagi lagi sampahhh.

 

saya tidak akan bosan bosan untuk menunjukkan blog lo isinya sampah.

lagi lagi sampah, balik lagi sampah.

 

buat mereka yang coba mengikuti cara berpikir lo, gw percaya dan yakin 100%, kelak, nanti, hanya akan tertawa bwi hi hi hi...

 

betapa bodohnya dirimu, apa yang sulit dipahami dari tidak ada jalan menuju Bapa, selain Yesus. tidak seorangpun yang melihat Bapa selain Yesus.

 

saya cuma kasihan melihat lo berantem sama diri sendiri, kayak badut gobloxxx.

lo cuma coba meraba-raba Bapa, Coba meraba raba Roh Kudus, sori n maaf, rabaan lo NGACO bin titan.

 

gw udah bilang, gw punya waktu lebih buat ngetawain BUALAN BADUT PEMBUAL SESATTT.

ibarat MALING KETANGKAP, bukannya minta ampun, malah TERIAK MALING.

 

gak usah keluar jalur, silahkan LO BANTAH TUH, pilih 400 tahun atau 430 tahun.

gentle dikit, gw nanya bukan untuk gw, tapi untuk diri lo, silahkan lo clearkan sendiri 400 tahun atau 430 tahun, terus lo edit dehhh tuh blo sampah lo.

apa susahnya, kan gw udah bilang TUDUHAN NGACO lo NGASAL. silahkan lo bantah tuh linknya si NATHAN. ketika lo tuduh sesuatu NGACO, bukankah lo harus bertanggung jawab untuk mnyatakan MANA YANG TIDAK NGACO, selain otak lo.

 

bwi hi hi hi

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@jesusfreaks, Maaf Ya, TOLOL sendiri dech Sono

jesusfreaks, silahkan TOLOL sendirid dech. Ha  ha ha ha ha ha ha ha ..... klo gak mau TOLOL ya BELAJAR.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@badut pembual : sesat rame rame sono

Hai badut pembual, silahkan menyesatkan diri sendiri.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

n4th4n_andy's picture

mengenai 400 thn perbudakan

link yang dari saya itu kan pasti nya sudah di baca .. terus kesimpulan nya dari kamu boleh gak saya tau nih ?

sebelom nya saya beri kesimpulan saya :

dari link itu , saya setuju mengenai pendapat mereka bahwa masa 400 tahun itu adalah masa kumulatif dari sejak Ishak dan Yakub.

jujur ny c masih gk gitu percaya kalo nubuat/janji itu kurang tepat ..tapi itu y seiring waktu aj

., untuk saya pribadi sih gda masalah ya ..

 

kira" kalo nurut bro jf mengenai nubuat/janji itu sendiri gimana ?

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

jesusfreaks's picture

@nathan : saya COBA mengacu mulai dari kematian yusuf

dari timeline yang kamu berikan ternyata ada yang missed/skip.

yaitu dari kisah kematian Yusuf ke kisah kelahiran Musa. HARUSNYA TIDAK LANGSUNG.

melainkan ada kisah lain, dengan jeda cukup lama, HINGGA BANGKITNYA PENGUASA YANG TIDAK MENGENAL YUSUF. mustahil dalam waktu singkat sebuah kerajaan melupakan Pahlawannya, kecuali TERMAKAN WAKTU.

berikut kisah yang terlewatkan :

Keluaran 6:16 (6-15) Inilah nama anak-anak Lewi menurut urutan kelahirannya: Gerson, Kehat dan Merari. Umur Lewi seratus tiga puluh tujuh tahun. 

6:17 (6-16) Anak-anak Gerson: Libni dan Simei, menurut kaum mereka. 

6:18 (6-17) Anak-anak Kehat: Amram, Yizhar, Hebron dan Uziel. Umur Kehat seratus tiga puluh tiga tahun.

6:19 (6-18) Anak-anak Merari: Mahli dan Musi. Itulah kaum-kaum Lewi menurut urutannya. 

6:20 (6-19) Dan Amram mengambil Yokhebed, saudara ayahnya, menjadi isterinya, dan perempuan ini melahirkan Harun dan Musa baginya. Umur Amram seratus tiga puluh tujuh tahun.

 

SEMENTARA itu dulu, kita kumpulin puzzlenya...

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF, 215 tahun

Di alkitab memang dikatakan bahwa setelah Yusuf + orang-orang seangkatannya meninggal + orang Israel beranak cucu, baru bangkit raja baru yang menindas Israel.

Kita tau kalau Kakek Musa udah ada pada saat Yakub n family pindah ke Mesir. Dan Musa lahir ketika penindasan tersebut udah berlangsung.

Kalau di link dari Nathan dan Rusdy, waktu dari Yakub n family pindah sampai Musa lahir adalah 135 tahun. Kemudian dari Musa lahir sampai kabur ke Midian dan diutus Tuhan adalah 80 tahun. Tidak lama setelah Musa diutus kan Israel uda exodus. Jadi total Israel di Mesir cmn 215 tahun.

Di link tersebut jg ada andai-andai bahkan kalopun kakek Musa Kehat masuk Mesir umur satu tahun, dan ayah Musa Amram lahir di penghujung umur Kehat, dan Musa lahir di penghujung umur Amram, tetep aja totalnya cmn 350 tahun.

Tapi kok Musa bilang 430 tahun?

 

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@lapan : dari Yakub masuk mesir

kalau pakai link dari nathan, anggaplah kita hitung mulai dari yakub masuk mesir, sampai keluar (exodus) dari mesir maka dijumlah 255 tahun. (17 + 54 + 64 + 80 + 40)

kita tambahkan umur kehat 133 tahun, menjadi 388 tahun.

 

lalu ditambah selisih umur kehat dan amram dan umur musa, nah ini saya belum tahu umur berapa kehat melahirkan amram ? umur berapa amram melahirkan musa ?

 

you see, kalau saya lihat masih  mungkin untuk 430 tahun, tinggal 12 untuk 400 tahun dan 42 untuk 430 tahun.

 

ayo kita cari lagi kepingan lainnyaa...

 

 

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF, 40 tahun

Om JF, 40 tahun itu di padang gurun. Berarti Israel sudah keluar dari Mesir pada saat itu. Ucapan Musa bahwa bangsa Israel tinggal 430 tahun adalah awal perjalanan di padang gurun. Betul gak? Hehehe

Berarti, cmn 215 tahun.

Om JF, umur Kehat tidak bisa langsung ditambahkan ke waktu 215.

Begini, 215 didapat dari:

Yakub dkk pindah sampai semuanya mati dan Musa dilahirkan = 135 tahun.

Musa kabur sampai diutus = 80 tahun

 

Berarti, 135 tahun itu sudah mencakup kematian Kehat + kelahiran Amram.

 

Kalau JF mau meregangkan umur Kehat dan Amram semaksimal mungkin, maka harus hitung dari awal.

Supaya makin lama, Amram mendapat Musa pas umur 137 tahun.

Supaya makin lama lagi, Kehat mendapatkan Aram pas umur 133 tahun.

Supaya makin makin lama lagi, Kehat masuk Mesir pas umur 1 tahun (alias baru lahir)

Jadi, total Israel di Mesir = 133+137+80 = 350 tahun.

 

Kedua angka tersebut didapat dari perhitungan yang berbeda jadi gak bisa langsung ditambahkan.

Intinya, bahkan setelah penjelasan yang maksa itupun, 350 tahun masih kurang 80 tahun lagi untuk bisa sampa 430 tahun... Apalagi yang aslinya yaitu 215 tahun (baru setengah jalan)

Makanya mereka menyimpulkan bahwa maksud Musa adalah sejak Abraham dijanjikan oleh Tuhan. Kalau dihitung dari sejak saat itu, maka pas bahwa hitungannya adalah 430 tahun.

Ditambah lagi, mereka juga menyimpulkan bahwa penindasan Mesir terhadap Israel udah dimulai sejak anak Hagar (orang Mesir) ngisengin Isyak, 30 tahun setelah perjanjian Tuhan tersebut.

