Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Anie's picture

Script Import Data

Sudah dua bulan ini aku dapat tugas khusus dari kantor. Aku disuruh menganalisa satu modul yang tujuannya bisa meng-import file html. Awalnya ku pikir tinggal memasang modul itu di framework dan modul siap untuk dijalankan. Tetapi kenyataan yang ku dapat, banyak sekali error yang gak ku mengerti. Aku berhenti menganalisa modul itu, aku ganti haluan, ngerjain kerjaan yang lain, daripada jutek pikirku.

kurnia's picture

Penyelamat Yang Tertolak

Sejak kecil dia sudah mengalami penolakan. Sampai pada hari kematiannya juga. Sang 'calon ayah' hendak memutuskan pertunangan dengan ibunya karena dia. Sang ibu, dengan was-was dan mungkin juga malu namun tetap tegar, menyimpan rahasia tentang dia. Belum lagi komentar dari tetangga dan kerabatnya (kecuali mungkin dari salah seorang bibinya).

Waskita's picture

Mbak Sri ... Mbak Sri .. Nambah Kerjaan aja

Uch ... sore ini lagi-lagi ibu ku mengeluh kepadaku tentang kelakuan teman kerjanya sesama guru, yang kebetulan sama-sama seorang Kristen. Sebut saja Mbak Sri, kebetulan dia memang masih agak muda. Aku bahkan sempat diajar matematika oleh nya ketika SMA dulu. Beberapa waktu lalu Mbak Sri ini, ditegur Kepala sekolah gara-gara kesibukan pelayanan gereja yang digelutinya sudah sangat mengganggu pekerjaannya sebagai guru. Setiap kali ijin hanya untuk mengikuti retret, seminar, kebaktian padang atau karena diminta berkhotbah. Sayangnya semua itu dilakukan di jam kerja. Sekali lagi di jam kerja!

Daniel's picture

Kristen kok makan Kristen?

Di sebuah pesta pernikahan yang saya hadiri beberapa hari yang lalu, saya duduk di belakang tiga orang bapak yang rupanya baru saling mengenal. Mereka mulai mengobrol kesana kemari tentang berbagai hal dengan volume suara yang makin lama makin keras, tanpa menyadari bahwa saya ikut mendengarkan dari belakang.

Mulanya saya kurang tertarik dengan topik pembicaraan mereka, sampai suatu saat seorang bapak nyeletuk, "Eh, tadi pagi saya baca di koran, Israel menggempur desa-desa Kristen di Lebanon."

"Lho, orang Kristen kok menyerang sesama Kristen?" Sahut bapak yang lain, sementara bapak yang satunya lagi bertanya dengan heran, "Di Lebanon juga ada orang Kristen to?" Dan percakapan berlanjut dengan berbagai spekulasi bak pakar talk-show di televisi.

ICCP's picture

Apa perbedaan Malaikat, Setan dan Manusia ?

Alkitab mengajarkan bahwa Tuhan membuat manusia “sedikit lebih rendah daripada malaikat-malaikat” tugas dari malaikat adalah “Roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan” (Ibrani 2:5-7; 1:13-14).


Ini sepertinya ada suatu pertentangan: Manusia lebih rendah, tetapi lebih tinggi karena manusia menerima keselamatan. Dapatkah kita menjelaskan ini ?

Kolipoki's picture

Bila Waktu Bicara

Tik tok tik tok,
meniti perlahan-lahan,
beranjak dengan sabar ...
Sementara ...
setiap yang terlewati adalah ...
tangis dari bangsa-bangsa,
jeritan karena lapar, ... tidak ada yang dapat dimakan.
Isak menahan sakit, ... tak ada obat.
Sengau yang hampir tak terdengar,
letih menahan sesak, ada tubuh kaku dipangkuan.
Jasad dingin di hadapan, yang di kasihi tlah hilang,
bukan ini yang kumau ...

y-control's picture

ngalor-ngidul bulan agustus

Sejarah itu konon identiknya dengan sesuatu yang sudah tua, usang atau malah sudah punah. Tapi beberapa hari lalu saya ke Jogja dan melihat sebuah buku tergeletak di kamar kos teman saya. Buku itu tentang sejarah, tentang Jakarta pada zaman pemerintahan Soekarno. Siapa sangka yang menulis masih seumuran saya, 25 tahun! "Daftar referensinya juga sangar-sangar," kata teman si empunya buku itu. Memang, ada sedikit 'excuse', si penulis itu adalah anak mendiang tokoh terkemuka dalam bidang kajian sosial di Indonesia. Tapi itu tentu bukan alasan untuk memaklumi prestasinya, toh banyak tokoh hebat tapi anaknya tidak melakukan hal yang sama seperti sejarawan muda tadi itu.

