Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

Risdo M S's blog

Risdo M S's picture

Mencabut Paku-paku dari 95 Dalil Luther: 31 Oktober itu bukan Hari Reformasi Gereja

“Dapatkah suatu kejadian pada masa ini menunjuk pada masa lalu dan memberi arti yang sama sekali baru, terhadap sesuatu yang telah terjadi?”

Jostein Gaarder dalam Maya.

Tanggal 31 Oktober diperingati kaum Protestan sebagai Hari Reformasi. Hari dimana pada tahun 1517 Martin Luther, seorang doktor teologi Universitas Wittenberg dan imam dari Ordo Agustinian “memakukan” 95 dalilnya di pintu Gereja Kastil Wittenberg dan mengirimkannya pada Uskup Mainz, Paus Leo X serta rekan-rekan se-universitasnya.

Risdo M S's picture

Kristen yang Indonesia? Mungkin Bisa.

Sangat sulit melacak buku-buku soal pandangan seorang umat Kristus di Indonesia terhadap bangsanya. Seolah hanya ada jawaban normatis, sekedar menjadi warga negara yang baik di negeri yang dibuat manusia. Seolah kedua topik, iman kristiani dan kebangsaan, memang harus terpisah sejak terpisahnya mata pelajaran PPKn dan PAK. Mungkin pula hal ini diperparah sebab regukan sumber untuk keimanan kristiani kita memang kebanyakan dari Eropa Barat dan Amerika Utara. Namun nampaknya penyebab terparahnya adalah isu-isu seperti ini belum menemukan lahan suburnya di blantika pembahasan, apalagi perbukuan kristen Indonesia.

Risdo M S's picture

Di Kalangan Kristen Indonesia Menyindir itu Asyik

Katanya (dan memang benar katanya) menyindir itu bagian dari budaya Jawa. Bentuk dari ketidakenakan untuk berkata terlalu frontal. Sekaligus bentuk menghargai manusia sebagai makhluk yang bisa berpikir sendiri lantas bisa berubah dengan kesadaran sendiri. Itu menurut orang yang memaknai sindiran secara positif.

Risdo M S's picture

KOPDAR SS AWARD dari DEDE WIJAYA

Di tengah kesibukan dan riuh rendah acara, diam-diam seseorang menyusun daftar award untuk KOPDAR SS. Tak ada yang tahu kapan itu dicatat, dan tak seorang pun tahu bagaimana standar penilaiannya... Inilah perkataan rahasia dari bambu gila yang tak jadi gila:

Risdo M S's picture

Sentuhan Tangan

Menyambut KOPDARNAS, biarlah kita penuh dengan sentuhan kasih, hehehe.......

Risdo M S's picture

Obesitas Rohani

Begitu dengar frasa tadi, pasti kebanyakan berpikir ini akan ngebahas orang-orang yang cuma nerima makanan rohani aja, tanpa mau bergerak membagikannya. Setidaknya itulah yang aku perbincangkan di awal, saat pulang dari makan dan melintasi satu gedung Gereja. Iya, sudah sama-sama tahu banyak juga orang kristen yang kayak gitu. Tapi kok kayaknya bukan cuma itu ya.....

Risdo M S's picture

Beda Agama, Beda Tuhankah?

Sadar kontroversi yang akan ditimbulkan oleh tulisan ini, aku banyak berdoa dan mengkaji ulang. Yah kalo masih kurang, tinggal berdoa dan mengkaji ulang lagi, hehe.