Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Suka Bohong Ya ??????

tonoutomo's picture

 

Suka bohong ya????

 

Kamu jangan suka bohong, itu nasehat dari orang tua yang selalu diingat oleh anak ketika ia beranjak dewasa. Mengapa nasehat itu begitu melekat pada diri seorang anak yang pernah hidup di bumi? Apakah karena kebohongan selalu akan anak beranak dan bercucu kebohongan selanjutnya sebagaimana pepatah Sekali berbohong maka akan ditutupi dengan kebohongan selanjutnya.  Ataukah karena di Alkitab disebut bahwa Iblis si Diabolos itu Bapanya pembohong, supaya kita tidak menjadi anak-anak Iblis? Ataukah karena usaha berbohong itu mula-mula terasa nikmat bagi yang berhasil melakukannya sehingga ia semacam candu yang kemudian menjadi tindakan yang addict, yang kalau tidak dilakukan rasanya tidak ada kepuasan? Kamu tukang Bohong..kamu tukang tipu..sebenarnya merupakan suatu cap yang sangat tajam dan berkualitas parah. Sekali berbohong orang akan tidak dipercaya oleh sesamanya, seperti pepatah: sekali lancing ke ujian seumur hidup orang tak kan percaya.

 

Ataukah karena ia dilarang begitu keras sehingga orang ergoda untuk melakukannya. Malah dianggap sebagai suatu prestasi atau keberhasilan ketika berhasil ngibul atau ngibulin orang lain. Kenikmatan bertambah ketika otoritas yang lebih tinggi berhasil dikibulin. Mungkin sama seperti perasaan Hawa ketika ia melihat buah yang ada di Eden. Menarik untuk dilihat, menarik untuk dimakan.

 

Siapa yang boleh berbohong? Kalau anak-anak jelas dengan amat keras dilarang berbohong. Apakah orang dewasa boleh berbohong? Di budaya jawa ada istilah dora sembada, yaitu suatu tindakan yang dilakukan untuk suatu kebajikan yang utama. Oleh karena itu lalu dipilah dora putih dan dora hitam. Berbohong demi berbohong dan berbohong demi kemaslahatan orang banyak. Seorang filsuf juga pernah mempersoalkan hal “berkata benar” dan “tidak berkata benar”. Namun apakah itu berarti cara disahkan oleh tujuan? Ataukah tidak lebih baik tujuan menentukan cara? Kalau tujuan menentukan cara itu akan mengurangi kualitas tujuan. Sebaliknya jika tujuan menentukan cara itu memurnikan tujuan.  Atau dora putih hanya dilakukan atau ada sikap permisif sedikit, dalam keadaan terpaksa orang boleh berbohong demi kebaikan.

 

Hal suka berbohong ternyata bukan masalah anak-anak. Dalam skala yang lebih luas para tokoh agama pernah juga menyuarakan suara profetisnya bagi SBY agar tidak Suka Bohong. Sebab selama ini sudah terdaftar 18 kebohongan yang dilakukan. Terakhir kebohongan soal rencana reshufel cabinet atau soal komposisi koalisi. Lebih mutakhir lagi soal apa yang di muat oleh Wikileaks, di mana para mentri berusaha mati-matian untuk mengatakan bahwa SBY tidak abuse of power. Sekali lancung ke ujian…..mana orang lmau percaya lagi. Seandainya benar-benar SBY tidak menyalahgunakan kekuasaannya dengan memakai BIN untuk kepentingan politik partainya, orang sudah tidak akan percaya lagi. Begitu fatal akibat berbohong. Siapa suka bohong? Siapa mau belajar berbohong? Belajarlah pada Bapa Pembohong alias Diabolos

 

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

SAMMY SIGA's picture

Topik yang menarik. Betul, ga

Topik yang menarik. Betul, ga bohong.Smile

Suatu ketika dijamu makan teman yang memasak sendiri hidangannya. Tidak sesuai selera lidah.

Ditanya, "Enak ga?"

Aduuhh, gmn jawabnya. Jujur ga ya?

 

Di lain saat seseorang yang pernah berjasa kepada kita meminta pertolongan, tepat ketika rasa malas membekap hati. 

Terus terang, ato cari alasan tentang sesuatu yang ga bisa ditinggalkan ya?

Memang ga mudah jujur seperti jin yang menjawab pertanyaan, 'pingin ganteng!'

'Ngimpi!'

__________________

Geadley Lian's picture

Alasan bohong

Dari sisi lain nya seorang anak bisa kelupaan nasihat ortu kalo udah gede,kalo mau minta ongkos,alasannya buat beli barang perlu,tau2 aja lain belanjanya.

Samy,utk ngga bikin dia kecewa ya,terpaksa dibilang enak.

Alasan yg sering orang pake adalah "banyak kerjaan,mau selesai cepet",kira2 gitu.Tapi ngga bisa selalu lah samy.Nanti ketauan.wkwkwkwk.......

