Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Fitur Laporkan

Saat ini telah dipasang fitur baru, yakni fitur "Laporkan". Fitur ini digunakan untuk melaporkan Blog/Komentar yang tidak sesuai dengan Policy SS kepada Admin. Admin akan melakukan review lalu apabila benar melanggar maka akan dihapus. Untuk melaporkan suatu blog/komentar, caranya gampang. Cara kerjanya sama dengan tombol "Suka". Tinggal klik "Laporkan" untuk melaporkan ke admin dan apabila Anda berubah pikiran klik "Batal laporkan".

Admin sekaligus ingin menekankan bahwa YLSA selaku pengelola SS tidak menolerir segala tulisan yang menyalahi policy YLSA. Dari awal tahun ini saja Admin telah menindak lebih dari 150 komentar dan blog oleh 7 user yang melanggar policy -- terutama yang menyerang user lain (negative labelling/name calling). Segala jenis serangan terhadap gereja maupun individu tidak akan ditolerir. Bagi yang melanggar sanksinya tegas, yakni peringatan dari Admin, yang apabila tidak diperhatikan maka akan berbuah penghentian sementara penggunaan salah satu, sebagian, maupun seluruh fasilitas dan layanan blog SS.

Khusus untuk tindakan user yang mengarah pada trolling maupun flaming, User SS diharapkan untuk mewaspadainya serta bertindak dengan bijaksana. Langkah yang paling tepat adalah mengacuhkannya (tidak menanggapinya), atau dengan melaporkannya ke Admin dengan fitur di atas. Jika suatu trolling maupun flaming ditanggapi dan berujung pada negative labelling/name calling, maka tidak hanya user yang melakukan trolling/flaming yang diberi sanksi, tetapi juga yang termakan pancingan. Negative labelling/name calling tidak terbatas pada kosakata tertentu (tidak ada filter berdasarkan kata-kata), tetapi berdasarkan laporan dari user, Admin akan melihat intensi dari penulis. Apabila pelanggar baru pertama kali melanggar, maka Admin akan memberi kesempatan untuk mengganti tulisannya sendiri. Tetapi apabila pelanggar sudah berulang kali melakukan pelanggaran tersebut, maka komentar akan langsung dihapus oleh Admin. Keputusan Admin bersifat final.

Mari, sekali lagi Admin mengundang untuk semua blogger SS supaya tetap mengedepankan kasih Kristus dalam segala hal.

ferrywar's picture

Sangat

Setuju!

minie's picture

Helllo admin baru

Ada pertanyaan loh dibawah ini hiihihihi

minie's picture

@Admin, Salam Kenal

Shalom Admin

Salam kenal sebelumnya, karena kalau nggak salah anda adalah Admin yang baru di SS ya?

Sebagai seorang member, tentu saya perlu mengetahui kejelasan mengenai hal-hal apa saja yang pantas dilaporkan. Tentu selain bertujuan menghindari anggota sedikit-sedikit kok sedikit harus lapor, juga agar laporan yang dibuat member SS memang benar-benar tepat sifatnya. Contohnya: nggak mungkin kan saya lapor Admin karena saya sakit perut kebanyakan ketawa gara-gara ada member lain yang tololnya diluar kebiasaan manusia pada umumnya?

Nah karena saya tidak bisa bahasa inggris, sebaiknya langsung saja pertanyaannya.

1.  Kalau ada seorang member yang tukang tipu di SS, dengan apakah SSers harus menyebutkan apa yang dilakukan oleh member yang pekerjaan utama/ sampingannya adalah menipu tersebut?

2.  Apakah member boleh memperingatkan kepada member lain akan bahaya penipuan yang dilakukan oleh member tukang tipu tersebut agar jangan sampai tertipu?

3.  Ketika kita memberitahu SSers akan si penipu tersebut, tentu kita harus mengatakan bahwa orang tersebut adalah penipu bukan? tidak lebih tidak kurang. Beberapa kali dari kejadian di SS, beberapa penipu justru melaporkan pada Admin kalau ada member lain yang kasar karena sudah berhasil menangkap basah si penipu tersebut.

Nah pertanyaannya,  apakah pekerjaan menipu yang dilakukan oleh manusia tidak punya malu itu yang flaming ataukah orang yang MEMBUKTIKAN (disertai Bukti/ bukan isapan jempol) dan memberitahu akan penipuan yang terjadi itulah yang flaming?

4. Terakhir, kasih Kristus yang Admin maksudkan diatas itu seperti yang bagaimana?

Karena terakhir di SS ada beberapa manusia tidak punya malu yang berusaha menggeser pengertian Kasih Kristus menjadi suatu hal yang lain.

Contohnya: ada member penipu punya teman member nabi palsu. Karena sama-sama "penjahat" dan bernasib sama (ketahuan), akhirnya mereka bertiga bersepakat ingin membodohi member SS. Setiap hari mereka berteriak-teriak kalau SS sudah kehilangan kasih Kristus karena member SS yang jelas tidak sebodoh dugaan mereka, TIDAK berhasil mereka TIPU dan MEMBONGKAR tipuan mereka.

Nah, apakah tidak sesuai kasih Kristus itu maksudnya sesuai keinginan hati para penipu dan nabi palsu ataukah harus melihat kembali pada kitab suci, yaitu Alkitab?

Bahkan kalau ada orang yang berani mencoba untuk menguji roh dan ajaran mereka, maka tidak segan-segan mereka akan mengeluarkan ayat-ayat KASIH agar jemaat tidak lagi bertanya ataupun menjalankan perintah Yesus untuk menguji. Bahkan PERINTAH Yesus Kristus dan ayat Alkitab dibawah ini jelas-jelas dihapus oleh mereka tanpa malu-malu.

Matius 18: 16-18

Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan.

Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, SAMPAIKANLAH PERBUATAN MEREKA KEPADA JEMAAT.

Jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang TIDAK MENGENAL ALLAH atau seorang PEMUNGUT CUKAI.

Galatia 1: 8-9

Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari surga yang memberitakan kepadamu suatu injil yang BERBEDA dengan injil yang telah kami beritakan kepadamu, TERKUTUKLAH DIA

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, sekarang kukatakan sekali lagi: Jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, TERKUTUKLAH DIA (NABI PALSU)

Kalau saya ambil kesimpulan dari ayat diatas, maka para Nabi Palsu dan pekerja jahat dapat dikenali dari AJARAN yang BERBEDA dari yang sudah diajarkan Yesus.

Flp 3:2  Hati-hatilah terhadap anjing-anjing, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang jahat, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang palsu

 

Jadi bagaimana Admin, definisi kasih menurut tiga orang penipu ataukah menurut Alkitab yang harus digunakan ketika melapor pada Admin?

Untuk sementara ini dulu pertanyaan saya. Saya juga yakin kalau banyak SSers yang juga kurang paham seperti saya, sehingga nantinya jawaban Admin bisa memberkati SS dan menjauhkan SS sebagai sarang nabi palsu.

y-control's picture

plonco admin?

Salam kenal sebelumnya, karena kalau nggak salah anda adalah Admin yang baru di SS ya?

hahaha.. o jadi ini salah satu sebabnya ada sebagian orang yg mau membully/memplonco admin, karena mengira admin anak baru atau gak tau apa-apa soal "budaya ss" sehingga main hapus komen? sampe ada yang melarang admin membawa-bawa nama ylsa? hahahahahahahahahahahahhaahahaaaaa.. cari tau dulu baru omong 

 

*tapi semoga saja saya salah*

Miyabi's picture

@y-control: NewMedia

Bukan.

Saya melihatnya begini:

Sabdaspace sedang ditangani dengan cara CUT and SLASH, potong dan pilah. Dalam managemen strategis, fase managemen cut and slash adalah fase kedua setelah fase managemen pertumbuhan.

Saya tidak tahu semua hal yang terjadi di sabdaspace. Tapi Saya TAHU apa yang saya tahu.

Setelah beberapa tahun menerapkan managemen pertumbuhan dan kemudian SS memang tumbuh besar, lalu SS memasuki fase kedua tebang dan pilah.

Duh, mengadopsi NewMedia 3.0 tapi masih pake managemen strategis produk tahun 90an??????

