Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

tantangan alam menyatukan mereka

tonoutomo's picture

hari ini kami berkunjung di suatu daerah di tengah pulau jawa sebelah selatan. sebuah kabupaten yang cukup terkenal bagi telinga kita. sebab dari kabupaten ini kita mengenal banyak nama pantai terkenal yang begitu indah dan alami. dari kabupaten ini kita mengenal pula sebuah desa yang cukup terkenal lahan kritis, jauh dari akses air. memang kabupaten ini ada di daerah pegunungan kapur selatan.

 

kesadaran akan tantangan alam yang cukup kuat menjadikan ada nilai-nilai baru yang tumbuh di antara mereka. dan nilai-nilai baru tersebut jelas-jelas sangat berbeda dengan nilai-nilai lama sebelum mereka memasuki daerah tersebut. tantangan alam menjadikan:

1.Solidaritas di antara mereka semakin kental.

rasa sepenanggungan, senasib dan seperasaan mulai tumbuh dan menjadikan mereka sebagai suatu komunitas yang sangat menjunjung tinggi arti kebersamaan. rukun agawe santosa, itulah yang selalu didengungkan di antara mereka dan anak cucu mereka.

2.Tak peduli siapa pria dan siapa wanita.

situasi tantangan alam menjadikan setiap anggota keluarga harus benar-benar berperan. bahkan seringkali melompati peran yang ada sesuai budaya jawa. laki-laki dan perempuan semua mengambil peran semampu mereka. apapun mereka kerjakan demi terpenuhinya kebutuhan hidup mereka.

3.Siap hadapi tantangan dari luar.

apapun tantangan dari luar baik yang masuk lewat media maupun dengan datangnya orang asing yang mencoba menularkan suatu budaya baru, siap mereka hadapi dan siap mereka redam.

 

 

 

 

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

TaunyaKaukan's picture

cuma satu kata

menjemukan!

__________________

siapakah seperti Engkau ya Tuhan.

tonoutomo's picture

ty

makasih telah mampir. maap menjemukan dirimu..:)))

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

lapan's picture

@tonoutomo, usul

Usul: kasi poto, jangan disamarkan nama kabupatennya, lebih spesifik kegiatannya Laughing

__________________

imprisoned by words...

tonoutomo's picture

usul diterima

desa wiladeg kabupaten gunung kidul

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!