Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

hendro's blog

hendro's picture

Belajar Theologi

Dalam bukunya Mere Christianity, C. S. Lewis menuliskan, "[If] you do not listen to Theology, that will not mean that you have no idea about God. It will mean that you have a lot of wrong ones--bad, muddled, out-of-date ideas." Kalau Bruce Milne menyatakan bahwa setiap orang kristen adalah theolog, Charles Ryrie lebih jauh menegaskan bahwa setiap orang adalah theolog.

hendro's picture

Iman: Bukan Sekadar Percaya Di Pikiran

Ibrani 11:1 memberikan definisi iman menurut Alkitab: Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Sedangkan C.S. Lewis menyatakan iman adalah: the art of holding on to things your reason has once accepted, in spite of your changing moods.

hendro's picture

Mazmur 11

1  Untuk pemimpin biduan. Dari Daud. Pada TUHAN aku berlindung, bagaimana kamu berani berkata kepadaku: "Terbanglah ke gunung seperti burung!"
2  Sebab, lihat orang fasik melentur busurnya, mereka memasang anak panahnya pada tali busur, untuk memanah orang yang tulus hati di tempat gelap.
3  Apabila dasar-dasar dihancurkan, apakah yang dapat dibuat oleh orang benar itu?
4  TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus; TUHAN, takhta-Nya di sorga; mata-Nya mengamat-amati, sorot mata-Nya menguji anak-anak manusia.
5  TUHAN menguji orang benar dan orang fasik, dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan.
6  Ia menghujani orang-orang fasik dengan arang berapi dan belerang; angin yang menghanguskan, itulah isi piala mereka.
7  Sebab TUHAN adalah adil dan Ia mengasihi keadilan; orang yang tulus akan memandang wajah-Nya.

hendro's picture

Tuhan menguji, Iblis mencobai

Menguji dan mencobai adalah kata yang sepadan. Apabila motivasi dibubuhkan pada subyek pelaku maka hasil yang mereka harapkan tentu saja berbeda.

hendro's picture

Kembali Ke Pokok Penting: Menyampaikan Injil Keselamatan

Suatu ketika enam orang teman masuk kamar saya dan mengunci pintu. Salah satu dari mereka menggeser kursi tepat di depan pintu dan mendudukinya. Tidak ada jalan keluar. Mereka ingin tahu tentang Yesus, atau mungkin lebih tepat, mereka ingin menyampaikan sanggahan-sanggahan mengenai Yesus dan Alkitab. Adu argumentasi pun berlangsung.

hendro's picture

Kemuliaan Perjanjian Baru

Lebih dari enam ratus tahun setelah ratifikasi perjanjian yang diadakan Allah dengan Bangsa Israel melalui perantaraan Musa di kaki Gunung Sinai (Kel.24:4-8), Yeremia menubuatkan tentang akan adanya perjanjian baru (Yer. 31:31-34).

hendro's picture

Menyambut Uluran Tangan-Nya

Meskipun pengenalan akan Allah itu tidak tergantung kepada kita, tetapi pada anugerah Allah, kenyataan yang bisa kita lihat dari pernyataan Allah di dalam Alkitab menunjukkan keinginan Allah untuk menyingkapkan rahasia diri-Nya kepada kita. Dia rindu untuk bersekutu dengan kita. Dia rindu untuk menikmati cengkrama akrab dengan ciptaan-Nya, seperti dahulu kala di taman Eden.

hendro's picture

Mengenal, Mengasihi, dan Berbuah

Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN." (Yer.9:23,24)

hendro's picture

Bagaimana Yohanes Menangkis Supermen

Murid Yesus yang satu ini temperamennya memang tidak meledak-ledak seperti Petrus, tetapi ia tahu bagaimana menangkis supermen.

hendro's picture

100% untuk Yesus

Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. (Mat 4:19,20)

Begitulah cerita bagaimana mereka menjadi murid-murid Yesus.

hendro's picture

Yehuda, Siapakah Engkau?