Tidak mudah mengubah dari perusahaan berbasis pelanggan menjadi perusahaan berbasis nilai. Tau ga susahnya di mana? Tanya sama LPI hahahahaha....

y-control's picture

kurang paham

maaf, pengetahuan saya sangat terbatas, jadi saya banyak kurang paham sama penjelasan kamu nih.. :P 

Dalam managemen strategis, fase managemen cut and slash adalah fase kedua setelah fasemanagemen pertumbuhan.

yg pertama, yg punya teori seperti itu siapa? saya juga pingin mempelajarinya..

Setelah beberapa tahun menerapkan managemen pertumbuhan dan kemudian SS memang tumbuh besar, lalu SS memasuki fase kedua tebang dan pilah.

Duh, mengadopsi NewMedia 3.0 tapi masih pake managemen strategis produk tahun 90an??????

new media 3.0 itu yg spt apa ya? kok SS bisa dikatakan memakai new media 3.0? trus manajemen strategis tahun 90an itu yg gimana ya?

kalo saya liat fitur "laporkan" itu sdh ada kemajuan, yg agak kuno memang soal admin harus mereview semua secara manual.. tapi saya pikir mungkin itu awal, krn di dapur SS sana masih digodog teknologi untuk bikin spt kayak youtube yg asal banyak yg jempol turun lalu komen dihide.. well, krn pake ss juga gratisan saya pun harus sabar menunggu untuk penyempurnaannya :D   


Tidak mudah mengubah dari perusahaan berbasis pelanggan menjadi perusahaan berbasis nilai. Tau ga susahnya di mana? Tanya sama LPI hahahahaha....

sekali lagi, saya juga belum paham kenapa anda mengatakan ini? apakah memang ylsa pernah menyatakan mrk ingin menjadi perusahaan (sic!) berbasis nilai? ataukah mrk juga pernah bilang kalo dulu mrk berbasis pelanggan?


Miyabi's picture

@Y-c

lupain aja deh.

y-control's picture

yaaah

*kecewa*

minie's picture

Memplonco Admin?

Y-c:

hahaha.. o jadi ini salah satu sebabnya ada sebagian orang yg mau membully/memplonco admin, karena mengira admin anak baru atau gak tau apa-apa soal "budaya ss" sehingga main hapus komen? sampe ada yang melarang admin membawa-bawa nama ylsa? hahahahahahahahahahahahhaahahaaaaa.. cari tau dulu baru omong

Minie:

Coba anda baca lagi koment saya diatas, bukankah saya sedang MENCARI TAU DULU?

Saya bahkan mencari tau juga standar apakah yang dipakai Admin yang baru mengenai "kasih Kristus", apakah standar dari para nabi palsu ataukah dari Alkitab!

Bagaimana mungkin ketika ada yang mencari tau dulu kemudian anda sebutkan membully/ memplonco? Admin pula yang mau diplonco ck ck ck

y-control's picture

kalimat

kalimat yg saya komentari itulah yang menjadi pertanyaan saya.. apa esensinya mempertanyakan apakah dia admin baru atau bukan? setahu saya, sejak lahirnya sudah beberapa kali SS ganti admin loh.. bahkan admin itu kadang tidak hanya satu orang..

ini memang tdk ditujukan kepada kamu saja minnie, ada user yg melarang admin membawa-bawa nama ylsa (saya lupa siapa orangnya) itulah yang membuat saya komen spt di atas itu 

minie's picture

@Y-c, Admin baru atau bekas?

Y-c:

apa esensinya mempertanyakan apakah dia admin baru atau bukan?

Minie:

Kalau memang ada pergantian admin, tentu ada kemungkinan Admin yang sekarang TIDAK SAMA kebijakannya dengan admin yang terdahulu. Itu adalah esensinya!

Karena itulah saya menanyakan mengenai kebijakan admin yang baru ini, agar supaya SSers bisa mengikuti dan paham mengenai admin yang baru. Contohnya adalah mengenai Kasih Kristus dan standar admin dalam menentukan mana yang kasih dan mana yang bukan.

Kenapa anda tidak baca-baca dulu baru ngomong seperti nasihat anda sendiri Tongue out

y-control's picture

begini

Kalau memang ada pergantian admin, tentu ada kemungkinan Admin yang sekarang TIDAK SAMA kebijakannya dengan admin yang terdahulu. Itu adalah esensinya!

minnie, sabdaspace bukanlah spt negara, tapi lebih seperti anak perusahaan.. perusahaannya adalah ylsa, makanya kebijakan ss tdk mungkin bertentangan dengan kebijakan ylsa.. spt mana mungkin tvone memberitakan bahwa lumpur lapindo adalah kejahatan korporasi.. dan sejak berdirinya, ylsa belum pernah mengalami akuisisi atau semacamnya

begitu loh, minnie.. 

ebed_adonai's picture

@YC: Sip...

.. spt mana mungkin tvone memberitakan bahwa lumpur lapindo adalah kejahatan korporasi..

Sip, sip.. Cool

Btw hampir aja saya mau ngeklik suka sama laporkan (bersebelahan sih)..

M23's picture

@y-control: anak perusahaan

Dapatkah seorang direktur Lapindo, mengaku dan mengatas namakan Bakrie Group dalam setiap tindakannya?

y-control's picture

kebalikannya

menurut saya, setiap statemen resmi dirut lapindo pastinya sudah diamini oleh bakrie.. 

M23's picture

100 0/0 kah?

Kebijakan pasti diamini, bagaimana dengan pelaksanaan dilapangan?

y-control's picture

delegasi

karena saya tidak bekerja di ylsa, saya tidak tahu apakah setiap eksekusi harus melalui pimpinan ylsa lebih dulu atau tidak...

tapi, bahwa admin SS telah ditunjuk oleh ylsa tentu krn sudah mempertimbangkan kemampuannya, dan itu harus dihormati dan kita lihat dulu kerjanya..

kalau penghapusan komentar hai hai dan toni, krn kemudian juga diikuti oleh statemen resmi admin, maka saya rasa itu sudah diketahui oleh pimpinan ylsa 

M23's picture

@y-control:

Ada yang anda ketahui, tapi ada juga yang tidak anda ketahui, saya ketahui.

Saya hanya mengklarifikasi komentar anda sbb: "sampe ada yang melarang admin membawa-bawa nama ylsa? hahahahahahahahahahahahhaahahaaaaa.. cari tau dulu baru omong."

Saya sudah mencari tahu dan tidak asal ngomong!

y-control's picture

keyakinan

baiklah kalau kita sama-sama sudah mencari tahu.. benar, saya memang tidak tahu persis tapi secara pribadi saya tidak percaya jika admin ss bisa bertindak tanpa restu pihak ylsa.. untuk hal ini mau tdk mau yang bisa mengonfirmasi hanyalah admin atau para orang dalam (kalau memang mereka mau), apakah memang benar admin ss bisa bertindak lepas dari pengawasan ylsa.. jika memang ternyata bisa, berarti saya yang salah sangka dan anda yang benar

M23's picture

@y-control

Kalau yang bersangkutan berkenan, saya akan minta dia mengirimkan transkrip pembicaraannya dan sikap admin ke anda. Setelah anda baca, nilai sendiri, apakah tindakan admin ini selaras dengan visi dan misi YLSA.

Sekian!

minie's picture

Keyakinan Y-Control

Y-ctl, diatas anda dengan NAIFnya berkata bahwa anda tidak percaya kalau Admin bisa bertindak diluar restu YLSA. Bagaimana pendapat Y-Ctl mengenai YLSA bertindak diluar restu Tuhan atau Alkitab, apakah hal ini MUNGKIN atau TIDAK MUNGKIN?
y-control's picture

meneketehe

emang saya sekretarisnya Tuhan

minie's picture

@Y-contl, begini yah...

minnie, sabdaspace bukanlah spt negara, tapi lebih seperti anak perusahaan.. perusahaannya adalah ylsa, makanya kebijakan ss tdk mungkin bertentangan dengan kebijakan ylsa..

Begini yah, saya tau kalu SS bukan seperti negara. Buat saya yang namanya gereja, denom ataupun apapun yang mengatas-namakan embel-embel Tuhan Yesus dalam organisasinya berarti mengakui Yesus dan alkitab sebagai Kepala dan standar ajarannya.