 

Tapi mnrt saya penjelasan mereka maksa... Menurut om JF gmn? =)

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@lapan : tahun lahir

Ada beberapa tahun kelahiran yang perlu ditanya ? Kapan yakub melahirkan lewi ? Kapan lewi melahirkan kehat ? Kapan kehat melhairkan amram ? Kapan amram melahirkan musa ?
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF

Om, menurut saya tahun lahir mereka gak penting. Yang penting untuk menghitung lama Israel di Mesir ada 2:

1. Berapa lama Yakub dkk pindah sampai kelahiran Musa?

2. Berapa lama dari kelahiran Musa sampai Musa diutus?

Nah, menurut link tersebut, nomor 1 lamanya adalah 135 tahun dan nomor 2 lamanya 80 tahun.

 

Untuk nomor 1, kita punya beberapa clue:

*) Kehat yaitu kakek Musa sudah ada pada saat Yakub dkk pindah.
*) Amram ayah Musa adalah anak Kehat.
*) Pada saat Musa dilahirkan, penindasan Israel sudah berlangsung.

 

Umur Kehat 133 tahun, umur Amram 137 tahun. Tidak mungkin Musa lahir lebih dari umur Amram. Jadi maksimal, Musa dilahirkan pas Amram berumur 137 tahun.

Sedangkan Kehat sudah ada pada saat Yakub pindah. Untuk memaksimalkan lama Israel di Mesir, kita bisa andai-andai bahwa saat masuk Mesir, umur Kehat masih satu tahun dan Amram dilahirkan pas Kehat berumur 133 tahun.

Dengan demikian kita dapat 270 tahun untuk nomor 1.

 

Untuk nomor 2, yang kita tau adalah Musa lari ke Midian pas dia udah dewasa, dan dia di sana cukup lama. Yang pasti, gak mungkin terlalu lama. Kita pakai angka dari link tersebut, 270+80 = 350. Ini masih kurang dari 430 tahun yang disebutkan Musa... Lagipula tampaknya andai-andai ini bertentangan dengan sejarah (?)

 

Itu baru 430 tahun dari Musa.

Bagaimana dengan nubuat Tuhan bahwa Israel ditindas 400 tahun?

Karena dikatakan orang seangkatan Yusuf meninggal dan orang Israel beranak cucu baru bangkit raja baru, sementara Musa lahir hanya perlu waktu 2 keturunan (Kehat ke Amram ke Musa), maka akan lebih singkat lagi lamanya Israel ditindas.

Rumusannya:

Lamanya Israel ditindas = Lama Israel di Mesir - waktu sejak Yakub dkk pindah sampai waktu Yusuf dan angkatannya meninggal - waktu orang Israel beranak cucu

 

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@lapan : nubuat dan pernyataan

Dear bro, Saya harus membedakan konteks di kejadian dan keluaran tersebut. Yang satu adalah nubuat Allah yang satu adalah perhitungan yang tidak sedang menjelaskan soal nubuat Allah. Nah inilah yang ngotot dipertahankan sama si haihai, makanya dia menuduh Allah ngaco. Saya gak ambil pusing soal 400 tahun tidak sama dengan 430 tahun, saya cuma pengen tahu 400 tahun itu yang mana, 430 tahun itu yang mana. Dari ayat di kejadian, tidak menjelaskan secara gamblang soal Mesir, hanya menyebut negeri asing. Nah dikeluaran itu yang secara gamblang menjelaskan mengenai 430 tahun. Ada 2 pendapat saya : Bahwa 400tahun ada DIDALAM 430 tahun itu Atau 400tahun itu SEBAGIAN ada di 430 tahun ini. Pi ya ???
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF, yang saya bingung

Justru apakah benar Israel di Mesir 430 tahun pada saat itu? Karena kalau dihitung kan gak sampe segitu. Apakah Musa salah? Apakah Alkitab tidak valid?

Ini lebih penting daripada musingin Hai hai saya rasa.

 

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, bukankah nggak perlu ....

lapan, kok masih diskusi kan bukankah ......

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: hanya hanya mencoba memberikan wawasan lain, yaitu bahwa 400 tahun itu MERUJUK kepada MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN yang dialami Bangsa Israel di Mesir.PENAFSIRAN ini akan cocok atau selaras, tidak bertentangan dengan 430 tahun dalam keluaran 12 : 40-41, dimana 430 tahun itu MERUJUK kepada LAMANYA bangsa Israel DIAM di Mesir.LALU KEMANA DAN BAGAIMANA DENGAN SELISIH 30 TAHUN ?Jikalau 400 tahun adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN, maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:  1. ada 17 tahun semasa hidup Yakub di Mesir.

JF: 2. KEMUNGKINAN 13 tahun adalah sisanya hingga akhir hidup Yusuf, karena PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN bangsa Israel dimulai sejak Yusuf Mati.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.

apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai dapet piring

wakakaka brb ngakak

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, Memang MENGENASKAN

Lapan, banyak teman bertanya, kenapa hai hai selalu menerima dengan senang hati bila ada saksi yehova, mormon, dll hendak bersaksi tentang ajaran agama merreka?

Saya sering bilang, ada beberapa alasan. Pertama, itu adalah kesempatan untuk mendapatkan PENGAJARAN yang benar tentang agama-agama tersebut.

Kedua, bila saya memberi kesempatan kepada merreka untuk MELAKSANAKAN kaidah AGAMANYa, menginjil, mungkin teman-teman dari agama lain juga TIDAK akan segan-segan memberi kesempatan kepada saya ketika hendak menyaksikan ajaran agama saya.

Ketika ada orang yang menyatakan ajaran yang saya yakini SALAH, maka saya akan memberinya KESEMPATAN untuk PRESENTASI abis-abisan. Setelah mendapatkan FAKTA yang lengkap maka saya akan MENGUJINYA bila ada hal-hal BARU di dalam presentasi itu. hal itu tidak berlaku bila saya MENDAPATKAN fakta bahwa orang itu hanya ASAL ngoceh.

Contoh, saya yakin bahwa kisah dalam Keluaran 18 terjadi setelah Bilangan 11. Mujizat meyakini hal sebaliknya. Saya memberi dia kesempatan untuk menunjukkan pengetahuannya, siapa tahu dia punya informasi BARU selain pengetahuan UMuM yang diajarkan oleh para Teolog selama ini.

Kita baru bisa bersikap demikian BILA tidak berhati DENGKI, berjiwa PICIK dan berpikiran DEGIL. Sikap demikianlah yang akan MEMbuAT PENGETAHUAN kita maju PESAT krena dengan sikap demikian, maka kita menjadi SINERGI dengan pikiran orang-orang lain yang diskusi dengan kita.

Anda bandingkan dengan SIKAP JF yang MuLiA. Ha ha ha ha ha ha ha .... Ini bukan kali pertama, namun entah KALI ke berapa dia MENYANGKA dirinya SAKTI krena tahu hai hai telah berbuat KoNYOL. Namun dia ngak pernah KAPOK walaupun sudah berkali-kali TERBUKTI dia akhirnya harus MENJILAT muntahnya SENDIRI. itulah uPAH dari orang berhati DENGKI, berjiwa PICIK sehingga pikirannya DEGIL.

anda tahu orang-orang seperti JF tidak akan MAJu-MAJU? Mereka nggak akan MAJU karena nggak pernah SALAH. Mereka nggak pernah SALAH karena nggak pernah MENGAKUI kesalahannya. ABS = always blame Some body Else. Selalu CARI alasan.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : badut dan pembual itu beda

Ternyata lo masih gak kenal gw, sampai mampus juga gw mana peduli soal 400 atau 430 tahun. Sama kayak lo bilang adam adalah ular. Bukankah gw memberikan guyonan lain. soal lo mengungkap rahasia, wakakakaakak ngaku ngaku rahasia. Orang gak ngerti bahasa ya gitu, wong bukan rahasia, ngaku ngaku ungkapin rahasia. Lo tau arti rahasia. Ya rahasia dodolllll. Emang rahasia yang lo ungkapin ngefek, ngaca donggg, ngacaaa, gak ngefekkk. Silahkan lo pikirin, ngefek apa kagak ? Bwi hi hi hi Gw udah jelasin soal 400 tahun dan 430 tahun, keduanya adalah konteks berbeda. Nah lo menganggap konteks yang sama. Memang susah badut sesat kayak lo diajarin.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@lapan, Benarkan ...?

