Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Tindakan Kasih yang Masif Non-Denominasi

manguns's picture

Langkah menabur benih keesaan Geraja

Agar lebih ngeh terhadap posting ngawur saya tentang Romantisme Rohani Kristiani, saya perjelas dalam posting tersendiri (sesuai saran suheng) Masif Non-Denominasi.

Baru dalam tahun 2011 ini, ada rekan kristen kita konsultan lembaga donor asing mendapat job mendisain salah satu aspek dalam penyaluran grant untuk kegiatan sosial Indonesia, tahun pertama US$ 1jt tahun selanjutnya nambah sesuai perkembangan, selama 4 tahun. Dengan semangat kekristenannya, kawan ini mencoba kontak PGI, menginformasikan peluang ini. Kawan ini langsung shock berat (padahal sudah saya bisikin, jangan berharap kodok menggonggong)  menyadari PGI sama sekali tidak memiliki kapasitas inisiasi program sosial. Bahasa awamnya: kalo ujug-ujug PGI dikasih duit 9M/th selama 4 tahun, perbuatan kasih apa yang bisa dirancang oleh PGI bagi umat kristen Indonesia? ...kata PGI: mana ketehe...

Jangankan ikut seleksi, menyusun proposal saja nggak ada mampu. Akhirnya, yang unggul seleksi adalah program sosial salah satu ormas keagamaan sodara kita, terkait bencong dan, transgender, seperti: bikin cafe utk para bencong, life skill bencong, dana bergulir operasi ganti sex dll.

Moral story: dunia kian mengglobal dan kompleks, sistem perekonomian kian rumit, permasalahan sosial berlipat ganda, dana kedermawanan bertabur dimana2, kristen indonesia mengurung diri asik dengan Self-righteousness  masing2, para profesional/pakar yang ktpnya kristen kebingungan melihat skisma dimana2, perbedaan jadi tema komoditi mimbar sensasional.

Benih menuju keesaan perlu ditaburkan (atau sudah yach? kok nggak kedengeran), melalui TIndakah Kasih secara massal (kecil-kecil namun banyak dan serempak) sambil menyanyi "kutak pandang dari greja mana..."  mencontohkan Kasih Nyata (bukan omdo) Tuhan Yesus Kepala Gereja. Dimulai dari masing-masing kita bersama merancang .....(ngobrol2 sambil ngopi, diskusi di SS)

Rupanya masih ... to good to be true

lapan's picture

Bikin aja proposalnya

Berarti yang dibutuhkan bukan cuman dana, tapi juga proposalnya sekalian. Bagusan lagi langsung dijalanin gak usah ke PGI segala :p

Manguns bisa diskas dengan Pak Purnawan Kristanto. Coba deh baca blognya yang ini:

Menabur damai, mengusir serigala.

Kalau dalam gereja sendiri, ada blog Pak Purnomo:

Bank dalam gereja 1 dan Bank dalam gereja 2

Ada juga Iik yang terjun langsung dalam penginjilan:

Senandung sumbang

Itu sedikit contoh aja sih, masih banyak yang lain tapi silakan cari sendiri, tercecer juga dalam bentuk comment, gak hanya blog (dan banyak juga yang gw belum sempet baca :p)

 

Gw sendiri masih dalam tahap berangan-angan jadi relawan/donatur tapi ya gitu deh wkwkwkwkkwkwkwkwkwk

Tindakan kasih memang seharusnya gak dilakukan hanya untuk kalangan sendiri, kata Tuhan Yesus itu mah yang gak kenal Tuhan juga bisa. Hehehehe

__________________

imprisoned by words...

manguns's picture

@lapan

Sharingnya @Purnomo, aplikatif sekali, dan ttg Jasa Kredit kecil saya komentar beberapa catatan penting bila hal itu akan direplikasi ketempat lain.Catatan yang nggak bakalan ketemu dibangku kuliahan. Siap direplikasi ... tapi terkendala orang.

Tentang pekerjaan, critical factor ternyata bukan dana, tapi adalah pekerja. Persis seperti yang tertulis 'tuain banyak pekerja sedikit'. Manusia memang banyak, apalagi yang omdo, tapi yang punya keahlian memanen sekaligus mau bertindak... amat langka. Jangan salah sangka, saya termasuk golongan yang bisanya tereak2, kalo disuruh kerja mau saja, tapi lebih banyak yang kebuang dari yang dipanen.

 

HASLAN's picture

@mangun... Semangat Provokatif...

Saya sudah baca Tulisan Profokatif anda mulai dari ini .. Hingga ini.

 

Cukup Provokatif....!!!

 

Saya Setuju...!!!

Mencoba menelisik dari sisi Sosial dan Humanity dibanding cerita - cerita sekedar cerita basi dan mimpi-mimpi KASIH yang hanya di mimpi..!!!

 

LANJUTKAN..!!!

 

Coment boleh, Kritis APALAGI... tapi ingat juga.. Toh di dunia NYATA tidak semua yang ANDA rasakan boleh ANDA  Generalisasikan sebagai HASIL...!!

 

Toh yang lain belum anda (KITA) saksikan seutuhnya...!!!

 

TETAP PROVOKATIF demi IMAN KRISTIANI yang NYATA...!!!

 

Tuhan MEMBERKATI..!!!

 

Catatan : Link dari Lapan (saya) rasa CUKUP menjawab kegelisahan ANDA.. meski itu baru SECUIL (menurut saya)...

 

BUKAN CUMA antar DENOMINASI... Tapi ANTAR MANUSIA...dan ALAM..!!!

 

 

 

                                                        Ngacir)
                                                              .…

                                                           !!!!!!!!

                                                           ????

__________________

Masih belajar............

Bila salah tolong diperbaiki.......

Bila melenceng tolong ditegur...

God Bless Us...

manguns's picture

@Haslan: salam profokatif

... ngacir juga.... (tapi belum bisa bikin icon ngacir)

Geadley Lian's picture

Tidak memandang

Tuhan tidak memandang gereja mana asalkan kita berdiri atas firmannya.Tuhan punya cara utk mempercukupkan segala kebutuhan umatnya yang benar2 percaya padanya.

__________________

geadley