Memang benar kalau manusia bisa membuat gereja, organisasi atau blog bertema Kristen, tapi apakah hal tersebut membuat manusia tersebut sebagai OTORITAS tertinggi atau bahkan PEMILIK dari organisasi serta anggota jemaat dibawahnya?

Anda berkata bahwa kebijakan SS tidak mungkin bertentangan dengan kebijakan ylsa sebagai induk organisasi. Sekarang saya bertanya pada anda, apakah MUNGKIN kebijakan gereja BERTENTANGAN dengan kebijakan Yesus sebagai Kepala?

Pertanyaan kedua. Apakah MUNGKIN ada oknum dalam gereja BERTENTANGAN ajarannya dengan ajaran yang diajarkan Yesus dan tertulis di Alkitab?

Pertanyaan ketiga. Apakah MUNGKIN ada tubuh Kristus yang disusupi oleh Antikris, terutama jika sang antikris sendiri sudah memerintahkan anggotanya untuk menggunakan media internet dan multimedia untuk menyebarkan ajaran dan penyesatannya?

Saat ini mungkin belum terjadi, dimana mereka punya kekuatan dan dana yang luar biasa besar untuk membengkokkan iman dan menyesatkan. Tapi bagaimana mungkin kalau hanya menghadapi nabi palsu kelas teri saja sudah tidak mampu, apakah SS nantinya akan lebih tidak berdaya lagi menghadapi bujuk rayu mereka untuk membungkam kebenaran?

Nah berdasar tindak tanduk Admin yang baru ini, bukankah sudah tepat saya bertanya terlebih dahulu mengenai standar apakah yang digunakan oleh si admin baru ini?

Kalau saja kamu belum tahu, banyak sekali postingan yang disertai bukti sah dihapus begitu saja oleh Admin! Tentu saja untuk menghindarkan dari terulangnya kejadian seperti ini saya merasa harus bertanya dulu kepada admin baru mengenai kebijakannya!

jesusfreaks's picture

@minie : cuma MAU tanya ???

standart KASIH KRISTUS yang nabi palsu, yang kayak mana ya ?

terus, standart KASIH KRISTUS yang alkitab, yang kayak mana ya ?

 

boleh dijawab, boleh tidak. bwi hi hi hi...

minie's picture

Standar Nabi Palsu

Jfreaks:

standart KASIH KRISTUS yang NABI PALSU, yang kayak mana ya ?

Minie:

Standar kasih nabi palsu ada banyak saudara Freaks, tentu anda bisa mencari tau dengan membaca sendiri untuk mengetahui standar mereka. Pointnya adalah, mereka menuntut SSers untuk TIDAK waspada ataupun menguji ajaran mereka. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari membuat dungu para pembaca, mengancam pembaca dengan slogan tidak percaya "roh kudus", menentang "roh kudus" sampai intimidasi dengan mencomot ayat mengenai "tidak bisa berharap pada manusia" seperti yang dilakukan oleh Kiem kepada gadis dibawah umur Raissa Eka Fedora.  Selain itu mereka juga mendiskreditkan dan memfitnah orang yang hendak menguji ajaran mereka dengan berbagai macam label seperti antikris, muslim, penjahat, tidak punya itikad baik dll. 

Jadi standar yang diterapkan para nabi palsu umumnya bertujuan agar ajaran mereka TIDAK boleh diuji, melainkan harus ditelan bulat-bulat kebenarannya oleh pembaca SS. Kalau ada yang bertanya ajaran mereka, langsung saja mereka berteriak-teriak kepada Admin dan seluruh SS bahwa mereka sudah dibully atau dikasari oleh para penanya. Bahkan mereka umumnya membuat blog yang isinya merengek-rengek karena mereka tidak bisa dengan leluasa menyebarkan ideologi pendunguan sebagai syarat bertumbuhnya ajaran mereka.

Pembaca yang kritis dan mengetahui kebenaran Firman Tuhan adalah MUSUH utama mereka, sehingga harus disingkirkan dengan cara apapun juga. Itulah STANDAR NABI PALSU.

Saya beri contoh beberapa saja ya:

Standar Ganda/ Neraca Serong Ferrywar silahkan baca klik disini

Standar Tonypaulo bagi yang menguji ajaran nabi palsu silahkan baca klik disini

 

Jfreaks:

terus, standart KASIH KRISTUS yang alkitab, yang kayak mana ya ?

Minie:

Standar Yesus terhadap nabi palsu ada di ayat berikut ini:

Jika ia tidak mau mendengarkan mereka, SAMPAIKANLAH PERBUATAN MEREKA KEPADA JEMAAT.

Jika ia tidak mau juga mendengarkan jemaat, pandanglah dia sebagai seorang yang TIDAK MENGENAL ALLAH (ATHEIS) atau seorang PEMUNGUT CUKAI (PENCURI, PENIPU, PEMFITNAH, FARISI dll).

Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari surga yang memberitakan kepadamu suatu injil yang BERBEDA dengan injil yang telah kami beritakan kepadamu, TERKUTUKLAH DIA (NABI PALSU)

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, sekarang kukatakan sekali lagi: Jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, TERKUTUKLAH DIA (NABI PALSU)

Hati-hatilah terhadap ANJING-ANJING, hati-hatilah terhadap pekerja-pekerja yang JAHAT, hati-hatilah terhadap penyunat-penyunat yang PALSU!

 

jesusfreaks's picture

@minie : BLURRR

jujur, saya gak merasa gak paham dengan pengertian kamu.

mungkin lebih fokus, definisikan dulu kasih Kristus.

apakah yang dimaksud dengan kasih itu ?

 

kalau kita ngomong kasih, kita ngomong standart kasih, kalau kita ngomong standart dogma, standard doktrin, standart kebenaran, kita ngomong standart dogma atau doktrin atau kebenaran.

setahu saya, Yesus memiliki pribadi yang luar biasa, dalam menghadapi musuh-musuhnya. begitu ELEGAN. DIA mengasihi MUSUH-MUSUHNYA.

 

buat saya, mungkin kita saja yang KALAH sabar dalam beradu pendapat dengan ferry atau tony. ya itu sih masalah kita, kalau kitanya yang kurang sabar.

 

minie's picture

@Jfreaks

Jfreaks:

jujur, saya gak merasa gak paham dengan pengertian kamu.

Minie:

Mudah saja, ingat-ingat dan lihat kembali pertanyaan kamu sebelumnya supaya paham kenapa saya jawab seperti itu!

Jfreaks:

apakah yang dimaksud dengan kasih itu ?

Minie:

Markus 9:42  "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil  yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya  lalu ia dibuang ke dalam laut".

Lukas 11:42  Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan  dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah.

 

Jfreaks:

buat saya, mungkin kita saja yang KALAH sabar dalam beradu pendapat dengan ferry atau tony. ya itu sih masalah kita, kalau kitanya yang kurang sabar.

Minie:

Jelas kamu tidak tahu apa yang kamu bicarakan freaks! Tapi kamu bisa menunjukkan kok bagian mana yang "KALAH sabar" itu.

M23's picture

@y-control:

sampe ada yang melarang admin membawa-bawa nama ylsa? hahahahahahahahahahahahhaahahaaaaa.. cari tau dulu baru omong


Dalam pertemuan saya dengan pendiri YLSA beberapa waktu yang lalu, ada dinyatakan bahwa Sabda Space merupakan bagian yang kecil dari keseluruhan pelayanan yang dilakukan oleh YLSA. Mereka juga menjabarkan apa saja yang menjadi pelayanan mereka beserta visi dan misinya. Apa yang telah mereka nyatakan itu, bagi saya pribadi sangatlah agung dan mulia dan saya sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk mengenal mereka.

Pernyataan saya terhadap Admin yang anda kutip, tidak hanya saya pertimbangkan dari pernyataan pendiri YLSA tersebut diatas, tetapi juga dari percakapan/sikap Admin terhadap seorang blogger Sabda Space yang saya hormati.

Sekiranya anda menjadi jelas dan dapat memahami komentar saya yang anda kutip disini.