 

JF: Ternyata lo masih gak kenal gw, sampai mampus juga gw mana peduli soal 400 atau 430 tahun. Sama kayak lo bilang adam adalah ular. Bukankah gw memberikan guyonan lain. soal lo mengungkap rahasia, wakakakaakak ngaku ngaku rahasia. Orang gak ngerti bahasa ya gitu, wong bukan rahasia, ngaku ngaku ungkapin rahasia. Lo tau arti rahasia. Ya rahasia dodolllll. Emang rahasia yang lo ungkapin ngefek, ngaca donggg, ngacaaa, gak ngefekkk. Silahkan lo pikirin, ngefek apa kagak ? Bwi hi hi hi Gw udah jelasin soal 400 tahun dan 430 tahun, keduanya adalah konteks berbeda. Nah lo menganggap konteks yang sama. Memang susah badut sesat kayak lo diajarin.

Lapan, benarkan yagn hai hai tulis? Nich saya kutip lagi ya;

hai hai: anda tahu orang-orang seperti JF tidak akan MAJu-MAJU? Mereka nggak akan MAJU karena nggak pernah SALAH. Mereka nggak pernah SALAH karena nggak pernah MENGAKUI kesalahannya. ABS = always blame Some body Else. Selalu CARI alasan.

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: hanya hanya mencoba memberikan wawasan lain, yaitu bahwa 400 tahun itu MERUJUK kepada MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN yang dialami Bangsa Israel di Mesir.PENAFSIRAN ini akan cocok atau selaras, tidak bertentangan dengan 430 tahun dalam keluaran 12 : 40-41, dimana 430 tahun itu MERUJUK kepada LAMANYA bangsa Israel DIAM di Mesir.LALU KEMANA DAN BAGAIMANA DENGAN SELISIH 30 TAHUN ?Jikalau 400 tahun adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN, maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:  1. ada 17 tahun semasa hidup Yakub di Mesir.

JF: 2. KEMUNGKINAN 13 tahun adalah sisanya hingga akhir hidup Yusuf, karena PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN bangsa Israel dimulai sejak Yusuf Mati.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.

apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
Lapan, bagaimana? MAUKAH anda jujur, dan agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai   jesusfreaks yang kayaknya MENGAGUL-AGULKN KETOLOLANNYA LAGI!
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai, Hahahahahahahahahaha

Wakakaka om Hai om Hai... jujur saya gak agak tertiwi, tapi saya tertawa terbahak-bahak. Hahahahahahahaha

 

Ok2... ternyata om JF gak berniat melanjutkan. Baiklah disudahi sampai sini. Padahal om Hai uda kasi penjelasan yang masuk akal. Hohohoho

 

om JF, saya agak sirik sebetulnya melihat kedekatan kalian berdua. Hahahahahahahahahahahahahahahahahaha

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@lapan : kalau haihai punya penjelasan itu bagus

dear lapan,

bagus kalau si haihai punya penjelasan yang masuk akal.

biar dia tambah pintar.

 

bwi hi hi hi

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF

Di sini :D

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@Lapan, jujur, saya agak tertiwi

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: hanya hanya mencoba memberikan wawasan lain, yaitu bahwa 400 tahun itu MERUJUK kepada MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN yang dialami Bangsa Israel di Mesir.PENAFSIRAN ini akan cocok atau selaras, tidak bertentangan dengan 430 tahun dalam keluaran 12 : 40-41, dimana 430 tahun itu MERUJUK kepada LAMANYA bangsa Israel DIAM di Mesir.LALU KEMANA DAN BAGAIMANA DENGAN SELISIH 30 TAHUN ?Jikalau 400 tahun adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN, maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:  1. ada 17 tahun semasa hidup Yakub di Mesir.

JF: 2. KEMUNGKINAN 13 tahun adalah sisanya hingga akhir hidup Yusuf, karena PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN bangsa Israel dimulai sejak Yusuf Mati.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.

apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

rafiqo's picture

@jesusfreaks

kira2 kenapa ya 30 tahun itu tidak ditulis di kitab? apa emang ada maksudnya?

jesusfreaks's picture

@rafiqo : salam kenal

ini kita sedang mencari tahu, menurut saya baik 400 maupun 430 itu beda konteks, keduanya mungkin bukan paradox, keduanya ada.

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@Rafiqo, JF KENTUT

Rafiqo, soal 30 tahun itu JF ngoceh SEENAK jidatnya gini:

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: hanya hanya mencoba memberikan wawasan lain, yaitu bahwa 400 tahun itu MERUJUK kepada MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN yang dialami Bangsa Israel di Mesir.PENAFSIRAN ini akan cocok atau selaras, tidak bertentangan dengan 430 tahun dalam keluaran 12 : 40-41, dimana 430 tahun itu MERUJUK kepada LAMANYA bangsa Israel DIAM di Mesir.LALU KEMANA DAN BAGAIMANA DENGAN SELISIH 30 TAHUN ?Jikalau 400 tahun adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN, maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:  1. ada 17 tahun semasa hidup Yakub di Mesir.

JF: 2. KEMUNGKINAN 13 tahun adalah sisanya hingga akhir hidup Yusuf, karena PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN bangsa Israel dimulai sejak Yusuf Mati.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
JF: Dear nathan, makasih atas tambahan wawasan n keterangan, so menurut kamu siapa yang ngaco Allah atau haihai ? Bwi hi hi hi
JF: bwi hi hi hi Tenang hai saya punya waktu lebih banyak buat ngetawain kengacoan lo. Silahkan lo baca tuh link yg dari sinathan, ada perhaps ada missednya bukankah kamu seharusnya membuktikan kengacoan tersebut. Kalau lo bilang 400 ngaco, berarti yg benar 430. Begitu sebaliknya. Kalau ternyata dua duanya ngaco, bukankah lo berlaku mengenaskan dengan meanganggap salah satunya benar lalu menuduhkannya ke Allah. Kali ini lo perlu tobattt, biar gak kumattt

JF: saya pikir kamu sudah tobattt, tapi masih saja belagak sebagai badut pembual sesattt. gak kapok kapok nulis berseri, namun isinya lagi lagi sampahhh.  saya tidak akan bosan bosan untuk menunjukkan blog lo isinya sampah. lagi lagi sampah, balik lagi sampah.  buat mereka yang coba mengikuti cara berpikir lo, gw percaya dan yakin 100%, kelak, nanti, hanya akan tertawa bwi hi hi hi...  betapa bodohnya dirimu, apa yang sulit dipahami dari tidak ada jalan menuju Bapa, selain Yesus. tidak seorangpun yang melihat Bapa selain Yesus.  saya cuma kasihan melihat lo berantem sama diri sendiri, kayak badut gobloxxx. lo cuma coba meraba-raba Bapa, Coba meraba raba Roh Kudus, sori n maaf, rabaan lo NGACO bin titan.  gw udah bilang, gw punya waktu lebih buat ngetawain BUALAN BADUT PEMBUAL SESATTT. ibarat MALING KETANGKAP, bukannya minta ampun, malah TERIAK MALING.  gak usah keluar jalur, silahkan LO BANTAH TUH, pilih 400 tahun atau 430 tahun. gentle dikit, gw nanya bukan untuk gw, tapi untuk diri lo, silahkan lo clearkan sendiri 400 tahun atau 430 tahun, terus lo edit dehhh tuh blo sampah lo. apa susahnya, kan gw udah bilang TUDUHAN NGACO lo NGASAL. silahkan lo bantah tuh linknya si NATHAN. ketika lo tuduh sesuatu NGACO, bukankah lo harus bertanggung jawab untuk mnyatakan MANA YANG TIDAK NGACO, selain otak lo.  bwi hi hi hi

JF: Hai badut pembual, silahkan menyesatkan diri sendiri.

Heran lho Rafiqo, si JF lalu MENJILAT MUNTAHNYA, anda bayangkan, JF menjilat MUNTAHNYA sendiri dengan berkata:

JF: dari timeline yang kamu berikan ternyata ada yang missed/skip. yaitu dari kisah kematian Yusuf ke kisah kelahiran Musa. HARUSNYA TIDAK LANGSUNG. melainkan ada kisah lain, dengan jeda cukup lama, HINGGA BANGKITNYA PENGUASA YANG TIDAK MENGENAL YUSUF. mustahil dalam waktu singkat sebuah kerajaan melupakan Pahlawannya, kecuali TERMAKAN WAKTU. SEMENTARA itu dulu, kita kumpulin puzzlenya...

