Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

bennylin's blog

bennylin's picture

Bapak yang Luar Biasa

Oleh: H.A. Oppusunggu

 

bennylin's picture

The tree and the leaf

The leaf fly
because the tree
didn't ask her to stay

bennylin's picture

King's Quest

Salah satu permainan komputer yang paling aku ingat pada waktu kecil adalah King's Quest. Pada zaman itu di kotaku baru musim komputer PC, dan program yang paling laris dijual tentu saja adalah permainan komputer. Kokoku membeli judul ini, seri yang keenam, dan kami menjadi kecanduan permainan komputer. Bukan saja karena grafisnya yang menarik (standar zaman itu), atau genre permainannya yang aku suka, tetapi karena ia memiliki alur cerita yang menarik.

bennylin's picture

Tiga Penginjil

Sang penginjil wanita muda itu berbicara dengan semangat di depan jemaat. Galatia 3 dikupasnya namun pesannya terasa jauh. Pahlawan iman yang diangkatnya adalah Mbah Maridjan, pengkhotbah yang ia perkenalkan adalah seorang rekan Billy Graham yang pada akhirnya murtad. Sepanjang khotbah rasanya ada sesuatu yang mengganjal; kejatuhan manusia, dosa, sama sekali tidak disebut. Tidak hanya sekali ini saja, tetapi lagi dan lagi tema khotbah yang disampaikan selalu sama: manusia dapat berusaha sendiri untuk hidup dengan benar, asal menuruti apa yang dikatakan sang penginjil -- lupakan bahwa keadaan manusia sudah jungkir balik di hadapan Allah, ia dapat berdiri tegak lagi dengan usaha sendiri. Aku pulang dengan perut masih lapar karena menolak makanan yang tidak sehat itu.

bennylin's picture

Ngomyang

https://www.joyfullifesundayschool.com/Samples/Lessons/90433.pdfBareng panjenengané nothok lawang régol, ana abdi wadon jenengé Rodé teka arep nyumurupi sapa kang thothok-thothok iku.

Wong wadon mau ora pangling menawa iku swarané Pétrus, nanging marga saka bungahé, ora banjur ngengakaké lawang, nanging énggal-énggal lumebu ngaturi pirsa, yèn Pétrus ana ing ngarep régol.

Wong iku banjur dilokaké, "Kowé iku ngomyang." Ewasamono tetep anggoné matur, menawa iku nyata temenan. Banjur padha kandha, "Iku malaékaté." [cetak miring penulis] (Kis 12:13-15, Jawa, bd. bahasa lain)

bennylin's picture

Mobil

Tata Nano berlapis emas tulen! Hanya di India

Menurut kamus, istilah "mobil" dapat berarti dua hal. Yang pertama adalah kata benda yang padanannya adalah "oto" ("otomobil"). Bukan itu yang akan dibahas di sini. Yang akan dibahas adalah pemeriannya yang kedua, yaitu "mobil" sebagai kata sifat. Deskripsinya adalah

mo·bil a mudah bergerak (berpindah) atau digerakkan (dipindah-pindahkan): ia sangat -- sehingga cocok untuk melakukan tugas luar

bennylin's picture

Hana: Satu bagian atau dua bagian?

Dalam seminar RBC Indonesia di GKKK Solo beberapa waktu yang lalu yang mengangkat tema Hana: Iman yang be, satu hal yang mengganjal dari pembicara, Chek Phang Hia, yang saya rasakan adalah pernyataannya (dalam bahasa Inggris) bahwa Hana mendapat "double portion" (porsi ganda) dari suaminya, Elkana.

bennylin's picture

Tiga generasi

Minggu yang lalu sempat berbincang-bincang dengan mama, dengan topik yang sudah beberapa kali kita bincangkan, yaitu tentang bahasa Fujian, bahasa "suku" kami yang sudah tidak pernah terdengar lagi di generasiku, semua teman-teman sebaya semakin sedikit yang bisa berbahasa Mandarin, apalagi bahasa suku mereka masing-masing.

bennylin's picture

Rant

"Anda kesulitan memahami bacaan-bacaan Ekaristi hari Minggu? Kami menerbitkan buletin PENDALAMAN KITAB SUCI yang menyingkapkan sabda demi sabda untuk menemukan intisari hisup kristiani dalam bacaan-bacaan Ekaristi hari Minggu"

bennylin's picture

Awalan menge- dan penge-

Awalan menge- dan penge- merupakan awalan yang tricky untuk dicari akar katanya. Hal ini dikarenakan akar katanya dapat berupa salah satu dari ketiga hal di bawah:
-kata bersuku satu (mis. mengebom, mengecat, dll) dan kata "tahu" (mis. mengetahui, pengetahuan, dll)