 

Salam

y-control's picture

statemen resmi

memang betul, SS hanya merupakan bagian kecil dari keseluruhan pelayanan mereka.. tapi menurut saya dan setahu saya, karena mengingat admin jarang ngeblog selain untuk pengumuman-pengumuman, pastinya itu sudah melalui konfirmasi dari pihak ylsa.. apakah menurt M23 keputusan tombol "laporkan" atau penghapusan komen itu bertentangan dengan visi misi ylsa yg pernah mereka paparkan?

M23's picture

@y-control:

Anda sudah baca keseluruhan komen saya yang anda kutip atau belum? Dalam hal apa saya meminta admin untuk tidak mengatas namakan YLSA?

Saya sendiri membedakan antara YLSA, admin SS, dan pribadi dari admin SS. Seperti dalam hal perusahaan, direktur Lapindo, tidak bisa mengatas namakan Bakrie Group. Perusahaan memiliki akte pendirian, demikian pula anak perusahaan. Seringkali kita mendengar statement seseorang yang menyatakan "demi rakyat"; rakyat yang mana, semua rakyat Indonesia kah?

y-control's picture

rehat

setelah membaca berulang-ulang komentar anda, meskipun saya tidak tahu kapan admin meminta seorang blogger (hai-hai) rehat (apa maksudnya diskors? kalau diskors artinya bukan meminta tapi memang memutuskan).. jadi apakah benar kalo saya mengira yang M23 permasalahkan adalah mengenai skors tsb? padahal kalau tidak salah ingat, bukankah peringatan dan skors itu juga diusulkan oleh blogger, waktu itu terhadap dede wijaya dan nick-nicknya..

ataukah M23 mempermasalahkan soal sosialisasi (blum disosialisikan sudah main hapus)? kalo soal ini saya setuju tapi kalau kembali pada who's in charge, rasanya tdk mungkin keputusan admin menghapus komen belum diketahui pihak ylsa. atau soal momentum sehingga ferry, toni, muji, kiem merasa di atas angin krn aturan baru ini? kalo soal momentum, saya rasa kitalah yang tdk adil krn berarti keadilan tergantung apakah itu menguntungkan kita atau tidak

kalau saya berbeda dengan anda, krn kalau sudah memberi statemen resmi saya tidak membedakan ketiganya.. karena toh bagaimanapun setahu saya pengelola ylsa dan SS masih bekerja bersama dalam satu atap dan selalu berkoordinasi melalui rapat-rapat.. beda dengan perusahaan sebesar bakrie apalagi rakyat

M23's picture

@y-control:

Bukan masalah diskors. Bukan juga masalah kebijakan. Sebaiknya kita tunggu saja penjelasan dari Daniel disini.

lapan's picture

Test

Test

 

hm bug nih, abis dilaporin kok jadi ada jempolnya. wkwkkwkw gw gak senarsis itu kok

 

wah gw ada 2.

Miyabi's picture

@8: jangan curang

Jangan curang dong. Masak ngelike diri sendiri sampe dua kali.

 

Barang bukti sudah saya printscreen.

Admin's picture

Laporan bug

Terima kasih laporan bug-nya. Saat ini sedang diperbaiki oleh Admin.

minie's picture

@ADMIN

Saudara Admin baru yang terhormat

Anda belum menjawab pertanyaan saya mengenai standar siapakah yang harus digunakan ketika berdiskusi di SS ini.

Apakah standar Ferrywar, Tonypaulo dan Kiem ataukah Alkitab sebagai standarnya?

Tentu jawaban admin akan sangat membantu saya dan yang lain dalam meneruskan berdiskusi, terutama mengenai standar yang anda gunakan sebagai admin baru yang ditunjuk oleh SS.

Tentunya jawaban anda sangat dinantikan dan ditunggu bukan hanya oleh saya seorang saya kira.

Amsal 19:24  Si pemalas mencelup tangannya ke dalam pinggan, tetapi tidak juga mengembalikannya ke mulut.

Admin's picture

Bug sudah diperbaiki

Bug sudah diperbaiki. Terima kasih

minie's picture

@Admin, BELUM...

Admin, anda belum menjawab pertanyaan yg ditujukan kepada anda, termaksud dari saya mengenai standar yang harus dipakai ketika diskusi di SS. Terima kasih.
Miyabi's picture

standar

Tapi jangan pake KUHP yaaa....kepanjangan

Pake AD/ART ORARI aja

Miyabi's picture

@Admin: lapor 440 halaman ada kata tolol

Lapor Bu/Pak Admin

di Seluruh SabdaSPace terdapat kurang lebih 440 halaman yang mengandung kata tolol.

Mau saya klik tombol :Laporkan: semuanya atau gimana?

ferrywar's picture

Admin akan melihat intensi dari penulis

 

"Admin akan melihat intensi dari penulis", begitu disebutkan. Jadi bukan asal search berdasarkan kata kunci kayaknya.

minie's picture

@Ferrywar, anda ADMIN SS yang baru?

?

Miyabi's picture

@Admin: asasnya berlaku surut?

Lapor Pak Admin, pegel juga mencetin tombol laporkan.

Ini peraturannya berlaku surut atau nggak nih?

Kalo semuanya musti dipencetin kayaknya mending buka lowongan aja supaya ada staff khusus mencetin "laporkan". Soalnya yang musti dipencet laporkan ada ribuan.

jesusfreaks's picture

@miyabi : ayo semangattt

moso baru segitu udah loyooo, ntar saya kirim kopi dehhh.

ayo semangattt !!!

Miyabi's picture

@JF: pelaku

Iiiiii, melongok posting2 yg dulu, kamu ini termasuk salah satu pelaku komen-komen 'mesra' yg musti dilaporkan hahahaha....

 

jesusfreaks's picture

@miyabi : no problemo, thank's for being my...

saya senang dicebokin kok.

makasih ya (from the bottom of my heart)

kalau kamu mau cebokin saya.

 

udah baca blog saya : TUHAN PENCEBOKku

Miyabi's picture

@Admin: lapor 250 halaman ada kata goblok

Lapor Bu/Pak Admin

di Seluruh SabdaSPace terdapat kurang lebih 250 halaman yang mengandung kata goblok.

Mau saya klik tombol :Laporkan: semuanya atau gimana?

jesusfreaks's picture

@admin & miyabi : cuma GOBLOK

gimana kita buat jadi lucu.

jadi cuma kata GOBLOKnya yang dihapus, jangan seluruh komentar atau halamannya.

kan lucu juga tuhhh.

 

pi ye pi ye pi ye ?!?!?!

Miyabi's picture

@JF: boljug

Betul dan bagus idemu itu.

1. Makian bodoh, dan perendahan nalar orang diganti jadi JFFFF (untuk mengenal Jesusfreak, yg ngasih ide)

2. Makian ngen***, t*h*, Jan***, Mon*** dan yang kotor-kotor atau kebun binatang lain diganti jadi MFFFF (untuk mengenang Miyabi, yg mengolah ide)

Gimana? Kalo manual ngeditnya, kamu mau jadi sukarelawan? Ququququ...

jesusfreaks's picture

@miyabi : boleh boleh boleh (mode on : upin ipin)

wahhh, saya sih senang saja, kalau ada waktunya.

lah lagian, teknologi sudah canggih gini, masa kamu gak bisa REPLACE ALL.

mending, kalau memang perlu program khusus dan ada biayanya, nah di share aza ke kita-kita, siapa tahu saya mau bantu donasi.

 

pi ye pi ye pi ye ?!?!?!

 

lapan's picture

@Miyabi

Selamat mentolol-tololkan usaha orang lain!! Semangat ya.

minie's picture

@lapan

Kalau yg saya lihat, justru hal ini jadi masukan bagus buat Admin baru. Hanya karena fitur ini "tolol", ngga berarti masukan buat Admin adalah "mentolol-tololkan" usaha Admin kan? Biarlah kita semua belajar dari kesalahan2 yg sebenarnya bisa dihindari kalau mau berembug dgn orang tepat. Bukan malah mencari alasan untuk pembenaran diri akan kesalahan yg sudah terjadi.
Veritas's picture

wakakakakaka.... iseng mencet

wakakakakaka.... iseng mencet laporkan di blognya admin diatas

hehehehe....

 

Sorry pak admin....