Heran juga ya Rafiqo, kenapa si TOLOL itu menjilat MUNTAHNYA sendiri dengan ucapannya tersebut di atas ya? Bukankah sebelumnya dia berkata:
JF: maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir. 
JF: apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
Rafiqo, kenapa si TOLOL JF juga menulis kalimat ini ya?

JF: you see, kalau saya lihat masih  mungkin untuk 430 tahun, tinggal 12 untuk 400 tahun dan 42 untuk 430 tahun.  ayo kita cari lagi kepingan lainnyaa...

JF: ini kita sedang mencari tahu, menurut saya baik 400 maupun 430 itu beda konteks, keduanya mungkin bukan paradox, keduanya ada.

Rafiqo, bagaimana? MAUKAH anda jujur, dan agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai   jesusfreaks yang kayaknya MENGAGUL-AGULKN KETOLOLANNYA LAGI!
Rafiqo, JANGAN HERAN si JF memang SUDAH sering KENTUT sembarangan! Ha ha ha ha ha ha ..... Itu sebabnya ketika dia KENTUT lagi, nggak ada yang merasa HERAN. Ha ha ha ha ha ha ..
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : badut pembualll

Teruslah membualll, sampai kita sama sama menjilat muntah sendiri. Buat saya kalau cuma jilat muntah sendiri, gak masalah, mungkin buat lo masalah. 2 konteks berbeda tapi lo samakan, dasar badut dodollll, susah banget dijelasin, yang bernubuat 400 tahun itu Allah, apakah 430 tahun yang dimaksudkan adalah bermaksud menyatakan nubuat Allah, jangan suka memperkosa alkitab baduttt. Ayam sama sapi kok lo bilang sama, dodollll dodollll. Bwi hi hi hi
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@Rafiqo, Selain KENTUT, JF Jago Menjilat

JF: Teruslah membualll, sampai kita sama sama menjilat muntah sendiri. Buat saya kalau cuma jilat muntah sendiri, gak masalah, mungkin buat lo masalah. 2 konteks berbeda tapi lo samakan, dasar badut dodollll, susah banget dijelasin, yang bernubuat 400 tahun itu Allah, apakah 430 tahun yang dimaksudkan adalah bermaksud menyatakan nubuat Allah, jangan suka memperkosa alkitab baduttt. Ayam sama sapi kok lo bilang sama, dodollll dodollll. Bwi hi hi hi

JF: maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
Rafiqo, bagaimana? MAUKAH anda jujur, dan agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai   jesusfreaks yang kayaknya MENGAGUL-AGULKN KETOLOLANNYA LAGI!

Rafiqo, JANGAN HERAN si JF memang SUDAH sering KENTUT sembarangan! Ha ha ha ha ha ha ..... Itu sebabnya ketika dia KENTUT lagi, nggak ada yang merasa HERAN. Ha ha ha ha ha ha .. Karena beberapa SAAT kemudian DIA akan MENJILATINYA sendiri sampai bersih!
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
Ha ha ha ha ha ha  .....  

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

jesusfreaks's picture

@haihai : teruslah membual wahai badut

Kenapa musti malu menjilat muntah sendiri kalau memang salah. Itu namanya gentle. Teruslah menggonggong hai, sampai tersedak, 2 konteks berbeda, ayam sama sapi kok dibilang sama. Dodolllll dodollll. Belum tentu itu ayam, belum tentu juga itu sapi, tapi dibilang sama. Badut dodolllll badut dodollllll
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@haihai : badut sesat dodolll

bwi hi hi hi...

silahkan terus melawak, pembaca disini pintar kok hai, dia tahu mana fakta yang salah, mana fakta yang benar.

dengkulmu aza yang maksa perkosa alkitab.

tapi biar lo makin keki, saya ladenin.

 

dasar badut sesattt dodollll

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

hai hai's picture

@Rafiqo, JF Mulai BERTOBAT?

JF: bwi hi hi hi... silahkan terus melawak, pembaca disini pintar kok hai, dia tahu mana fakta yang salah, mana fakta yang benar. dengkulmu aza yang maksa perkosa alkitab. tapi biar lo makin keki, saya ladenin.  dasar badut sesattt dodollll

Saudara rafiqo, nampaknya JF mulai BERTOBAT karena pernyataannya: pembaca disini pintar kok hai, dia tahu mana fakta yang salah, mana fakta yang benar. ? TIDAK! dia sama sekali TIDAK bertobat itu sebabnya dia juga menulis: dengkulmu aza yang maksa perkosa alkitab. tapi biar lo makin keki, saya ladenin.  dasar badut sesattt dodollll

Rafiqo, orang-orang BEBAL seperti JF memang TOLOL. Orang-orang seperti itu umumnya HANYA menjadi penggembira alias BADUT-BADUT untuk mengisi WAKTU luang. Anda sudah melihat JF dengan LENGKAP bukan?

Ha ha ha ha ha ......... Menurut saya anda sudah KENAL dia. JAdi saya akan akhiri sampai disini ya. Anda tahu SEKARANG orang seperti apakah JF itu? Ha ha ha ha .... Dia adalah orang yang MENGANGGAP perbuatan MENJILAT muntah sendiri adalah prilaku seorang GENTLEMAN. MENGENASKAN ya?

bila anda nggak TAHAN dengan KENTuTNYA dan JIJIK dengan MUNTAHNYa, tutup HIDUNG aja.

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

lapan's picture

@Hai hai iseng

Weleh Om Hai daripada ngisengin om JF bantuin donk. hahahahaha

__________________

imprisoned by words...

n4th4n_andy's picture

pupuk alami

 

@lapan.. justru perseteruan hai hai dan JF itu kalo menurut gwa malah menyuburkan pasar ini loh ha ha ha ha

buat yang pembaca" baru at ya memank kaya gemana getuuu ..

tapi buat yang udah friendly membaca di pasar ini .. ngeliat HH vs JF paling ya mesem"

kalo buat gua seh udah saling bantu yang kaya gene pan ... Laughing

:::OOT nih:::

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

@nathan, bantu

Maksudnya bantu, bantu memecahkan persoalan 400 dan 430 tahun.

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@n4th4n_andy, bukan PErseturuan

n4th4n_andy, PERSETURUAN itu berimbang. Hai hai MUSTAHIL menjadi LAWAN sepadan bagi JF yang MULIA itu.

bagaimana? MAUKAH anda jujur, dan agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai   jesusfreaks yang kayaknya MENGAGUL-AGULKN KETOLOLANNYA LAGI!

apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!

Ha ha ha ha ha ha  ..... 

__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

n4th4n_andy's picture

di minta jujur

simple nya aja ya 

memank saya tertawa ..

..ha ha ha

di blog sebelah juga saya tertawa ngeliat hal yang sama .. hihihihi

 

memank sulit buat MENYANGKAL kebenaran (yg)tertulis, baik di Alkitab maupun di pasar ini .. :D

secara jujur saya juga masih mencari kebenaran ttg 400thun itu loh hahahaha

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

hai hai's picture

@Rafiqo, JF Tidak TAHU Malu!

Rafiqo, jadi orang jangan seperti JF, ilmu seujung kuku namun LAGA setinggi langit. Pentang bacot bak Sang Mahaguru namun yang diucapkan tidak lebih dari KENTUT belaka. bUSUK sekali!

JF: Kenapa musti malu menjilat muntah sendiri kalau memang salah. Itu namanya gentle. Teruslah menggonggong hai, sampai tersedak, 2 konteks berbeda, ayam sama sapi kok dibilang sama. Dodolllll dodollll. Belum tentu itu ayam, belum tentu juga itu sapi, tapi dibilang sama. Badut dodolllll badut dodollllll

Rafiqo, MANUSIA tidak menjilat MuNTAHNYA sendiri. Hanya ANJING yang menjilat MuNTAHNya sendiri.Itu sebabnya, prilaku menjilat muntah sendiri oleh manusia disebut prilaku BIADAB.

Bila manusia MUNTAH itu tandanya dia TIDAK sehat JASMANI. Bila hal demikian yang TERJADI maka yang HARUS dia lakukan adalah BEROBAT, bukannya MENJILATI muntahnya lalu MENGAGUL-AGULKAN prilaku BIADAB demikian.

