Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

renungan

iik j's picture

Diciptakan Untuk Bersinar

"Ik, tolong gantikan aku sementara menjaga Roemah Lampu. Aku mau pergi sebentar..." perintah boss kecilku

"Siap. Aku segera ke sana!!!" jawabku

Roemah Lampu itu salah satu toko yang jual lampu, milik Empire-nya Bossku. Letaknya tidak jauh dari kantorku.

***

petrus f. setiadarma's picture

Natal dan Kehendak Allah

Allah yang kita panggil Bapa di dalam nama Tuhan Yesus Kristus adalah Allah yang berpribadi. Itu berarti bahwa Ia memiliki pikiran, perasaan, dan kehendak bagi seluruh alam semesta ciptaan-Nya. Ia memiliki maksud (purpose) yang begitu indah bagi ciptaan-Nya, khususnya bagi kita, manusia yang diciptakan menurut gambar dan rupa-Nya.

Pada suatu kali Yesus menegur mereka yang hanya berseru kepada-Nya “Tuhan, Tuhan!” tetapi tidak melakukan kehendak Bapa yang di sorga. Untuk dapat melakukan kehendak-Nya, kita harus mengenal kehendak Allah dengan sebaik-baiknya. Setiap orang percaya harus berusaha untuk mengenal kehendak Allah seperti yang Rasul Paulus katakan kepada jemaat di Efesus (Efs. 5:17). Hanya mereka yang mau mengenal dan melakukan kehendak-Nya yang berkenan kepada-Nya.

Dalam artikel minggu lalu kita telah belajar dari “palungan dan kandang”. Dalam artikel kali ini kita akan merenungkan kaitan antara Natal dan kehendak Allah melalui beberapa tokoh dalam peristiwa Natal itu sendiri. Dalam Matius 2:1-12 kita melihat adanya 4 (empat) jenis manusia yang menggambarkan keadaan manusia pada umumnya, khususnya yang berkaitan dengan kehendak Allah. Mari kita melihatnya satu-persatu dan kemudian kita bisa menilai keberadaan diri kita, termasuk golongan yang mana.

gsm's picture

Kemewahan Natal di Tempat Sederhana

Panitia Natal yang terdiri dari para Malaikat menyebarkan Undangan dengan berbagai cara. Satu tim pergi ke padang, tempat para gembala-gembala menjaga para domba.

Tante Paku's picture

Telah Lahir Anak Kita, Kudengar Kidung-Mu

 

     YESUS lahir di bumi dengan sangat sederhana. Dari tempat yang sederhana telah lahir Raja Damai. Banyak yang tidak mampu memahami kemuliaanNya, karena sibuk dengan urusan duniawinya. Dunia yang rasional telah dipatahkan oleh kelahiran seorang Raja yang jauh dari kemilau perhiasan yang dianggap sebagai suatu kemewahan hidup.

Kiem's picture

Renungan Natal : Bagaimana supaya Firman itu menjadi Perbuatan?

Sebab jika firman hanya dimulut saja, bagi seorang Kristen, lebih layak disebut PEMBUAL !

Natal

Untuk apa kita capek-capek belajar Firman, jika Firman itu tidak menjadi perbuatan?. Walaupun kita disebut PANDAI KITAB yang setara dengan AHLI TAURAT, jika firman itu sebatas di mulut saja, lebih layak kita disebut “PEMBUAL”, sebab dapat dipastikan, ucapan manis dari mulut dipastikan bertolak belakang dengan perbuatan.

Firman menjadi Perbuatan adalah Firman yang menjadi daging.

Adrianus Pasasa's picture

Keteduhan Di Tengah Badai

Judul                : Keteduhan Di Tengah Badai

gsm's picture

Berapa Hargamu???

Harga yang harus dibayar:

Untuk menciptakan alam semesta, dunia, dan segala isinya....Allah hanya berfirman dan semua itu jadilah! Tidak ada harga yang dibayar oleh Allah untuk semuanya itu! (Kejadian 1)

gsm's picture

Kemiskinan Yang Menyedihkan!

Miskin....

Jelas sangat bodoh atau bisa dibilang sangat gila, jika seseorang ingin terus hidup miskin agar dia bisa mati dalam keadaan kaya.......mimpi kale.......