Miyabi's picture

ini orangnya nih

lapor, bu/pak admin

ini nih orangnya yg mencet "laporkan" blog admin

lapan's picture

@Miyabi

Tebak-tebak buah manggis... Gw ngelike apa ngelaporin hayooo

M23's picture

Admin: selamat bekerja

Saya sudah bantu anda untuk melaporkan komen-2 yang melanggar policy dan tidak berasaskan cinta kasih.

Tolong admin cepat mereview dan memberlakukan sangsi sesuai dengan kewenangan admin. Bekerjalah dengan giat, karena ada ayat yang mengatakan sbb.:

Amsal 19:24 Si pemalas mencelup tangannya ke dalam pinggan, tetapi tidak juga mengembalikannya ke mulut.

Veritas's picture

Sekilas Data Admin

Nama Lengkap Full Name : Batur

Nama Panggilan Nickname: Sabda Space

Jenis kelamin Sex: Penis Laki-Laki

Hobby dan Minat Hobby and Interest: Merawat Maintenance SABDA Space

Status  : Belum Kawin Menikah

Tanggal Lahir Birthday : 08/25/2007

 

 

Miyabi's picture

@Lapor: Pelanggaran Undang-Undang RI

Dugaan YLSA telah mempekerjakan anak di bawah umur, melanggar undang undang ketenagakerjaan dan undang-undang perlindungan anak....

Tanggal Lahir Birthday : 08/25/2007 <== baru  3 tahun 5 bulan

 

Barang bukti sudah saya printscreen

 

irwanda.bobby's picture

@miyabi gokil

Dari komen atas ampe ke bawah ini, ibu kocak abis. saya dukung kepedulian ibu dalam membantu admin. HIDUP MIYABI!! LANJUTKAN!! LOL

 

^ ^

fery_y's picture

@Mia-B : Sudah update tgl lahir

@Miyabi: Admin sudah update tanggal lahir tuh jadi:

Status
Belum Menikah

Birthday
08/01/1994

Ya kira2 umur-nya 1/2 umur saya lebih dikit .... :D

Miyabi's picture

@rahasia admin

Ooo, kelahiran 1994 ya? Umur segitu lagi lucu-lucunya dong.

 

 

Ya kira2 umur-nya 1/2 umur saya lebih dikit .... :D <== jgn buka rahasia dong

fery_y's picture

@Mia-B : sweet seventeen tahun ini ..

Ooo, kelahiran 1994 ya? Umur segitu lagi lucu-lucunya dong. >> Hehe iya nih tahun ini baru mau sweet seventeen ....

eh salah lah, sweet seventeen kan buat cewe ... kalo cowo biasa perayaan-nya kalo umur 21 kan ? kalo gak salah ... berarti nanti 2015 baru perayaan ...hehe, namanya apa yah :D

Btw, semoga pengalaman makan asam garam Admin baru bisa mengimbangi para dedengkot SS :) bnyk yg dah punya anak ... bnyk yang dah jadi kakek nenek juga .. hehe ..


@admin, ayo semangat :)

Miyabi's picture

@fery_y: gembel

kayaknya pernah denger nama fery_y

bukan salah satu gembel-gembel wisma rini, gang rodhe atau wisma sy kan?

 

fery_y's picture

@Mia-B : Gembel ? :D

Wkwkwkwk .... ada2 aja bu mia ini, wisma apa tuh? ada link-nya gak :D emang pasaran kali ya nama fery hehehe

baru daftar di SS karena gatel pengen komen, biasa jadi silent reader saja ..

btw mungkin kita pernah ketemu di FK ...

Miyabi's picture

@fery_yL semoga betah

Oh iya iya, td ngecek di google dan nemu di FK. Ga ada link-nya. Selamat bergabung dan semoga makin betah di sini.

Oya, saya masih neng-neng belum jadi mbakyu-mbakyu apalagi ibu-ibu.

Raissa Eka Fedora's picture

wih, lebih bocah !

adminnya lebih bocah dari gue.. gue bulan maret di taun yang sama :D aku lebih tua ! :D

Wapannuri's picture

Yang lalu....

Yang lalu biarlah berlalu ! Mari kita melangkah ke hidup yang baru ! 

Saya setuju ama admin.

"diskusi adalah membahas isi dan topiknya. Bukan orangnya ! "

jesusfreaks's picture

Hidup ADMIN !!!

mari kita DUKUNG ADMIN...

GBU all

guestx's picture

gw jg dukung admin dan numpang usul

 

gw melihatnya begini : admin adalh wakil dari publisher blog dan komen (pemilik situs ini). kalo gw datang ke penerbit, dan dia bilang dia gak mau publish tulisan gw, sementara dia keluarin roman picisan ato tulisan yg (kata gw) gak sebaik tulisan gw, apakah gw berhak protes?

admin punya aturan (policy). admin berhak menegakkannya. tak bisa dielakkan admin akan selalu terlihat menyebelah atau memihak bagi pihak2 yg merasa dirugikan. kalo tiap yg dirugikan protes, admin trlalu capeklah hrs bersoal-soal dgn ribuan blogger SS. belum lg kalo ada yg naik banding.

kalo mau hapus, mnrt gw, hapus aja. napa org gak pada kbratan dan minta bukti waktu admin nurunin blognya seseorg yg diduga sbg jelmaan pak dokter (gw lupa pake nama apa, tp gw ingat ada tag line 'setajam pisau') bbrp waktu yg lalu, lalu sekarang keberatan dgn tindakan admin? 

mnrt gw yg baik dilakukan oleh blogger adlh membantu admin utk menemukan cara menegakkan policy (ato merumuskan policy baru atau merevisi policy kalo perlu, hehehe tunggu komentar-komentar thd blognya miyabi). mekansime core user udah dicoba. spengthuan gw, sistem trsbut banyak membantu (ngerapiin tampilan, ngingatin yg ngelanggar policy - biasanya yg copy paste dsbnya). cuma skrang dinilai mkanisme yg ada blum efektif, mk muncul fitur  'laporkan' ini. gw jg rasa mekanisme 'laporkan'ini emang banyak celah-nya, krn terlalu bergantung pd admin. tp, gw dukung lho...cuma mekanismenya yg kayaknya perlu dibuat lbh enak baik bagi pelapor, terlapor, pembaca dan admin.

benar kata minmerry, admin jg manusia. maka utk hal yg abu-abu, yg admin jg gak begitu jelas apa ada pelanggaran policy ato tidak, baiknya dirancang mekanisme dimana para blogger bisa membantu memutuskannya. kalo perlu dan diijinkan, jika jlh komplen tertentu atas suatu blog atau komen melampaui treshold trtnt, maka otomatis komen/blog tsb diturunkan, tanpa menunggu admin yg mgkn sedang liburan (mengingat bhw blog dan komen tdk dimoderasi). 

nah gimana dgn blog ato komen yg terlanjur dihapus, smntara penulis merasa tidak melanggar policy? usul gw, hehehe usul lho, gimana kalo di antara blogger diamanatkan kepada bbrp org "dewan kehormatan blogger" (tidak dipilih, tapi digilir menurut abjad atau apalah yg sifatnya tidak pilih bulu dlm periode yg pendek di antara blogger yg aktif). yg merasa diperlakukan tdk adil boleh kirim keberatannya kpd dewan kehormatan blogger, kalo dianggap beralasan, barulah diteruskan kpd admin untuk peninjauan kembali. 

kalo semua harus diurusin admin tiap ada yg protes dan admin hrs menjelas-jelaskan semua keputusannya secara individual...akh, kasihan dikau, mas dan mbak admin. ayo drpd protes, kasih usul yg lebih baik...

 

ferrywar's picture

batas-batas

Sebetulnya cukup jelas suatu tulisan dianggap tidak layak. Sesuatu yang melanggar batas-batas tentunya.

Lebih baik berbicara kongkrit memperjelas tentang batas-batas nya, APA saja itu batas-batasnya. Jelaskan dengan sedikit CONTOH akan sangat membantu.

Misalnya antara lain:

- Kata kata yang digunakan tidak boleh kasar atau bernada kasar. Contoh: anda memang penjilat seperti anjing!!. Kata "anjing" disitu jelas kasar. Tetapi dalam kata "Anjingku beranak empat, lucu lucu, suka menjilat dan menggigit apa saja". Kata "anjing" disitu bukan kata-kata kasar.