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
Rafiqo, Jadi manusia itu HARUS tahu MALU! Manusia  tidak MERASA malu bahkan MENGAGUL-AGULKAN prilaku MENjiLAT muntah sendiri sebagai seuatu yang MuLIA, adalah manusia SAKIT jiwa. Dari pada ptantang-ptenteng membuat orang JIJIK dengan prilaku menjilat muntah lebih baik dia pergi BEROBAT.
Sementara itu, Rafiqo, bagaimana? MAUKAH anda jujur, dan agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai   jesusfreaks yang kayaknya MENGAGUL-AGULKN KETOLOLANNYA LAGI!
Ha ha h ha ha aha ha ha apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

holy given's picture

kenapa harus begitu???

kenapa dalam menyelidiki Alkitab harus menggunakan kata2 yang kasar ya??? kaya kentut, bodoh,tolol..ect.. Perbedaan boleh2 aja, berdebat juga bagus buat menambah pengetahuan kita lebih dalam..berdiskusi malah lebih bagus lagi... Bisa ga berdebat dgn kata2 yang lebih baik??? atau emang disengaja ya agar lebih menarik dibaca??? aku jadi bingung sendiri???

lapan's picture

@holy given, pegangan

Kalau bingung pegangan =p

 

gw jg kaget dan protes pas dolo baru dateng di sini. dah banyak juga orang yang mengomentari gaya komunikasi beberapa SSer. cuekin aja holy. baca aja diskusinya, makian2nya biarin aja.

 

daripada ngurusin itu, kamu bantuin memecahkan soal 400 dan 430 tahun aja yuk. Menurut kamu gmn soal ini? Apa alkitab gak valid? Apa Musa salah itung? Apa Tuhan salah?

__________________

imprisoned by words...

Veritas's picture

Punya kata pengganti yang

Punya kata pengganti yang halus ga bro buat kata2 berikut:

Tolol, bodoh, bego, kentut, muntah?

Hehehe...kalau maknanya sama, mau "sehalus" apapun itu, tetap aja sama.

Anda berkata anak anda tidak pintar sama saja dengan anda mengatakan anak anda bodoh. Yang diperlukan hanya terbiasa.

Terbiasa... hahahahaha

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

lapan's picture

Veritas klasik

Klasik...

Yang holy bilang "ngapaen pake kata-kata begituan"

Bukan minta diganti.

Hahahahahahahahahahahahaha

__________________

imprisoned by words...

Veritas's picture

Masalahnya mau pake kata apa

Masalahnya mau pake kata apa lagi untuk mendefinisikan orang yang ga pinter2 dan ga ngerti2 walau sudah diajari sampai kesabaran hilang? hahahahaha

 

O, ada deng... pake bahasa inggris.. istilahnya : PERVERT !!!

Hahahaha

__________________

Quid Est Veritas Kata seorang bajingan bernama PILATUS

http://www.facebook.com/veritasq

lapan's picture

Veritas hilang

Itu mah artinya jauh melenceng!! Hahahahaha

 

Yah klo dah tau gak bisa diajarin ya gak usa diajarin lagi. Case closed aja...

Soal kesabaran yang hilang mungkin bisa dicari siapa tau ketemu =p

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@holygiven : relax n joy

Salam kenal ya... Welcome to the jungle, semoga kamu betahhh.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

holy given's picture

Lapan..saya emang pendatang

Lapan..saya emang pendatang baru..tertarik gabung disini karena mau belajar banyak ttg alkitab..jd sedikit kaget aja dng kata2 yang agak kasr itu..hehehe

soal 400 dan 439 juga masih saya selidiki..

tapi yang saya percaya dan yakin adalah Allan tidak pernah ngaco...

lapan's picture

@holy ditunggu

ditunggu yah pendapatnya =)

__________________

imprisoned by words...

holy given's picture

@Veritas..memang tidak terbiasa

veritas saya memang tidak terbiasa dengan kata2 kasar seperti itu.. kalau anak saya susah diomongin,saya usahain jangan pernah mengucapkan kata tolol bodoh atau nakal.. atau kata2 negatif seperti itu.. satu hal yang saya percaya kalau perkataan kita itu punya kuasa.. kalau saya ingin anak saya adalah anak yang pintar saya slalu bilang kalau dia pintar hanya perlu belajar lagi..

tapi ya sudahlah.. memang benar, kalau masuk kesini harus terbiasa dengan hal2 seperti itu..

makasi lapan atas masukannya, saya ga usah peduli dengan segala macam umpatan tapi peduli dengan diskusinya..

n4th4n_andy's picture

yang gua dapet

 

 

Kejadian

15:13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.

?? apa di sni mau langsung di tafsir perbudakan dan aniaya itu arti nya terjadi di Mesir  ??

 

15:14 Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.


15:15 Tetapi engkau akan pergi kepada nenek moyangmu dengan sejahtera; engkau akan dikuburkan pada waktu telah putih rambutmu. << ini di genapin karena Abraham nurut :D


15:16 Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap."   << mengenai "kembali ke sini"  mana nih ?

 

--- Abraham masih hidup sewaktu si kembar Esau & Yakub itu lahir

--- kuburan Sara itu di tanah Kanaan rupanya :D

--- Ishak baru meninggal setelah  Yusuf lahir  ..tau nya dari Timeline

--- "keturunanmu" baru di perjelas oleh Tuhan setelah Ishak lahir

--- mengenai 400tahun ..kaga tau .. ngitungnya  bikin pusing , gk bisa gwa :D

--- gwa baru unggah ini setelah  hai-hai  bikin statemennya di blog dia hahahaha ..cemen nya gwa hiks :'(

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

@nathan yang cemen

yang cemen itu okul. tenang aja.

 

hahahahahahahahahahahahahahahahahahaha

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@nathan & lapan : mau tahu wilayah MESIR KUNO

sebagai tambahan nih...

mungkin ini bisa membantu, wondering wilayah mesir mana aza KLIK DISINI.

kalau tidak membantu ya nasib.

 

mungkin ayat ini juga bisa membantu, KAPAN ISRAEL ADA ?

 

Kejadian 32:27 Bertanyalah orang itu kepadanya: "Siapakah namamu?" Sahutnya: "Yakub." 

32:28 Lalu kata orang itu: "Namamu tidak akan disebutkan lagi Yakub, tetapi Israel, sebab engkau telah bergumul melawan Allah dan manusia, dan engkau menang."

 

 

 

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

jesusfreaks's picture

@lapan & nathan : PASUKAN TUHAN = BALA TENTARA ALLAH

Saya pikir kita berangkat dari pemahaman yang salah.

itulah sebabnya kenapa, saya begitu yakin bahwa 400 tahun & 430 tahun itu BERBEDA KONTEKS.

 

SAYA COBA ULANGI DARI AWAL YA :

Kejadian 15:13

Firman TUHAN kepada Abram:

"Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing

dalam suatu negeri,

yang bukan kepunyaan mereka,

dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya,

empat ratus tahun lamanya. 

BERIKUT KELANJUTANNYA :
Kejadian 17:19
Tetapi Allah berfirman:
"Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu,
dan engkau akan menamai dia Ishak,
dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia Ishak
menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. 
DARI ISHAK DIMULAI PERJANJIANNYA,
Apakah itu berarti 400 tahun ini hitung dari sini ??? kita simpan dulu pertanyaannya ???
=======
Kejadian 12:40
Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. 
Kejadian 12:41
Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun,
tepat pada hari itu juga,
keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir.
MENURUT SAYA DISINI PUN KITA MISSED MEMAHAMINYA, ternyata 2 ayat tersebut sama-sama menyebut 430 tahun, namun ternyata merujuk kepada 2 hal berbeda.
yang satu ORANG ISRAEL, yang satu PASUKAN TUHAN.
namun kedua ayat ini menjadi satu KESATUAN.
artinya orang Israel dan pasukan TUHAN, SAMA SAMA KELUAR DARI MESIR.
KAPAN PASUKAN TUHAN ADA DIMESIR ?
Kejadian 32:2
Ketika Yakub melihat mereka, berkatalah ia:

"Ini bala tentara Allah."
Sebab itu dinamainyalah tempat itu Mahanaim.
=======
Nah DARI SINI KITA MULAI GODOK LAGI, ada yang mau urunan BANTU prok prok prok.
kalau gak mau ? ya sudah tidak maksa,
yang penting jangan ASAL NGEJEBLAK bilang TUHAN NGACO. yukkk mareee...
shalom,
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rafiqo's picture

@JF, usaha yang bagus

Usaha yang bagus dari JF,semoga SS semakin kaya akan para pecinta Tuhan, menurut gw,mungkin maksud di Hai-hai agak berbeda dari cara loe, kalau yang gw baca selama berseluncur di SS ini adalah :

1. ada yang melihat apa adanya yang tertulis di kitab dan berdasarkan itu dia buat sesuatu dalam tulisannya, dan kalau ada orang yang mencoba mengartikannya dia tidak dapat menerima, karena dia memahami dalam bentuk apa adanya tertulis

2. ada yang berusaha mengungkap sesuatu dibalik tulisan2 kitab dan mencoba mencari titik terangnya sambil tidak terlepas dari jangkarnya (Tuhan tidak pernah salah).

salam dari pendatang baru SS.

