Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Nama-baru

victorc's picture
Teks: Yesaya 62:2
"Maka bangsa-bangsa akan melihat kebenaranmu, dan semua raja akan melihat kemuliaanmu, dan orang akan menyebut engkau dengan nama baru yang akan ditentukan oleh TUHAN sendiri."

Shalom, selamat siang saudaraku. Kali ini izinkan saya mendiskusikan tentang nama baru. Orang-orang yang baru dibaptis di gereja Katolik biasanya menerima nama baru, yang disebut nama baptis, umumnya: FX (Fransiskus Xaverius), atau Benediktus, atau Julius, atau Maria dll. 
Namun bukan itu maksudnya nama baru yang saya bahas kali ini, melainkan nama baru yang dimeteraikan oleh Tuhan sendiri. 
Nama baru juga pernah dibahas dalam Santapan Rohani terbitan Our Daily Bread edisi 2016. 
Setahu saya, Tuhan sangat cerdik dalam bermain kata, sehingga nama baru itu lebih mirip suatu tafsiran ulang dan segar terhadap jatidiri kita. Coba perhatikan 5 contoh nama baru berikut:
- Abram menjadi Abraham
- Sarai menjadi Sarah
- Yakub menjadi Israel
- Kefas menjadi Petrus
- Saulus menjadi Paulus
Tiga di antara 5 nama baru tersebut sangat dekat dengan nama asal mereka, kecuali Kefas dan Yakub yang nama barunya agak jauh dari nama asalnya.
Lalu apa makna nama baru tersebut? 
Nama yang baru yang diberikan Tuhan mencerminkan panggilan serta janji Tuhan terhadap orang tersebut, dan juga karakter baru yang diberikan Tuhan, misalnya Kefas si Sanguine diubah menjadi batu karang yang teguh.

Penutup
Berdoalah sungguh-sungguh, jika perlu berpuasalah agar Anda juga menerima anugerah nama baru dari Tuhan sendiri. Lihat teks terkenal dalam Kitab Wahyu ini:

"Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapapun, selain oleh yang menerimanya." - Wahyu 2:17
Kiranya artikel singkat ini menolong Anda lebih teguh berdiri dalam iman Anda kepada Yesus. 
Omong-omong tentang nama baru, apakah Anda ingin menanyakan nama baru saya? Ya tentu saja ada, dan nama itu saya terima melalui doa sekitar 7 tahun lalu. Jika ada di antara Anda yang kepo ingin tahu nama itu, silakan japri saja ya..:-)

Versi 1.0: 19 agustus 2017, pk. 11:10
VC

Referensi:
(1) https://santapanrohani.org/2016/06/10/nama-baru-kita/
__________________

"If You Want to Walk on Water, You've Got to Get Out of the Boat‎." - John Ortberg

The Second Coming Institute

jesusfreaks's picture

bwi hi hi hi...

apalah arti sebuah nama...

__________________

Jesus Freaks,

"Live X4J, Die As A Martyr"

-SEMBAHLAH BAPA DALAM ROH KUDUS & DALAM YESUS KRISTUS-