- Tidak boleh menamai seseorang sebagai hinaan. Contoh: "Toni Paulol". Hinaan yang jelas tidak substantif dalam diskusi mencerminkan ketidak-mampuan penghina memenangkan argumentasi tentang substansinya. Apalagi bila hinaan dilakukan tanpa konteks samasekali, menghina hanya memang untuk menghina.

- Harus berhati-hati dengan kritik yang bernada menghina apalagi bila terhadap orang di luar kalangan. Misalnya kepada Ioanes Rakhmat. Orang di luar kalangan jelas tidak bisa merespon dan membela diri. Salah-salah malah dituduh mencemarkan nama baik atau "tindakan tidak menyenangkan" yang ada hukum positifnya di negeri ini.

- Bisa ditambahkan, tentunya masih SANGAT BANYAK untuk dijadikan pengingat.

Suasana HANGAT, CERIA, LUCU, SEGAR bisa dibentuk secara wajar, tidak harus dengan ketegangan pertengkaran. Diskusi CERDAS, BERNAS, TANGKAS, BERBOBOT juga tidak harus sambil menjelek-jelekkan orang lain.

Daniel's picture

sedikit penjelasan

mungkin ada yang mengasumsikan:

  1. karena ini Admin baru maka ini juga policy baru.
  2. karena tidak seperti biasanya, maka Admin bertindak tanpa sepengetahuan, bukan atas nama, dan bertentangan dengan kebijakan organisasi yang memayunginya.

well...

perlu diperiksa lagi:

  1. apakah memang benar ini Admin baru? selama ini Admin bukan bersifat perorangan, tapi tim, jadi Admin tidak pernah bertindak sendiri, tapi setiap keputusannya selalu merupakan hasil keputusan rapat tim, dan selalu dihadiri dan diketahui oleh pimpinan yayasan. kalau kebetulan saat ini yang bertindak bukan Admin yang biasanya, itu hanya karena Admin yang biasanya sedang berhalangan.
  2. apakah memang benar ini policy baru? bisa jadi, dan kemungkinan memang benar, ini hanyalah penegakan policy lama, yang selama ini telah disalahtafsirkan, dan memang ada semacam pembiaran yang dilakukan, baik oleh blogger, core user dan terutama (tim) Admin. memang itu hal yang sangat disayangkan, tapi fakta sejarah tidak bisa diubah, dan kalau saat ini ada reformasi untuk kembali ke khittah aslinya, seharusnya ini langkah yang disambut gembira oleh semua pihak yang berniat baik.
  3. apakah memang benar Admin bertindak tanpa sepengetahuan yayasan? dari point 1 sudah jelas bahwa tidak ada hal yang sedemikian itu.

NB: saya bukan Admin, tidak pernah jadi Admin, dan saat ini bukan bagian dari organisasi yang memayungi SABDA Space, tapi saya punya kualifikasi untuk mengatakan hal-hal diatas.

M23's picture

@Daniel:

Apakah cara-2 yang admin lakukan terhadap seorang blogger SS adalah cara dari YLSA? Apakah cara-2 itu sesuai dengan SEMANGAT KRISTIANI serta Visi dan Misi YLSA?

Bila benar demikian adanya seperti yang anda nyatakan, maka selama ini saya telah salah menilai apa itu SEMANGAT KRISTIANI serta Visi dan Misi YLSA.

Mohon penjelasannya.

Miyabi's picture

@m23

Memang salah rumus kayaknya hahahaha...

Daniel's picture

sudah selesai

saya sudah chat dengan M23, dan ternyata yang dimaksud dengan "cara-2" di sini adalah tindakan salah seorang Admin yang menyarankan seorang blogger untuk rehat sejenak dari internet dan SS.

tujuan sebenarnya adalah agar blogger tersebut mengambil retreat, waktu istirahat untuk menenangkan diri sejenak, hampir sama seperti saran kepada seorang teman yang sedang emosi dan menjadi kalap, agar bisa berpikir lebih jernih.

namun rupanya hal ini disalah mengerti sebagai tindakan untuk membungkam blogger tersebut.

selain itu, tindakan Admin tersebut memang tidak mewakili YLSA dan dia juga sudah menarik kalimatnya tersebut setelah sang blogger tidak berkenan dengan sarannya.

tambahan lagi, soal kata "internet" yang dipersoalkan, itu hanyalah slip of the finger, tentu saja, siapa sih yang berhak melarang seseorang untuk mengakses internet?

jadi dengan ini kesalahpahaman dengan M23 sudah diselesaikan.

NB: ini hanya topik sampingan yang mungkin tidak seperti yang Anda (yang lain) pikirkan, jadi sebaiknya tidak perlu ditambah-tambahi dan dibumbui agar tidak menambah panas suasana yang memang sudah panas. terima kasih :)

guestx's picture

blogger yg mana ? cara yg mana ?

gimana kalo diperjelas kasus mana yg dipersoalkan.

biar kita-kita bisa ngerti dan tau apa jg selama ini telah salah menilai apa itu SEMANGAT KRISTIANI.

M23's picture

@guestx:

Sebaiknya kita menunggu penjelasan dari Daniel. Sementara itu, anda dapat mengikuti sekelumit kisahnya disini.

guestx's picture

m23, ok menunggu

udah baca link yg dikasi. gw tetap belum ngerti jg, krn gak ada nama dan peristiwa spesifik yg diberikan.

ok, kalo emang gak bisa dijelaskan skrang.

minmerry's picture

Admin : Policy anda mungkin...

Jika, nih ya, misalkan admin delete komentar karena langgar policy, tentu komentarnya pasti jadi kosong.

Nah, jika sudah "kosong" karena sudah didelete, bagaimana kita bisa tahu yang admin "delete" itu memang "melanggar policy" dan layak di delete? ---> isinya udah ga isa dibaca. Nah, bisa jadi admin salah delete, sesuka hati delete atau malah memihak dan mendelete komentar yang tidak disukai. ---> admin juga manusia kan? haha.

Tidak ada satu bukti pun yang admin berikan yang menunjukkan bahwa komentar yang "didelete" adalah melanggar policy. Jadi, maksud saya adalah, selain mendelete, admin harus menjelaskan dan memberi bukti dan harus bisa dibaca oleh semua blogger kalo perlu ada tanda tangan pemilik YSLA bahwa komentar ini "layak" didelete.

Jika tidak, dalam arti saya sebagai blogger baru dan membaca semua kolom hasil deletan admin, dari mana saya tahu itu isinya memang kasar dan melanggar policy, lalu belajar tidak membuat kesalahan yang sama? Darimana satu blogger tahu dan mengoreksi diri dan memperbaiki kesalahan jika komentarnya hanya didelete tanpa pemberitahuan?

Tanpa bukti, saya bisa menuduh dan menuntut, admin bisa memihak, tidak adil, sembarangan mendelete komentar dan seenaknya bertindak.

Admin berhak memberi policy. Blogger berhak menuntut bukti pelaksanaan policy ini benar.

Admin, selain mendelete, mungkin tugas tambahan yang ga bisa dielakkan adalah, menulis laporan tiap hari komentar mana yang didelete dan bukti kesalahan yang membuat komentar itu di delete.

 Policy anda mungkin baik, namun saya lihat masih menyisakan banyak celah...

Bitter is better.

sandman's picture

Min hati hati...

Nanti di sangka provokator loh ^ ^ ha ha ha...

hai hai's picture

Komunitas Blogger Kristen SABDA Space

SABDA Space adalah KOMUNITAS BLOGGER Kristen, bukan FORUM diskusi atau DEBAT. SABDA Space juga bukan TEMPAT untuk memajang tulisan-tulisan Kristen.

Itu sebabnya disebut Komunitas blogger Kristen SABDA Space.

SABDA Space adalah sebuah PASAR. SABDA SPACE adalah sebuah KAMPUNG. SABDA Space adalah sebuah KELUARGA.

Di SABDA Space ada ikatan KEKELUARGAAN, ada SOLIDARITAS pertemanan ada pasarisme dan kampungisme.