 

lapan's picture

@Rafiqo, Halo

Welcome!! (pdhl gw jg baru beberapa bulan di sini, tapi lumayan udah mau setengah tahun =D)

Pengamatan yang bagus...

Memang sepertinya tiap orang memahami alkitab dengan aturan yang berbeda. Ada yang aturannya "alkitab tidak boleh ditafsirkan", ada yang aturannya "Tuhan tidak mungkin salah", ada yang aturannya "alkitab tidak mungkin salah", ada yang aturannya "pokoknya", ada yang aturannya "katanya", dan sebagainya. Hohoho

Siapa tuhan itu? Tuhan dalam alkitab, alkitabnya, atau pikiran kita sendiri? Hehehehe

__________________

imprisoned by words...

rafiqo's picture

@lapan, welcome too

ya gw cuma seluncur di SS untuk cari tahu tulisan2 di SS dan juga pengen tahu karakter@ termasuk mungkin cara pandang user2 disini, kebetulan gw masih baru, jadi cuma liat2 dulu aja, sambil kenal2an.

salam kenal

 

 

jesusfreaks's picture

@rafiqo : Kristosentris

Kalau kamu perhatikan dengan seksama, lihat saja nanti, selama tidak memakai metode kristosentris untuk mengenal Allah, maka akan kelihatan jlimet. kristus sudah ada jauh sebelum dunia dijadikan, namun tidak bisa tidak, kristus yang menyatakan diri secara sejati adalah Kristus Yesus Sang Anak Manusia. makanya DIA proklamirkan diri Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup. Terus hayati eksistensi Yesus Kristus dalam alkitab maupun dalam hidupmu, biarlah PENGUNGKAPAN itu turun atasmu, kita TIDAK PERNAH MENGUNGKAPKAN, melainkan DIUNGKAPKAN.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

rafiqo's picture

@JF: Kristosentris = Diungkapkan?

kalo boleh tahu berarti JF mencoba meniliki sesuatu dari yang hanya diungkapkan saja ya?, ato memang kita tidak boleh menafsir? kalau yg gw amati memang dari loenya "Mirip" dengan hai-hai yaitu mencari sesuatu berdasarkan yang tertulis saja:

1. Jf menulis berdasarkan yang diungkapkan saja (cth: Merunut dari silsilah, dsb)

2. Hai-hai menulis berdasarkan apa yang sebenarnya tertulis ( cth : menulis sesuatu "seolah-olah" Tuhan salah)

he he he gw cuma nebak2 aja cara berfikir loe berdua nieh, sori mungkin ini salah, tapi menurut gw ini menarik:)

 

good luck

jesusfreaks's picture

@rafiqo : Pengenalan akan TUHAN

Dear rafiqo, Yang saya maksud mengenai kristosentris, lebih merujuk ke pengenalan akan TUHAN, maksud saya begini. Kita tidak tahu TUHAN itu seperti apa dan bagaimana. Sehingga ketika agama - agama dan kepercayaan mengklaim "TUHAN"nya maka sah sah saja. Tidak ada yang salah, tidak ada yang sesat. Ketika mereka menyembah disana sini Allah yang tidak mereka kenal, buat saya juga masih sah sah saja. Berangkat dari sini, kita bisa memandang kebenaran universal, TUHAN yang universal. Nah ketika TUHAN mengambil rupa manusia dalam wujud Yesus Kristus, INILAH yang "agak" menggeser ke UNIVERSAL an tersebut. Jika kita tidak memegang teguh PERWUJUDAN TUHAN SEJATI dalam Yesus Kristus, maka kita akan kembali ke konsep awal yang saya maksud diatas. Sehingga kedatangan Yesus Kristus, dirasa rasa TUHAN kurang kerjaan, buang buang waktu dan energi. Jadi IMO Yesus Kristus adalah Perwujudan TUHAN sejati, dan menjadi jalan SATU-SATUNYA menuju Allah Bapa. Dan dalam iman dan kepercayaan saya, ya benar YESUS KRISTUS itu TUHAN. Saya TIDAK BISA MENGUNGKAPKAN keyakinan saya itu kepada kamu. TUHANlah yang mengungkapkannya kepadamu. Saya TIDAK PERNAH menemukan DIA, DIAlah yang menemukan saya.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

n4th4n_andy's picture

@JF .. bala tentara

Kejadian 15:13

Firman TUHAN kepada Abram:
"Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing
dalam suatu negeri,
yang bukan kepunyaan mereka,
dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya,
empat ratus tahun lamanya.
 


BERIKUT KELANJUTANNYA :
Kejadian 17:19
Tetapi Allah berfirman:
"Tidak, melainkan isterimu Saralah yang akan melahirkan anak laki-laki bagimu,
dan engkau akan menamai dia Ishak,
dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia Ishak
menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya. 
DARI ISHAK DIMULAI PERJANJIANNYA,
Apakah itu berarti 400 tahun ini hitung dari sini ??? kita simpan dulu pertanyaannya ???
-- Yup lebih setuju kalo perhitungan nya di mulai dari Ishak --
-- sunat itu sebagai tanda "perjanjian" antara TUHAN dgn Abraham --
kejadian 17:10 Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;
---- mengenai "keturunanmu" baru / lebih di perjelas lagi  di bawah  ----

Kejadian 21:12 Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut ialah keturunanmu yang berasal dari Ishak.
Kejadian 21:13 Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena iapun anakmu."

-- keturunan dari hamba itu karena udah di sunat kali yach jadi termasuk dalam perjanjian --
=======
Keluaran 12:40
Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. 

Keluaran 12:41
Sesudah lewat empat ratus tiga puluh tahun,
tepat pada hari itu juga,
keluarlah segala pasukan TUHAN dari tanah Mesir.

namun kedua ayat ini menjadi satu KESATUAN.

artinya orang Israel dan pasukan TUHAN, SAMA SAMA KELUAR DARI MESIR.

--- gak kejauhan tah bro ngeliat nya di Kej 32 ?? ---
--- lebih deket liat peristiwa di Keluaran 12:1-29 , tapi ya ini maksa juga sih IMO ny :D ---
__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

@nathan & JF keturunanmu

Tuhan kan menjanjikan Abraham supaya keturunannya menjadi banyak. Saat Tuhan mengulangi janji-Nya di pasal 17, Abraham udah punya anak namanya Ismael. Nah, Tuhan cuman menegaskan bahwa bukan Ismael, tapi anak dari Sara yaitu Ishak yang dimaksud sebagai keturunan Abraham yang dijanjikan Tuhan sebelumnya.

Bahkan pada pasal 15, Abraham malah menyangka bahwa hambanya Eliezer yang akan menjadi alih warisnya. Baru di pasal 16 Abraham mengambil Hagar sebagai istri dan mendapatkan Ismael.

Tidak ada yang aneh menurut saya. Karena jelas-jelas pada pasal 15, dikatakan bahwa:

15:12 Menjelang matahari terbenam, tertidurlah Abram dengan nyenyak. Lalu turunlah meliputinya gelap gulita yang mengerikan.
15:13 Firman TUHAN kepada Abram: "Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya.
15:14 Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.

