Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs SABDASpace

Loading

abraham sitinjak's blog

abraham sitinjak's picture

Apa Kata Alkitab-ku Tentangmu Gus? (Puisi untuk Gus Dur)

Apa Kata Alkitab-ku Tentangmu Gus?

(Puisi untuk Gus Dur)

abraham sitinjak's picture

Mengapa Orang Tidak Takut Korupsi?

Mengapa Orang Tidak Takut Korupsi?


Para pelaku kejahatan korupsi di negara Indonesia ini terus bertambah hari demi hari. Dengan tertangkapnya koruptor yang terdahulu seakan tidak memberikan efek jera kepada pelaku terkemudian. Hampir setiap hari kita mendengar munculnya ’pemain-pemain baru’ yang turut meramaikan ruang sidang pengadilan badut-badut ’kemaruk duit’  itu. Nampaknya rasa takut sudah tidak ada lagi bagi orang-orang yang hati nuraninya memakai cap ”Judas Iskariot” ini. Dengan melihat grafik yang terus menaik tajam tentu memicu sebuah pertanyaan kolektif: “Apa gerangan yang menyebabkan terjadinya budaya tidak takut korupsi ini?”

abraham sitinjak's picture

Kasta, Kista dan Kusta dalam Gereja

 

 

 

Kasta, Kista dan Kusta dalam Gereja

Sebelum membaca tulisan ini lebih lanjut marilah terlebih dahulu memahami terminologi ketiga istilah di atas (’kusta’, ’kista’ dan ’kusta’).

Kasta artinya: golongan (tingkat atau derajat) manusia dalam masyarakat beragama Hindu. Ada 5 kasta dalam masyarakat Hindu; brahmana (golongan pendeta), kesatria (golongan bangsawan dan prajurit), paria (golongan rakyat jembel yang hina-dina), sudra (golongan rakyat biasa), waisya (golongan pedagang, petani, dan tukang).

abraham sitinjak's picture

Jemaat: Jangan "Gagap Teologi"

JEMAAT: JANGAN “GAGAP TEOLOGI

Judul di atas bukan sebuah peringatan sensasional yang terlalu dibuat-buat. Faktanya berada tak jauh dari sekeliling kita. Bahkan dahulu Rasul Paulus sempat kecewa menghadapinya. Fakta-fakta tersebut teraplikasi dalam kehidupan jemaat dewasa ini, di mana mereka nampak sangat rentan dan kurang bergairah memenuhi tuntutan imannya. Terhadap fenomena itu maka tulisan ini mengajak kita mengamatinya dari dekat.