Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

paijobudiwidayanto's blog

paijobudiwidayanto's picture

Bernard Nababan Memang Oke...

Beberapa saat yang lalu saya mendengar perdebatan antara orang Islam yang mantan Kristen dan orang Kristen mantan Islam. Yang paling berkesan adalah seorang mantan Kristen yang nama aslinya Bernard Nababan.

paijobudiwidayanto's picture

MANUSIA LEBIH BESAR DARIPADA LOGIKA??

Pada saat diperhadapkan pada kenyataan bahwa hukum – hukum logika tidak sepenuhnya dipatuhi dalam kehidupan manusia atau pada saat diperhadapkan pada fakta bahwa manusia tidak secara konsisten menggunakan logikanya, saya seringkali mendengar dan membaca orang mengatakan dan menulis “manusia lebih besar daripada logika” untuk menjelaskan fenomena ini.

paijobudiwidayanto's picture

Logika: sebuah Keharusan dalam Hidup

Hari Minggu kemarin setelah kebaktian pagi di gereja tempat saya beribadah sekarang, saya sempat berdiskusi dengan sekelompok anak muda usia SMA dan kuliah. Salah satu topik yang terangkat waktu itu adalah tentang logika.

paijobudiwidayanto's picture

Self Referential Absurdity

Frase di atas merujuk kepada sebuah keadaan dimana satu pernyataan akan menjadi konyol apabila diterapkan pada diri sendiri. Kadang-kadang frasa- frasa seperti ini terasa seperti sangat baik atau mungkin rohani. Tetapi kalau kita mengambil waktu untuk secara kritis menganalisa, maka akan jelas kebodohan di balik pernyataan tersebut.

paijobudiwidayanto's picture

Jalal Abualrub

Beberapa saat yang lalu saya menonton video perdebatan antara James R. White dengan Jalal Abualrub (seorang Syeikh) tentang apakah Alkitab mengajarkan tentang Keilahian Kristus. Dalam tulisan ini saya hanya memusatkan perhatian pada kesalahan fatal dari si Abualrub. Patut diingat bahwa perdebatan tersebut saya hanya ikuti sampai babak II selesai.

paijobudiwidayanto's picture

Kesesuaian Dengan Sains Menentukan Kebenaran Kitab Suci?

Dari diskusi dengan beberapa kalangan, saya mendapati bahwa mereka mendasarkan kepercayaan mereka kepada Kitab Suci atau ajaran agama yang mereka anut pada Sains. Argumennya kira-kira sebagai berikut:

1. Kitab Suci / ajaran agama A (bisa Islam, Kristen, Hindu, Budha, dll) mengajarkan sesuatu yang nampak tidak masuk akal pada jamannya.

paijobudiwidayanto's picture

Argumentum Ad Ignorantium

Frase di atas merujuk pada kesalahan logika dimana sebuah kesimpulan diambil/dianggap benar karena kesimpulan itu belum terbukti salah.

Contoh:

1. Premis 1 : Anda berkata bahwa Allah tidak ada,

Premis 2 : Anda tidak dapat membuktikan bahwa Allah tidak ada.

Kesimpulan : Allah ada