Point-pointnya:

1. Keturunan Abraham akan menjadi orang asing di suatu negeri yang bukan kepunyaan mereka.

>> Siapa yang dimaksud? Keturunan yang mana, Ismael atau Ishak? Pasal 17 hanya menegaskan bahwa keturunan Ishak yang dimaksud. Yang bukan kepunyaan mereka, berarti jamak, bukan hanya Ishak sendiri. Jadi masa 400 tahun tidak mungkin dimulai sejak pasal 17. Ishak aja belum lahir

2. Akan diperbudak dan dianiaya selama 400 tahun

>> Sangat jelas kan waktunya 400 tahun

3. Bangsa yang memperbudak akan dihukum, dan MEREKA akan keluar membawa harta yang banyak.

 

Penindasan Israel di Mesir tergenapi soal point nomor 1 dan nomor 3. Tapi mengenai nomor 2? Lalu yang ini gimana:

15:16 Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap.

Kita cmn tau keturunan keempat berarti anak-anak dari anak-anak Yakub. Yaitu anak Ruben, Lewi, dsb... Tapi untuk kejadian yang merupakan penggenapan janji Tuhan, kenapa gak dicantumkan?

 

__________________

imprisoned by words...

hai hai's picture

@n4th4n_andy, Ketiwi

JF: jujur, saya agak tertiwi (a k a : tertawa bwi hi hi hi), melihat seorang haihai yang kayaknya JUMP TO CONCLUSION.

JF: maka selisih 30 tahun adalah MASA SUKACITA. bilamanakah Masa Sukacita tersebut ??? jawabannya simple, Masa Itu adalah Masa Pemerintahan Yusuf, Anak Yakub, yang menjadi salah satu penguasa penting di Mesir.

JF:   jadi 400 tahun yang dimaksud adalah MASA PERBUDAKAN dan PENGANIAYAAN.
sedangkan 430 tahun adalah TOTAL MASA TINGGAL DIAM Bangsa Israel di Mesir, hingga akhirnya MUSA membawa bangsa Israel KELUAR dari MESIR.
demikianlah saya coba MENYAMPAIKAN MAKSUD saya.
jika ada yang ingin membantu untuk lebih lanjut, monggo mas, monggo mba.
apakah sesimple itu ? yes, why not ?!?!

n
__________________

Karena Di Surga, Yang Terbesar Adalah Anak-anak

n4th4n_andy's picture

keturunan ke-empat

coba baca yang in pan..heboh nih :D

kejadian 35:21. Sesudah itu berangkatlah Israel, lalu ia memasang kemahnya di seberang Migdal-Eder.
Kejadian 35:22 Ketika Israel diam di negeri ini, terjadilah bahwa Ruben sampai tidur dengan Bilha, gundik ayahnya, dan kedengaranlah hal itu kepada Israel.

---- kalo Ruben dan Bilha itu sampe ada "hasil" ya arti nya udah ada keturunan ke-empat ..tapi ini KALO aja loh :D ..mesti di selidik lagi nih :D ----

kejadian 35:27 Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, ayahnya, di Mamre dekat Kiryat-Arba--itulah Hebron--tempat Abraham dan Ishak tinggal sebagai orang asing.

 

kejadian 37:1. Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.

 

-- ini berlaku sampe waktu Yakub dan anak" dan keturunannya sampe di perintahkan ke Mesir oleh Tuhan ( baca di Kejadian 46 )

 

--- di sini ikut juga anak" Yakub  ,( +an ) eh ternyata sudah beranak-cucu juga di situ ---

 

---------

 

tentang keturunan-mu

sewaktu firman itu di sampaikan Abram belum punya keturunan .. anak pertama Abram itu dari Hagar, yaitu Ismael, dan waktu firman perjanjian itu Ismael udah ada. tapi tetep aja Ismael itu gk "di hitung" sebagai keturunan Abraham. Tapi Ismael itu ikut masuk dalam perjanjian karena kan ikut di sunat si Ismael itu.

sebener nya di sini agak rancu jadi nya .. antara keturunan dan perjanjian.. maka nya soal keturunan-mu itu di perjelas lagi sama TUHAN ( hohoho sotoy nih gw :D ) dan juga janji nya soal anak hamba-mu (Ismael) itu , dan bentuk dari perjanjian itu yaitu "sunat" ...ini yang di pasal 17 ..

tapi kemudian di pertegas lagi di pasal 21:10 ....

---ppsstt--- kalo gw ngeliat ny secara "kedodolan gw"  Tuhan itu nge-rubah" soal nya Dia sendiri juga bingung atau  biar yang baca(KEJ) pada bingung(include me) wkwkwk  ---ppsstt---

------

 

"orang asing dalam suatu negeri"

 ---- jangan kan keturunan Abraham, lah Abraham nya sendiri udah "orang asing" di setiap tempat yang dia singgahi kok :D ----

 

--------

kalo kurang jelas coba aj di rangkai lagi ..semua ada di kitab yang sama .. :p

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

jesusfreaks's picture

@nathan : keturunan keempat

inilah seharusnya kita lakukan, artinya kita perlu memahami dulu seluruh konteks, baru membuat suatu kesimpulan.

paling tidak orang mikirrr duluuu, sebelum ngasal, ngaco, dan ngaca.

kecuali saya... hehehe... boleh dong beda...

 

oke biarin kita bahas potong sana potong sini.

paling gak kita sudah dapat beberapa point :

1. kita perlu menyepakati tarikan mulainya dari mana dulu ?

2. kita perlu menambahkan subjek baru selain orang isreal yaitu bala tentara Allah ?

3. kita perlu menyepakati WILAYAH MESIR meliputi MANA SAJA ?

 

itu kita keep dulu...

 

nah sekarang kamu menambahkan soal keturunan.

artinya kita tambah ayat dulu :

Kejadian 15:16

Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, (kanaan ya?)

sebab sebelum itu kedurjanaan orang Amori itu belum genap." (kisah mana lagi nih?)

 

Kejadian 35:27

Lalu sampailah Yakub kepada Ishak, ayahnya,

di Mamre dekat Kiryat-Arba--itulah Hebron--

tempat Abraham dan Ishak tinggal sebagai orang asing.

 

JADI KITA SEPAKAT KETURUNAN KEEMPAT KEMBALI KE Kanaan ya...

nah ini jawaban nubuatnya, mereka kembali ke Kanaan dalam rangka menguburkan Yakub :

Kejadian 48:21 Kemudian berkatalah Israel kepada Yusuf: "Tidak lama lagi aku akan mati, tetapi Allah akan menyertai kamu dan membawa kamu kembali ke negeri nenek moyangmu

48:22 Dan sekarang aku memberikan kepadamu sebagai kelebihanmu dari pada saudara-saudaramu, suatu punggung gunung yang kurebut dengan pedang dan panahku dari tangan orang Amori."

Kejadian 50:12 Anak-anak Yakub melakukan kepadanya, seperti yang dipesankannya kepada mereka. 

50:13 Anak-anaknya mengangkut dia ke tanah Kanaan, dan mereka menguburkan dia dalam gua di ladang Makhpela yang telah dibeli Abraham dari Efron, orang Het itu, untuk menjadi kuburan milik, yaitu ladang yang di sebelah timur Mamre. 

50:14 Setelah ayahnya dikuburkan, pulanglah Yusuf ke Mesir, dia dan saudara-saudaranya dan semua orang yang turut pergi ke sana bersama-sama dengan dia untuk menguburkan ayahnya itu. 

 

Mungkin ada yang bertanya siapakah keturunan keempat yang ikut, benar dialah PERES anak Yehuda dan Tamar. bisa juga cucu-cucunya yakub yang lain, yang sudah dewasa.

 

pi ye, pi ye...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

mungkin...

mungkin maksudnya kedurjanaan Amori belum genap, karena waktu exodus itu kan Israel perang sama Amori, sedangkan pas Yakub dikuburkan, kayanya masih adem ayem. 

 

Kayanya memang tergenapi soal yang keturunan keempat... Sepakat dengan nathan dan om JF =D

 

Tinggal yang 400 nih. 

 

 

Nathan:
sewaktu firman itu di sampaikan Abram belum punya keturunan .. anak pertama Abram itu dari Hagar, yaitu Ismael, dan waktu firman perjanjian itu Ismael udah ada. tapi tetep aja Ismael itu gk "di hitung" sebagai keturunan Abraham. Tapi Ismael itu ikut masuk dalam perjanjian karena kan ikut di sunat si Ismael itu.