Anda DATANG lalu anda PIKIR anda SIAPA sehingga merasa BERKUASA untuk menentukan apa yang BOLEH dan apa yang TIDAK boleh dilakukan oleh BLOSAS?

Anda DATANG lalu anda PIKIR anda SIAPA sehingga NEKAD menuduh core user dan Admin begini dan begitu apalagi MENETAPKAN Admin harus begini dan BEGITU?

SABDA Space bukan komunitas BARU. SABDA Space bukan BARU hari ini bloggernya berjumlah RIBUAN.

Ha ha ha ha ha ha ha ..... LUCU sekali orang-orang BARU yang menyangka anggota keluarga SABDA Space saling MEMBENTAK itu karena mereka ingin SALING membunuh? Ha ha ha ha ha ha ha .....LUCU sekali bila anda menyangka suami istri saling berteriak karena ingin saling membunuh.

KOMUNITAS bloger Kristen SABDA Space. Artinya adalah KUMPULAN orang dengan berbagai KARAKTER dan berbagai GAYA. Orang-orang BARU tidak TAHU bahwa mereka tidak TAHU, itu sebabnya mereka SOK tahu MAU mengatur komunitas ini. Ha ha ha ha ha ha ha ...

Orang-orang BARU mau tontonan asyk? Kita berikan mereka tontonan mengasykkan. Bukankah begitu? Ha ha ha ha ha ha ...

KOMUNITAS bloger Kristen SABDA Space. Artinya adalah KUMPULAN orang dengan berbagai KARAKTER dan berbagai GAYA.

Lawan bertarung untuk saling mengalahkan. Teman bertarung untuk saling mengenal. Saudara bertarung untuk membuktikan bahwa darah lebih kental dari air. Kekasih bertarung untuk memurnikan CINTA. Untuk saling membunuh, KITA tidak perlu bertarung.

Lu ngomong yang lu tahu, lu ngomong yang lu mau. Gua ngomong yang gua tahu, gua ngomong yang gua mau. Bila nggak sepakat, kita ngomong lagi.

Elu mau SESAT? Langkahi dulu MAYAT gua!

Orang-orang BARU belum tahu bahwa itulah yang ada di dalam KOMUNITAS BLOGGER KRISTEN SABDA SPACE.

Ada kalanya dua orang yang TIDAK sepaham hilang KESABARAN. Itu sebabnya BLOSAS yang lainnya MAKLUM tentang hal itu dan NGGAK sok tahu MENETAPKAN agar keduanya harus RIBUT begini dan BEGITU serta mengeluarkan kata-kata INI dan itu serta TIDAK boleh bilang ini dan ITU. CEKCOK dibiarkan SELAMA itu MASIH dalam JALAN yang benar. Artinya MENCARI penyelesaian bukan HANYA untuk saling menyakiti. Bagi yang CEKCOK berlaku yang lebih ELING mengalah.

CEKCOK adalah ilmu dan SENI bernegosiasi dan MENJUAL Ide serta membangun TOLERANSI dan saling MEMAHAMI. Perlu LATIHAN agar mampu melakukannya dengan BENAR.

JANGAN menghakimi BERDASARKAN yang kelihatan namun HAKIMILAH dengan ADIL.

Bukankah itu sudah diajarkan oleh Yesus 2000 tahun yang lalu?

PERSETURUAN hai hai VS tonypaulo!

Itukah yang anda LIHAT? Itukah anggapan anda? Anda SALAH!

Apabila hai hai MEMANG membenci tonypaulo, maka yang dia lakukan adalah DIAM dan membiarkan tonypaulo KENTUT sendirian di mana-mana. Dengan demikian, maka ADMIN punya alasan untuk memberinya kartu KUNING lalu KARTU merah BERDASARKAN jumlah KELUHAN blogger lain DAN statistik JUMLAH kentutnya.

Anda paham kenapa hai hai ikut KENTUT? Agar tidak ada blogger lain yang HILANG kesabaran. Agar ada data pembanding bagi Admin bahwa yang terjadi adalah CEKCOK dan saling NGELEDEK antara BLOSAS. Anda boleh ingat-ingat kembali, bukankah ketika melihat hai hai dan tonypaulo KENTUT anda sering ngakak sendiri? Anda boleh ingat-ingat kembali, bukankah ketika Rogermix9 kehilangan kesabaranlah hai hai semakin banyak KENTUT?

Apakah Admin JAHAT? Tidak! Admin terlalu SIBUK! TAHUKAH anda, Admin melakukan tugasnya berapa jam setiap harinya untuk SABDA Space? Hitunglah JUMLAH orangnya, lalu bandingkan dengan JUMLAH pekerjaan yang HARUS ditanganinya.  Berapa jumlah situs yang harus ditangani? Berapa banyak lagi PEKERJAAN yang harus dikerjakan sehubungan dengan SABDA Alkitab baik yang online maupun yang lokal komputer dan VOICE?

SABDA Space adalah KOMUNITAS BLOGGER Kristen. Di sini kita membangun KOMUNITAS. Di sini kita MENGASAH ikatan dan TOLERANSI komunitas. Di sini kita saling MEMBINA manusia.

KERABATKU sekalian, SABDA Space adalah KOMUNITAS blogger Kristen. Ini DUNIA maya tempat kita BERLATIH dan MEMBINA diri. Pertarungan sesungguhnya ada di dunia NYATA dalam kehidupan SEHARI-HARI. Itu sebabnya hai hai disuruh cuti dulu karena yang mengucapkannya menyangka hai hai mulai LUPA bahwa ini hanya TEMPAT ngeblog dan saling MELATIH serta MEMBINA diri.

KOMUNITAS bloger Kristen SABDA Space SEJATI tidak NAMPAK di MONITOR anda namun ada di WINDOW chating, PM, EMAIL, SMS, TELPON dan KOPI DARAT. Kalaupun NAMPAK, itu hanya KELEBATANNYA saja karena yang SEJATI jauh lebih INDAH dan KUAT ikatannya dari itu.

Di layar monitor kita hanya MEMBAHAS berbagai hal dengan Alkitab sebagai STANDARD kebenaran. di tambah dengan latihan BERSAKSI, MENYATAKAN pendapat dan BERAPOLOGETIKA serta MENGASAH pengetahuan kita serta MENGGALI pengetahuan BARU.

Bila nampak seolah BERTARUNG mati-matian, itu karena sama-sama YAKIN tidak akan terjadi PEMBUNUHAN.

Bila anda BERTARUNG di SABDA Space didorong oleh PERASAAN benci, maka izinkan saya menasehati anda. Untuk apa BERSUSAH payah? Biarkan SAJA dia SESAT lalu hidup SENGSARA dan ketika mati, dia MASUK neraka. Bila anda MEMANG membencinya, BUKANKAH itulah yang HARUS anda lakukan? Ha ha ha ha ha .....

Anda MEMBENCINYA namun BERUSAHA setengah MATI agar dia memahami KEBENARAN? Anda MEMBENCINYA namun BERUSAHA setengah MATI agar dia TIDAK sesat? Ha ha ha ha ha ha ha ...... Hebat SEKALI perasaan BENCI anda? Ha ha ha ha ....

Mungkin anda BERKATA, "Ini adalah KOMUNITAS blogger Kristen. MALU dilihat orang lain! Komunitas ini DIBANGUN untuk MENYATAKAN cinta KASIH bukan untuk SALING membenci!" Ha ha ha ha ha ... Kenapa harus MALU? bukankah KITA, walaupun MERASAKANNYA sebagai BENCI namun yang SESUNGGUHNYA dilakukan JUSTRU CINTA kasih? Itu sebabnya kita merasa MEMBENCINYA namun BERUSAHA keras untuk MEMBINANYA?

Aneh bukan? Itulah CINTA! Itu sebabnya dikatakan, "CINTA itu nggak FAIR, bila mau FAIR, dagang SAJA!"

Tahukah anda bahwa Alkitab MENCATAT bahwa KEHIDUPAN di dunia dimulai dengan SALING membenci?

Adam dan Hawa saling MEMBENCI. YHWH dan manusia SALING membenci. Ibu dan anak saling MEYUSAHKAN. Alam menumbuhkan onak duri dan manusia berusaha menaklukkannya. binatang menjadi LIAR dan manusia berusaha MENERNAKKANNYA.

