Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Titan's Winter

josia_sembiring's picture

Kebudayaan Yunani nan eksotis menyimpan cerita cerita menarik seputar makhluk-makhluk sakti dan hebat. Cerita-cerita itu dikenal dengan sebutan mitologi Yunani. Tak kalah hebat dengan cerita-cerita kehebatan Allah Israel (YH*H).

Kalau di kisah Israel kita bisa melihat kehebatan Y**H membelah laut merah, maka dikisah Yunani pun banyak hal-hal menarik dan fantastis. Mulai dari kisah Titan (Bapaknya para dewa) dikudeta oleh trio anaknya Poseidon, Zeus dan Hades. Dan Zeus lalu menciptakan manusia untuk kesenangannya.  Banyak melakukan "mujizat". Bersetubuh dengan anak-anak manusia yang cantik-cantik dan melahirkan anak-anak semi Dewa seperti Hercules, Perseus. Anak-anak Semi Dewa ini pun tak kalah saktinya. Hercules yang bisa disejajarkan dengan Samson dari Suku Benyamin.  Sangat menarik memang disimak kisahnya.

Ada sebuah film Hollywood yang menceritakan kisah pengembaraan Perseus di Bumi. Sangat menarik, judulnya Clash of the Titans. Judulnya sebenarnya rada aneh karena tidak ada perkelahian antara sesama Titan. Seperti diketahui bahwa Titan adalah Mahadewa. Bersama istrinya Titan melahirkan anak-anaknya yang disebut dewa. Tiga dewa mahahebat itu adalah Zeus, Hades dan Poseidon. Kudeta ketiganya membawa pembagian kekuasaaan di alam semesta. Poseidon menguasai Laut, Hades menguasai Kegelapan (alam maut) dan Zeus menguasai Langit. Hades ternyata tidak begitu menyukai wilayahnya sehingga menaruh dendam kepada zeus. Zeus sebenarnya tahu sikap adiknya Hades, namun pura-pura tidak tahu. Hingga suatu waktu Hades mengusulkan untuk memusnahkan manusia. Manusia diciptakan oleh Zeus sebagai bagian dari kesenangannya, namun ternyata manusia sering tidak sesuai dengan keinginan para dewa. Hades Membujuk Zeus untuk memusnahkan manusia (Seperti Iblis membujuk TUHAN menguji Ayub). Zeus yang sangat sayang pada manusia keberatan. Namun karena argumentasi Hades, Zeus setuju. Sayang, rencanana ini digagalkan oleh Perseus (manusia setengah dewa). Perseus yang tidak sengaja terlibat akhirnya berhadapan muka dengan hades.  Singkat cerita Hades melepaskan Kraken, makhluk ciptaannya yang paling ditakuti oleh para dewa dan manusia. Makhluk Laut yang sangat dahsyat. Di kitab ayub menurut saya disebut sebagai LEVIATAN.  Konon ceritanya Trio dewa tersebut dibantu kraken pada saat kudeta terhadap TITAN. Namun untuk menghancurkan Kraken, perseus telah mempersiapkan strategi jitu, yaitu memakai kepala Medusa. Setiap makhluk yang menatap medusa pasti akan jadi batu kayak maling kundang. Dan akhirnya Perseus bisa mengalahkan Hades.

Cerita yang sangat menarik. Bagaimanapun, kehebatan orang-orang Yunani ber imajinasi patut diacungin jempol. Mereka tak kalah dari manusia modern yang menciptakan Spiderman, Superman, Batman, JAKA SEMBUNG dll.  Mereka belajar dari langit. Ketika menatap langit dan bintang-bintang, mereka mendefinisikan satu persatu benda-benda langit tersebut. Maka hingga kini nama2 benda-benda langit banyak mengadopsi nama-nama dewa Yunani.

Sebenarnya awal saya tertarik dengan cerita-cerita Yunani adalah ketika mencari tahu kisah2 yang terjadi di zaman purba dari berbagai suku di dunia. Saya percaya bahwa kisah2 tersebut terpolarisasi (mengutub) kedalam satu poin penting. Poin itu adalah : Pencipta dan Manusia. Sejauh mana suku-suku tersebut memiliki imajinasi terhadap Pencipta dan sejauh mana interaksi pencipta terhadap manusia yang digambarkan oleh mereka-mereka itu. Mitologi Yunani, Yahudi, Mesir, Babilon, Persia ternyata memang tidak jauh berbeda. Tak heran apabila Pencipta sering berinteraksi dengan mereka. Inipun diceritakan dalam kisah-kisah Yahudi diantaranya : Kisah Henokh, Kisah Abraham, Kisah Lot, Kisah Melkizedek, Kisah Bileam, Kisah Simson, Kisah Nimrod, dll. Dan sebagian besar mereka bukanlah bangsa pilihan, namun lebih kepada Bangsa Babilonia, keturunan Adam yang pertama. Israel muncul ketika Yakub ada. Kisah eksotis sebelum Israel (Yakub) ada sangat sedikit diketahui dari Alkitab. Namun sebenarnya sumber2 kitab lain banyak sekali seperti tulisan-tulisan dari Sumeria dan Babilonia, kitab Henok, Kitab orang2 Mesir dll. Penggambaran mereka terhadap dunia, pencipta ternyata memiliki kemiripan dengan tulisan-tulisan MUSA dan para nabi. Hampir seluruh suku-suku di belahan dunia memiliki kemiripan kisah masing-masing. Titik poin pertemuan semua kisah suku-suku tersebut adalah Banjir NUH. Semua memiliki kesamaan. Namun kisah ini mulai pecah setelah terjadinya kekacauan bahasa di Babel. Semua kisah menjadi kabur kecuali kisah NUH.

Titan's Winter... Kisah Para Dewa dan Manusia di dunia. Sangat menarik untuk dikupas. Gambaran Tuhan ada didalam manusia. Bila engkau hormat kepada TUHAN maka engkau tentunya menghormati gambarnya. Tak salah Yesus berkata, apapun yang engkau lakukan kepada salah satu saudaraku yang hina ini, maka engkau telah melakukannya untukku.

Happy Friday...