KARENA dibutuhkan kerja keras UNTUK keluar dari KEMISKINAN.... Amsal menyarankan kepada para PEMALAS supaya belajar dari saudara kita  SEMUT.....

gsm's picture

Tiga Hal Pembuat Perbedaan

ADA ORANG BERHASIL, ADA ORANG GAGAL, ADA YANG DIPAKAI TUHAN DENGAN LUAR BIASA, ADA YANG BIASA-BIASA,  ADA YANG BERIMAN, ADA YANG HIDUP DALAM KERAGUAN, APA YANG MEMBUAT mereka  BERBEDA?

"Amsal 19:2  Tanpa pengetahuan kerajinanpun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah.

Kiem's picture

RENUNGAN : Lihatlah, Yesus masih berdoa untuk kita, seakan menyerukan "kembalilah pada Kemurnian Alkitab" "BACK TO THE BIBLE"

Blog ini sudah saya sajikan sebagai komentar pada blognya Mujizat yang berjudul "Tuhan_koq_berdoa_yah" (KLIK DISINI).

Andreas Priyatna's picture

Bersukur dalam segala hal

 

sidiknugroho's picture

Hidup ini Seperti Novel

Pria muda yang baru saja berusia 17 tahun itu hampir berhasil bunuh diri. Yang menggagalkan upaya itu adalah ayahnya. Ketika pria muda itu gagal bunuh diri, ayahnya mengajaknya jalan-jalan, dan mengatakan sesuatu untuk menentramkan batinnya yang kalut:

yun tonce's picture

Hati Seorang Budak (Part 4)

Part 4

GODARMY's picture

Sikon Akhir Jaman

Dengan banyak kejadian akhir-akhir ini, saya mulai berpikir...apakah:
Akhir jaman dan masa pengangkatan sudah dekat, jika iya hendaklah kita bersiap-siap untuk menyambutnya, sebab hal ini tidak akan terluput dari apa yang tertulis. sementara itu sedikit ayat tentang tanda akhir jaman:

Matius: 24

iik j's picture

Hareee gini, hidup kudus?

Hidup kudus? Maksud ‘loh? Kayak orang-orang yang nggak pernah bersentuhan dengan dunia luar itu? Dalai lama di Tibet sono kaleee? Nggak pacaran? Nggak Clubbing? Nggak gaul? Nggak TTM? Nggak bisa ngapa-ngapain? Buseeeettt....? Emang ‘mau hidup kayak jaman nenek moyang? Nggak janji deh...!!

sidiknugroho's picture

diburu seperti anjing

"tangkap!" keras sekali suara-suara itu mengucap kata yang sama. hampir bikin telinga pekak. "sikat! hajar!"

"jangan sampai lolos!" kata sebuah suara pengepung sambil mengacungkan sebuah tongkat pemukul. "dia bikin anakku rabies! hampir mati!"

mereka dikomando mengepung buruan yang mereka dapatkan.

sidiknugroho's picture

Tolok Ukur Kehidupan Bermartabat

Sidik Nugroho*)

Judul Buku: Simply Amazing, Insprasi Menyentuh Bergelimang Makna
Penulis: J. Sumardianta
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal buku: xv + 188 halaman
Cetakan pertama, April 2009

yesaya christian's picture

Truth 23 September 2009 "Pertaruhan yang Sangat Mahal"

Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka. (Mat. 10:28)

Rudy Dwiantoro's picture

Apapun akan saya lakukan demi hidup lebih baik… Apapun…

Kalau sekarang saya merasa lelah dan tidak mempunyai harapan, tidak mempunyai pegangan, tabungan, dan kecukupan yang nyata di dompet, di bank, kenyamanan yang tidak saya miliki.

sidiknugroho's picture

52 Bungkus Nasi Bungkus

: renungan diri spontan tentang perbuatan baik di hari ulang tahun seorang ibu

9 September 2009, alias 9-9-09. Banyak orang menganggapnya sebagai hari baik, hari hoki. Entah benar, entah tidak, yang jelas saya punya sukacita lain. Bukan berawal dari anggapan banyak orang itu; tapi karena ibu saya ulang tahun pada hari ini.