 

Ismael juga akan dijadikan bangsa besar, tapi, di pasal 17 Tuhan menegaskan bahwa "keturunanmu" yang di pasal 12, 13, dan 15 itu bukan Ismael tapi Ishak anak Sara karena Abraham ngungkit2 Ismael. Ismael disunat karena Ismael adalah anak Abraham (Kejadian 17:12-13). Bagaimana dengan hamba Abraham, bukannya mereka juga disunat tapi gak termasuk dalam perjanjian? 

 

Menurut gw soal perjanjian itu Tuhan cukup konsisten... Dia janji akan ngulang perjanjian itu ke keturunan Abraham (digenapi), janji keturunan Abraham jadi banyak (tergenapi), janji keturunan Ismael juga jadi banyak (tergenapi). Gak ada yang aneh. Soal 400 tahun itu aja yang gw masih bingung. Sedangkan yang keturunan keempat udah terpecahkan (tampaknya) Heheheheh

 

Abraham dan keturunannya memang orang asing sih, cmn di negeri mana yang keturunannya diperbudak dan dianiaya selain di Mesir? Abraham biarpun orang asing tapi kaya, Ishak juga. Yakub juga kaya. Abraham-Lot dan Yakub-Esau sampai misah karena harta dan ternaknya kebanyakan.

 

 

__________________

imprisoned by words...

n4th4n_andy's picture

Abraham orang baek kan

Bagaimana dengan hamba Abraham, bukannya mereka juga disunat tapi gak termasuk dalam perjanjian?

17:14 Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku."

--- dari pada mesti melenyapkan hamba/budak nya ya mending dia sunat aja semua hamba/budak yang laki" ---

 

Menurut gw soal perjanjian itu Tuhan cukup konsisten...

gw gk nulis soal konsistensi loh :D ..

coba pake contoh ya :

100 .. ( kurang lengkap kan :) )

100 buah ... dalam bentuk piring cantik ( masih kurang lengkap, kalo ada yg pecah" gimana :D )

100 buah piring cantik yang utuh ( nah lengkap nya gini kira" :p )

 

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

ooo gw kira

lo bilang Tuhan ngerubah2 gw kira maksud lu Tuhan gak konsisten hahaha :p

iya, maksud gw si Ismael juga disunat bukan berarti termasuk dalam perjanjian. Si Ismael punya perjanjian sendiri, beda dengan punya Abraham, walaupun isinya mirip :p

__________________

imprisoned by words...

n4th4n_andy's picture

bukan ismael

Si Ismael punya perjanjian sendiri, beda dengan punya Abraham, walaupun isinya mirip :p

 

Bukan terhadap Ismael, tapi terhadap Hagar ibu dari Ismael, kalo terhadap Ismael nya Tuhan gk pernah janji apa" tuh (CMIIW)..tapi memang yang dalam pikiran loe bener (sotoy mode :D) cuma nulis nya aja sih hehehe :p

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

wedew

sama aja kali nath...

Gw janji nanti gw kasi anaklu uang 100jeti.

 

Betul janjinya terhadap ortunya, tapi perjanjian itu melibatkan 2 pihak, jadi bole donk gw bilang, anaklu punya debet janji 100jeti sama Gw

 

*ngeles mode on =p

__________________

imprisoned by words...

jesusfreaks's picture

@nathan : think out of the box

Nah soal piring itu yg gw maksud. Artinya 400tahun itu bisa satu masa utuh atau terpotong potong ? Dan yang jadi kendala lagi adalah adanya perhitungan yg kurang cukup datanya dan kurang valid seperti dari yusuf ke musa. Nah soal pengasingan dan penganiayaan, itu kayak piring yang kamu maksud. Juga termasuk kategori mesir yang dimaksud, setahu saya Allah berjanji memberikan Abrahan sepanjang sungai mesir sampai sungai efrat. Nah soal wilayah ini juga mungkin bisa menjadi kunci.
__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS- 

lapan's picture

@JF: sempat terpikir

Kalau masa perbudakan itu terputus-putus. Tapi saya gak ketemu buktinya, mungkin Om punya?

__________________

imprisoned by words...

n4th4n_andy's picture

pasti terpotong bro

Abraham punya anak tunggal Ishak.

Ishak punya anak kembar, Esau dan Yakub, tapi karena keTOLOLan Esau/PENIPUan Yakub yang sukses, hak sulung jatuh ke Yakub.

-------

perbudakan dan aniaya dari setiap keturunan itu memang selalu ada, tapi gk secara langsung keduanya (perbudakan dus aniaya) terjadi.

Sewaktu Ishak di Gerar (kej 26:6)..IMO itu termasuk(aniaya).

kalo Yakub..sewaktu Yakub bekerja kepada Laban (tambahin aj lagi kalo menurut loe ada)

Yakub di sebut dengan nama BARU yaitu ISRAEL, dan keturunan Yakub baru di sebut anak-anak ISRAEL, tapi belum di sebut BANI ISRAEL(baru dalam Keluaran), karena jumlah nya masih sedikit.

-------

400 tahun lamanya

menurut link itu juga kaya nya masih kurang tepat. karena di link itu ngitung setelah Israel 40 thun di padang gurun (kel 16:35)

IMO memang semuanya terjadi dalam kurun waktu 400 tahunan kan (maksa nih :D)

secara perhitungan akurat nya, 430 tahun itu cuma Musa yang tau/mengerti, karena Musa yang ngalamin.

 

Kej 15:16 Tetapi keturunan yang keempat akan kembali ke sini, sebab sebelum itu kedurjanaan orang amori itu belum genap.  

kedurjanaan orang amori harus di genapi setelah keturunan ke-empat kembali ke sini(kanaan), mungkin sedikit "predestinasi" dari Tuhan x yach .

setelah pendudukan Kanaan orang Israel ada hidup berdampingan dengan orang Amori (Yosua 9; Yosua 24), dan dari situ terjadi "kawin campur" (hakim-hakim 3:5-7 ), dan dalam Alkitab kata "orang Amori" sampai zaman nabi2 kecil. itu perumpamaan lebih dalam kaya nya seh (IMO).

--- nah ini yang gw maksud  "campur tangan" Tuhan dalam tingkah langkah ketidaktaatan Israel .. :D ---

 

 

__________________

Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

lapan's picture

@nathan: Esau dan Yakub

Apakah hanya keturunan Yakub yang dianiaya di Mesir? Apakah keturunan Esau (Edom) juga dianiaya?

 

Di Roma dikatakan Allah memang memilih Yakub, maksudnya apakah sama kasusnya seperti Tuhan memilih Ishak ketimbang Ismael? Hmmmmm

__________________

imprisoned by words...

unyil's picture

@jf, 430

jf, mungkin perlu mempertimbangkan cara rasul Paulus menghitung 430 tahun.

Ah... seandainya ada mesin waktu mungkin jadi lebih gampang deh Smile

Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan "kepada keturunan-keturunannya" seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: "dan kepada keturunanmu", yaitu Kristus. Maksudku ialah: Janji yang sebelumnya telah disahkan Allah, tidak dapat dibatalkan oleh hukum Taurat, yang baru terbit empat ratus tiga puluh tahun kemudian, sehingga janji itu hilang kekuatannya. Gal 3:16-17

Lamanya orang Israel diam di Mesir adalah empat ratus tiga puluh tahun. Kel 12:40  (LAI-TB)

And the sojourning of the children of Israel, while they sojourned in the land of Egypt and the land of Chanaan, was four hundred and thirty years. Exo 12:40 (Brenton's English Septuagint)

__________________

Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan.

jesusfreaks's picture

@unyil : nah itu dia tambah biking bingung

disana gunung

disini gunung

ditengah tengah pulau jawa

badutnya bingung

yang sesat juga bingung

yang penting bisa ketiwi

bwi hi hi hi

 

nah itu dia sebenarnya nyil, walaupun ada mesin waktu, mustahil, gila azaa ngikutin sebuah kisah selama 430 tahun, 430 episod sinetron aza udah bikin muakkkk.

bwi hi hi hi...

 

tenang nyil, semua orang ambil bagiannya masing-masing...

dipilih... dipilih... obral... obral...

bwi hi hi hi....

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-