Kolipoki's picture

Kala Mama Lupa

Kami empat bersaudara, tiga perempuan dan seorang laki-laki. Adikku yang bungsu adalah satu-satunya saudara laki-laki kami. Waktu itu, kami semua masih sekolah, belum ada yang kuliah. Setiap pagi, mama memberikan uang saku untuk kami sebelum kami semua berangkat ke sekolah. Uang saku itu biasanya ia letakkan di atas meja makan. Aku dan ketiga adikku mendapatkan jumlah yang sama, mama sengaja melakukan ini agar tidak ada yang merasa tidak adil. Hal ini rutin dilakukannya setiap pagi, kadang-kadang ia memberikan jatah uang saku satu minggu sekali. Tapi adakalanya ia lupa sehingga kami harus teriak-teriak memanggil mama yang sedang sibuk di halaman belakang rumah, karena setiap pagi mama selalu berada di halaman belakang. Kalau sudah begitu, biasanya ia akan menyuruh kami mengambil sendiri uang saku kami di dalam tasnya.

ICCP's picture

Keuntungan dan kerugian mengikuti YESUS

Di dalam perjalanan kehidupan umat manusia selalu memperoleh suatu kesusahan. Beraneka ragam permasalahan yang ada dan beraneka ragam pula cara manusia mengatasi-nya.Di dalam pemecahan permasalahan / perkara, terkadang manusia menghendaki yang praktis dan cepat (instant).

Jika kita melihat dari mana datangnya permasalahan kehidupan ini, maka kita harus coba melihat awal dari seluruh permasalahan yang ada (mari kita baca matius 15:19) “Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Love's picture

Petrus Tidak Masuk Lagi!

Di tengah gegap gempita tepuk tangan anak-anak Sekolah Minggu, aku
melayangkan pandangan mataku ke ruangan kelas sambil memegang pena dan
sebuah buku absen. Saat pena yang kupegang memberikan tanda silang
sekali pada sebuah nama, aku langsung tertegun. Empat tanda silang
yang berurutan telah menandai sebuah nama. Itu berarti, sudah empat
minggu berturut-turut, dia tidak datang ke Sekolah Minggu.

Love's picture

Mata-Mata

"Mari kita berdoa!" rekanku mengucapkan kata itu dengan lantangnya di
depan murid-muridku yang sudah siap sedia mengikuti ibadah di kelas
sekolah minggunya yang mungil.

Aku sudah siap-siap menutup mata pula saat aku terpancing dengan
gerakan cepat seorang bocah kecil yang langsung menutup seluruh
wajahnya dengan tangan mungilnya. Jari-jarinya tidak rapat dan kulihat
bola matanya bergulir ke sana kemari dari sela-sela jemarinya. Aku
berdiri agak jauh dari mereka dan leluasa mengawasi mereka. Ada lagi
yang terang-terangan mendongakkan kepalanya ke atas, dengan mata
terbuka, seolah-olah di langit-langit kelas yang hanya tergantung satu
alat penerang itu ada banyak benda yang menarik. Wah lebih parah lagi,
ada anak yang saling berpandangan dari balik jemarinya dan saling
menuding, seolah berkata, "Ayo, kamu gak berdoa ya ....!"

ICCP's picture

Apakah Kristen itu suatu agama ?

Banyak sekali manusia saat ini mengatakan bahwa Kristen itu adalah agama, dan Kristen itu masih merupakan suatu keterkaitan dengan kepercayaan yang di anut oleh bangsa Israel yaitu Abraham. Di dalam hal ini kita semua harus lebih mengetahui perihal KRISTEN itu dengan sebenarnya, dan bagaimana KRISTEN itu terjadi. Apa arti sebenarnya Kristen dan apa itu kepercayaan ABRAHAM. Mari kita melihat secara benar dan mulai mengerti akan arti dari KRISTEN tersebut.

ICCP's picture

strategi setan

Kemudian berfirmanlah TUHAN Allah kepada perempuan itu: "Apakah yang telah kauperbuat ini?" Jawab perempuan itu: "Ular itu yang memperdayakan aku, maka kumakan." Kej. 3:13

Di dalam kejadian 3: 13 ini terlihat sekali bahwa Allah sangat murka dengan manusia dan dari sinilah awal dari kejatuhan manusia kedalam dosa.

Ari_Thok's picture

Keperawanan dan Tubuhku Hanya Untuk Suamiku !!