Untuk sebuah kalimat yang lebih baik, maka saya katakan.

KEHIDUPAN manusia dimulai dengan PERMUSUHAN dan KETERASINGAN.

Banyak orang menyangka bahwa perkawinan dimulai dengan CINTA.

SALAH SANGKA!

Perkawinan dimulai dengan PERMUSUHAN dan KETERASINGAN serta tidak saling MENGENAL.

Itu sebabnya para pengantin BARU memulai pernikahannya dengan SEJUTA HARAPAN.

Istilah Joli adalah PASANGAN ganda CAMPURAN.

Kita BERHARAP pasangan KITA tahu kelemahan kita dan MEM-BACK UP-nya.

Itu sebabnya ketika DIA tidak melakukannya, kita KECEWA bahkan MERASA ditolak.

Kehidupan perkawinan adalah sebuah PROSES untuk saling MENGENAL dan MEMAHAMI.

Itu sebabnya perkawinan yang sehat adalah kehidupan di mana SALING berharap semakin BERKURANG.

Kenapa demikian? Karena kita CINTA semakin KUAT.

Namun sayangnya, banyak orang yang TIDAK menyadarinya. Itu sebabnya mereka TIDAK tahu bahwa RASA benci MEREKA sesungguhnya adalah CINTA!

Pengantin baru MARAH karena KECEWA dan merasa DITOLAK. Namun, pengantin TUA marah karena kehilangan KESABARAN melihat orang yang dicintainya nggak pinter-pinter dalam menjalani hidup.

Itu sebabnya dikatakan suami istri BERCERAI karena mereka BERHENTI cekcok.

Karena MALAS cekcok maka masing-masing lalu CURHAT kepada orang lain. Itu sebabnya ketika bertemu dengan orang yang tidak bijaksana, maka masalahnya bukan hanya tidak selesai namun BERTAMBAH dengan masalah baru.

Handai taulanku sekalian, bila TAHU batas kesabaran anda maka dari situlah anda belajar MENGENDALIKAN kemarahan anda.

SABDA Space adalah KOMUNITAS BLOGGER Kristen, bukan FORUM diskusi atau DEBAT. SABDA Space juga bukan TEMPAT untuk memajang tulisan-tulisan Kristen.

Di sini kita MEMBANGUN komunitas Blogger Kristen SABDA Space.

lapan's picture

Guestx, coba lihat ini

Terbukti (?) kan kalau sebenarnya ini konflik percintaan. Hahahahahahahahaha

ferrywar's picture

komunikasi yang sehat

Forum terbentuk karena adanya ruang komentar.

Ruang komentar bisa dikomentari lagi sehingga bisa dipakai untuk membahas sesuatu.

Membahas sesuatu antar 2 orang atau lebih disebut diskusi.

Diskusi yang berisi perbedaan pendapat dengan agumentasi masing masing disebut debat.

Diskusi dan debat yang sehat adalah bila tetap membahas substansi, bukan yang diluar substansi misalnya tentang hal yang pribadi, membuat nama panggilan baru dengan maksud menghina, mengumpat, memaki, mengata-ngatai dsb.

Pertengkaran yang ada dalam keluarga adalah sesuatu yang harus dihindari. Bahwa pertengkaran memang selalu ada dalam kehidupan termasuk dalam keluarga, BUKAN BERARTI pertengkaran harus menjadi IDENTITAS sebuah keluarga yang baik.

Nilai-nilai yang baik bukan bertengkar dan cekcok dan berkata kasar, tetapi diskusi yang teduh mencari solusi dalam kebersamaan yang guyub. Jangan sampai pelajaran tentang nilai-nilai yang "baik" ini dibawa untuk diterapkan dalam keluarga anggota komunitas kalau pertengkaran dan kekasaran dianggap baik. Kita perlu mendidik generasi yang lebih muda dengan nilai nilai yang baik.

Kita mesti introspeksi, bahwa sekalipun kita dibesarkan dalam keluarga atau komunitas yang keras, kasar dan penuh pertengkaran dan ternyata tetap akhirnya "jadi orang", jangan sampai kita salah menilai mana yang baik dan mana yang buruk. Keluarga atau komunitas yang baik adalah yang guyub, bisa berkomunikasi dengan teduh dan damai, sebisa mungkin malah cerdas dan intelek.

 

 

sandman's picture

@ferrywar anda plintat plintut lagi...

Bahkan kata yang sangat ekstrim dan kotorpun bisa diterima sebagai canda sampai bahasan ilmiah, tergantung konteks tersebut. Sebaliknya, kalimat yang nampaknya "bersih"pun bisa dinilai sebagai sangat "jahat". Silakan dilihat dengan hati bukan cuma cermat memilih kesalahan kata per kata.

bandingkan dengan ini:

Keluarga atau komunitas yang baik adalah yang guyub, bisa berkomunikasi dengan teduh dan damai, sebisa mungkin malah cerdas dan intelek.

Bukankah dengan komentar 2 komentar di atas, anda sendiri tidak yakin dengan apa yang anda usung? 

So, mana yang lebih baik, halus tutur kata dan manis, tapi hatinya busuk,

atau

Kasar di permukaan tapi di dasari dengan keinginan yang tulus dan agung?

lapan's picture

Sandman kamu puya2 duduy

Sandman masa gitu aja pake nanya. Ya antara 2 itu lebih baik yang kedua lah. Wkakakakakaka

 

tapi ganti pertanyaan donk Sand, bosen itu-itu aja. Kalo gw bilang:

Kenapa gak ada pilihan lembut dan manis di permukaan dan didasari dengan keinginan yang tulus dan agung?

sandman's picture

@lapan tidak puya puya

lembut? ha ha ha... seperti musa lembut hatinya.. setuju pan !!

lapan's picture

@sandman bisik-bisik

ganti pertanyaan sand. tuh bener kan dia jawab gitu. wkwkwkkwkw

sandman's picture

bisik bisik....

kenapa dia gak kasih pilihan yang lainyah?  mungkin bisa saja dia hendak menyetir opini ke arah yang dia inginkan? kok jadi seperti politik yah?

ferrywar's picture

obyektif

Kita semua, anda dan saya juga, perlu membersihkan diri dari kecurigaan-kecurigaan seperti "menyetir opini", "politik" dsb, Sandman. Mari bahas apa-apa sesuai yang dikatakannya saja, bukan dari kecurigaan-kecurigaan yang letaknya cuma dalam pikiran kita sendiri dan belum tentu suatu kenyataan.

sandman's picture

Objektif?

bukan dari kecurigaan-kecurigaan yang letaknya cuma dalam pikiran kita sendiri dan belum tentu suatu kenyataan.


Kalau begitu darimana anda muncul kalimat ini?

SABDA SPACE bergeser citranya menjadi semacam PASAR dengan GEROMBOLAN PREMAN dan orang kasar siap membully pedagang lain yang rapih berdagang.

Sebagai contoh, sebut saja blogger bernama HAI HAI, karena beberapa Tulisan anda sengaja menyerang HAI HAI dengan memakai taktik perang MEMBUNUH KEPALA.

Dari beberapa statement, anda hanya memasukan saja  sebagaian dari yang HAI HAI lakukan yaitu KATA KATA KASAR, BULLY, dan SOK PREMAN. Apakah anda tidak memasukan elemen lain ketika HAI HAI menjawab orang yang bertanya dengan sabar, memberitahukan apa yang DIA tahu. 

Pernahkah terlintas dalam pikiran anda, kenapa HAI HAI pada SEBAGAIAN orang begitu keras, dan pada SEBAGIAN orang lagi dia memperlakukan layaknya seorang CUSTUMER dengan MENYERVICEnya habis habisan?

 

ferrywar's picture

obyektif

Yang diprotes oleh orang adalah langkah kaki seseorang ketika menginjak kaki sesamanya, BUKAN ketika kakinya tidak menginjak siapa-siapa.

Genteng bocor dibetulkan bagian yang bocor, bukan? Apakah seluruhnya harus diganti hanya karena ada bagian yang bocor. Sikap obyektif adalah mengingatkan, ada bagian yang kurang baik dan perlu diperbaiki