Kita sudah tahu Yehuda adalah salah satu anak Yakub, yang keturunannya memakai namanya sebagai nama salah satu suku Israel. Siapakah dia, sehingga Sang Mesias pun mengambil jalur keturunannya, bukan keturunan Lewi, yang daripadanya para imam di Israel dipilih?

---*---

hendro's picture

Daftar karunia-karunia Roh Kudus

Di 1 Kor.12:8-10 Paulus menuliskan daftar karunia-karunia Roh Kudus antara lain: 1) karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, 2) karunia berkata-kata dengan pengetahuan, 3) iman, 4) karunia untuk menyembuhkan, 5) kuasa untuk mengadakan mujizat, 6) karunia untuk bernubuat, 7) karunia untuk membedakan bermacam-macam roh, 8) karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, 9) karunia untuk menafsirka

hendro's picture

Roh Kudus, "Mission Impossible" Dan Spiderman

Bayangkan saja kalau murid-murid Tuhan Yesus pada waktu itu tidak menerima baptisan Roh Kudus, mereka pasti putus asa dalam melaksanakan amanat terakhir-Nya (Mat.28:17-20). Tetapi dengan kuasa (Kis.1:8) yang mereka terima, 'mission impossible' yang harus mereka jalankan menjadi lebih mudah.

hendro's picture

Dua Kali Menerima Roh Kudus?

Di dalam Alkitab banyak dituliskan mengenai Roh Kudus yang akan datang dan tinggal di dalam hati kita ketika kita percaya Injil keselamatan. Tidak ada janji yang menyatakan bahwa Roh Kudus akan datang dan tinggal di dalam hati kita bukan pada saat kita menerima keselamatan itu, atau bahwa Roh Kudus tidak datang dan tinggal di dalam hati kita pada saat itu.

hendro's picture

Menerima Karunia Roh Kudus

Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun (Luk.4:1).

hendro's picture

Setelah Pertobatan, Lalu?

Perjalanan Bangsa Israel keluar dari Mesir merupakan gambaran perjalanan rohani dalam Perjanjian Baru. Perbudakan Bangsa Israel di Mesir adalah gambaran manusia berdosa. Beratnya penindasan di Mesir membuat mereka berseru kepada Tuhan. Ini mirip pula dengan seruan kita akibat beratnya dosa.

hendro's picture

Tanpa Mujizat

Mujizat tidak sekadar menyatakan hal ajaib yang terjadi, tetapi juga Dia yang mengadakannya. Dengan sangat jelas Pemazmur mengungkapkannya, "Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa." (Mzm.77:15). Bahkan ia berulangkali mengucapkan syukur kepada Allah akan perbuatan-Nya yang ajaib.

hendro's picture

Alkitab Yang Mana?

Saat ini kita dimanjakan dengan banyaknya terjemahan Alkitab selain Alkitab berbahasa aslinya. Beberapa orang sampai bingung mau membaca Alkitab yang mana. Mereka lupa bahwa membaca Kitab Suci tidak mengakibatkan pembacanya memperoleh hidup yang kekal.

hendro's picture

Terhadap Janji Allah

Sering saya bertemu dengan orang kristen yang percaya bahwa dia akan masuk surga bila dia mati, tetapi dia mengalami kesulitan untuk mempercayai bahwa Allah mau mencukupi kebutuhan hidupnya, atau pun bahwa Dia mau menolong mereka dalam kesulitan hidup ini.

hendro's picture

Mari Membaca Alkitab

Orang barat mempunyai pepatah 'waktu adalah uang.' Pakar motivasi kesuksesan menyatakan bahwa modal yang sama yang dimiliki setiap orang adalah waktu. Bahkan mereka menganjurkan supaya mempertanyakan manfaat sebelum membaca buku. Apakah buku ini berharga untuk aku baca? Sepadankah nilainya dengan waktu yang kuhabiskan untuk membacanya?