Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

susanto's blog

susanto's picture

HIDUP BERSAMA

Satu kecenderungan manusia adalah melihat seseorang dengan berfokus pada komunitas atau kelompok di mana dia terikat. Bila melihat si A melulu dihubungkan dengan agamanya, sukunya dan rasnya. Dari sini bisa muncul kebencian terhadap satu individu atau kelompok-kelompok tertentu.

susanto's picture

MEMPERKUAT PERAN POSITIF AGAMA

Bagi Ludwig Feuerbach dan Friedrich Nietzsche agama adalah elemen yang layak dibuang dari tengah-tengah masyarakat. Gagasan-gagasan religius bagi mereka membuat manusia tidak dapat berkembang. Feuerbach menilai bahwa wacana mengenai Allah harus dihapuskan agar potensi-potensi dalam diri manusia dapat diekspresikan. Bahkan Nietzsche lebih tegas mengatakan bahwa Tuhan sudah mati.

susanto's picture

Sikap Sebagai Kaum Minoritas

Dalam isu mayoritas-minoritas di Indonesia kekristenan adalah kelompok minoritas secara kuantitas dan berposisi rawan menerima tindak diskriminatif. Sebagai salah satu elemen dalam kehidupan bermasyarakat umat Kristen perlu untuk mengimplementasikan sikap hidup yang tepat dalam menyikapi posisi tersebut.

susanto's picture

TIDAK HARUS BERNAMA YAHWEH

Saya pernah menghadiri sebuah ibadah di salah satu Gereja di Yogyakarta. Dalam ibadah tersebut semua kata Allah yang terdapat dalam puji-pujian dan Alkitab diganti menjadi Yahweh. Ini bukanlah fenomena baru dalam lingkungan Gereja.

susanto's picture

MEMBANGUN DIRI MELALUI GAGASAN POSITIF TENTANG DIRI SENDIRI

Terkadang seseorang memiliki gagasan negatif tentang dirinya. Gagasan tersebut terbangun melalui sikap lingkungan terhadap kita. Seorang anak yang selalu tidak diperhatikan ketika menyampaikan pendapat atau mendiskusikan sesuatu akan mencitrakan dirinya sebagai orang yang tidak berharga atau tidak bernilai.

susanto's picture

UMAT KRISTEN DAN LINGKUNGAN


Saat ini perhatian masyarakat kita kembali mengarah kepada masalah lumpur Porong, Siduarjo. Kebocoran tanggul pada titik 42 yang sulit tertanggulangi memaksa Badan Pelaksana Penanggulangan Lumpur di Sidoarjo (BPLS) kembali membuat kolam penampungan seluas 60 hektar. Ini artinya kolam penampungan terus meluas. Menurut data harian Kompas sampai akhir Juni 2007 luas endapan lumpur sudah mencapai 575 hektar, setara dengan 575 buah lapangan sepak bola (Jumat, 19 Oktober 2007). Banyak pihak telah mengalami kerugian akibat aliran lumpur yang tidak kunjung-kunjung berhenti.

susanto's picture

SELEKTIF TERHADAP TAYANGAN TELEVISI

Televisi adalah salah satu media hiburan dan informasi yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat kita. Kemampuan audiovisual telah membuat televisi unggul dibanding dengan media informasi lainnya. Namun kita perlu khawatir berkenaan dengan dampak negatif televisi.

susanto's picture

PENTINGNYA KEBERSAMAAN

Gereja-gereja Indonesia telah menjadi bagian dari negara ini. Semestinyalah gereja dapat memberikan sumbangsih yang berarti untuk kemajuan bangsa. Satu hal yang menjadi kendala dalam memaksimalkan partisipasi gereja di Indonesia adalah masih bergumulnya gereja-gereja dengan masalah perbedaan. Saat ini ada banyak denominasi gereja, dan memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. 

susanto's picture

KETAATAN

Pagi tadi saya melintas di sebuah rel kereta api. Seperti perlintasan kereta pada umumnya, lintasan tersebut dilengkapi dengan palang dan tanda peringatan sebagai perangkat keselamatan bagi pengguna jalan. Sebuah kejadian menarik perhatian saya. Tepat ketika akan melintas, sirine berbunyi dan palang perlahan turun dan melintang tepat di depan saya.