__________________

geadley

tonoutomo's picture

wkwkwkwkw

itulah ketegangan antara tetap menjaga relasi dan mencapai tujuan. bagaimana kedua-duanya kita dapatkan. penekanan pada satu sisi (relasi/tujuan) saja sudah tentu ada konsekuensi. konsekuensi yang paling ringan itu yg sering jadi pertimbangan. di sini kita berhadapan dengan jawaban: bilang Ya jika Ya dan bilang Tidak bila Tidak, lebih dari pada itu berasal dari Diabolos...wkwkwkkwkw

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

Geadley Lian's picture

trus terang

Bicara trus terang juga bisa bikin kecewa,but anyway terkandung keadaan/orang nya.

__________________

geadley

tonoutomo's picture

problem komunikasi

problem komunikasi atau problem etika geadly?
__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

Geadley Lian's picture

pokok persoalan

Yg menjadi pokok dalam hal ini adalah menjaga perasaan seseorang karena kita bisa saja ketemu sama orang yg ngga bisa trima kenyataan,lagian bukan semua orang bisa trima jawaban yg jujur,apalagi dalam kasus seperti apa yg ditulis oleh samy siga di atas.

__________________

geadley

tonoutomo's picture

jaga perasaan

saya senang dengan kata "jaga perasaan". orang jawa bilang "tahu diri". tahu siapa lawan bicara, dalam suasana bagaimana, di tempat seperti apa...dan banyak lagi yg harus dipertimbangkan kalau seseorang mau ngomong.

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

tonoutomo's picture

yahoo.news

Liputan6.com, Jakarta: Menyembunyikan fakta yang sebenarnya mungkin dapat memperbaiki situasi, tapi itu pasti akan mengganggu hubungan dalam jangka panjang. Kebenaran adalah pilar dalam berhubungan.

Pada beberapa titik laki-laki dan perempuan lebih memilih berbohong. Perbedaannya adalah "alasan" di balik kebohongan. Perempuan biasanya berbohong demi membuat orang lain merasa sedikit lebih baik. Sementara pada laki-laki sebaliknya, kebohongan untuk menghindari situasi yang dihadapi atau masuk ke dalam keadaan yang menantang.

Beberapa orang mungkin mengatakan, apa yang salah dalam berbohong jika memperbaiki situasi Tetapi pertanyaan sebenarnya adalah, mengapa berbohong untuk perbaikan

Berikut beberapa kebohongan alias white lie yang paling sering diucapkan pria dalam kehidupan sehari-hari:

1. Kamu tidak terlihat gemuk: Ini sebuah contoh kebohongan klasik, berusaha memberikan penghargaan dan membuatnya bahagia.

2. Saat menelepon Anda: Ini contoh lain kebongan putih saat menelepon. Pria mungkin menghubungkan dengan beberapa kesalahan teknis saat tak ingin ditelepon: Alasannya bermacam-macam mungkin jaringan yang sibuk, di luar jangkauan, atau semacam itu.

3. Terjebak dalam kemacetan: Hampir semua dari kita pasti menggunakan kebohongan ini di beberapa kondisi tertentu. Kebohongan ini memiliki keuntungan, dari sebuah keraguan untuk dipercaya.

4. Cinta masakan Anda: Makanan yang dimasak dapat membuat sengsara untuk dimakan. Beberapa pria berpura-pura seolah-olah itu benar-benar enak! Kebenaran pernyataan tersebut dapat dinilai oleh ekspresi saat menyantap makanan.

5. Percayalah Aku, Aku tidak pernah berbohong: Pria begitu sering menggunakan kalimat sakti ini. Namun kalimat ini membuat para wanita benar-benar terpesona dan terpikat sehingga dia buta dengan kedustaan.

6. Senang dengan pekerjaan ibu Anda: Diucapkan ketika pria itu berusaha keras untuk mengesankan seorang gadis dan ia akan melakukan apa saja untuk membuatnya merasa baik.

7. Wanita lain No Way! Pria begitu semangat berpura-pura saat bersama gadis mereka. Mereka mengatakan tidak peduli dengan perempuan lain. Tentunya hal itu adalah dusta. Pernyataan "tidak berpikir tentang wanita lain" sulit dipercaya.

Berbohong memang bikin kecanduan. Setiap kecanduan itu perlu disingkirkan dan berbohong tidak ada pengecualian. (MEL/themedguru)

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

Geadley Lian's picture

terlalu mudah

Kebanyakan cewek sulit menerima kenyataan kalo berterus-terang.Mudah berkecil hati.

__________________

geadley

tonoutomo's picture

makanya perlu di"bombong"

dibombong dengan diapusi...wkwkwkwkwk

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!

Geadley Lian's picture

hanya

Sulit loh mau cari yg penyabar & yg memahami,hanya mampu doa aja doang.

__________________

geadley

tonoutomo's picture

ya

yah paling tidak ada baiknya: mau berdoa:)))

__________________

apa hebatnya manusia!!!!!!