Sebenarnya dah beberapa minggu lalu aku nulis ini, tapi belum sempet mengedit bahasanya dan pasang di situs. Akhirnya kesampaian juga dan nongol di sini. Baca dan beri komentar ya :)

Sabtu kemaren (bulan Juli lalu) aku main ke rumah temen SMA ku dulu. Seorang cewek yang cukup cantik, ramai dan enak buat diajak ngobrol. Ya sebut saja namanya Ayu. Sudah beberapa Minggu sebelumnya sih dia minta aku untuk datang ke rumahnya. Katanya dia lagi punya masalah yang cukup bikin dia pusing, dan dia pingin banget ada temen buat berbagi cerita.

Ningtyas's picture

Harga Yang Harus Dibayar

Seperti anak-anak muda umumnya, saat duduk di bangku kuliah semester akhir, saya pun ingin memiliki pacar. Walaupun hal tersebut merupakan sesuatu yang tabu di mata ibu saya, namun saya cukup kreatif untuk lewat pintu belakang atau back street. Dalam setiap kesempatan, tak henti-hentinya saya melirik-lirik teman sekampus. Tak lupa, setiap malam sayapun berdoa “Tuhan, berikan aku seorang pacar yang seiman, penuh pengertian, lembut hati, bijaksana dan setia” Bukan sekadar menyebutnya dalam doa, sayapun menuliskan kriteria calon pasangan hidup itu dalam buku harian saya.

Maria's picture

Kepahitan pada Hamba Tuhan

Agama bukanlah jaminan bahwa seseorang yang menganutnya pasti baik, saleh, dan berbudi luhur. Tak jarang karena perbuatan satu orang itu, maka agama yang dianutnya mendapat cap jelek: asas pukul rata diterapkan, semua penganutnya dianggap sama saja.

Indonesia-saram's picture

Bahasa dan Sastra Indonesia: Emang Gue Pikirin?

Sudah cukup lama rasanya kategori ini berdiri. Sejauh ini justru kategori ini menjadi salah satu kategori yang memiliki jumlah artikel terbanyak, namun dengan komentar paling sedikit. Ada apa gerangan dengan hal tersebut?

Sebagai orang Indonesia, kita sudah dianggap produk lokal. Begitu jerit tangis kita memecah ruangan, itulah saat kelahiran kita sebagai bayi Indonesia: dibentuk oleh pasangan berkewarganegaraan Indonesia, dicatat di kantor catatan sipil, lalu dibesarkan dalam lingkungan Indonesia (tentu saja mereka yang lahir dan besar di luar Indonesia tidak masuk hitungan).

Love's picture

SERANGAN!

Wah, ada kehebohan apa ini? Suasana di kantorku yang semula tenang menjadi sedikit "ribut" dan terlihat muka-muka yang tegang, khususnya orang-orang dari bagian Web. Paling tidak seperti itulah pemandangan yang aku lihat saat pertama dapat informasi bahwa ada serangan VIRUS di situs yang selama ini setia menemaniku saat bekerja. Sungguh di luar dugaan! Ada orang usil yang taruh virus di SABDA.org, aduh tega nian...

Eudice's picture

Ungkapan Rasa Sebelum Aku Mengenal-Nya

Kesedihanku seumpama ...
hati yang dilukai
perasaan yang dikecewakan
kesendirian tanpa teman

Ulah's picture

Jangan Menangis Anakku Sayang

 

(sebait nada dalam pagi, untuk anakku tersayang)

Gadis mungil itu kembali kutimang

Raut wajah tanpa dosa kembali kupandang

Aku kembali tersentak dalam angan yang melayang

Cantik nian kurnia Tuhan

Ini semua anugerah yang tersayang

Aku sangat bersyukur pada Tuh Hyang

Celoteh tanpa makna kudengar kembali

Ataukah kata sayang menjadi celoteh pagi

Riang penuh senyum dengan sejuta arti

Rasanya membawaku kembali kedalam mimpi

Inilah karunia Illahi

Suara itu kudengar mengalun manis lagi

Antar aku dalam kungkungan kurnia sang Khalik 

Putri manis yang kugendong dalam buaian

Untuk apa engkau biarkan dirimu dalam tangisan

Tiadakah kau rasakan indahnya ciptaan Tuhan

Rengkuhan tangan-NYA yang penuh kekuatan

Ingin mengendong dirimu dalam dekapan 

Waktu yang terus berjalan

Ingin kusapakan senandung pujian

Bait demi bait kan ku nyanyikan

Oleh dorongan kasih Yesus Tuhan

Walaupun dunia bergelora

 Oleh kasih Yesus engkau kan bertahan 

(Jakarta, 04 Agustus 2006)